AVANA Solusi Jitu untuk Memperluas Bisnis Secara Online


Apakah ada yang merasa usahanya tidak berkembang? atau usahanya justru semakin menuju ke arah kebangkrutan? Ya, kita semua tahu, persaingan bisnis di era sekarang semakin keras. Maka untuk terus bisa maju, maka kita harus terus melakukan inovasi, karena tanpa adanya inovasi maka sebuah usaha yang besar sekali pun akan kalah bersaing saat ini.

“Kunci terpenting untuk meraih bisnis yang sukses adalah terus berinovasi dan mau beradaptasi.” ~Anonymous~

Jika dulu merek Nokia begitu merajai dunia handphone, maka kini merek handphone Nokia seolah tenggelam tergantikan oleh merek-merek lain yang lebih mampu menghadirkan inovasi baru dalam dunia komunikasi saat ini.

Itu hanyalah salah satu contoh, bagaimana untuk membangun bisnis itu kita harus terus berpacu dengan perkembangan zaman, kita harus cepat beradaptasi dengan kecanggihan teknologi, kita harus melakukan berbagai pembaharuan, agar pasar kita tak mudah tergantikan oleh orang lain.

Begitu pun dengan saat ini, bagi para pengusaha, jika ingin usahanya terus berkembang dan memiliki jaringan pasar yang makin luas, maka harus mau untuk belajar tentang bagaimana memasarkan produknya dan berjualan yang tepat, salah satunya berjualan secara online.

Karena tidak bisa dipungkiri, bahwa peluang berjualan online saat ini begitu besar, seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk indonesia yang menggunakan internet yang semakin banyak saat ini. Bahkan menurut data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang menyatakan bahwa hasil survei penetrasi untuk pengguna internet di Indonesia pada tahun 2018 mengalami kenaikan hingga mencapai 171.17 juta pengguna, sehingga jumlah pengguna internet mencapai 64.8% dari jumlah total penduduk Indonesia.
Jumlah pengguna internet di Indonesia sangat besar - Dok. APJII
Melihat besarnya pengguna internet di Indonesia tersebut, maka hal ini bisa menjadi peluang yang sangat bagus bagi kita untuk membangun bisnis online. Untuk itu, bagi kita yang saat ini sedang memiliki usaha apapun itu, entah menjual makanan, menjual fashion, menjual furniture, atau usaha apapun itu, maka sudah saatnya kita pun memaksimalkan kecanggihan teknologi dan juga pertumbuhan internet yang ada saat ini untuk berjualan secara online.

Namun, dalam berjualan online kita pun harus menggunakan metode penjualan online yang tepat supaya bisa maksimal hasilnya. Nah, salah satu metode penjualan online yang tepat digunakan saat ini adalah social commerce.

Mengenal Social Commerce Untuk Berjualan Online

Ya, mungkin kata “social commerce” masih terdengar asing di telinga banyak orang, namun sejatinya social commerce ini begitu erat dalam keseharian kita, terutama bagi kita yang senang menggunakan sosial media (facebook, instagram, twitter, dll) saat ini.

Jadi, social commerce itu merupakan bagian dari e-commerce yang melibatkan penggunaan media sosial yang mendukung interaksi sosial dan kontribusi pengguna dalam membantu proses pembelian barang atau jasa secara online.

Sebagai contohnya, ketika kita melakukan berbelanja online, kita kerap dimintai testimonial atau ulasan mengenai barang yang kita beli, atau kadang kita memencet like sebuah post Instagram dari sebuah toko online, atau kadang kita menanyakan ulasan toko tersebut kepada teman di sosial media.

Seperti sepupu saya beberapa waktu yang lalu sempat membeli kaos dari seseorang yang berjualan lewat instagram, awalnya saya meragukannnya, namun dia sendiri sangat yakin belanja di sana karena banyak komentar orang yang puas berbelanja di sana.  Ternyata benar, keesokan harinya baju yang dia pesan benar-benar datang dan sesuai dengan deskripsi yang si penjual jelasin di laman instagramnya.

Nah, disadari atau tidak, apa yang kita lakukan seperti yang saya ceritakan tersebut di atas merupakan aktivitas social commerce, di mana kita telah melibatkan media sosial untuk membantu aktivitas berbelanja produk atau jasa.

Bahkan mengutip dari laporan “Asia Social Commerce Report 2018” yang dirilis PayPal bersama Blackbox Research menunjukkan bahwa Instagram dan Facebook menjadi media sosial yang paling banyak digunakan penjual di Indonesia untuk mempromosikan bisnisnya.
Alasan berjualan secara online di sosial media - Doc. DailySocial
Nah, kedua platform ini berkembang pesat dan mampu memberikan pengalaman yang berbeda dengan belanja offline. Sebab memungkinkan ada rekomendasi dari teman atau ulasan dari konsumen lainnya yang akhirnya memengaruhi keputusan calon konsumen untuk membelinya.

Makanya, sebagai pelaku usaha, kita pun jangan lagi acuh untuk menggunakan sosial media yang kita miliki untuk memperluas jaringan bisnis yang kita miliki. Namun, untuk membantu kita semakin lihai dalam berjualan online melalui social commerce ini, maka kita bisa menggunakan AVANA.

Apa itu AVANA?

Avana merupakan social commerce platform yang akan mempermudah para pengusaha, pelaku UKM, dan UMKM untuk berjualan online dengan memodernisasikan media sosial seperti Facebook, Messenger, dan Instagram untuk memasarkan produk atau jasa sehingga bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.
Avana merupakan social commerce platform yang bisa membantu bisnis kita meraih sukses melalui media sosial
Dan menariknya, para pelanggan pun bisa melakukan transaksi pembelian sampai pembayaran juga melalui media sosial ini, sehingga pelanggan kini tidak perlu meninggalkan laman media sosial penjual ketika melakukan proses pemesanan dan pembayaran.

Avana Indonesia sendiri merupakan social commerce yang berasal dari Malaysia dan sudah beroperasi sejak tahun 2016 silam, kemudian merambah ke Singapura dan kini mulai menjangkau Indonesia untuk membantu para pengusaha yang ada di sini untuk semakin mudah memasarkan produknya melalui sosial media.

Avana hadir untuk membantu para pebisnis untuk bisa menjangkau pasar yang lebih luas dengan memanfaatkan sosial media yang ada. Dan saat ini, Avana hadir dengan tiga toko online utama yang bisa kita dapatkan sekaligus untuk memasarkan produk kita, yaitu Webstore, Facebook store, dan Messenger store.
·          Webstore
Webstore ini adalah toko online berbentuk website. Namun, berbeda dengan website pada umumnya, dimana website dari AVANA ini memiliki kelebihan yaitu dapat menampilkan harga, promosi, kategori produk, sampai melakukan checkout di tempat.

Selain itu, untuk tampilannya sendiri, webstore Avana ini juga sangat berbeda dengan website biasa. Dimana di sini, akan ada dua jenis tema website yang bisa kita pilih yaitu, tampilan biasa dan landing page.

Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini adalah contoh webstore merchant AVANA baik yang tampilan biasa atau pun tampilan yang landing page.
ini salah satu contoh tampilan webstore di Avana
·         Facebook Store
Facebook store ini adalah toko online facebook page. Dimana konsepnya sama seperti facebook store. Facebook store ini sudah sepenuhnya terintegrasi ke webstore loh, bahkan dapat memunculkan kode promosi dan melakukan transaksi langsung melalui facebook store ini selayaknya berbelanja di webstore.

Nah, Facebook store page ini secara tampilan berbeda dengan webstore, yaitu tidak punya tema seperti webstote. Dan untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah contoh tampilan facebook store AVANA.
Contoh tampilan facebook store Avana
·         Messeger Store
Nah, untuk Messenger store dari AVANA ini memberdayakan konsep chatting untuk berjualan. Jika pada biasanya aplikasi messenger ini hanya digunakan untuk broadcast pesan atau melakukan percakapan online, maka kini messenger ini bisa dijadikan katalog bisnis online loh, dan itulah yang dilakukan oleh Avana.

Dimana pada dasarnya, Messeger store ini adalah toko oline yang dikemas dalam bentuk chat. Messenger store ini akan muncul ketika pelanggan mengunjungi Facebook store. Makanya konsepnya sama seperti Facebook store, yaitu bisa melakukan checkout dan bayar di sana tanpa harus keluar dari laman tersebut. Berikut adalah contoh tampilan messenger store dari AVANA.
ini salah satu contoh tampilan messenger store
Jadi, di sini, pelanggan cukup klik tombol buy untuk melanjutkan proses pengisian informasi dan pembayaran, atau klik tombol details untuk melihat informasi lebih lanjut mengenai produk yang dipilih.

Nah, dari ketiga toko online Avana ini bisa kita gunakan semua loh untuk menjual produk kita. Dan menariknya, ketiganya menawarkan kemudahan untuk digunakan karena saling terintegrasi sehingga semua pembelian yang terjadi di ketiga toko online tersebut bisa dimonitoring dan diproses hanya di satu dasbor Avana.

Keunggulan Menggunakan Avana Social Commerce bagi pelaku Usaha

Nah, seperti yang sudah saya ceritakan di atas, bahwa salah satu keunggulan Avana Social Commerce Indonesia ini adalah bisa memberikan tiga jenis toko online sekaligus yang sudah saling terintegrasi sehingga memudahkan kita untuk memonitor semua jualan kita.

Dimana ketiga toko online tersebut dapat di kontrol melalui satu dasbor saja, sehingga kita bisa dengan mudah untuk mengelola ketiganya, mulai dari upload barang, ganti tema, buat promosi, rekap penjualan dan pembelian, dan berbagai kegiatan lainnya.

Bahkan menariknya lagi, barang yang diupload di dasbor ini akan secara otomatis juga tampil di tiga toko online tersebut, sehingga stok barang, kategori produk, dan deskripsi produk juga akan ditampilkan semua. Jadi bisa dibilang ini benar-benar praktis.

Dan di sini kita juga bisa memantau jumlah stok barang dengan mudah, karena banyak yang membeli produk di webstore, maka stok barang di facebook store dan messenger store akan secara otomatis berkurang. Bahkan, jika sampai stok yang terekam di dasbor kosong (nol) maka pembeli tidak bisa membeli barang tersebut, sehingga kita bisa menambahkan ulang jumlah barang di dasbor supaya pembeli bisa kembali membeli produk tersebut.
Avana hadirkan beragam fitur untuk memudahkan kita sukses dalam berbisnis online
Selain itu, yang menjadikan Avana Social Commerce ini semakin menarik, karena memiliki beberapa fitur unggulan yang akan memudahkan kita dalam berjualan dan mengelola bisnis kita, yaitu:
  1. Facebookstore merupakan fitur yang memudahkan kita untuk melakukan berbagai kegiatan bertransaksi, yaitu mulai dari pesan barang sampai upload bukti pembayaran dapat dilakukan di sini. 
  2. Responsive Website merupakan fitur yang bisa kita gunakan untuk mengoptimalkan tampilan website agar dapat menyesuaikan layar gadget secara otomatis. 
  3. Messenger Store merupakan fitur yang memudahkan pelanggan untuk bisa bisa melihat bahkan melakukan pembelian produk hanya melalui chat di messenger. 
  4. Upload Barang Sepuasnya yaitu di sini kita sangat dibebaskan untuk mengupload barang tanpa batas, jadi kita bisa mengupload barang yang ingin kita jual sepuasnya kita. 
  5. Facebook Pixel Integration merupakan fitur yang bisa mengubungkan toko online ke Facebook Pixel secara otomatis dengan satu kali setup. 
  6. Keranjang Belanja merupakan fitur yang memudahkan pelanggan untuk masukan langsung barang belanja di toko online dan toko Facebook hanya dengan sekali klik. 
  7. Invoice Otomatis merupakan fitur menarik yang memberikan kita kemudahan dalam mengunggah logo kita dan print invoice pemesanan langsung tanpa harus ditulis atau direkap manual. 
  8. Sistem Manjemen Pemesanan yaitu fitur yang memberikan kemudahan kelola pemesanan barang dengan cepat dan terpusat di satu dasbor. 
  9. Menu keagenan merupakan fitur untuk memonitor agen, reseller dan dropship (*tersedia untuk paket VIP). 
  10. Jasa Pengiriman yaitu di sini tersedia ada 13 jasa kurir pengiriman yang siap menjemput paket dan mengantarkannya ke konsumen. 
  11. Notifikasi Nomor Resi merupakan fitur input nomor resi sehingga pelanggan dapat melacaknya dengan mudah. 
  12. Kelola Kode Kupon merupakan fitur untuk kita bisa membuat promosi sendiri dengan cara buat kupon diskon. 
  13. Auto PM Reply merupakan fitur yang berfungsi untuk membalas pesan dan komen pelanggan dengan cepat dan otomatis. 
  14. Customer Support oleh AVANA yaitu ada Tim AVANA yang akan selalu ada untuk membantu kita. 
  15. Notifikasi Pembelian di Email dan Dasbor yaitu fitur yang akan memberitahukan natifikasi jika ada pembelian. 
  16. Product Inventory merupakan fitur untuk metahui jumlah stok barang di dasbor tanpa harus menghitung ulang persediaan. 
  17. Integrasi Toko Facebook yaitu kemudahan koneksikan website dan toko Facebook tanpa harus daftar lagi. 
  18. Database Pelanggan adalah fitur yang akan membantu menyimpan semuda database pelanggan sehingga semua informasi terkait pelanggan akan tersimpan langsung di dasbor Avana. 
  19. Payment Gateway Integration merupakan layanan yang mengotorisasi pembayaran melalui kartu kredit maupun metode pembayaran lainnya, seperti transfer bank antara penjual dan pembeli.
Bukan itu saja loh, bahkan Avana juga memiliki fitur untuk mengatur SEO (Search Engine Optimization) pada produk jualan kita sehingga toko online kita bisa tampil di halaman utama Google saat dicari oleh orang. Dan sekaligus langkah ini berfungsi untuk membantu meningkatkan pengunjung, penjualan, dan brand awarness di masyarakat juga terkait produk kita.
Begini loh tampilanMessenger blast dari Avana yang sngat mudah digunakan
Selain itu, yang menarik juga, di Avana ini kita bisa menggunakan fitur Messenger Blast sehingga memudahkan kita untuk mengirim promosi, pesan, atau info produk terbaru kepada pelanggan sehingga kita bisa menghemat waktu, karena hanya dalam beberapa detik semua informasi akan tersebar kepada semua kontak yang ada.

Jadi dengan begitu banyak fitur yang dihadirkan oleh Avana ini, maka kita akan sangat mudah untuk mengelola toko online kita, sehingga proses penjualan yang kita lakukan pun akan semakin lancar dan bisnis kita pun akan semakin berkembang dengan cepat.

Jadi, kini seharusnya tak ada lagi alasan kesulitan bagi kita dalam memasarkan produk jualan kita, karena kehadiran Avana ini benar-benar dirancang dengan begitu mudah bagi kita supaya bisa memaksimalkan sosial media yang kita miliki untuk mempeluas jaringan bisnis kita dan menggapai pembeli sebanyak mungkin.

Cara Bergabung dalam Avana Social Commerce Sangat Mudah

Nah, dengan melihat begitu menariknya sistem kerja Avana sebagai social commerce yang begitu mudah seperti yang sudah saya uraikan di atas. Maka sudah selayaknya kita bisa memanfaatkan kesempatan ini sesegera mungkin untuk membangun bisnis kita semakin besar.
Untuk mendaftar di Avana sangat mudah, bahkan kita bisa mencoba free trial dulu loh
Dan saya pribadi pun sudah mencoba menggunakan Avana ini untuk menjual produk yang saya miliki. Dimana cara membuat toko online lewat Avana ini sangat mudah banget, hanya beberapa saat kita pun sudah bisa memiliki toko online di Avana ini.

Nah, untuk teman-teman yang ingin bergabung di Avana ini cukup mudah loh. Kita hanya perlu mengikuti 4 langkah mudah sebagai berikut:   

1. Daftar ke www.avana.id dengan menggunakan akun Facebook kita yang aktif
Daftarkan toko online di Avana dengan akun facebook
2. Isi beberapa informasi umum seperti nama toko, alamat toko, dan nomor Hp secara detail
Isi data yang diminta dengan benar
3. Upload produk dari dasbor AVANA beserta informasi produk secara detail
Unggah foto produk dengan berbagai data dan deskripsnya secara detail
4. Atur tampilan untuk website kita, dan bagikan link toko media sosial atau website kita
Setelah selesai mengatur produk kita, maka kemudian bisa kita share linknya ke berbagai sosmed kita deh
Gimana, cukup mudah bukan? Hanya dalam sekejap maka kini saya sudah bisa memiliki social commerce yang keren, dan bisa saya maksimalkan untuk menjalankan usaha saya agar semakin luas pemasarannya dan makin mudah menjangkau konsumen.

Makanya buat teman-teman yang juga sudah punya usaha atau sedang mau merintis usaha, maka bisa banget loh memanfatkan kehadiran Avana ini untuk kita gunakan sebagai wadah memperluas jaringan bisnis kita secara online seperti yang sudah saya ceritakan di atas.

Dan yang saya sangat suka dari Avana ini, cara membuatnya sangat mudah, kita tinggal klik sana klik sini, maka toko onlinenya langsung jadi. Dan juga banyak fitur yang disediakan oleh Avana sehingga benar-benar sangat mempermudah kita dalam berjualan seperti yang sudah saya ceritakan di atas.

Makanya, saya merasa sangat beruntung bisa cepat mengenal Avana ini sehingga saya bisa menggunakan ketiga toko online sekaligus di Avana ini hanya bermodalkan sosial media yang saya miliki untuk memaksimalkan jaualan saya. Makanya buruan daftar ya teman-teman, karena siapa cepat maka dia berpeluang sukses duluan. hehehe
Barang yang ada di toko onlineku bisa dishare di berbagai sosial media, seperti Facebook, twitter, instagram, whatsapp, messenger, dll
Ya, memiliki social commerce bagi kita sebagai pelaku usaha di era sekarang ini penting, karena sebagai negara yang memiliki jumlah pengguna media sosial yang sangat banyak, maka ke depannya, Indonesia tentu memiliki potensi yang besar bagi pelaku bisnis online, sehingga kita semakin mudah untuk menyasar pengguna media sosial untuk memperluas jangkauan pasar untuk produk kita.

Namun perlu kita ingat, kita tak boleh terlena, kita harus terus melakukan inovasi dan jangan pernah berhenti untuk terus belajar dan beradaptasi dengan segala perkembangan zaman agar kita bisa terus mendulang kesuksesan, termasuk dalam dunia bisnis online ini. Selamat berjualan, selamat berjuang teman!

26 comments:

  1. Kepingin deh soalnya disini banyak UMKM tapi Blum terlalu terkenal keluar penjualannya, Kali Aja bisa maju ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Maaaak Utie, Avana ini cocok banget buat para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya semakin meluas, mudah-mudahan bisa makin maju.

      Delete
  2. Huaaa baru tau mengenai Avana ini jadi pengen jual kameraku nih. Thanks infonya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya klo punya usaha bisa coba Avana ini Kak Amel siapa tahu bisnisnya semakin maju. :)

      Delete
  3. Ooooooh, ternyata komentar2 pembeli yang ada di e-commerce itu namanya social commerce ya, Wan? Aku pernah tuh beberapa kali kasih komentar di online shop setelah berbelanja, apalagi kalau puas banget atas pengiriman dan kualitas produknya. Iya sih, jadi ingat dulu sekeluarga HP nya Nokia semua hihihihi...sayang ya kurang mengikjuti perkembangan zaman :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Nurul, komentar atau testimoni dari orang-orang tentang suatu produk itu bagian dari social commerce itu, dan saya pribadi juga suka kasih komen jika habis belanja online gitu.

      Iya sayang ya, sepertinya Nokia sekarang hilang diperedaran. :(

      Delete
  4. Semoga semakin banyak UMKM yang bisa memaksimalkan hasil penjualan mereka ya Mas. Informasi positif banget ini makasih sharingnya Mas Awan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Sarah, mudah-mudahan para pelaku UMKM ini bisa coba AVANA ini untuk memperluas jaringan penjualan mereka. Aamiin...

      Sama-sama Mba Sarah, semoga bermanfaat artikel ini ya :)

      Delete
  5. Seiring dengan berkembangnya teknologi, makin mudah juga berjualan ya mas Imawan. Tentu bakal ngebantu banget nih dengan adanya Avana. Para UMKM jadi bisa memasarkan produknya untuk Go online. Semoga makin maju untuk UMKM di seluruh Indonesia. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar banget Bowo, semoga makin banyak UMKM yang mulai melek teknologi dan menggunakan Avana ini untuk memperluas jaringan bisnis mereka ke ranah online supaya makin maju.

      Delete
  6. Suka banget sama Bang ulasannya, lengkap dan detail banget penjelasannya. Jadi pengen coba buka akun Avana juga nih buat perluas usaha secara online.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, semoga bermanfaat ya :)

      Iya, ayooo Dek klo punya usaha bisa perluas jaringan bisnisnya dengan menggunakan Avana ini supaya makin maju lagi di ranah online.

      Delete
  7. Gokil, ku baru tau ada platform seperti Avana ini. Boleh tuh dicoba bakal uji coba bisnis jualan online.. hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ayooo Akmal klo punya usaha bisa banget gunakan Avana ini untuk merambah dunia online supaya makin luas bisnisnya :)

      Delete
  8. Bener banget ya AVANA itu lengkap dan praktis, cocok untuk bisnis yang terus berinovasi. Salam. Kenal ya kak

    ReplyDelete
  9. Oh AVANA ini aplikasi buat bantu UKM ya? Saya yakin kalau banyak UKM yang pakai jasa AVANA ini pemasarannya akan lebih gencar. Platform nya bener2 inovatif dan lengkap fiturnya

    ReplyDelete
  10. Menarik sekali konsep social commerce dari Ava ini. Dewasa ini siapa sih yang tak menggunakan Faceboo atau IG ya, hampir semua orang. Gak heran potensi pasarnya besar sekali. Semoga semakin sukses teman-teman UKM yang telah menggunakan

    ReplyDelete
  11. Jadi tahu social comerce tuh ternyata testimoni barang yg sudah dibeli. Aku seneng kalau banyak aplikasi yang bisa membantu UMKM salah satunya AVANA ini. Biar bagaimanpun juga UMKM itu emang harus dibantu penjualannya secara online.

    ReplyDelete
  12. Yang bikin penasaran Facebook Store nya itu lho, hehe kan masih banyak juga bbrapa pengguna nya yg gak main instagram, lebih ke FB, jd dengan Avana jd market kejangkau semua which is good :)

    ReplyDelete
  13. Yang menarik dari Avana ini karena dia masih memanfaatkan FB. Jarang-jarang kan? Apalagi sekarang sudah era IG. Buatku yang masih nyaman di FB, cocok banget jika memanfaatkan Avana untuk buka lapak usaha.

    ReplyDelete
  14. Wah lengkap ulasannya Mbak. Sebagai online seller aku etrtarik berjualan di Avana. Apalagi AVANA mendukung para UMKM yah

    ReplyDelete
  15. Kabar baik nih buat yang mau usaha dan yang suka belanja online, Avana mempermudah mempertemukan antara penjual dan pembeli. Sip, mantap!

    ReplyDelete
  16. Selalu suka baca tulisan mas awan. Lengkap euy.
    AVANA ini aku baru tau banget. Mau coba tengok ah webstore yang ada di Avana.

    ReplyDelete
  17. Baru tahu nih Avana. Bisa jadi lahan bisnis ibu rumah tangga saat masandibrumah saja ya. Fitur unggulan Avana beneran menakjubkan. Facebook saat ini kan banyak dipakai masyarakat jadi mereka bisa belajar bisnis juga ya

    ReplyDelete
  18. Enak sekali jualan online sekarang asa platform aseperti Avana ini. Semua jadi makin memudahkan p3njualan secara online tanpa ribet

    ReplyDelete
  19. Aku baru tau soal messenger store nih. Asik juga ya kita bisa berbelanja tanpa meninggalkan lama tersebut..klik buy begitu ya... Pratis banget menggunakan Avana ini, juakan online makin meningkat aja deh omzet dan labanya 😁😘

    ReplyDelete