Manfaat Olahraga Teratur Untuk Merawat Kesehatan



Beberapa waktu yang lalu, saya kerap kali mengalami susah tidur dan mudah sekali marah, emosi sepertinya tidak stabil. Hal-hal kecil bisa saja membuat saya mudah kesal dan menjadi bad-mood. Padahal sebelum-sebelumnya hal-hal tersebut merupakan hal sepele yang kerap saya abaikan dan tidak jadi masalah.

Awalnya saya bingung dengan kondisi tersebut, namun setelah cerita dengan seorang teman yang berkecimpung di dunia kesehatan, hal itu menurutnya hal biasa, mungkin karena saya sedang stress saja. Makanya, teman saya menyarankan saya untuk melakukan olahraga yang saya sukai secara teratur setiap harinya.

Dan saya pun mencoba menuruti saran teman saya tersebut, saya mulai melakukan olahraga yang saya sukai yaitu jogging. Saya mencoba rutin melakukannya setiap sore hari, berlari mengitari taman yang lumayan besar beberapa putaran yang tidak jauh dari tempat saya tinggal.

Pada awal melakukan kegiatan jogging ini lagi, asli kaki saya rasanya pegal-pegal semua, rasanya malas untuk melakukannya lagi, tapi teman saya selalu memotivasi saya untuk terus mencobanya, karena rasa pegal itu akan hilang bila jogging terus dilanjutkan.

Dan ternyata benar, setelah sekitar 3 hari saya melakukan jogging secara rutin, saya mulai menyadari manfaatnya. Ya, melakukan jogging ternyata tidak hanya memberikan manfaat secara fisik saja, tetapi juga memiliki dampak positif pada kesehatan mental dan emosional yang saya rasakan.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat olahraga yang saya rasakan setelah rutin melakukannya, yaitu sebagai berikut:

1. Tidur jadi begitu mudah
Ternyata melakukan aktivitas fisik punya peran penting dalam meningkatkan kualitas tidur kita loh. Termasuk saat kita berolahraga, karena tubuh kita akan melepaskan hormon endorfin yang dapat memberikan efek relaksasi, sehingga kita jadi lebih mudah tidur dan membuat tidur kita pun menjadi lebih nyenyak. Nah, dengan kita memiliki tidur yang berkualitas, tentunya kita akan memiliki energi yang cukup untuk menjalani aktivitas sehari-hari dan merasa lebih segar ketika bangun tidur.

2. Bantu mengurangi stres
Dengan melakukan olahraga jogging secara teratur, ternyata benar-benar terbukti dapat mengurangi stres dan kecemasan yang saya alami. Hal ini terjadi, karena saat kita berolahraga, tubuh akan memproduksi hormon serotonin dan dopamin yang mampu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan mood secara keseluruhan. Selain itu, olahraga juga dapat menjadi sarana untuk menghilangkan kepenatan dan mengalihkan pikiran dari hal-hal yang menekan atau memicu stress.


3. Membantu menjaga berat badan yang sehat
Dengan saya melakukan jogging secara teratur, ternyata sangat membantu saya untuk mengontrol berat badan. Hal ini disebabkan karena saat melakukan aktivitas fisik seperti jogging ini, maka tubuh kita akan membakar kalori dan lemak yang berlebih, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan dan menjaga berat badan kita menjadi lebih ideal. Hal ini benar-benar bikin bahagia bukan? 😊

4. Meningkatkan daya tahan tubuh
Tidak bisa dipungkiri, bahwa bila kita melakukan olahraga dengan teratur maka dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Sebab, dengan kita melakukan olahraga seperti jogging ini, maka tubuh kita akan memproduksi lebih banyak sel darah putih yang berperan dalam melawan virus dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit. Nah, dengan memiliki daya tahan tubuh yang kuat ini, maka tubuh kita pun akan lebih jarang sakit dan lebih produktif dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

5. Bisa meningkatkan hidup menjadi lebih berkualitas
Sebenarnya, dengan kita melakukan olahraga secara teratur maka manfaatnya sangat luar biasa, tidak hanya memberikan manfaat secara fisik dan mental yang signifikan saja, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas hidup kita secara keseluruhan. Dengan kesehatan yang terjaga, maka kita akan merasa lebih energik, bersemangat, dan bahagia. Olahraga juga dapat menjadi sarana untuk bersosialisasi dan menjalin hubungan sosial dengan orang lain, sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas hidup secara sosial dan emosional.

Dengan melakukan olahraga jogging secara teratur ini, sungguh manfaatnya sangat luar biasa, semoga saja saya bisa terus konsisten untuk melakukannya, karena konsistensi dalam menjaga aktivitas fisik juga diperlukan untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Oleh karena itu, buat teman-teman yang juga sedang susah tidur, mudah stress dan cemas, atau masalah kesehatan lainnya, maka tidak ada salahnya untuk menjadikan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup sehari-hari untuk menjaga kesehatan kita semakin baik lagi ya.



No comments:

Post a Comment