Atasi Mata Kering Dengan Insto Dry Eyes Agar Tidak Jadi Drama

Kenali gejala mata kering dan atasi dengan Insto Dry Eye sebagai solusi mata kering

Menyesal memang selalu datang belakangan! “Andai saya tak begitu, mungkin hasilnya tidak akan begini” begitulah gumam penyesalan saya ketika menyadari kondisi yang menimpa saya saat itu, sebuah pekerjaan terpaksa ditolak lantaran kondisi mata saya yang tiba-tiba terasa sakit.

Saat itu, mata saya terasa sepet dan perih, sehingga sangat menggangu untuk digunakan beraktivitas, dan saat saya intip di cermin tampak jelas mata saya memerah. Kondisi mata saya ini benar-benar terasa tidak nyaman untuk diajak bekerja, sehingga saya memilih untuk sejenak rehat.

Hal tersebut mungkin tidak akan terjadi, bila sebelumnya saya tidak kelamaan bermain game di laptop hingga berjam-jam. Keasyikan bermain game dalam rentang waktu yang lama benar-benar membuat mata saya setelahnya menjadi tegang, perih dan sakit.

Jujur saat itu saya sempat dirundung panik karena kondisi mata saya tersebut. Kejadian itu membuat saya pun menjadi kapok untuk tidak lagi terlalu lama bermain game di laptop. Dan hal ini pun mengingatkan saya pada pesan ibu sewaktu saya kecil dulu, supaya tidak menonton televisi terlalu dekat dan dalam waktu yang lama, karena bisa membuat mata jadi sakit.

Hal ini benar adanya, kelamaan di depan televisi, bermain handphone dan laptop ternyata bisa membuat mata saya jadi sepet dan sakit akibat mata kering, sehingga memaksa saya untuk sejenak istirahat dan tidak bisa melanjutkan beberapa pekerjaan yang seharusnya bisa segara saya tuntaskan.


Mata Kering Bisa Bikin Drama

Istilah mata kering mungkin tidak familier bagi banyak orang, begitupun saya pada awalnya. Namun setelah membaca berbagai artikel kesehatan, saya pun jadi mengerti bahwa mata kering bisa menimpa siapa saja, kapan saja dan di mana saja, terlebih bagi kita yang sering menatap layar (handphone, laptop, televisi) dengan rentang waktu yang lama.

Apalagi dengan semakin berkembangnya teknologi di zaman sekarang ini, maka semakin banyak pula waktu yang kita habiskan untuk menatap layar gadget. Termasuk bagi saya yang berkecimpung sebagai konten kreator yang mengharuskan saya lebih banyak menghabiskan waktu menatap layar hampir sepanjang waktu, dari pagi hingga malam hari.

Bukan hanya untuk urusan komunikasi dan meeting saja, penggunaan handphone dan juga laptop tentu saja dibutuhkan sebagai media kerja untuk menghasilkan berbagai konten, seperti menulis artikel, mengedit foto dan juga video, membuat infografis, dan juga konten-konten yang lainnya.

Maka dengan rutinitas seperti itu, saya kerap kali merasakan kondisi tidak nyaman pada mata saya. Mata saya sering terasa sepet dan juga perih, sehingga memaksa saya untuk menunda berbagai pekerjaan saya karena hal tersebut.

Jujur, kondisi ini sangat tidak nyaman, karena sudah mempengaruhi produktivitas saya menjadi terbatas dan kualitas kerja juga jadi menurun. Dan bila kondisi ini terus dibiarkan tentu akan menjadi masalah yang bisa menimbulkan drama panjang nantinya. Untuk itu, kita tidak bisa mengabaikan begitu saja tentang masalah mata kering ini.

Mata kering kerap menjadi masalah bagi konten kreator karena lama di depan layar (HP, Laptop)

Mata kering sendiri merupakan sebuah kondisi dimana mata kita tidak dapat memproduksi atau menjaga kelembapan mata dengan cukup. Mata kering terjadi ketika kualitas air mata tidak memadai atau produksinya berkurang, sehingga menyebabkan mata menjadi mudah mengalami kondisi kering.

Dan mata kering ini bisa terjadi karena berbagai sebab, seperti kelamaan main gadget, menonton TV, membaca buku, berada di ruang ber-AC, penggunaan kontak lensa yang berlebihan, kondisi lingkungan dan kesehatan yang tidak prima, hingga juga dipengaruhi faktor usia.

Namun yang umumnya terjadi pada saya pribadi, penyebab mata kering adalah disebabkan karena kebiasaan saya yang cenderung jarang berkedip dalam yang waktu lama ketika menatap layar (handphone atau laptop), mata terlalu fokus untuk menatap pada objek pekerjaan atau tontonan tertentu yang sedang dikerjakan, sehingga lupa untuk berkedip dan memicu mata menjadi kering.

Dan gejala mata kering yang biasanya terjadi adalah mata terasa pegal, mata sepet, mata perih, mata kering, merah, terasa panas, gatal atau seperti berpasir. Selain itu, mata juga terasa cepat lelah, terdapat lendir di dalam atau sekitar mata, dan juga menjadi lebih sensitif ketika kena cahaya terang, hingga penglihatan yang semakin buram.

Meskipun gejala mata kering ini mungkin terdengar sepele, namun mata kering seperti ini bisa berbahaya dan bikin drama yang berkepanjangan jika tidak ditangani dengan serius, karena dapat mempengaruhi penampilan kita menjadi tidak fresh, hingga menyebabkan berbagai komplikasi dan bahaya dalam jangka panjang.

Kenali gejala mata kering sebelum jadi drama

Dan salah satu bahaya mata kering adalah terjadinya iritasi dan peradangan pada mata. Ketika mata tidak memiliki cukup pelumasan, maka organ ini menjadi rentan terhadap iritasi seperti mata merah, nyeri, gatal, dan peningkatan risiko infeksi. Kondisi ini jika dibiarkan tentu saja dapat mengganggu kualitas hidup kita dan juga mengganggu kinerja kita sehari-hari.

Selain itu, mata kering juga dapat berdampak pada penglihatan, dimana kurangnya pelumasan pada permukaan mata kita, maka bisa mempengaruhi kualitas penglihatan atau bisa memicu penglihatan menjadi kabur atau tidak jelas.

Bahkan bahayanya lagi, komplikasi jangka panjang yang serius juga bisa terjadi pada mata yang kering, termasuk kerusakan permukaan mata dan kerusakan saraf pada mata. Jika kondisi ini tidak diobati, dapat menyebabkan kerusakan permanen pada mata dan gangguan penglihatan yang lebih serius.

Makanya, mata kering jangan dianggap sepele, karena bisa menimbulkan drama yang serius, karena kondisi ini bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan bahaya jangka panjang yang fatal jika tidak diatasi dengan baik dari sekarang. Dan untuk mengatasi mata kering ini bisa kita lakukan dengan menjaga kelembapan dan menjalani gaya hidup yang sehat, serta berbagai langkah pencegahan lainnya untuk menghindari mata kering dan bahaya yang ditimbulkannya.


Cara Mengatasi Mata Kering Agar Tidak Menjadi Drama Panjang

Air mata sejatinya bukan hanya mengeluarkan air saat menangis saja, tapi juga berguna untuk melindungi kornea mata, karena air mata mampu menjaga permukaan mata agar tetap lembap sekaligus mendapatkan nutrisi dengan baik.

Namun keseringan kita menatap layar setiap saat sepanjang waktu, baik untuk bekerja, belajar hingga menikmati hiburan, maka kita mudah merasakan mata kering atau yang dikenal juga dengan istilah "dry eye syndrome" yang merupakan kondisi di mana mata kita tidak sedang memproduksi cukup air mata atau air mata evaporasi terlalu cepat.

Ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi mata kering

Bila hal itu terjadi, tentu akan ada banyak drama yang tercipta, bukan hanya menyebabkan kita tidak nyaman beraktivitas, namun juga menurunkan produktivitas kita. Maka untuk mencegah dan mengatasi bahaya mata kering ini, ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan, diantaranya sebagai berikut:

1. Hindari penggunaan gadget dalam jangka waktu yang lama
Seperti yang sudah saya ceritakan di atas, sebaiknya saat kita melihat layar gadget (komputer, smartphone, tablet), mata cenderung mengedip lebih sedikit, sehingga mengurangi produksi air mata. Untuk itu, jangan lupa kita untuk mengistirahatkan mata setiap 20-30 menit dengan melihat jauh selama beberapa saat atau menggunakan teknik "20-20-20", yaitu melihat objek yang berjarak 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik setiap 20 menit.

2. Jaga kelembapan udara
Perlu juga kita sadari, bahwa menjaga kelembapan udara juga sangat penting, terutama di tempat dengan udara yang kering, seperti ruangan ber-AC atau penggunaan alat pemanas, karena itu bisa membuat mata semakin kering. Sebaiknya, kita menggunakan humidifier atau pemanas udara dengan fungsi penambahan kelembapan udara di ruangan, terutama saat tidur, untuk menjaga kelembapan mata.

3. Konsumsi makanan yang sehat
Makanan pun punya peran dalam menjaga kesehatan mata kita. Sebaiknya kita mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti ikan salmon, tuna, atau makanan laut lainnya agar dapat membantu meningkatkan produksi air mata. Selain itu, konsumsi juga makanan yang mengandung antioksidan tinggi seperti buah-buahan dan sayuran segar untuk menjaga kesehatan mata.

4. Jangan lupa minum air yang cukup
Mengkonsumsi air putih memang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk mata kita. Maka dari itu, kita sebaiknya mengkonsumsi air putih secukupnya untuk menghindari dehidrasi, karena hal itu dapat mempengaruhi produksi air mata. Kita sebaiknya minum air yang cukup setiap hari, sekitar 8-10 gelas air per hari.

5. Gunakan tetes mata buatan
Menggunakan tetes mata buatan atau obat tetes mata merupakan salah satu cara yang paling umum dan mudah dilakukan untuk mengatasi mata kering. Biasanya, tetes mata ini berfungsi untuk menggantikan air mata alami karena tetes mata biasanya mengandung zat yang meniru fungsi air mata. Dan Insto Dry Eyes adalah tetes mata pilihan untuk mengatasi mata kering tersebut.

Itu dia beberapa upaya yang bisa kita lakukan untuk mengatasi mata kering agar kita terbebas dari maka kering yang bikin drama di kemudian hari. Dan berikut ini saya akan paparkan lebih jelas, tentang kenapa saya memilih Insto Dry Eyes sebagai tetes mata andalan untuk mengatasi permasalahan mata kering.


Insto Dry Eyes Solusi Cepat Atasi Mata Kering

Hampir 24 jam dalam sehari saya selalu menggunakan gadget (laptop dan handphone) baik untuk urusan pekerjaan, komunikasi hingga menikmati hiburan. Maka tidak heran, saya pun kerap kali mengalami masalah mata kering karena terlalu lama menggunakan gadget tersebut.

Namun kini saya tidak perlu khawatir lagi meskipun menggunakan gadget dalam waktu lama, karena saya sudah menemukan solusinya agar mata tidak cepat terasa kering, yaitu cukup dengan menggunakan tetes mata Insto Dry Eyes.

Kehadiran Insto Dry Eyes menjadi soslusi mata kering paling tepat

INSTO DRY EYES ini merupakan tetes mata yang digunakan untuk memberikan efek pelumas seperti air mata, sehingga dapat membantu kita mengatasi gejala kekeringan pada mata, meringankan iritasi mata yang disebabkan oleh kekurangan produksi air mata (biasanya pada penderita rheumatoid arthritis, keratoconjunctivitis dan xerophthalmia), juga digunakan sebagai pelumas pada mata palsu.

Untuk produk Insto Dry Eyes ini sendiri dikemas dalam botol plastik warna bening dengan tutup berwarna biru cerah. Tetes mata Insto Dry Eyes ini memiliki kandungan hydroxypropyl methylcellulose sebanyak 3,0 mg dan benzalkonium chloride sebanyak 0,1 mg yang bermanfaat untuk meringankan rasa tidak nyaman akibat kurangnya air mata, seperti saat berada di tempat yang dingin atau saat menatap layar terlalu lama.

Kehadiran Insto Dry Eyes benar-benar menjadi solusi yang sangat praktis untuk mengatasi masalah mata kering ini menurut saya, selain cara penggunaanya yang sangat mudah, reaksi tetes mata Insto Dry Eyes ini juga bekerja dengan cepat, sehingga mata kering bisa berangsur hilang dalam waktu yang begitu cepat dan mata kembali terasa nyaman.

Untuk itu, sebagai konten kreator yang setiap hari menatap layar sepanjang waktu, saya kini tidak pernah takut lagi dengan ancaman mata kering, karena sudah ada #InstoDryEyes yang menjadi #SolusiMataKering yang dapat saya andalkan setiap saat.

Kenali gejala mata kering dan atasi dengan Insto Dry Eye sebagai solusi mata kering
Cara menggunakan Insto Dry Eyes sangat mudah dan manfaatnya langsung terasa 

Dan cara menggunakan Insto Dry Eyes ini benar-benar mudah, namun saat kita menggunakan tetes mata yang satu ini, sebaiknya dilakukan dengan benar agar khasiatnya bisa langsung terasa untuk mengatasi mata kering. Nah, cara menggunakan Insto Dry Eyes yang benar adalah sebagai berikut:
  • Jangan lupa mencuci tangan sebelum dan setelah menggunakan Insto Dry Eyes
  • Pastikan ujung botol Insto Dry Eyes tidak tersentuh atau terkena permukaan benda apapun agar tidak terkontaminasi
  • Dongakkan kepala ke belakang dan tarik kelopak mata bagian bawah hingga membentuk kantung, lalu teteskan obat ke dalamnya
  • Teteskan 1-2 tetes pada setiap mata. Cara ini bisa kita lakukan 3 kali sehari atau sesuai anjuran dokter
  • Setelah obat diteteskan, tutup mata dan tekan bagian ujung mata yang dekat dengan hidung selama 2–3 menit, lalu tundukkan kepala ke bawah
  • Hindari menekan dan menggosok mata, atau mengedip supaya obat dapat bekerja dengan baik
Nah itu di acara menggunakan tetes mata #InstoDryEyes #SolusiMataKering yang benar. Dan penggunaan Insto Dry Eyes ini benar-benar sangat mudah, karena bisa kita lakukan sendiri kapan pun dan di mana pun kita butuhkan.

Dan jika kita menggunakan contact lens, maka lepaskan terlebih dahulu sebelum menggunakan Insto Dry Eyes ini dan tunggu setidaknya 10 menit setelah menggunakan Insto Dry Eyes baru kemudian memasang kembali contact lens tersebut.

Dan perlu juga diingat, bahwa kita harus menyimpan Insto Dry Eyes ini di dalam wadah tertutup. Hindari menyimpan Insto Dry Eyes ini di tempat yang panas, lembap, atau terkena paparan sinar matahari langsung, serta jauhkan juga Insto ini dari jangkauan anak-anak agar tidak menimbulkan masalah.


Alasan Saya Menggunakan Insto Dry Eyes

Kehadiran Insto Dry Eyes benar-benar menjadi tetas mata pilihan yang tepat bagi saya, karena mengandung bahan aktif sebagai air mata buatan yang mampu bekerja memberikan efek pelumas seperti air mata untuk mengatasi mata kering.

Selain itu, kandungan bahan aktif yang ada dalam Insto Dry Eyes ini juga dapat meringankan iritasi mata yang disebabkan oleh kekurangan produksi air mata. Makanya sangat cocok untuk saya gunakan setiap saat untuk memimalisir bahaya mata kering yang serius.

Kenali gejala mata kering dan atasi dengan Insto Dry Eye sebagai solusi mata kering
Ini beberapa alasan lain kenapa saya suka menggunakan Insto Dry Eyes

Namun selain kegunaannya tersebut, alasan saya pribadi memilih Insto Dry Eyes sebagai tetes mata andalan karena memiliki beberapa keistimewaan lainnya, yaitu sebagai berikut:

1. Sudah bersertifikat Halal & terdaftar BPOM
Sebagai seorang muslim, kehalalan sebuah produk menjadi faktor paling utama dalam menggunakan produk tersebut. Dan Insto Dry Eyes ini sudah memiliki sertifikat halal dan juga sudah memiliki izin edar BPOM dengan nomor DTL1438202146A1 sehingga sehingga memberi saya rasa aman dan nyaman untuk menggunakannya.

2. Cara penggunaannya praktis
Seperti yang sudah saya bahas di atas, bahwa saya sangat senang dengan Insto Dry Eyes ini karena cara penggunaanya yang begitu praktis, kita bisa menggunakan tetes mata ini sendiri tanpa perlu bantuan orang lain.

3. Mudah didapatkan di mana saja
Untuk mendapatkan tetes mata Insto Dry Eyes ini benar-benar mudah, karena dijual di berbagai tempat, seperti minimarket, supermarket, apotik, bahkan bisa dibeli secara online melalui berbagai e-commerce yang ada seperti Shopee dan juga Tokopedia.

4. Harganya terjangkau
Agar bisa menggunakan tetes mata Insto Dry Eyes ini kita tak perlu merogoh isi dompet dalam-dalam, karena harganya cukup terjangkau, yaitu hanya Rp.17.900 (Saya beli di Indomaret) untuk kemasan ukuran 75ml.

5. Mudah dibawa kemana-mana
Tetes mata Insto Dry Eyes ini hadir dengan kemasan yang sangat simple dengan ukuran hanya 7,5 ml sehingga benar-benar praktis untuk dibawa kemana-mana, bahkan bisa kita kantongi dengan mudah agar bisa digunakan di mana pun dan kapan pun kita butuhkan.

Kenali gejala mata kering dan atasi dengan Insto Dry Eye sebagai solusi mata kering
Sudah saatnya akhiri drama mata kering dengan Insto Dry Eyes aja!

Itu dia beberapa alasan yang membuat saya menjadikan Insto Dry Eyes sebagai Solusi Mata Kering andalan untuk digunakan setiap saat, kapan pun dan di mana pun. Sebab saya meyakini, Insto Dry Eyes ini ibarat sahabat yang setia, selalu ada untuk membantu saya mengatasi mata kering kapan pun saya inginkan.

Jadi, dengan hadirnya Insto Dry Eyes, kini hari-hari saya terasa lebih menyenangkan, menatap layar tak lagi perlu khawatir, urusan pekerjaan semakin lancar dan pastinya terbebas dari drama yang tak penting, lantaran mata kering sudah menemukan solusi terbaiknya! 😊



Referensi:
1. https://www.honestdocs.id/mengapa-mata-bisa-kering
2. https://www.halodoc.com/kesehatan/mata-kering
3. https://insto.co.id/produk/insto-dry-eyes


2 comments:

  1. Mata kering rasanya ga enak bgt, karena itu aku slalu sedia Insto di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar banget Mba Uci, mata kering bisa menggangu aktivitas ya, untung ada Insto Dry Eyes ya. :)

      Delete