Manfaatkanlah Internet untuk Belajar

"Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina." begitulah bunyi salah satu petuah yang kerap saya dengar sedari kecil. Petuah yang mengajarkan kita untuk selalu semangat pergi mengejar ilmu kemanapun, meski harus pergi jauh ke Negeri Cina.

Namun kini, jika keterbatasan materi untuk terbang jauh ke Negeri Cina, sepertinya tidak perlu berputus asa, karena kini belajar itu bisa dari mana saja, pada siapa saja dan kapan saja, tidak harus melulu berada di "sekolah formal" baru kita bisa belajar.

Keterbatasan waktu dan materi juga kini mengilhami banyak orang untuk kreatif dan semangat supaya tetap belajar, seperti teman saya yang tetap bisa bekarja tapi sambil menjalani kuliah secara online. Iya, sekarang banyak juga tempat belajar atau kampus yang mengadakan belajar jarak jauh, model belajar jarak jauh yang nengandalkan media online. Jadi tidak harus terpaku pada ruang khusus yang bernama "kelas" di sekolah dulu baru kita bisa belajar.

Perkembangan jaman dan teknologi belakangan ini semakin memudahkan kita untuk belajar banyak hal dengan semakin praktis. Hal ini bisa kita lakukan, tidak lain karena adanya dukungan internet.

Namun seperti yang kita tahu bersama, dunia internet memang hadir seperti dua sisi mata uang, selain memberikan manfaat untuk kebaikan, namun juga kita dihadapkan pada sisi gelapnya. Tapi itu sebenarnya kembali kepribadian kita masing-masing, bagaimana kita bisa bijak menggunakan internet dengan baik.

Jadi seperti yang saya bilang di atas, salah satu sisi positif dari keberadaan internet sekarang ini adalah memberikan kebebasan kita untuk belajar banyak hal secara online, dimanapun dan kapanpun tanpa batasan ruang dan waktu. tinggal bagaimana kita mengambil peluang ini sebagai ladang untuk belajar.

Sebagai contoh sederhanya, saya pernah lihat keponakan teman saya yang suka belajar memasak dengan melihat tutorial dari YouTube. Dia belajar membuat puding, membuat nasi goreng atau apapun yang ingin dia pelajari dengan mudah ia temui di internet. Jadi dia memanfaatkan internet yang dia punya untuk belajar banyak hal seputar dunia kuliner. Menarik bukan?

Selain itu, ada juga orang Bapak yang saya baca di salah satu media, bahwa dia belajar melakukan budidaya sayur-sayuran dari internet, dan dia berhasil membuat kebun sayur di halaman rumahnya yang tidak terlalu luas itu dengan memanfaatkan botol-botol bekas minuman sebagai wadah menanam anake sayur. Jadi untuk keperluan sayur sehari-hari keluarganya tidak pernah pusing lagi, sehingga dia pun bisa menghemat biaya belanja sayur di rumah tangganya loh. Keren kan?

Bahkan tak sedikit anak sekolah, para mahasiswa yang juga mengandalkan keberadaan internet untuk mencari berbagai informasi sebagai bahan belajar mereka. Bahkan orang yang sudah bekerja pun tak sedikit yang merasa terbantu dengan adanya internet untuk membantunya mencari berbagai informasi untuk pekerjaan mereka juga.

Jadi itu hanya segelintir cerita bagaimana orang-orang yang memanfaatkan keberadaan internet untuk belajar. Namun proses balajar melalui internet itu sangat tergantung juga pada kecepatan akses internet itu sendiri. Dan tak sedikit orang yang awalnya semangat untuk belajar menjadi malas gara-gara internetnya yang lelet.

Untuk terhindadar dari internet yang lelet makanya kita harus bijak memilih provider yang tepat. Kalo saya pribadi sih menggunakan internet Paket Combo XTRA dari XL, selain harganya terjangkau namun kecepatan internetnya juga cepat, sehingga kegiatan saya untuk akses internet selalu lancar.

Kini jika saya browsing berbagai data, streaming berita dan informasi terkini, atau pun balajar berbagai tutorial di YouTube semua lancar bangat sejak menggunakan XL. Jadi proses belajar saya melalui internet pun begitu sangat terbantu. Oh iya, saya makin suka dengan XL, karena kini  XL menghadirkan Kartu Perdana Super Ngobrol Baru yang memberikan gratis nelpon dan SMS tanpa batas dengan kualitas jaringan internet yang cepat dan kencang, benar-benar makin senang saya menggunakan XL. :)

Jadi, sudah saatnya kita bisa memaksimalkan internet yang kita punya, hayo kita manfaatkan keberadaan internet untuk terus belajar banyak hal baik untuk kebaikan hidup kita sendiri, jangan pernah memberikan banyak alasan untuk berhenti belajar.

Dan jauh lebih menyengakan lagi, bila kita bisa menyebarkan berbagai ilmu dan hal positif demi kebaikan banyak orang, karena berbagi dalam kebaikan tidak akan membuat kita merugi tapi justu akan membuat kita semakin kaya.

Selamat belajar, selamat berbagi ilmu untuk kebaikan :)


***
Photo credit by Sasint - Pixabay

12 komentar:

  1. Setuju bangat Bang, keberadaan internet sangat membantu bangat buat belajar, tugas kuliah saja saya cari di internet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantep banget emang, sudah seperti kebutuhan primer internet cepat sekarang

      Hapus
    2. Iya Dek, keberadaan internet benar-benar penting juga buat pelajar untuk cari referensi ataupun tugas ya :)

      Hapus
    3. Iya Mas Ahmed, internet sudah menjadi kebutuhan utama ya, rasanya ada yang hilang jika sehari saja nggak akses internet.

      Hapus
  2. internet sekarang udah jadi kebutuhan primer yang wajib banget di gunakan sehari hari. Untung ada XL yang memberikan kemudahan kebebasan dalam berinternet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas Dikki, Internet tidak bisa dipungkiri sudah menjadi kebutuhan primer sekarang ini.

      Saya juga pake XL, harga paketnya murah tapi kalitasnya bagus :)

      Hapus
  3. Setuju banget memanfaatkan internet untuk media belajar☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba, Internet seperti lautan ilmu bagi orang-orang yang serius mendalaminya :)

      Hapus
  4. Ini bener bgt kita hrs bisa memanfaatkan internet sbg media bljr.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas Eko,karena sayang saja jika internet tidak dimanfaatkan untuk belajar dan berbagi kebaikan.

      Hapus
  5. Bagi saya yang tinggal bukan di daerah perkotaan, internet ngebantu banget apalagi untuk nyari info tentang parenting. Thanks for sharing mas. #blogwalking

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah bangat ya Mba, sekarang berkat internet kita bisa mendapat banyak infoormasi menarik ya :)

      Sama-sama Mba, semoga bermanfaat ya :)

      Hapus