Dunia Blog Membentuk Gravitasi Indah di Hidupku


Hidup saya kini pernuh warna, semua berkat torehan kata demi kata yang terus saya tekuni sepenuh hati, hingga akhirnya menjadi gravitasi yang merubah begitu banyak keraguan menjadi kesempatan indah di hidup saya.

Dulu, hidup saya begitu monoton, aktifitas saya hanya bergulat dari rumah menuju kantor dan dari kantor menuju rumah, setiap hari begitulah rutinitas yang saya jalani. Sangat menjenuhkan!

Perasaan jenuh itulah yang akhirnya meracuni saya untuk mencari pelampiasan, mencari wadah untuk menumpahkan segala keresahan hidup, yang akhirnya mengenalkan saya pada dunia blog secara tak sengaja, dan memaksa saya belajar otodidak untuk menekuninya.

Jujur di awal mengenal dunia blog sekitar tahun 2009, saya tak pernah berpikir muluk, hanya benar-benar butuh ruang buat saya menumpahkan perasaan saya, hingga tak heran di awal ngeblog di blogdetik isi tulisan saya hanya berisi curhatan semata, dan saya memulai itu semua dari ruang warnet, saya bisa berjam-jam di warnet buat nulis, meski suasana tidak nyaman kerap saya terima.  

Namun seiring waktu, pada tahun 2011 saya pun menemukan sisi lain dari dunia blog, bahwa ada banyak lomba menulis yang menantang para Blogger untuk mencurahkan kemampuan menulisnya. Akhirnya saya mencoba memberanikan diri untuk mengikuti lomba blog tersebut setelah mengusir jauh-jauh rasa minder dan rasa kurang percaya diri dalam diri saya.

Tak mudah memang, saya kerap kali dihadapkan dengan perasaan kecewa karena harus menelan kekalahan. Bukan sekali, tapi entah beberapa kali kekalahan itu harus saya terima. Dan kekalahan itu mengajarkan saya untuk berbesar hati menerima pahitnya kecewa, dan belajar menata hati untuk bangkit dan mencobanya lagi.


Semua indah pada waktuNya

Sampai saat ini, saya masih terus memegang teguh sebuah wejangan manis ini sebagai mantra penyemangat untuk diri saya dalam melakukan apapun, termasuk dalam mengikuti lomba blog.

Jika salah maka perbaiki, 
Jika gagal maka coba lagi,
Jika kamu menyerah maka semua telah usai.

Membaca kata-kata itu membuat saya serasa dicambuk untuk terus semangat, namun kesuksesan di bidang apapun itu, semua kembali pada bagaimana kita merawat SemangatKonsisten, Pantang Menyerah, dan yang paling penting semua itu harus datang dari hati kita sendiri.

Seperti nasehat bijak yang kerap saya dengar, bahwa “tak ada hasil yang akan mengkhianati usaha.” Perlahan apa yang saya tanam mulai membuahkan hasil, meski apa yang saya dapat mungkin tak seberapa bagi banyak orang, namun pencapaian ini adalah titik awal yang meyakini saya bahwa kesungguhan tak akan pernah sia-sia.
Akhirnya menang juga  (Foto bersama Dirut PLN 2012 - Bpk. Nur Pamudji)
Dan semua memang indah pada waktuNya, dan akhirnya ada juga lomba blog yang bisa saya raih dan menjadi penyemangat yang sekaligus meyakini saya bahwa kesungguhan akan berbuah manis pada waktu yang ditetapkan-Nya.

Setelah itu, saya semakin giat mengikuti lomba blog hingga hari ini, sekalian belajar untuk mengasah kemampuan menulis saya, dan Alhamdulillah kemenangan lain pun terus mendarat dalam pelukan saya, mulai dari uang tunai, voucher belanja, smartphone, notebook, dan produk lainnya pernah saya raih, namun apa yang saya dapat tersebut, saya sadar belum seberapa dibandingkan Blogger-Blogger hebat lain di luar sana.

Tapi semua pencapaian itu hingga saat ini, tak pernah membuat saya berhenti bersyukur, karena ternyata dunia blog yang dulu saya kira hanya media curhat kini telah menjadi sebuah gravitasi indah di hidup saya, merubah banyak hal yang membuat saya merasa hidup kini kian berwarna.

Sebab, selain bisa mendapatkan hadiah dari lomba blog, ternyata menjadi Blogger itu membuka banyak kesempatan lain juga, seperti diundang untuk menghadiri berbagai event seru, bertemu dengan tokoh dan orang-orang penting, bisa menonton gala premier film-film terbaru, jalan-jalan gratis, makan-makan gratis, menginap di hotel gratis dan sederet benefit lain yang benar-benar membuat saya selalu tak berhenti beryukur kepada Tuhan hingga detik ini.

Dan yang membuat saya paling bersyukur dari semua ini, adalah saya telah merubah pandangan orang-orang yang awalnya selalu meremehkan saya, mengacuhkan dan memandang sebelah mata dengan hobi saya menulis blog, mereka dulu bilang bahwa kegiatan saya ngeblog hanyalah membuang-buang waktu saja. Kini mereka akhirnya bisa melihat tanpa harus saya ceritakan, bahwa apa yang mereka bilang dulu itu salah.

Kini di tengah keluarga, di lingkungan teman dan juga lingkungan kantor, keberadaan saya dengan kegiatan saya yang senang ngeblog ini sangat didukung dan disupport oleh mereka. Bahkan ada beberapa teman dekat saya juga yang tertarik untuk ikut menulis blog setelah melihat hasil manis yang saya peroleh dari dunia Blog.

Dan berkat keseriusan saya di dunia blog yang sudah bisa menunjukan sedikit hasilnya, maka tak jarang saya akan dengan mudah diberikan izin oleh atasan saya di kantor untuk menghadiri event yang mengundang blogger di hari kerja. Beliau sangat mendukung kegiatan saya ngeblog, dan saya sangat bersyukur akan hal ini. Alhamdulillah punya atasan yang pengertian. :)  


Menjadi Blogger itu tidak mudah 
Mungkin banyak yang berpikir bahwa menjadi Blogger itu mudah, sebab yang terlihat memang hal-hal yang menyenangkannya saja, tapi sebenarnya tidaklah semudah itu kenyataannya. Banyak hal-hal lain ternyata yang perlu juga dikuasai jika ingin benar-benar profesional, mulai dari mempelajari hal-hal teknisnya, mengoptimalkan layout, menciptakan konten kreatif, hingga bagaimana memaksimalkan berbagai tools pendukung dan sosial media untuk menghasilkan sebuah blog yang bernilai lebih.

Menulis bukan hanya sekadar merangkai kata-kata, namun menulis blog juga menuntut kreatifitas yang sangat tinggi saat ini. Selain pintar meramu kata-kata yang indah, aktual dan informatif, seorang Blogger juga dituntut untuk bisa menampilkan visual yang indah untuk mempercantik tampilan konten. Untuk itu, keberadaana foto yang indah, infografis yang menarik dan juga video yang keren selalu menjadi nilai lebih yang membuat sebuah blog semakin digemari pembacanya.

Untuk itu, ketika datang ke suatu undangan event, saya selalu membiasakan diri untuk selalu mengumpulkan data dan informasi selengkap mungkin, misalnya dengan membuat catatan pada notes di handphone untuk menuliskan informasi penting dari narasumber yang ada di event tersebut. Selain itu, terkadang saya juga merekam pembicaraan narasumber melalui sebuah handphone takutnya ada informasi yang terlewat dalam catatan saya. Dan yang tidak boleh dilupakan adalah memotret dan juga mengambil video beberapa kegiatan selama acara untuk melengkapi informasi yang nanti akan saya ceritakan di blog.  Bahkan tak jarang selama event tersebut, Blogger juga diminta untuk melakukan live tweet ataupun live instagram selama acara tersebut berlangsung.

Jadi sebagai blogger, kita pun dituntut harus punya alat perang yang memadai saat ini, minimal punya smartphone yang bisa digunakan multitasking untuk semua hal tersebut.


Ciptakan Gravitasi bersama Luna Smartphone

Untuk menunjang segala kegiatan saya ngeblog seperti yang saya ceritakan di atas, keberadaan Luna Smartphone ini menjadi sebuah barang istimewa yang sangat layak saya pertimbangkan, karena saya meyakini kehadirannya dengan banyak keistimewaannya akan membuat aktifitas ngeblog saya akan semakin mudah dan lancar.

Adapun beberapa keistimewaan Luna Smarphone yang menurut saya begitu memikat, antara lain, sebagai berikut:


Desain bodi yang menawan
Tampak tampilannya yang terlihat menawan karena bodinya dibalut full metal sehingga membuat tampilan Luna terlihat mewah dan istimewa. Dan konon proses pembentukan keseluruhan bagiannya menggunakan material logam dengan delapan proses CNC sehingga menghasilkan desain premium yang memiliki tingkat presisi sangat tinggi yang sekaligus mempertegas bahwa smartphone ini memiliki bodi yang tahan banting.

Sangat terlihat desain bodinya memberi kesan kilau metalik dengan bentuk yang slim yaitu hanya 7.38mm sehingga membuat Luna begitu ringan digenggam dan juga tidak akan malu-maluin untuk ditenteng di berbagai acara dan kesempatan karena memiliki tampilan yang sangat elegant.


Memiliki layar yang jernih

Luna Smartphone hadir dengan menawarkan layar  berukuran 5.5 inchi dengan resolusi Full HD 1080 x 1920 pixel yang menghasilkan kerapakan pixel 401 Pixel per inch (ppi) sehingga ketajaman layar tetap terjaga, dan keberadaan lapisan Corning Gorilla Glass 3 akan membuatnya bisa terlindungi dari goresan ataupun benturan ketika tidak sengaja terjatuh sehingga cocok untuk saya yang sedikit ceroboh ini.

Selain itu, layar Luna juga menggnakan teknologi wide viewing angle IPS, akan memberikan kontras penuh dengan resolusi tinggi yang akan menghasil tampilan visual yang sangat jelas, selain itu juga sudah terintegrasi dengan filter Blu-ray yang berfungsi untuk mengurangi kerusakan mata.

Kameranya setara iPhone 6

Hampir di setiap saat saya senang foto-foto, bukan hanya memotret diri sendiri, berbagai objek apapun bisa saja menjadi target saya untuk dijadikan bahan potret, selain untuk diupload di sosmed, kadang foto-foto tersebut saya gunakan juga untuk postingan di blog.

Tidak bisa dipungkiri, keberadaan foto atau video dalam sebuah postingan blog bukan hanya untuk memperindah dan pelengkap tulisan saja, tapi sebuah foto atau video akan memberikan nilai dan informasi lebih yang akan menyempurnakan sebuah konten. Bahkan ada yang bilang, sebuah gambar bisa memberi seribu arti.

Untuk itu, setiap kali datang menghadiri event, saya selalu menyempatkan diri untuk selalu mengabadikan setiap moment dengan foto dan video yang nantinya akan saya gunakan untuk mendukung tulisan saya.

Perbandingan hasil foto iPhone 6 (Kiri) dengan LUNA (Kanan)

Makanya keberadaan Luna Smartphone yang memiliki kamera yang setara iphone 6 dengan Lensa utama yang dilengkapi sensor Sony 1300 juta pixel (13MP) dan aperture lensa sebesar F2.0 akan memungkinkan menangkap momen dalam kondisi kurang cahaya pun tidak akan bermasalah. Dan setiap gambar semakin sempurna hasilnya dengan dukungan Dual Tone Flash yang akan memberikan keseimbangan cahaya yang sempurna untuk menghasilkan gambar berkualitas tinggi.

Tidak hanya itu, kamera depan juga dilengkapi kamera 8MP dengan aperture sebesar f / 1.8, dengan 80 derajat super wide-angle sehingga menghasilkan potret gambar yang tajam dan berkualitas bagus dengan angle yang luas sehingga sangat cocok untuk foto selfie rame-rame, terutama saat event Blogger.


Dan yang lebih asyiknya lagi, ternyata keberadaan kamera Luna Smarphone ini sudah didukung juga dengan hadirnya 22 jenis scene dan juga 25 pilihan filter effect yang langsung bisa digunakan untuk mengedit foto tanpa perlu menginstall aplikasi tambahan. Tentu dengan demikian, maka saya tidak heran jika kualitas foto dan video yang dihasilkan smarphone yang satu ini akan memiliki keindahan yang mengagumkan, sehingga akan menyempurnakan setiap postingan saya di blog ataupun di sosmed nantinya.


Memiliki prosesor dan memori yang mempuni

Memiliki Smartphone yang bisa bekerja cepat di saat ini menjadi impian semua orang, untuk itu Luna pun mewujudkannya dengan menanamkan prosesor Qualcomm® Snapdragon ™ 801 quad-core 2.5GHz, yang dilengkapi dengan RAM berkapasitas 3GB sehingga sangat cocok untuk menunjang kinerja multitasking saya sebagai seorang blogger semakin lancar untuk berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain dengan begitu cepat tanpa lemot.

Selain itu, dukungan memori internal berkapasitas 64GB yang nantinya masih bisa diperluas dengan menambahkan microSD akan memberikan kepuasan untuk menyimpan banyak file tanpa takut memori cepat penuh. 

Dan keberadaan Android Marshmallow 6.0.1 yang berjalan sebagai sistem operasinya Luna Smartphone ini akan semakin menyempurnakan Luna menjadi smartphone yang sangat handal untuk menunjang segala aktifitas ngeblog dan bermain sosmed semakin lancar.


Ditopang baterai yang besar

Sebagai seorang yang aktif di media sosial dan blog, keberadaan batrai handphone yang berkapasitas besar menjadi salah satu yang paling penting saya pertimbangkan ketika memilih sebuah handphone, karena akan sangat menyebalkan bila terpaksa kehilangan berbagai momen penting dan seru karena baterai lowbat.

Tapi sepertinya hal tersebut tidak akan berlaku bagi Luna Smartphone, karena pada smartphone yang satu ini sudah dilengkapi dengan baterai berdaya 3000mAh yang memiliki kapasitas besar untuk menunjang segala aktifitas mobile anak milenial saat ini. 

Selain itu, terdapat Quick charge dengan dukungan quick charge 2.0, sehingga akan memberikan proses pengsisian baterai handphone begitu cepat. Dimana untuk mengisi daya hingga 40% maka kita cukup membutuhkan waktu dalam 30 menit saja, sedangkan lebih dari 80% hanya memerlukan waktu sekitar 60 menit saja, maka dengan demikian kita bisa lebih menghemat menggunakan waktu dan listrik.


Menawarkan suara yang jernih

Menerima telephone di tengah kebisikan tentu sangat menyebalkan bila suara handphone tidak terdengar jernih, maka tidak heran banyak orang yang menjadi saling salah paham gara-gara sound suara sebuah handphone yang buruk.

Menghindari hal tersebut, maka Luna hadir dengan menawarkan teknologi akustik NXP Smart AMP yang bisa memberikan suara yang jernih dengan dua speaker yang dimilikinya, sehingga akan mengoptimalkan kualitas suara handphone kita menjadi jernih meskipun kita sedang menerima telephone atau mendengarkan musik di tengah kebisikan.

Terdapat dual sim card dan sudah 4G

Sekarang kebanyakan orang mempunyai nomor handphone lebih dari satu. Seperti saya, satu untuk urusan kantor dan satu lagi untuk urusan keluarga dan teman. Dulu awalnya sangat kerepotan karena harus selalu membawa dua handphone kemana-mana. Namun kini sepertinya tidak perlu lagi, karena seperti yang saya lihat, Luna menawarkan fasilitas dual sim card yang bisa langsung dipasang pada satu smartphone, sehingga lebih praktis kemana-mana cukup bawa satu handphone saja.

Selain itu, Luna juga sudah didukung 4G LTE sehingga akan membuat kecepatan berinternet semakin stabil dan asyik. maka dari itu, aktifitas mengupload video dan foto, mendownload data, menonton video dan juga bermain game online akan semakin seru dengan dukungan jariangan 4G.


Fitur istimewa lainnya

Selain itu, Luna Smartphone ini juga hadir menawarkan banyak keistimewaan lain, yaitu memberikan fitur-fitur canggih yang akan semakin mengoptimalkan kinerja Luna dalam mendukung segala aktifitas keseharian kita menjadi semakin menyenangkan seperti hadirnya fitur-fitur berikut ini:



  • Wireless Display akan membuat penggunanya lebih mudah untuk mengekspansi layar LCD ponsel yang kecil ke media yang lebih besar, terutama untuk bermain games dan menonton video.
  • NFC (Near-Field Communication) memungkinkan smartphone dapat terkoneksi dengan mudah dengan perangkat lain yang kompatibel dengan NFC atau dapat melakukan pekerjaan dengan NFC tag, sehingga memungkinkan pengguna untuk mengendalikan berbagai fungsi pada ponsel mereka secara otomatis, hanya dengan satu kali tap.
  • Micro SD akan memungkinkan penggunannya bisa menambahkan memori tambahan hingga 128GB sehingga bisa menyimpan lebih banyak data dalam sebuah handphone.
  • USB OTG (universal serial bus on the go) merupakan sebuah spesifikasi dari perangkat USB seperti pemutar audio digital atau smartphone, yang memungkinkan perangkat USB lainnya (USB flash drive/flashdisk, kamera digital, mouse, atau keyboard) untuk dapat terhubung terhadapnya. Sehingga dengan keberadaan fitur ini maka akan mempermudah  penggunanya dalam mentransfer data dari smartphone dari atau ke perangkat lain via kabel USB OTG.
  • Smartphone ini dilengkapi 3 sensor sekaligus, yaitu: ambient light sensor yang berguna untuk mengatur kecerahan layar secara otomatis berdasarkan cahaya sekitar, atau juga approaching sensors yang akan secara otomatis mematikan layar ponsel ketika kita menelphone ataupun menerima telephone sehingga tidak akan ada aplikasi yang akan terbuka meskipun layar ponsel tersentuh kuping kita saat telephone, ataupun magnetic sensors yang berguna untuk mendeteksi medan magnet di sekitar Smartphone.
  • Keberadaan Dual Speaker yang terdapat pada smartphone ini akan memberikan kualitas suara yang jernih dan bagus meskipun di tengah suasana yang berisik sekalipun.

***
Maka dengan melihat sederet keistimewaan yang dihadirkan si cantik Luna seperti yang saya jelaskan di atas, maka saya semakin yakin bahwa smartphone yang satu ini bisa menjadi alat untuk memperluas daya gravitasi saya dalam menyebarkan berbagai konten positif melalui blog dan juga sosial media,  sehingga nantinya diharapkan akan bermanfaat bagi banyak orang yang membaca dan melihatnya. mudah-mudahan. Aamiin.... 


***
“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah.” ― Pramoedya Ananta Toer.

30 comments:

  1. Setuju bangat mantranya itu Bang, kalo kita berhenti maka semuanya usai.

    Aiih spesifikasi si cantik luna bikin saya kepo Bang, dan setelah saya cek webnya keren ya ternyata :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya itu mantra ajaib Dek hehehe

      spesifikasinya Luna emang bikin mupeng hehehe

      Delete
  2. Betul mas menjadi blogger tidak mudah. Kalau saya hambatanya pada masalah membagi waktu saja antara kesibukan rumah tangga, ngurus anak dan suami...tetapi saya tetap berupaya untuk update blog walau semiggu sekali...sukses lombanya ya mas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Yuni, iya benar bangat itu, membagi waktu dengan sederet aktifitas yang banyak menang sangat sulit ya.

      Salut saya Mba Yuni atas disiplin dan konsistennya update setiap minggu *perlu dicontoh :)

      Aamiin... Terima kasih ya Mba :)

      Delete
  3. Itu sangat bagus untuk orang yg mau masuk Blogger,Semangat bang semoga lebih baik lagi ,sekali" bikin buku juga lah biar bagus biar lebih menantang ::)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hayoo kamu juga semangat jadi Blogger Dek hehehe

      Iya doain semoga secepatnya bisa nulis buku. Aamiin... :)

      Delete
  4. Benar Mas, jadi blogger itu butuh perjuangan panjang!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas Bai, nggak ada yang instan ya dan komitmenlah yang bisa membuat kita semua bisa sejauh ini, semoga untuk selamanya. Aamiin :)

      Delete
  5. Smartphone luna emang keren, kameranya itu lho setara iPhone 6S. Kalau saya punya smartphone ini, aktifitas ngeblog saya pasti akan semakin terdukung. Secara kan ngeblog itu bukan hanya tentang menulis, namun juga tentang fotografi. Btw komentar baliknya di artikel saya, ini linknya http://www.amir-silangit.com/2017/04/menjadi-gravitasi-di-lingkungan-sekitar.html terimakasih sebelumnya, sukses untuk lombanya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju bangat Mas Amir, menulis bukan tentang mengolah kata saja, tapi butuh foto dan video juga untuk menyempurnakannya makanya punya Luna Smartphone kayanya akan bikin hasil fotonya keren ya :)

      Delete
  6. Waaa hapenya slim banget. Mupeng euy!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Aya, slim sehingga mudah digenggam ya :)

      Delete
  7. Membacanya jadi semakin semangat ngeblog ^^ keren euy prestasinya, apalagi kalau ditopang sama smartphone sekelas Luna ini ya, jadi semakin kuat gravitasi dan prestasinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayo Mba Syuna semangat ya ngeblognya :)

      iya Mba Luna ini akan bikin gravitasi yang indah dalam melukis prestasi lebih cetar lagi. Mudah-mudahan. Aamiin hehehe

      Delete
  8. Makin banyaaak pilihan hapeeee.. Sementara aku masih punya satu. Tiap bulan yang keluar macem2... Ahahaha...

    Hmmm.. Ngeblog lagi ahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayoo semangat ngeblognya dan coba ikut lomba blog juga Kang supaya bisa dapat ganti HP baru. *Semangaat hehehe

      Delete
  9. Jadi blogger tuh emang gak mudah sih. Harus pintar2 bagi waktu, apalagi yang udah punya kerjaan tetap.

    Tapi asik jadi blogger, banyak bingit manfaatnya. Btw, aku udah lama ga update nih di blog. Haha agak susah kalau d rumah, ga tau kenapa.

    Sukses mas imawan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Bowo, itulah fungsi komitmen dan kalo dijalani pake hati semua pasti ada porsinya kok, kapan untuk kerja dan kap as n untuk ngeblog. Aku juga suka nulis di HP klo lagi macet drpd marah-marah ga jelas hehehe

      Iyaa Bowo, hayo semangat lagi ngeblognya, sempatin dong. Bukannya skrg di rumah lebih banyak waktu luang Bowo? Semangaat ya, ceritain hal-hal unik dan seru di sekitarmu aja Bowo untuk update Blog *semangat :)

      Aamiin... Terima kasih ya Bowo :)

      Delete
  10. aku penasaran sama kameranya, setara dengan iphone 6 ya, berarti bagus awan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Evrina kameranya kece badai nih, kalo saya punya HP ini nanti kita foto-foto ya hehehe

      Delete
  11. Bener kak klo gagal hrs coba lg, menyerah jstru menghilangkan peluang utk berhasil dn menulis itu membuka bnyk kesempatan baru. Mampir jg yu k blog saya, ikutan #bethegravity jg hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba April, kita harus semangat untuk maju terus dalam berkarya ya :)

      Iya saya sudah berkunjung juga ke blog Mba April :)

      Delete
  12. Hp sekarang itu inovasinya gak berenti-berhenti, mupeng aja setiap ada yang launching.

    Yang paling dibutuhkan untuk kita yang blogger itu baterai, kamera, dan ram.
    Hhahhahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sekarang HP hadir dengan banyak inovasi yang bikin mupeng, salah satunya ini Luna Smartphone :)

      iya itu semuanya satu-kesatuan yang tak bisa dipisahkan itu, penting supaya tetap bisa eksis heheheh

      Delete
  13. Serunya bisa ijin keluar kantor untuk ikut event blogger. Aku belum sampai ke situ.

    Semoga semangat ngeblognya tetap membara ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Cha, atasan saya sudah melihat hasil dari kegiatan saya ngeblog makanya saya selalu didukung, dan salah satu dukungan dikasih izin ikut event walau hari kerja tapi yang penting kerjaan selesai tepat waktu hehehehe

      iya Mba, semoga kita semua sll semangat ya ngeblognya. Aamiin :)

      Delete
  14. Ngeblog itu emang asyik ya.. selain bisa berbagi berbagai hal dalam sebuah kata-kata ngeblog juga bisa mendapatkan banyak keuntungan apalagi dibantu dengan smartphone Luna semua jadi mudah...

    semangat terus brayy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar bangat itu Bray, ngeblog selain bisa berbagi melalui kata-kata, kita juga meraih banyak manfaat ternyata :)

      Terima kasih Bray :)

      Delete
  15. Bagus informasi dan cerita ngeblognya mas. Semoga menang ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasij Mas Kuma Seo :)

      Aamiin... :)

      Delete