Cara Mudah Mendapatkan Kendaraan Impian dengan Ikut Lelang Bersama IBID


Di zaman sekarang ini, mau memiliki apa saja terasa semakin mudah, termasuk bila kita ingin memiliki kendaraan impian. Ada banyak jalan untuk mewujudkan hal tersebut, dan salah satu caranya adalah dengan kita mengikuti kegiatan lelang kendaraan.

Ya, mengikuti lelang kendaraan bisa menjadi upaya terbaik untuk cepat mewujudkan keinginan kita dalam mendapatkan mobil atau motor yang kita idamkan, dan jika beruntung kita bisa mendapatkan kendaraan yang bagus dengan harga yang terjangkau.

Namun dalam mengikuti lelang seperti ini kita tidak boleh sembarangan, kita harus memilih perusahaan yang memang sudah berpengalaman dan terpercaya, supaya kita bisa mendapatkan kendaraan dengan rekomendasi terbaik, salah satunya melalui perusahaan IBID - Balai Lelang Serasi.


Mengenal IBID Lebih Dekat

Nama IBID - Balai Lelang Serasi mungkin masih asing di telinga banyak orang, karena saya pun baru tahu tentang IBID ini saat saya menghadiri acara IBID Blogger Youtuber Gathering yang diadakan di kantornya yang berada di Kawasan Industri Pulogadung pada beberapa waktu yang lalu (31/08/2023).

Rasanya senang banget saya bisa ikut hadir dalam acara ini, karena dari acara ini saya mendapatkan banyak informasi menarik dari kegiatan talkshow dan juga tour yang diadakan di kantor IBID ini, terutama tentang bagaimana cara untuk mendapatkan berbagai produk impian dengan cara mengikuti lelang.

Dan jujur, saya pribadi belum pernah mengikuti lelang apapun dan masih sangat minim informasi tentang lelang ini. Namun setelah hadir dalam acara ini dan mendengar pemaparan dari Ibu Fransisca (SERA Corporate Communication & Marketing Division Head), Bapak Daddy Doxa Manurung (IBID President Director) dan Bapak Wisnu Pryasto (IBID Head of Digital Buss, Mkt, & Pdt Dev) maka saya pun jadi semakin tahu tentang lelang, khususnya untuk lelang yang diadakan oleh IBID ini.

Potret keseruan IBID Blogger & Youtuber Gathering

Jadi, IBID - Balai Lelang Serasi ini merupakan balai lelang yang sudah berdiri sejak tahun 2007 yang lalu, dan merupakan anak perusahaan PT Serasi Auto Raya (SERA) yang bernaung di bawah bendera Grup Astra.

Dan hingga saat ini, IBID sudah memiliki 10 cabang yang tersebar di berbagai kota di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Makassar, Surabaya, Medan, Semarang, Palembang, Pekanbaru, Balikpapan dan juga Banjarmasin. Namun selain itu, IBID juga melayani kebutuhan melelang di luar kota jaringan IBID tersebut, dan saat ini IBID sudah mengadakan lelang di lebih dari 30 kota di Indonesia.

Dalam menjalankan usaha ini, IBID ternyata melakukan lelang berbagai macam produk, diantaranya produk otomotif seperti kendaraan roda dua dan roda empat, dan juga produk non otomotif seperti gadget, produk lifestyle, fashion, elektronik, alat berat hingga scrap.

Beberapa contoh produk yang dilelang di IBID

Dan kerennya lagi, untuk mengikuti lelang bersama IBID ini ada metodenya tersendiri yang bisa kita pilih melalui 3 cara sesuai keinginan kita, yaitu:
  1. Live Auction ini merupakan lelang secara langsung dan bersamaan pada waktu yang sama, dan dapat diikuti oleh seluruh peserta lelang dari berbagai lokasi melalui aplikasi atau website IBID.
  2. Timed Auction adalah jenis lelang berjangka yang diselenggarakan eksklusif hanya di aplikasi IBID dan untuk setiap unit dilelang dengan jangka waktu tertentu, biasanya dalam waktu 1 – 3 hari saja.
  3. Flash Aution merupakan lelang online terbaru di IBID yang diadakan real time dalam kurun waktu yang singkat (1-2 jam) saja dan dapat diikuti eksklusif melalui aplikasi IBID. Dan untuk saat ini, metode ini baru dilakukan untuk melelang mobil.
Dan menariknya lagi, di IBID ini kita tidak hanya bisa berpartisipasi pada lelang untuk membeli produk saja, namun kita juga bisa untuk titip jual barang yang kita miliki baik otomotif maupun non otomotif, baik oleh perusahaan ataupun perorangan.

Nah, untuk titip jual barang di IBID sangat mudah banget, sehingga bisa kita manfaatkan untuk menjual berbagai barang yang kita miliki. Dan IBID ini memiliki 2 layanan titip jual yang bisa kita gunakan yaitu ada Titip Jual Eksklusif (Flash Auction) dan Titip Jual Reguler dengan kita membawa barang yang hendak dilelang di cabang IBID terdekat.

Untuk melakukan titip jual barang di IBID ini bisa kita lakukan dengan mudah terutama bila kita menggunakan pilihan titip jual Eksklusif atau Flash Auction karena caranya sangat praktis seperti langkah-langkah yang ada pada gambar berikut ini.

Cara titip jual produk di IBID

Dan ada berbagai keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan menitipkan barang di IBID ini seperti: Jadwal lelang bersifat fleksibel sesuai pilihan, untuk barang/unit lebih cepat terjual karena terdapat 5000 pembeli aktif di IBID, kondisi unit dapat diketahui oleh calon pembeli, karena didukung oleh hasil inspeksi ACV serta dapat memberikan pertanyaan kepada inspector menggunakan kolom Live Chat.

Selain itu, pembayaran hasil titip jual dilakukan lebih cepat dan paling lambat 3 hari setelah pemenang melakukan pelunasan, transaksi berlangsung aman dan terpercaya tanpa ada COD (Cash on Delivery), khusus Jakarta proses lelang dapat dilakukan di mana saja (barang yang dilelang melalui flash auction), dan lelang disiarkan melalui live streaming oleh inspektur (barang yang dilelang melalui flash auction).

Dengan adanya fasilitas titip barang di IBID ini, tentu ini sekaligus menjadi solusi yang bagus bagi kita untuk mendapatkan uang dengan menjual berbagai barang layak pakai namun yang tidak kita gunakan lagi agar tidak menumpuk di rumah kita. Makanya, mari manfaatkan layanan titip barang bersama IBID ini.


Ikut Lelang Bersama IBID Banyak Untungnya

Mungkin di luaran sana banyak sekali perusahaan lelang yang ada, namun kita jangan salah pilih karena nanti bisa berujung kecewa. Makanya, mendingan kita memilih perusahaan lelang yang memang sudah berpengalaman dan terpercaya seperti IBID - Balai Lelang Serasi ini.

IBID hadirkan beragam keunggulan yang menarik

Ada beberapa alasan kenapa kita harus ikut lelang bersama IBID ini, diantaranya karena IBID ini memiliki beberapa keunggulan yang menarik seperti berikut ini:

1. Lelang bisa diikuti dari mana saja
Semenjak pandemi dan hingga sekarang, IBID sudah menyelenggarakan lelang 100% secara online, sehingga memudahkan kita untuk ikut lelang dari mana saja tanpa perlu hadir di lokasi hanya dengan mengakses website dan aplikasi IBID saja.

2. Memberikan informasi yang transparan
Untuk berbagai produk yang dilelang oleh IBID ini sudah didukung oleh informasi yang lengkap dan transparan, begitupun dengan kendaraan dan barang lelang lainnya, sehingga kita bisa mengetahui tentang produk tersebut secara jelas saat akan membelinya.

Contohnya, setiap kendaraan sebelum dilelang akan dilakukan pengecekan dengan sistem inspeksi Astra Car Valuation (ACV) untuk melakukan inspeksi kondisi mobil secara aktual dengan adanya grading untuk eksterior, interior, mesin dan juga rangkanya, sehingga dapat memberikan hasil penilaian yang tepat dan akurat.

3. Dapat mengetahui range harga jual/beli produk yang dilelang
Kita bisa mengetahui harga mobil yang dilelang, karena IBID akan memberikan range harga sesuai dengan kondisi mobil tersebut berdasarkan grade ACV, sehingga kita bisa mengetahui kisaran harga jual mobil via lelang dan juga menyesuaikan dengan budget yang kita miliki.

4. Sistem lelang dijamin 100% bersih & jujur
Kita tidak perlu takut ikut lelang bersama IBID, karena sangat menjunjung tinggi hasil lelang yang bersih dan jujur, serta IBID ini telah diawasi oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan RI. Bahkan IBID telah memiliki ISO 27001 dalam memenuhi standar internasional dalam mengelola keamanan informasi.

5. Transaksi dijamin 100% aman
Untuk setiap pembayaran transaksi yang dilakukan di IBID akan berlangsung aman, karena menggunakan virtual account dalam melakukan pembayaran deposit NPL maupun pembayaran tagihan pelunasan. Dan saat ini terdapat 7 bank yang dapat menjadi opsi yaitu BCA, Mandiri, BRI, BNI, Permata, BSI & Bank Sampoerna. Selain itu, kita juga bisa menggunakan AstraPay untuk pembayaran deposit NPL.

6. Tersedia banyak promo menarik
Ikut lelang bersama IBID ini juga sangat menyenangkan, karena IBID sering memberikan berbagai promo menarik yang akan membuat kita semakin untung dalam memiliki objek lelang yang diinginkan sesuai dengan taglinenya “Menang Banyak di IBID”.

7. NPL Unlimited
Ternyata di IBID ini terdapat juga NPL Unlimited yang merupakan fitur eksklusif yang bisa digunakan oleh kita peserta lelang dengan member gold atau platinum. Dan NPL Unlimited saat ini hanya dapat digunakan untuk mengikuti lelang mobil saja.

Dengan menggunakan NPL Unlimited ini, maka kita memiliki kesempatan untuk memenangkan sekaligus 5 mobil dalam waktu sekali jadwal lelang tanpa melakukan deposit NPL berulang kali. Dan NPL Unlimited ini dapat digunakan selama 6 bulan setelah deposit dan dapat diperpanjang maupun dicairkan (apabila tidak ada tunggakan wanprestasi).

Dari pemaparan di atas kita jadi makin tahu ternyata IBID ini memiliki begitu banyak keunggulan yang menarik, sehingga membuat kita semakin yakin dan juga merasa aman untuk mengikuti lelang yang diadakan oleh IBID ini.

Nah, untuk menjadi peserta lelang ini terbuka untuk umum, karena siapapun dapat berpartisipasi untuk menjadi peserta lelang yang diadakan oleh IBID ini, baik perusahaan atau perorangan, dari pembelian skala besar hingga pembelian secara satuan.

Ikut lelang bersama IBID bisa dilakukan dengan mudah dan praktis

Dan untuk kita yang ingin mengikuti lelang bersama IBID caranya pun sangat mudah loh, yaitu sebagai berikut:
  1. Download aplikasi IBID di Google Play Store dan App Store atau kunjungi website IBID www.ibid.astra.co.id
  2. Lakukan registrasi dengan mengisi data secara lengkap sesuai yang diminta
  3. Klik jadwal lelang, pilih kategori lelang dan lokasi lelang yang diinginkan
  4. Cek unit mobil yang diinginkan, baca informasi dan deskripsi dengan cermat, serta pastikan dokumen kendaraannya lengkap
  5. Lakukan pembelian Nomor Pesarta Lelang (NPL) untuk deposit melalui AstraPay atau virtual account
  6. Pilih “NPL Live” untuk mengikuti Live Auction atau “NPL Timed” untuk mengikuti Timed Auction dan Flash Auction
  7. Selanjutnya tawar barang yang kita incar pada saat lelang berlangsung
  8. Jika kita memang lelang, maka segera melakukan pelunasan selambat-lambatnya 5 hari kerja setelah lelang berakhir
  9. Jika tidak menang, maka nilai pembelian NPL kita akan segera dikembalikan ke rekening terdaftar paling lama 3 hari kerja setelah lelang berakhir
Dan untuk produk kendaraan yang dilelang di IBID ini hadir dari berbagai merek dan jenis kendaraan, maka harga yang ditawarkannya pun beragam, begitupun dengan produk lifestyle dan alat berat. Namun untuk NPL atau deposit mobil mulai dari 5 jutaan, motor 1 jutaan, produk lifestyle 200 ribuan, dan alat berat mulai dari 20 jutaan.

Jadi, buat teman-teman yang saat ini sedang mencari kendaraan baik mobil atau motor serta aneka produk lifestyle dan alat berat, maka mengikuti lelang bersama IBID ini bisa jadi solusi terbaik, karena sudah berpengalaman, mudah, aman dan juga terpercaya. Ingat, jika ingin ikut lelang, ya di IBID aja!



Informasi lebih lanjut tentang IBID bisa dilihat melalui:
  • Website : www.ibid.astra.co.id 
  • Instagram : @ibid_balailelangserasi 
  • Facebook : IBID - Balai Lelang Serasi 
  • TikTok : @ibid_balailelangserasi 
  • YouTube : IBID - Balai Lelang Serasi 
  • Twitter : @ibid_lelang 

10 comments:

  1. Aku biasa beli mobil bekas tapi enggak pake lelang. Boleh dicoba nih, kapan-kapan. Soalnya lokasinya lumayan dekat rumah

    ReplyDelete
  2. Mencari kendaraan bekas dengan harga terjangkau lewat IBID ini menjadi salah satu alternatif, apalagi jika beruntung, maka bisa dapat kendaraan dengan harga yang jauh dari pasaran dengan kondisi yang masih bagus

    ReplyDelete
  3. Aku belum pernah ikut lelang kayak gini kak, kayaknya lebih gampang yan apalagi bisa dilakukan via online. Mau beli atau titip jual juga bisa

    ReplyDelete
  4. IBID memberikan kemudahan sistem lelang yang bisa diikuti oleh seluruh WNI yang udah menginstal apps dan memenuhi persyaratan. Kemudahan Ikut Lelang Bersama IBID ini menjadi jalan terbaik untuk mendapatkan barang bagus dengan harga oke.

    ReplyDelete
  5. penasaran banget dengan Ibid, karena bisa membeli produk impian dengan harga bersaing
    beruntung di sini dijelaskan dengan lengkap
    Jadi pingin mencoba jadi pemilik barang (untuk dilelang) karena ada beberapa barang warisan yang gak pernah dipake tapi kok sayang untuk dibuang

    ReplyDelete
  6. Yang penting itu transparan. Dan seneng ya kalau IBID mengedepankan poin ini. Aku pernah denger cerita sepupu aja yang ikutan lelang. Kalau beruntung bisa dapat kendaraan dengan kondisi baik dan harga yang murah memang. Tapi butuh kejelian :)

    ReplyDelete
  7. Wah baru tau ada lelang seperti ini bisa buat umum juga ya, aku taunya suka liat di film-film aja lelang perhiasan gitu sih. Ternyata semudah gitu ya di IBID

    ReplyDelete
  8. Eh bisa dapat range harga juga ya?
    Wah ini sangat membantu buat yang ingin membeli kendaraan lewat lelang ini.
    Jadinya bisa disesuaikan ya sesuai bujetnya

    ReplyDelete
  9. Semudah itu ya cara lelang jaman now, intinya tetap pada ketelitian ya kak. Recommended banget nih, thanks infonya ya

    ReplyDelete
  10. Wow, mudah banget ya ikutan lelang, kalau ada kendaraan aku ingin sering pulkam sih plus bisnis juga. Semoga terwujud deh

    ReplyDelete