Upayaku Cepat Turunin Berat Badan



Semua harus diawali dengan kemauan yang keras, dilakoni dengan sungguh-sungguh, maka hasilnya juga pasti tak akan mengecewakan. Itulah tekad saya saat ini untuk menyemangati diri dalam menurunkan berat badan.

Jadi ceritanya begini, menjelang akhir tahun 2019 silam, berat badan saya benar-benar melonjak naik dan benar-benar membuat saya kaget, lantaran banyak pakaian yang terasa mendadak menjadi sangat sempit.

"Bajuku dulu tak begini" penggalan lagu dari sebuah iklan itu benar-benar pas banget menggambarkan kondisi saya saat itu, karena baju-baju mendadak sempit, bahkan ukuran baju saya yang biasa M naik ke size L. Hiks!

Selain kesal karena banyak pakaian yang mendadak nggak muat, saya juga mulai merasa kok saya jadi gampang capek dan lelah ya, padahal baru beraktivitas sebentar, dan itu benar-benar nggak enak banget rasanya.

Maka, memasuki tahun 2020 awal, resolusi saya adalah menurunkan berat badan saya yang dari 70kg menjadi 60kg, ya target saya harus bisa turunin 10kg supaya saya bisa kembali ke bentuk tubuh yang ideal saya.

Namun tidak mudah untuk mencapai target itu, selain kesibukan saya kerja, rasa malas kerap membuat saya ogah-ogahan untuk melakukan serangkain rencana yang sudah ada di benak saya.

Salah satu yang sulit dalam rencana menurunkan berat badan  saya adalah mengurangi kebiasaan saya yang memang suka makan dan ngemil ini. Apalagi jika lagi lembur sampai tengah malam, maka ngemil tak pernah terhindarkan.

Tapi di situlah tantangannya, maka saya perlahan mulai mengurangi beli stok cemilan di kamar, bukan langsung nggak ngemil juga ya, saya tetap ngemil tapi porsinya saya kurangi dan mulai perlahan menghindari ngemil tengah malam meskipun lagi ngerjain deadline.

Dan pastinya porsi makan nasi saya juga dikurangi, jika biasanya satu piring, maka nasinya sekarang hanya setengah piring saja, tapi lauk dan sayurnya justru yang diperbanyak.

Selain itu, saya juga mulai perbanyak makan buah-buahan, terutama sebelum jam makan, sehingga saya tidak merasa terlalu lapar saat jam makan. Biasanya saya suka makan pisang, pepaya, apel, jambu, anggur, buah naga, atau buah apa saja yang ada sih, saya tidak pilih-pilih, saya suka semua buah-buahan. Hehehe

Perbanyak makan buah bagus bagi kesehatan

Dan saya pun mulai juga menggantikan cemilan yang manis-manis dan juga gorengan dengan ngemil buah-buahan segar. Saya pun lebih senang makan buahnya secara langsung daripada diblender lagi. Apalagi yang saya baca diberbagai artikel memang lebih baik buah itu dimakan langsung, nggak usah diblender apalagi ditambahin berbagai pemanis karena bikin kita jadi kelebihan gula dan justru gampang makin gemuk.

Namun yang paling penting juga untuk cepat menurunkan berat badan adalah dengan banyak bergerak aktif atau melakukan olahraga yang membuat fisik kita aktif bergerak.

Dan saya pribadi, baru sekitar bukan Maret ini mulai aktif banget olahraganya, terutama saat stay at home karena virus corona ini. Dimana olahraga yang saya lakukan cukup simple sih, yaitu senam kemudian dilanjutkan dengan sit-up, push-up dan scot jump juga selama kurang lebih setengah jam hingga satu jam secara rutin 3-4 kali seminggu.

Alhamdulillah kini berat badan saya dah mulai turun, dalam sebulan ini turun 5kg dan itu pencapaian yang luar biasa buat saya. Semoga saya bisa terus konsisten untuk menerapkan semua pola hidup sehat ini hingga saya bisa terus sehat dan berat saya bisa tetap ideal. Aamiin...

Jadi, buat teman-teman yang mau turunin berat badan, ayo kita semangat memperbaiki pola hidup kita ya. Semangaaat!



No comments:

Post a Comment