Berzakat dan Donasi Makin Mudah Melalui Zakatin.com



Semua yang bernyawa pasti akan mati, tak ada yang benar-benar kekal di dunia ini. Maka sudah selayaknya kita tak perlu terlalu menyombongkan segala hal yang kita miliki di dunia ini, apalagi sampai mengagungkan harta benda yang melimpah, padahal semua itu juga tak akan pernah bisa kita bawa mati.

Harta dan segala yang kita miliki di dunia ini adalah titipan, dan kelak akan diminta pertanggungjawabannya di akhirat kelak. Makanya, ketika memiliki harta yang banyak, kita pun harus sadar, bahwa di dalam harta yang kita miliki ada hak orang lain yang juga harus kita keluarkan, yaitu ada hak kaum fakir miskin.

Bahkan Allah pun sudah menjelaskan dalam Al-Qur’an [QS. Adz-Dzariyat: 19] yang berbunyi “Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapatkan bahagian.”

Selain itu, dalam QS. Al-Baqarah: 267 juga Allah kembali mengingatkan kita “Hai orang-orang yang beriman, keluarkanlah/nafkahkanlah (dijalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang kami keluarkan dari bumi untuk kamu.”

Jadi sungguh jelas Allah menjelaskan dalam firman-firmannya betapa kita harus berbagi dengan sesama terutama kaum fakir miskin atas harta yang kita miliki. Bahkan Allah pun menegaskan bahwa orang yang memiliki harta namun tidak digunakan di jalan Allah maka akan diganjar dengan siksaan api neraka loh.

“Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka (bahawa mereka akan mendapat) siksa yang pedih, pada hari dipanaskan emas perak itu dalam neraka jahanam, lalu dibakar dengannya dahi mereka, lambung, dan punggung mereka, (lalu dikatakan) kepada mereka: ‘Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu’.” (QS. At-Taubah: 34-35).

Maka dari ini, mulai sekarang mari kita ringankan hati kita untuk selalu mengeluarkan sedekah dann juga zakat atas harta yang kita miliki. Hak kaum fakir miskin itu tidak banyak kok, hanya 2,5% dari harta yang kita miliki, dan Allah SWT menjamin harta kita tidak akan berkurang karena dikeluarkan sedekah atau zakatnya, justru akan bertambah keberkahannya.

Bahkan saya pernah mendengar ceramah seorang Ustadz, bahwa dengan bersedekah atau pun mengeluarkan zakat atas harta yang kita miliki, maka kita akan mendapatkan banyak hikmahnya, yaitu: Hidup yang semakin berkah, akan terhindar dari bala dan bencana, dimudahkan mencari rezeki yang halal, Allah akan melipatkan gandakan pahalanya, dan harta yang disekahkan tersebut akan kekal di sisi Allah.

Maka dengan menyadari betapa besarnya hikmah dari bersedekah dan berzakat ini, maka sudah selayaknya kita mulai membiasakan diri untuk selalu bersedekah atau berzakat, apalagi sekarang untuk bersedekah atau berzakat semakin mudah, yaitu bisa melalui Zakatin.

 
Apa itu Zakatin?

ini tampilan website Zakatin.com
Zakatin merupakan sebuah website donasi dan penggalangan dana zakat secara online yang akan membantu kita yang ingin menunaikan zakat dan berdonasi (sedekah, infak) untuk menemukan orang yang benar-benar tepat dan cepat untuk mendapatkan bantuan dari kita.

Ya, kehadiran Zakatin.com yang sudah berbasis online ini diharapkan akan semakin memudahkan kita yang ingin berzakat dan berdonasi (sedekah, infak) secara cepat dan praktis dengan memanfaatkan segala kecanggihan era digital yang ada untuk berzakat dan berdonasi kapan saja dan di mana saja dengan semakin mudah.

Dan nanti hasil zakat dan donasi (sedekah, infak) yang kita salurkan melalui Zakatin.com ini tentu saja akan diserahkan kepada orang-orang yang memang berhak menerimanya, yaitu sesuai dengan isi surat At-Taubah dalam Al-Quran ayat 60, ada 8 golongan orang yang berhak menerima zakat dan donasi tersebut.

"Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para muallaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berutang untuk jalan Allah, dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai sesuatu ketetapan yang diwajibkan Allah; dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana." (QS. At-Taubah: 60).
ada 8 golongan yang akan menerima zakat dan donasi dari Zakatin
Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini yang dimaksud dengan 8 golongan yang berhak menerima zakat tersebut, yaitu sebagai berikut:
  1. Fakir yaitu orang yang tidak mempunyai harta atau hasil usaha (pekerjaan) untuk memenuhi kebutuhan pokoknya dan tanggungannya.
  2. Miskin yaitu orang yang mempunyai sedikit harta dan hasil usaha tetapi masih tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhannya.
  3. Amil yaitu orang-orang yang mengurus zakat mulai dari penerimaan zakat hingga menyalurkannya kepada orang yang membutuhkan.
  4. Mu'allaf yaitu Orang yang baru masuk Islam atau mu'allaf juga menjadi golongan yang berhak menerima zakat. Ini bertujuan agar orang-orang semakin mantap meyakini Islam sebagai agamanya, Allah sebagai tuhan dan Muhammad sebagai rasulNya.
  5. Riqab yaitu orang yang ingin membebaskan dirinya, yaitu hamba sahaya atau budak yang telah dijanjikan atau belum dijanjikan oleh tuannya untuk lepaskan jika ia mampu membayar sejumlah tertentu.
  6. Gharim yaitu orang memiliki hutang, menanggung hutang, dan tidak sanggup untuk membayarnya karena telah jatuh miskin.
  7. Fi Sabilillah yaitu orang yang berjuang di jalan Allah. Misal, berperang, pengembang pendidikan, dakwah, kesehatan, panti asuhan, madrasah diniyah dan masih banyak lagi.
  8. Ibnu Sabil yaitu orang yang sedang melakukan perjalanan jauh dan terputus bekalnya, termasuk pekerja dan pelajar di tanah perantauan.
Dan untuk menyalurkan zakat dan donasi (sedekah, infak) kepada orang yang berhak, maka Zakatin juga bekerjasama dengan berbagai mitra khusus yang bisa memebantu menyalurkan donasi yang ada hingga ke segala pelosok nusantara, yaitu melalui lembaga-lembaga zakat yang sudah terpercaya, masjid, yayasan dan juga pondok pesantren.

Maka dari itu, zakat dan donasi yang kita salurkan melalui Zakatin.com ini akan tersebar ke seluruh negeri bahkan hingga ke daerah-daerah pedalaman sekalipun. Sebab saat ini, relawan Zakatin ini sudah tersebar ke seluruh Indonesia dan didukung oleh relawan di pedalaman juga, oleh karena itu sebaran mustahik yang dibantu oleh Zakatin merupakan profil-profil yang sangat membutuhkan bantuan.

Keunggulan berzakat dan donasi di Zakatin

Selain memiliki tujuan penyaluran zakat dan donasi (sedekah, infak) yang jelas dan luas hingga ke seluruh pelosok negeri, yang menarik juga memilih menyalurkan zakat dan donasi (sedekah, infak) melalui Zakatin ini karena mereka menawarkan banyak kemudahan bagi kita.
Bayar zakat dan berdonasi di Zakatin.com banyak kemudahannya
Ya, Zakatin ini menawarkan beberapa kemudahan sehingga membuat kita semakin nyaman dan merasa aman untuk berzakat dan berdonasi (sedekah, infak) harta yang kita miliki dengan berbagai keunggulan berikut ini.

1.       Sudah berbasis online
Di era yang serba digital ini, maka Zakatin pun hadir menawarkan kemudahan bagi kita dalam memberikan zakat dan donasi (sedekah, infak) dengan cara online, sehingga memungkinkan kita bisa menunaikan zakat dan donasi (sedekah, infak) semakin mudah dan praktis, tanpa batasan ruang dan waktu karena bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

2.       Bisa memilih campaign, baik zakat ataupun sedekah
Melalui Zakatin ini, kita benar-benar diberikan kebebasan untuk memilih campaign sesuai dengan yang kita inginkan yaitu kita ingin menyalurkan zakat atau sedekah, semuanya bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan kita masing-masing.

3.       Bisa memilih campaign sesuai daerah yang dimau
Menariknya lagi, saat kita ikut dalam sebuah campaign yang ada di Zakatin ini, maka kita bisa bebas untuk memilih daerahnya sesuai dengan kemauan kita sendiri, bahkan kedekatan penerima manfaat bisa diukur melalui peta yang bisa dizoom dan dilihat titik sebarannya, sehingga harapan kita untuk membantu masyarakat yang ada di suatu daerah yang kita mau bisa diwujudkan oleh Zakatin ini.

4.       Mendapatkan laporan donasi via email
Setelah kita mengikuti sebuah campagin yang ada di Zakatin ini, maka kita akan mendapatkan detail laporan melalui email kita sebagai bukti pertanggungjawaban Zakatin terkait keikutsertaan kita dalam campaign tersebut, sehingga di sini kita bisa tahu dengan jelas seperti apa proses penyaluran zakat dan donasi (sedekah, infak) yang kita serahkan tersebut.

5.       Mengetahui progress campaign dari penerima manfaat
Ya, Zakatin akan memberikan segala informasi secara detail dan transparan terkait keuangan dan segala proses campaign ini, seperti kita bisa mengetahui jumlah nilai sumbangan karena langsung tertera jelas di sana, hingga siapa yang menerima manfaat atas penyaluran zakat dan donasi (sedekah, infak)  yang sudah kita berikan tersebut pun semua terpampang jelas.

Makanya sungguh sangat menyenangkan menurut saya bisa ikut menyalurkan zakat dan donasi (sedekah, infak) melalui Zakatin karena bisa memberikan begitu banyak kemudahan dan juga transparansi segala kegiatannya, sehingga memberikan rasa nyaman dan tenang bagi kita bisa menyalurkan zakat dan donasi (sedekah, infak) untuk orang-orang yang memang membutuhkannya.

Cara menyalurkan Zakat dan Sedekah lewat Zakatin

Setelah melihat keunggulan yang diberikan oleh Zakatin, maka saya rasa teman-teman semua pasti sangat ingin juga untuk memberikan berzakat dan donasi (sedekah, infak) lewat Zakatin supaya apa yang kita donasikan langsung sampai kepada mereka yang memang membutuhkannya.
Tunaikan zakat dan sedekah melalui Zakatin.com cukup mudah
Nah, cara menyalurkan zakat dan donasi (sedekah, infak) lewat Zakatin sangat mudah kok, yaitu caranya sebagai bagai berikut:
  1. Pertama-tama buka websitenya www.zakatin.com
  2. Lalu mendaftarkan diri dengan mengisi data sesuai yang diminta
  3. Pilih campaign yang ingin kita ikuti
  4. Pilih daerah yang ingin kita salurkan donasi (sedekah, infak, zakat) yang kita mau
  5. Lalu berikan zakat dan donasi (sedekah, infak) sesuai kemampuan kita.
Cukup mudah bukan? Makanya bagi teman-teman yang memiliki kemampuan untuk berzakat dan berdonasi (sedekah, infak) maka jangan menunda-nunda lagi untuk berbagi dengan sesama, terutama bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan.

Percayalah, sekecil apapun donasi (sedekah, infak, zakat) yang kita berikan pasti akan sangat berati bagi mereka yang membutuhkan. Dan ingatlah, janji Allah, bahwa barang siapa yang mengeluarkan hartanya untuk membantu sesama di jalan Allah, maka akan dimudahkan rezekinya dan dijauhkan dari segala bala dan bencana yang akan menimpanya.

Dan jika teman-teman ingin mengenal lebih dekat lagi dengan Zakatin ini, maka teman-teman bisa langsung follow sosial medianya sebagai berikut ya:
·         Facebook: Zakatinn
·         Instagram: @zakatin.official
·         Twitter: @zakatin_
·         Youtube: Zakatin.com
·         Linkind: Zakatin-Indonesia
·         Email: sapa@zakatin.com

Jadi, saatnya salurkan bantuan melalui Zakatin dengan peta penemu orang yang tepat untuk menerima bantuan kita. Berzakat dan sedekah itu bisa bikin bahagia! J

No comments:

Post a Comment