Generali Indonesia Hadirkan Solusi untuk Atasi Susah Tidur & Stress


Beberapa waktu yang lalu, saya pernah merasakan yang namanya susah tidur atau insomnia, meski mata terpejam, namun ngantuk tak juga mampu membawa saya ke alam mimpi, hingga dini hari menjelang subuh saya baru bisa sejenak terlelap, dan pagi jam tujuh saya pun sudah harus bangun untuk siap-siap mandi karena harus berangkat kerja.

Jam tidur yang hanya sebentar membuat tubuh saya menjadi sangat lemas, dan saya pun tidak bergairah untuk melakukan apapun. Rasasanya mau tidur saja, namun tidak memungkinkan karena harus bekerja. Alhasil semua pekerjaan menjadi terbengkalai dan tak bisa terselesaikan dengan baik, karena saya tidak bisa fokus bekerja.

Berada dalam situasi seperti ini memang sungguh menyiksa, susah tidur membuat semua menjadi berantakan dan tak berjalan dengan baik. Bahkan memicu masalah baru berupa bad mood dan stress dengan segala hal yang seharusnya tak perlu saya risaukan secara berlebihan.

Susah Tidur & Stress Bisa Picu Berbagai Penyakit Berbahaya

Ternyata benar hasil penelitian dari Healthy Sleep Harvard College yang pernah saya baca, bahwa orang yang tidurnya kurang dari 4,5 jam sehari selama seminggu cenderung lebih mudah merasa marah, stres, dan kelelahan secara emosional.

Dan hal itu jugalah yang saya rasakan. Ternyata susah tidur akhirnya membuat saya menjadi mudah stress, dan pada saat yang sama, stres berkepanjangan juga bisa memperburuk kualitas tidur dan memperparah insomnia yang saya semakin menjadi-jadi.
Susah tidur bisa bikin stress dan sebaliknya, stress juga bisa bikin susah tidur
Namun pada dasarnya, untuk meraih hidup yang sehat, sejatinya kita harus memperhatikan beberapa faktor, yaitu: asupan makanan, olahraga, serta tidur & stres  yang memang harus dijaga, karena semua hal ini saling mempengaruhi satu sama lain untuk menjaga tubuh kita tetap sehat. 

Ya, tidak hanya stres yang membuat seseorang sulit tidur, namun asupan makanan yang tidak sehat juga bisa menjadi penyebabnya, dan sebaliknya, kurang tidur mampu meningkatkan stres dan mendorong seseorang makan makanan yang tidak sehat. 

Selain itu, kurang tidur bisa juga menyebabkan tubuh tidak bisa beristirahat dan memperbaiki diri yang nantinya akan mengganggu program diet dan pola olahraga. Untuk itu, tidur yang cukup akan membantu metabolisme tubuh dalam mencerna nutrisi dan memaksimalkan kualitas olahraga, begitu pula sebaliknya, semakin baik asupan makanan dan olahraga maka pola tidur juga akan lebih teratur.

Di sisi lain, sebuah penelitian juga menyatakan bahwa pola tidur dan stres berlebihan mampu meningkatkan risiko untuk mengidap berbagai penyakit yang berbahaya, seperti: kanker, kardiovaskular, gastrointestinal, dan diabetes. 

Selain sakit secara fisik, stres yang tidak terkelola dengan baik juga mampu menyebabkan keletihan mental dan gangguan secara psikologi seperti mudah tersinggung, kehilangan nafsu makan serta libido, dan bahkan stres berlebihan bisa merusak otak seperti berkurangnya ingatan dan menyusutnya volume otak.

Sungguh seram ya ternyata jika susah tidur dan stress tidak cepat-cepat kita cari solusinya, karena dampaknya begitu seram untuk kesehatan kita bahkan bisa mengancam nyawa kita. Untung saat ini, saya sudah mulai bisa mengatasi masalah susah tidur dan stress yang pernah saya alami tersebut.

Generali Indonesia Hadirkan Fitur Sleep & Stress

Namun kini kita tak perlu khawatir lagi jika mengalami susah tidur dan juga stress. Sebab, kemarin (04/03/20), bertempat di The Maj Senayan, PT. Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) baru saja meluncurkan fitur terbarunya yaitu Sleep & Stress untuk membantu masyarakat yang susah tidur ataupun stress.

Tampak hadir dalam acara ini ada Bapak Edy Tuhirman selaku CEO Generali Indonesia, ada juga dr. Andreas Prasadja (Specialist Doctor), ada juga Mba Bella Fawzi (Public Fiigure) dan hadir juga Mas Anjasmara (Public Figure & Yoga Instructor) yang menjadi narasumber di acara ini.
Generali Indonesia hadirkan fitur baru sleep & stress untuk atasi susah tidur dan stress
Ya, seperti yang saya ceritakan di atas, bahwa susah tidur akan membuat kita mudah stress, dan begitu juga sebaliknya, stress juga akan membuat kita menjadi sulit untuk tidur. Maka dari itu, kita harus bisa mengatasi hal tersebut supaya kita tidak terjebak dalam masalah ini berkepanjangan.

Dia akui oleh dr. Andreas Prasadja bahwa tidur yang berkualitas sangat penting. “Kualitas tidur itu yang menjadi dasar dari kualitas manusia, sebab daya tahan tubuh, kemampuan otak, sistem metabolisme tubuh, serta semua organ tubuh dibangun saat kita tidur.”

Makanya memperhatikan kualitas tidur kita menjadi sangat penting, karena kurang tidur bisa memicu banyak masalah, salah satunya menggangu performance kita, seperti  konsentrasi menjadi menurun, kreativitas berkurang, kemampuan kerja menjadi tidak semangat.

Untuk itu, permasalahan susah tidur dan stress ini harus diatasi dengan serius. Dan hal inilah yang akhirnya menggerakan Generali Indonesia untuk menghadirkan fitur Sleep & Stress ini karena sejalan komitmennya yang selalu ingin memberikan produk dan layanan inovatif untuk meningkatkan kualitas hidup banyak orang melalui solusi keuangan terbaik dan perlindungan jiwa serta kesehatan.

Jadi, dengan hadirnya fitur Sleep and Stress ini, maka diharapkan akan bisa membantu masyarkat untuk mengenali profil tidur mereka seperti apa, tingkat ketahanan dan toleransi terhadap stres serta potensi gangguan tidur sesuai dengan DNA masing-masing.

Selain itu, layanan ini merupakan fitur terbaru dari Generali DNA Journal yang juga mampu memberikan analisa variasi genetik terhadap kebutuhan nutrisi, sensitivitas pada kandungan makanan serta hal-hal umum lainnya yang menyangkut stamina dan kesehatan tubuh.
Bapak Edy Tuhirman menjelaskan bahwa gaya hidup dan DNA penting dalam membentuk kesehatan manusia
Dan diakui oleh Bapak Edy Tuhirman (CEO Generali Indonesia) bahwa kesehatan manusia sejatinya 70% ditentukan oleh gaya hidup dan 30% lainnya ditentukan oleh DNA. Dimana faktor DNA akan sangat mempengaruhi gaya hidup seseorang.

Makanya sangat penting bagi kita untuk mengetahui seperti apa sejatinya DNA kita masing-masing, supaya kita bisa semakin mengerti apa yang sebenarnya diperlukan oleh tubuh kita untuk meraih hidup yang sehat.

Maka dari itulah, Bapak Edy Tuhirman mengungkapkan bahwa “Kehadiran fitur terbaru DNA Journal ‘Sleep and Stress’ ini semakin melengkapi layanan kami untuk nasabah agar hidup lebih sehat dan bahagia.”

Sebab pada dasarnya, Generali Indonesia sebenarnya sudah menghadirkan solusi untuk membantu kita dalam merawat kesehatan dengan menghadirkan rangkaian fitur DNA Journal, yang akan mengidentifikasi karakteristik kita melalui 3 DNA Report, yaitu:
  • Nutrigenomic: akan menyajikan infomasi genetik mengenai kebutuhan nutrisi serta sensitivitas tehadap karbohidrat, kafein, laktosa, dan vitamin, sehingga nasabah bisa menyesuaikan asupan makanan dan tipe diet yang sesuai.
  • Fitness: akan memberikan analisa genetik yang menyangkut kebugaran dan pola latihan, seperti identifikasi kekuatan dan ketahanan tubuh dalam olahraga, resiko cedera, dan durasi recovery setelah berolah raga.
  • Sleep & Stress: akan menyuguhkan DNA report yang akan membantu mengoptimalkan kualitas tidur dan mengetahui ketahanan terhadap stress.
Lebih lanjut beliau mengungkapkan bahwa peluncuran fitur ini dilakukan karena kehadiran stres terkadang tidak mudah disadari, dan kita juga kurang memperhatikan kualitas tidur, padahal kedua hal ini bisa memberikan pengaruh besar terhadap kesehatan fisik dan mental seseorang.

Maka dari itu, dari hasil analisa fitur terbaru ini, maka nasabah bisa mendapatkan ragam informasi baru tentang keunikan genetik mereka dan membantu mereka memiliki lifestyle dan behavior baru yang cocok dengan karakteristik DNA mereka. 

Dan upaya ini menjadi perhatian Generali Indonesia untuk membantu kita agar lebih mengenal diri kita sendiri dan mengurangi resiko sakit yang akan mereka derita. Sebab, melalui fitur Sleep & Stress ini, kita bisa mendapatkan banyak manfaat untuk kesehatan kita.

Manfaat Fitur Sleep & Stress dari Generali Indonesia

Dan diakui oleh dr. Andreas bahwa dengan mengetahui DNA kita, maka kita bisa mengenal diri kita semakin baik, sehingga kita pun bisa mengatur apa yang diinginkan oleh tubuh kita, termasuk strategi tentang bagaimana seharusnya kita mengatur pola tidur dan juga mengatasi stress yang kita alami. 

Nah, untuk bisa mendapatkan keseluruhan hasil analisa DNA dari fitur Sleep & Stress ini ternyata tidak sulit loh, kita hanya perlu memberikan sampel air liur kita untuk diteliti dan kemudian dianalisa sebagai sample DNA kita, sehingga nantinya hasilnya akan ketahuan seperti apa tindakan yang perlu kita lakukan untuk memperbaiki kualitas tidur dan menimalisir stress yang kita alami.
Fitur Sleep & Stress memberikan banyak manfaat agar kita bisa terbebas dari masalah susah tidur dan juga stress
Nah, melalui hasil analisa DNA Journal ‘Sleep and Stress’, maka kita akan mendapatkan beragam informasi yang sangat berguna bagi kita, yaitu:
  • Mengatur respon diri untuk mengantisipasi situasi dengan tekanan tinggi (pressure)
  • Stres bisa lebih terkendali dengan baik tanpa mengurangi kualitas kerja
  • Bisa mengetahui kebutuhan tidur yang berkualitas untuk tubuh
  • Mengetahui dampak kafein pada diri yang menggangu tidur 
  • Dapat mengidentifikasi kapan waktu paling mengantuk dan kapan saat paling berenergi
  • Bisa mengoptimalkan produktivitas tanpa mengabaikan jam tidur 
Dan hasil dari analisa Sleep & Stress setiap orang tentu saja akan berbeda-beda karena memang DNA kita yang memang berbeda-beda. Jadi, solusi untuk mengatasi susah tidur dan stress yang akan kita lakukan pun akan berbeda-beda.

Misalnya, kita jadi lebih tahu kapan waktu kita paling berenergi, sehingga kita bisa memaksimalkannya untuk mengoptimalkan produktivitas kita. Seperti yang diakui oleh Mba Bella Fawzi bahwa dia akhirnya makin menyadari bahwa sangat penting untuk mendisiplinkan diri dalam menjaga kualitas tidur.

Dimana saat ini, Mba Bella selalu berusaha untuk tidur lebih cepat dari biasanya yang suka tidur larut malam, yaitu di atas jam 1 malam, namun sekarang mulai dikurangi, dan mulai mencoba untuk tidur di bawah jam 12 malam.

Nah, jadi buat teman-teman yang juga suka tidur larut malam, harus mulai kurangi juga begadangnya, sebab tidur yang cukup dan berkualitas benar-benar memberikan sensasi yang berbeda untuk kesehatan yang semakin baik, maupun untuk performance kerja kita menjadi semakin produktif. 

Untuk itu, memperhatikan kualitas tidur benar-benar harus diperhatikan banget, dan salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi susah tidur dan meminimalisir stress adalah dengan melakukan rileksasi diri, salah satunya dengan yoga.

Atasi Susah Tidur & Stress dengan Yoga

Seperti yang sudah dibahas di atas, dengan mengetahui hasil tes DNA yang kita miliki, maka kita semakin mengenal diri kita dengan baik sehingga kita pun bisa melakukan berbagai upaya yang tepat untuk mengatasi susah tidur dan stress yang ada.

Nah, ada pun cara yang bisa kita lakukan untuk bisa menggapai tidur yang berkualitas adalah bisa dengan melakukan rileksasi, yaitu membuat diri kita merasa tenang dan nyaman sebelum naik ke tempat tidur.

Dan diakui oleh dr.Andreas bahwa rileksasi sebelum tidur itu penting loh, sebab dengan melakukan rileksasi dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan dan menenangkan sebelum tidur bisa membuat kita mendapatkan tidur yang berkualitas.

Dimana cara melakukan rilekasi ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya melakukan meditasi, yoga, melatih pernafasan, medengarkan musik, baca buku, atau apapun yang bisa membuat tubuh tenang dan nyaman sebelum tidur. Namun perlu diingat loh, bahwa jangan melakukan rileksasi di atas tempat tidur.
Mas Anjasmara menjelaskan tentang bagaimana melakukan yoga untuk membantu bisa mudah tidur dan miminimalisir stress
Dan di acara ini, kami juga diajarkan Yoga oleh Mas Anjasmara tentang bagaimana cara menjalankan rileksasi dengan melakukan yoga supaya bisa mengatasi susah tidur dan stress. Karena sejatinya, menjalankan yoga sesuai dengan dengan hasil tes DNA yang kita miliki, maka kita bisa mengetahui jenis dan treatment yoga seperti apa yang diperlukan oleh tubuh kita sehingga kita bisa mengatasi susah tidur dan juga stress yang ada.  

Dan diakui oleh Mas Anjas, bahwa dirinya termasuk orang yang bisa tidur kapan saja dan dimana saja dengan mudahnya, namun supaya bisa begitu tentu harus dilatih. Dan kini, Mas Anjas pun melakukan latihan pernafasan dan juga yoga sehingga tubuhnya semakin terasa rileks dan tidur pun menjadi semakin mudah dilakukan. 

Untuk melakukan yoga, maka Mas Anjasmara melakukannya minimal 3 kali dalam seminggu dengan durasi minimal sekitar 30 – 60 menit dalam sekali latihan. Dan banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan dari rutin melakukan yoga ini, yaitu:
  • Manfaat yoga untuk kesehatan fisik yaitu kita bisa melatih otot kita, bisa mengurangi nyeri sendi, membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kekebalan tubuh, melancarkan aliran darah, bahkan bisa membuat perut semakin langsing.
  • Manfaat yoga untuk kesehatan mental yaitu kita bisa meningkatkan kualitas tidur, meredam stress, memperbaiki mood, mempertajam ingatan, meningkatkan kebiasaan makan sehat, dan bikin kita makin percaya diri.
ini Mas Anjasmara sedang mengajarkan yoga untuk rileksasi sebelum tidur 
Nah ternyata banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita bisa rutin melakukan yoga seperti ini. Namun perlu diingat, bahwa sangat penting melakukan yoga yang tepat sesuai dengan DNA yang kita miliki agar bisa lebih efektif dan maksimal hasilnya.

Ya, melakukan yoga yang tepat ternyata selain kita bisa mendapatkan tidur yang berkualitas dan bebes dari stress, maka diakui juga oleh Mas Anjasmara bahwa melakukan yoga yang benar bisa membantu meregenerasi sel-sel tubuh kita lebih cepat, sehingga tubuh kita selalu segar dan bugar, bahkan bisa bikin kita tampak lebih fresh dan awet muda.


No comments:

Post a Comment