Kiat Merawat Sepeda Motor Agar Tetap Prima & Tahan Lama




Sebuah barang akan bertahan lama jika selalu dirawat dengan baik, namun jika sering diabaikan tentu saja akan gampang rusak. Begitu juga dengan kendaraan yang kita miliki, jika sering kita rawat dengan baik tentu saja kendaraan tersebut akan selalu tampak bagus, layak jalan dan nyaman untuk digunakan. Makanya, bisa kita bayangkan apa yang akan terjadi jika sebuah kendaraan jarang dirawat, berbagai permasalahan bahkan ancaman kerusakan yang serius bisa datang menimpa kendaraan kita.

Dan konon kebanyakan kecelakaan yang terjadi itu karena terjadi kerusakan pada kendaraan akibat jarang dirawat dengan baik. Begitupun untuk kendaraan roda dua yang kini sudah menjadi kendaraan primadona hampir di setiap keluarga, karena kemudahan proses membeli sepeda motor membuat setiap orang menjadi gampang memilikinya.

Namun tak sedikit juga orang yang memiliki sepeda motor lalai untuk melakukan perawatan untuk kendaraannya, mereka cenderung malas untuk membawanya ke bengkel untuk diservice dengan berbagai alasan. Maka tidak heran, sikap kita yang suka mengabaikan perawatan kendaraan ini bisa memperpendek usia kendaraan kita. 

Berbicara tentang perawatan kendaraan ini saya jadi ingat sebuah acara talkshow dengan tema “Merawat Kendaraan Semudah Tersenyum" yang diadakan oleh Mobil123.com yang bekerjasama dengan PT Pertamina Lubricants pada tanggal 25 April 2017 di Hook Restaurant yang terletak di jalan Cikatomas II No.35 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
Para Narasumber - Doc. Komunitas ISB
Dan tampak hadir Bapak Agung Prabowo selaku Technical Specialist Integrated Lubrication Management Academy PT. Pertamina Lubricants, Bapak Syafudin selaku Sales Regional 3 PT. Pertamina Lubricants, dan hadir juga Mba Ipoet Kusumonegoro selaku Lady Biker yang akan bertindak sebagai narasumber yang dimoderatori oleh bapak Indra Prabowo selaku Managing Editor Mobil123 yang merupakan Portal Otomotif No.1 di Indonesia.

Namun di awal acara takshow ini, terlebih dahulu dibuka dengan sambutan dari Bapak Indra Prabowo yang mewakili Mobil123 menjelaskan bahwa acara ini bertujuan untuk memberikan edukasi sekaligus pengertian kepada masyarakat seputar bagaimana seharusnya setiap pemilik kendaraan baik pemilik sepeda motor ataupun mobil supaya sadar untuk rajin merawat kendaraannya. Namun acara kali ini lebih dikhususkan untuk membahas seputar bagaimana merawat sepeda motor, mengingat populasi pengguna sepeda motor saat ini di Indonesia begitu besar. 

Sebagaimana yang kita ketahui, pengguna sepeda motor tidak hanya didominasi oleh kaum lelaki saja, perempuan pun kini sudah banyak yang menggunakan motor untuk menjadi alat transportasi dalam kesehariannya. Untuk itu, keberadaan acara ini sekaligus terselenggara dalam rangkaian perayaan hari kartini yang jatuh pada tanggal 21 April yang lalu.  

Makanya melalui acara ini sekalian untuk mengingatkan kaum wanita pengguna sepeda motor agar selalu memperhatikan kendaraannyanya. Mengingat cukup banyak wanita pengguna sepeda motor di negeri ini, namun kebanyakan dari mereka sangat jarang bahkan tidak pernah pergi ke bengkel untuk merawat kendaraannya sehingga motornya tak terawat.

Dan senada dengan hal itu, Ibu Intania Prionggo selaku Public Relation PT. Pertamina Lubricants pun menambahkan, bahwa acara ini diharapkan bisa memberikan pengertian khususnya kepada kaum wanita agar tidak lalai untuk merawat kendaraannya, mengingat banyak beredar stigma yang mengatakan wanita kerap malas merawat kendaraannya. 

Kegiatan ini diharapkan bisa memberikan pengertian kepada pengendara wanita betapa pentingnya merawat kendaraaan roda dua yang baik dan benar di tengah kesibukan yang begitu padat.

Makanya melalui acara ini diharapkan banyak informasi yang bisa bermanfaat bagi para perempuan pengguna kendaraan, agar semakin banyak perempuan yang semakin sadar betapa pentingnya merawat kendaraan pribadinya agar perfoma motor selalu tetap prima dan tahan lama.


Bapak Agung Prabowo

Pada kesempatan ini, Bapak Agung menuturkan bahwa perawatan kendaraan itu menjadi sebuah kewajiban bagi pemiliknya jika menginginkan kendaraannya menjadi nyaman, aman dan awet digunakannya. 

Untuk itu, Bapak Agung memberikan beberapa tips ringan tentang bagaimana merawat motor agar sepeda motornya tetap awet dan juga nyaman digunakan. Adapun tipsnya seperti berikut ini:

1.    Jangan lupa cek kondisi olinya.
Hal ini perlu dilakukan karena oli adalah salah satu faktor yang mempunyai peranan penting bagi kendaraan kita. Oli mempunyai tiga fungsi dasar, yaitu sebagai lubrikasi (melicinkan sehingga mengurangi gesekan), Membersihkan (Membuang sisa-sia kotoran) dan Mendinginkan (sehingga mesin tetap terjaga baiknya).

Dan kita pun bisa mengenali suatu oli itu baik atau tidak secara fisik, caranya yaitu:

  • Jika setelah 1000 km – 1500 km warnanya tetap jernih berarti oli tersebut kurang bagus, karena tidak berfungsi untuk membersihkan kotoran yang terbentuk akibat pembakaran campuran bahan bakar dan udara di mesin.
  • Jika warnanya berubah coklat kehitaman tetapi tetap encer seperti baru, maka itu menandakan bahwa oli tersebut bagus, karena aditif deterjen telah berfungsi dengan baik membersihkan bagian-bagian mesin yang dilumasinya.

 2.   Jangan lupa cek kondisi Aki
Perlu untuk kita ingat agar tidak lupa selalu mengecek kondisi aki dan jangan sampai air accu melewati batas maksimum dan minimumnya. Sebaiknya aki ditambahkan di pagi hari dan jangan sampai aki menjadi lemah karena tidak segera diganti, karena hal itu bisa berdampak negatif bagi kelistrikan, khususnya motor modern saat ini yang menggunakan teknologi injecksi yang menyebabkan pembakaran menjadi tidak sempurna alias menyebabkan boros bahan bakar.

3.   Jangan lupa periksa rantai dan gear
Ternyata sangat tidak baik jika ternyata rantai dibiarkan terlalu kendor ataupun terlalu kekencangan, karena hal itu bisa mengurangi kenyamanan saat berkendara. Dan selain itu, jangan mengabaikan jika kondisi gear sudah tajam, itu menandakan kita harus segera menggantinya. Hal ini perlu dilakukan supaya rantai tidak mudah lepas ataupun putus, karena hal itu bisa berbahaya nantinya.

4.   Jangan abaikan untuk periksa kabel koil dan busi
Hal ini juga perlu diperiksa, yaitu mengecek kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi, jika dilihat sudah ada keretakan ataupun sudah ujur, maka sebaiknya segera diganti. Begitu juga jangan lupa untuk mengecek apakah busi kotor ataupun sudah berumur, maka sebaiknya segera diganti juga karena busi adalah sumber api yang sangat vital dalam sistem pembakaran bagi sebuah sepeda motor.

5.   Perhatikan Selang Bensin
Ini juga tidak boleh diabaikan, selang bensin biasanya gampang retak dan bocor jika sudah lama digunakan, bahkan selain itu gampang buntu apabila jika sering menggunakan bensin bukan dari POM bensin resmi.

6.   Panaskan motor secukupnya
Sebelum menggunakan motor, sebaiknya kita selalu membiasakan diri untuk memanaskan motor agar mesinnya panas dulu sebelum dikendarai. Dan meskipun motornya juga jarang digunakan sebaiknya tetap dipanaskan secara rutin supaya olinya tidak mengental. Pemanasan motor dilakukan cukup 1 – 2 menit saja, agar bensin tidak terbuang sia-sia.

7.   Jangan lupa periksa tekanan angin pada Ban
Sebelum mengendari motor maka jangan lupa untuk selalu mengecek tekanan angin pada ban motor kita. Pastikan ban motor anginnya kita tidak terlalu keras karena itu akan membuat kita tidak nyaman nantinya, dan begitu juga sebaliknya jangan biarkan ban motor kita kekurangan angin, itu bisa menyebabkan laju motornya tidak stabil dan juga boros bahan bakar.

8.  Gunakan Part sesuai rekomendasi pabrik
Sebaiknya gunakan part sesuai rekomendasi pabrik, termasuk oli yang dipakai. Tidak hanya berpatokan dalam merek/brand, tetapi juga tingkatan mutu yang ada di manual maintenance yang ada di buku service.

9.  Jangan lupa motor dicuci secara rutin
Mencuci motor bukan hanya akan memberikan kesan bersih, tapi juga akan membuat motor bisa menjadi awet dan tampak baru terus. Namun saat mencuci motor kudu perhatikan bagian-bagian tertentu supaya tidak kemasukan air, seperti bagian elektriknya, bagian karburasi, dan juga knalpotnya.


Mba Ipoet Kusumonegoro

Selain Bapak Agung, maka selanjutnya Mba Ipoet (putri Indro Warkop) juga menceritakan pengalamannya dengan sepeda motor dan pengalaman touringnya dengan menggunakan motor besarnya. Bahkan Mba Ipoet ini dijuluki sebagai Lady biker karena kecintaanya yang begitu besar kepada sepeda motor besar, lebih tepatnya motor Harley.

Mba Ipoet selalu memposisikan motor yang dimilikinya layaknya kekasih hati, jadi sudah seharusnya selalu dirawat kebersihannya dan juga dijaga kelengkapannya supaya tetap nyaman untuk digunakan setiap saat. Makanya Mba Ipoet sangat tidak setuju jika ada yang bilang bahwa cewek cenderung malas merawat kendaraannya, karena bagi Mba Ipoet, motor-motor yang dimilikinya itu sudah seperti pacar baginya. Makanya motornya selalu diperlakukan dengan baik. Misalnya, selalu mencuci motor secara rutin, menganti oli secara berkala susuai buku panduan ataupun Kilo meternya, dan tidak mengecek semua berbagai jenis perawatan lainnya dengan seksama untuk selalu diperhatikan.

Mba Ipoet menegaskan bahwa sudah seharusnya perempuan yang sering menggunakan sepeda motor juga merawat kendaraannya, jangan hanya tahu menggunakannya saja, tapi juga harus tahu bagaimana merawat dan juga memperlakukan sepeda motornya dengan baik supaya tetap nyaman dan juga awet untuk di gunakan.



Bapak Syafudin

Selanjutnya ada Bapak Syafudin yang menceritakan seputar Perkembangan Pertamina Lubricants dan juga produk terbaru yang dihadirkannya saat ini. Dimana perusaahan yang pada tahun 2016 lalu mendapatkan revenue sebesar 1100 million USD ini memiliki base oil yang tersebar di Cilacap (group I & II) dan Dumai (Group III). Sedangkan untuk Lube oil blending planet (LOBP) tersebar di Jakarta, Cilacap, Gresik dan juga Thailand. Sedangkan tempat memproduksi gemuk/grease berlokasi di Jakarta.

Dan di tahun kedua menjadi anak perusahaan PT. Pertamina, kini Pertamina Lubricants sudah mengakuisisi brand local di Thailand, dan hingga saat ini Pertamina Lubricants sudah diekspor ke lebih dari 25 negara.

Dan pada kesempatan tersebut, Bapak Syafudin juga memperkenalkan produk-produk terbaru dari Pertamina Lubricants untuk sepeda motor, seperti:

  • Enduro Matic G ini hadir dengan spesifikasi SAE 20W-40 API SL JASO MB merupakan pelumas yang didesain khusus untuk penggunaan sehari-hari pada mesin sepeda motor dengan transmisi otomatis (CVT), karena menawarkan keunggulan berupa Kualitas di atas genuine oil pada umumnya dengan harga lebih bersahabat, Bahan baku semi sintetik, wangi, dan telah didesain untuk perlindungan terhadap keausan, konsumsi BBM dan akselerasi optimal.
  • Meditran SX Bio hadir dengan spesifikasi SAE 15W-40 dimana pelumas yang satu ini menawarkan sifat pemberih yang baik, lubricity yang baik, terbarukan dan ramah lingkungan.
  • Fastron dengan NanoGuard Technology, merupakan pelumas sintetik terkini yang berkualitas tinggi untuk secara optimal melindungi mesin, sekaligus memberikan performance dan akselerasi yang optimal sehingga memberikan sensasi berkendaraan seperti halnya mengendarai kendaraan baru.  Dan Fastron ini mendukung kinerja mesin yang ramah lingkungan, dengan teknologi mesin terkini yang menggunakan exhaust after treatment devices, sehingga lebih hemat bahan bakar. Adapun produk Fastron ini terdiri dari Fastron Platinum, Fastron Gold, dan Fastron Techno.

Dan ternyata sejak tahun 2015, Pertamina Lubricants ini sudah bekerja sama dengan Lamborgini, dan oli dari Pertamina Lubricants ini sudah ditempatkan di 140 outlet dan showroom di seluruh dunia dan juga digunakan oleh para pengguna Lamborgini.

***

Maka bisa disimpulkan bahwa kendaraan memerlukan perawatan berkala yang dilakukan secara rutin selayaknya kita merawat kesehatan diri sendiri, supaya tercipata kendaraan yang awet dan tahan lama di gunakannya.
Foto Bersama - Doc.Komunitas  ISB

28 komentar:

  1. Setuju bangat sama Mba Ipoet, motor itu harus dirawat kaya merawat pacar hahahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Dek, jangan tahu makenya doang, minimal dicuci yang rajin ya hahaha

      Hapus
  2. tips ngrawat motor yang berguna banget... kudu disebarkan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas Rahab, semoga banyak yang baca dan bermanfaat bagi banyak orang :)

      Hapus
  3. Punya barang apapun kalau tidak dirawat dengan sepenuh hati pasti cpt rusak atau bnyk trouble apalagi kalau asal asalan merawatnya spt motor dikasih pelumas yg paling murah atau seadanya aja pasti cpt ngadat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Maaak, kudu rawat kendaraan sepenuh hati, kalo ngfak ngerti caranya, minimal dibawa ke bengel supaya dibantu sama yang ahli :)

      Hapus
  4. Jangan merawat pacar kalau sudah punya istri mas. Hehehehe
    Tapi bener deh , kecelakaan di jalan raya disebabkan pengendara gak merawst kendaraan dengan baik.

    Rante motor kendor, rante motor kenceng taoi karatan akhirnya putus karena keausan. Kemudian mobil terbakar gegara air radiator kering , mobik mogok gegara aki soak dll.

    Mau gaya tapi gak mau ngerawat siap siap pacarnya ngambek ya oom?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha kalo gitu rawat istri aja Mas hahaha

      Betul itu Mas, karena malas merawat kendaraan bisa berakibat fatal ya.

      Jangan sampai diputusin gara-gara kendaraan mogok di jalan *amit2 :)

      Hapus
  5. Anggep aja kendaraan pacar ya wan. Jadi perlu dibelai manja gitu biar ga ngambek waktu diajak jalan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar bangat Mas Jun, kudu dirawat sepenuh hati supaya kuat melibas jalanan :)

      Hapus
  6. Soal merawat kendaran memang sering mengganggu.pikiran dan keselamatan. Kendaraan terawat bikin selamat. Terimakasih tips merawatnya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Mas Ono, kendaraan yang terawat akan anteng di jalan, beda sana yang tak terawat gampang ngambek di tengah jalan.

      Sama-sama Mas, semoga berguna ya :)

      Hapus
  7. Noted Mas Awan, perawatan juga untuk keselamatan kita yah pada akhirnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar bangat Mas Dede, kalo kebdaraan terawat kita juga yang merasakan manfaatnya :)

      Hapus
  8. Bener bgt, yg terpenting jangan sampai lalai soal merawat kendaraan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar itu Mba Anisa, kudu rajin dirawat supaya ga ngambek di jalan :)

      Hapus
  9. Setuju Wan merawat mtor seperti, jga kesehatan...biar awet ya Haaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Mas Teddy, kendaraan kudu sehat supaya awet dan aman di jalan :)

      Hapus
  10. Kagum sama cewe-cewe yang paham otomotif. Soalnya awak selalu gagal paham di bidang yang satu ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Haya, saya juga salut sama cewek-cewek yang paham dengan otomotif, kelihatan sexy :)

      Hapus
  11. klo baca postigan awan, jadi tau diri he he masih banyak yg harus dilakukan biar motor di rumah lebih awet dan gw nya aman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga semakin rajin ya Mba Hanni merawat kendaraanya :)

      Hapus
  12. kalo urusan motor biasanya diserahkan saja pada suami hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe ga mau ribet ya Mba Tuty hahaha

      Hapus
  13. aku suka manasin motor tergesa-gesa, harusnya 2 menit cukup ya, jadinya kata bapak ku cepet aus mesinnya

    BalasHapus
  14. Punyaaaa motor pribadi itu ibaratnya punya kekasih hati yg hrs dijaga dan tips ini sgt bermanfaat bgt😉

    BalasHapus
  15. Biarpun cuma mesin, tetap harus pake hati ngerawatnya, jangan asal cuma bisa jalan doang.

    BalasHapus
  16. Untungnya saya rutin memeriksa kendaraan saya di bengkel resmi jadi semuanya serba terawat dan terukur :)

    BalasHapus