Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat dengan mudah


Kehadiran jerawat benar-benar bisa membuat kita menjadi tidak percaya diri (PD), terlebih bila jerawat hadir banyak menghiasi wajah kita. Dan hal itu juga yang sempat saya rasakan ketika jerawat mendadak menghiasi wajah saya beberapa waktu yang lalu.

Dan keberadaan jerawat ini mungkin bukan masalah yang serius bagi banyak orang, tapi buat saya pribadi ini sangat mengganggu penampilan saya. Makanya, ketika jerawat ini datang, jujur saya sangat panik dan sangat membenci kehadirannya.

Namun perlu kita sadari, bahwa jerawat ini sebenarnya merupakan masalah umum yang dialami oleh banyak orang, terutama pada saat kita berusia remaja. Munculnya jerawat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk perubahan hormonal, produksi minyak berlebihan, bakteri, dan ketidakseimbangan pH kulit.


Nah, untuk lebih jelasnya, saya akan menjelaskan beberapa hal yang menjadi penyebab jerawat bisa muncul, yaitu sebagai berikut:

1. Perubahan Hormonal
Pada saat kita mencapai masa pubertas, perubahan hormonal yang terjadi dalam tubuh menyebabkan peningkatan produksi hormon androgen. Hal ini dapat menyebabkan kelenjar minyak di bawah kulit menjadi lebih aktif, memproduksi lebih banyak minyak, yang secara tidak langsung menyebabkan pori-pori tersumbat dan kemudian tumbuh jerawat. Selain itu, perubahan hormon juga dapat merangsang produksi sel kulit yang lebih tinggi dan kondisi ini juga dapat menyebabkan jerawat.

2. Produksi Minyak Berlebihan
Kelenjar minyak di bawah kulit memproduksi minyak alami yang diperlukan untuk menjaga kelembaban dan kelembutan kulit. Namun, terlalu banyak produksi minyak dapat menyebabkan sumbatan pada pori-pori kulit, yang kemudian berperan dalam munculnya jerawat.

3. Disebabkan Bakteri
Jerawat bisa juga disebabkan oleh bakteri, dan biasanya bakteri yang ditemukan pada kulit, yaitu Propionibacterium acnes, juga berperan dalam penyebab jerawat. Bakteri ini hidup pada permukaan kulit dan dapat menyumbat pori-pori, menyebabkan peradangan dan pembengkakan.

4. Ketidakseimbangan pH Kulit
Ternyata kadar pH kulit yang tidak seimbang dapat juga membuat kulit lebih rentan terhadap pertumbuhan bakteri dan peradangan. Produk perawatan kulit dan pembersih yang tidak seimbang pH-nya dapat mengganggu keseimbangan alami kulit dan memicu jerawat.

5. Faktor Lingkungan
Faktor lingkungan seperti polusi dan kondisi cuaca tertentu juga dapat menyebabkan jerawat. Polusi udara dapat menyumbat pori-pori, sedangkan udara yang lembap dapat membuat kulit lebih berminyak.

Ternyata banyak juga hal-hal yang menjadi pemicu kenapa jerawat bisa muncul di kulit wajah kita. Maka untuk mengatasi hal tersebut, ada juga beberapa cara mengatasi jerawat yang bisa kita lakukan dengan mudah, diantaranya seperti berikut ini:

1. Mencuci wajah secara teratur
Untuk mengatasi jerawat, kita harus membersihkan wajah kita dua kali sehari dengan pembersih wajah yang sesuai dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebihan dan menghilangkan kotoran dan bakteri penyebab jerawat.

2. Menggunakan produk perawatan kulit yang tepat
Pilih produk perawatan kulit yang cocok untuk jenis kulit kita. Jadi, sebaiknya kita tidak menggunakan produk yang berlebihan atau terlalu keras, karena hal itu dapat mengiritasi kulit dan memperburuk jerawat.

3. Hindari pemakaian produk berdasarkan minyak
Sebaiknya kita selalu menggunakan kosmetik, pelembap, dan produk perawatan kulit lainnya yang bersifat non-komedogenik (tidak menyumbat pori-pori) untuk mencegah jerawat.

4. Hindari menyentuh wajah
Kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan yang kotor dapat memindahkan bakteri dan kotoran ke wajah, menyebabkan jerawat. Sebaiknya kita selalu pastikan tangan kita dalam kondisi bersih sebelum menyentuh wajah.

5. Menjaga pola makan yang sehat
Tidak dipungkiri, bahwa kita juga sangat perlu untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi agar dapat membantu menjaga keseimbangan hormon dan mengurangi risiko jerawat.

6. Rutin berolahraga dan mengelola stress
Ternyata olahraga yang teratur dan pintar mengelola stres dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, menjaga keseimbangan hormon, dan mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat juga loh.

Nah itu dia beberapa cara mudah mengatasi masalah jerawat, agar kulit wajah kita bisa tempil sehat dan tidak mudah berjerawat lagi, semoga dengan melakukan upaya-upaya tersebut maka buat teman-teman yang sedang berusaha menghilangkan jerawat bisa cepat hilang dan tidak datang lagi untuk mengganggu hari-hari kita ya.

Namun jika kita sudah melakukan berbagai cara tersebut dan jerawat masih tidak bisa sembuh juga, maka sanagat penting bagi kita untuk berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat ya, supaya kita bisa benar-benar terbebas dari jerawat. 


No comments:

Post a Comment