Kamis, 15 September 2016

6 Kiat Menjual Apartemen dengan Cepat


Apakah teman-teman lagi ingin menjual apartemen? Biasanya banyak hal yang menjadi alasan kenapa kita ingin cepat-cepat menjual apartemen kita, misalnya karena kita harus pindah ke luar kota, butuh dana cepat, atau bisa juga karena kita sudah merasa tidak nyaman dengan apartemen yang kita punya. 

Namun perlu kita ingat,  bahwa ambisi yang terlalu besar untuk dapat menjual apartemen dengan cepat, terkadang membuat harga jual apartemen menjadi rendah, sehingga kita bukannya untung,  tapi justru malah merugi. 

Dan berbicara tentang menjual apartemen ini bukan perkara mudah, kita harus mempunyai strategi yang tepat. Untuk itu, agar apartemen kita cepat laku dan kita bisa tetap untung, maka ada beberapa tips yang bisa kita gunakan, silahkan disimak 6 tips berikut ini dengan baik-baik ya.

1.        Lakukan renovasi kecil
Sebelum menjual apartemen, sebaiknya lakukan renovasi kecil untuk apartemen kita. Hal ini sangatlah penting untuk mendongkrak harga jual apartemen. Kita tidak harus mengeluarkan banyak uang untuk itu. Cukup lakukan hal-hal sederhana seperti memperbaiki tata ruang, melakukan perbaikan instalasi listrik yang rusak, atau melakukan cat ulang sehingga ruangan apartemen kita menjadi lebih segar dan menarik.

2.        Perluas networking
Cara ini sangat sederhana tetapi dapat membawa manfaat yang besar. Dengan memperluas networking, kita dapat berkomunikasi dengan lebih banyak orang sehingga lebih mudah bagi kita untuk memperoleh berbagai informasi. Dengan menjadi orang yang supel dan ramah, sehingga informasi seputar penjualan apartemen akan dengan mudah didapatkan. Informasi lain terkait harga pasaran apartemen, pembuatan iklan, atau kandidat agen pemasaran yang terpercaya pun bisa didapatkan.

3.        Lakukan survey harga pasaran
Mengetahui harga pasaran apartemen sangatlah penting sebelum mamatok harga jual apartemen. Jika mematok harga terlalu rendah dari harga pasaran apartemen, tentu kita akan merugi. Namun jika mematok harga terlalu tinggi, calon pembeli tak akan kunjung membeli apartemen yang kita tawarkan. Oleh karena itu, kita perlu melakukan survey terlebih dahulu untuk mengetahui harga pasaran apartemen yang ada di sekitar lokasi kita.

4.        Bekerjasamalah dengan agen properti
Jika kita memilih untuk bekerja sama dengan agen pemasaran properti, pilihlah agen properti yang sudah terbukti memiliki kualitas yang bagus. Perhatikan track record atau riwayat usaha agen properti tersebut misalnya dari catatan transaksi yang pernah dilakukan sebelumnya. Jika memiliki track record baik, biasanya agen properti tersebut dapat bekerja secara profesional.

5.        Buatlah iklan yang menarik
Tidak bisa kita pungkiri bahwa salah satu strategi pemasaran sebuah apartemen terletak pada iklan yang menarik. Untuk itu, jangan membuat iklan dengan setengah-setengah jika ingin apartemen yang kita miliki cepat terjual. Perhatikan setiap detail yang ada di dalam iklan tersebut, seperti kualitas foto, pilihan kata, dan desain iklan. Iklan yang menarik biasanya akan menarik lebih banyak pembeli.


6.        Latihlah keahlian bernegosiasi
Keahlian bernegosiasi memang menjadi salah satu penentu keberhasilan kita dalam menjual apartemen. Calon pembeli biasanya akan menanyakan promo atau potongan harga kepada kita. Dengan memiliki kemampuan negosiasi yang baik, tentu saja kita pun dapat menjual apartemen dengan harga yang sesuai. Hindari untuk membuat keputusan yang terburu-buru karena semata-mata ingin apartemen kita terjual cepat jika tidak ingin merugi.

Itulah 6 tips yang bisa saya bagikan terkait kiat atau tips menjual apartemen, semoga bisa menjadi rujukan yang bagus bagi kita semua, agar kita dapat menjual apartemen dengan cepat. 

Namun sekali lagi saya ingatkan, hindari sikap terburu-buru menentukan harga jual apartemen agar kita tidak merugi nantinya. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat ya teman-teman! 😊



16 komentar:

  1. waah tipsnya keren nih Bang, kali aja nanti sy mau jual apartemen atau rumah bs dicontek nih hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Dek, tips ini bisa juga kok diterapkan saat jual rumah heheheh

      Hapus
  2. Itu bagus Bang strategi buat orang-orang Yang mau jual apertemen dengan mendapatkan keuntungan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Dek, makanya kalo mau jual Apartemen jangan main langsung jual-jual aja, cobain tips ini dulu heheheh

      Hapus
  3. Wah keren mas Imawan tipsnya.
    Makasih ya mas Imawan :)

    Nanti kalau pas mau jual rumah, perlu banget ilmu ini hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Bowo :)

      Iya Bowo, nanti bisa diretapkan juga tips ini jika mau jual rumah, semoga bermanfaat ya :)

      Hapus
  4. Makasih tipsnya mas Awan.. kebetulan saya berencana untuk jual apartemen saya dan butuh dana cepat heehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mas, Semoga tips ini bisa bermanfaat dan apartemennnya cepat laku ya Mas. Aamiin :)

      Hapus
  5. tips bermanfaat, buat jual rumah juga bisa nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Monda, benar sekali, tips ini selain untuk jual Apartemen bisa untuk jual rumah juga, semoga bermanfaat ya Mba :)

      Hapus
  6. Mau dong. Kalo aku mau jual apartemen, tinggal hubungi kang imawan ya... Kan udah ahli...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahah saya cuma bagi tipsnya aja Kang Uwan, kalo urusan jual-menjual mah itu silahkan dilakukan sendiri atau bisa terapkan point no 4 itu kang :)

      Hapus
  7. Mantap mas imawan memang apartemen jadi pilihan hunian yg praktis di masa modern seperti sekrang ,. Nah tips dari mas imawan sangat membantu untuk Menjual apartemen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Anjar, semoga bermanfaat ya tipsnya ya :)

      Hapus
  8. Bagaimana kalau menjual tanah kavling ya, adakah pengalaman dan tips jitunya Mas?

    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk penjualan tanah kavling saya belum punya tipsnya nih Mas Wadiyo, mohon maaf ya belum bisa bantu :)

      Hapus