Saatnya Menciptakan Makanan Sehat di Rumah Dengan Mudah



Siapa yang senang makan? Ayoo ngacung! Sudah pasti banyak yang ngacung ini, iya termasuk saya. Heheheh. Tapi teman-teman lebih senang masak di rumah atau beli makanan di luar sih? 

Kegiatan makan nampaknya bisa kita lakukan di mana saja. Bahkan sebagian orang masih menganggap urusan makan tak perlu harus kembali ke dapur di rumah, cukup makan di luar atau delivery makan cepat saja jadi tidak perlu ribet dengan urusan dapur. Karena memang, masih banyak yang beranggapan bahwa memasak di rumah bisa menghabiskan lebih banyak waktu dan tenaga untuk mempersiapkan makanan di rumah.

Tidak masalah sih, jika sesekali makan di luar untuk variasi menu atau untuk membangun quality time bersama keluarga. Tapi menciptakan masakan dari dapur rumah memang jauh lebih baik, karena kita tahu betul bagaimana proses pengolahan dan bahan makanan yang kita digunakan.

Dan tak bisa kita pungkiri, makanan rumahan merupakan faktor terpenting dalam pola makan sehat, karena dengan memasak sendiri kita bisa mengatur jenis makanan yang akan kita masak, dan tentu saja bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan tubuh kita. Namun tak jarang banyak orang yang menilai bahwa memasak itu sulit, memakan waktu, dan juga membosankan. 

Padahal menurut studi yang dilakukan oleh Julia A. Wolfson, MPP yang menganalisa data survey dari National Health and Nutrition Examination menyebutkan bahwa orang yang sering memasak di rumah mengkonsumsi lebih sedikit karbohidrat, gula dan lemak daripada orang yang jarang masak di rumah.


Talkshow The Power of Homemade Food

Untuk itu, kemarin (07/12) Philips Indonesia bagian dari Royal Philips yang merupakan perusahaan teknologi kesehatan yang fokus pada peningkatan kehidupan masyarakat melalui inovasi penuh makna menghadirkan talkshow yang mendorong masyarakat untuk rajin mengkonsumsi makanan rumah yang sehat.

Acara yang berlangsung di Satoo Garden – Shangri-La Jakarta ini merupakan bagian dari komitment Philips dalam mendukung gaya hidup sehat melalui kampanye #ThePowerOfHomemadeFood kepada seluruh masyarakat.

Dan dalam acara talkshow hari ini tampak hadir dalam acara ini Chef Arimbi Nimpono merupakan Chef yang terus mempromosikan pola makan sehat. Selain itu ada juga dr. Cindiawaty Pudjiadi, MARS, MS, Sp.GK yang merupakan seorang Dokter Spesialis Gizi, dan hadir juga Bapak Yongki Sentosa yang merupakan Head of Personal Health Indonesia.
Para narasumber (Ki-Ka): Moderator - Chef Arimbi, Dr. Cindiawaty - Bpk. Yongki
Pada kesempatan ini, Bapak Yongki menuturkan bahwa kehadiran acara ini bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk lebih peduli pada pola hidup sehat. Meski diakuinya, bahwa masih banyak masyarakat yang tidak mudah untuk menerapkan pola hidup sehat melalui kegiatan memasak dan memakan makanan sehat, hal ini mungkin karena dipangaruhi oleh kesibukan, terutama  bagi mereka yang hidup di kota-kota besar.

Makanya melihat kondisi ini, Philips merasa terpanggil untuk mendorong masyarakat Indonesia untuk ikut menerapkan pola hidup sehat meski di tangah kesibukannya.

“Kita mengerti bahwa tidak mudah untuk memasak makanan sehat, dan tidak mudah juga memakan makanan yang sehat, karena kita semua sibuk, terutama orang-orang yang tinggal di kota besar yang begitu banyak kegiatannya, sehingga membuat kita berpikir makan di rumah itu tidak praktis dan belum tentu juga sehat. Hal inilah yang mendasari Philips membuat kampanye global  #ThePowerOfHomemadeFood yang juga kita bawa ke Indonesia, karena kita melihat kampanye ini sungguh-sungguh bisa mendukung gaya hidup sehat masyarakat Indonesia.” Ujar Pak Yongki.

Philips sebagai perusahaan teknologi kesahatan, selalu berusaha hadir memberikan inovasi-inovasi produk yang dapat mendukung gaya hidup sehat. Dan hidup sehat itu bukan hanya dari makanan, namun harus juga didukung oleh olahtaga yang teratur.

Banyak sekali masyarakat yang baru berolahraga dan menerapkan hidup sehat setelah terkena penyakit, inilah salah satu yang mendorong Philips untuk terus mengajak masyarakat supaya mau menerapkan pola hidup sehat, karena lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Bahkan menurut sebuah penelitian lembaga riset Jhon Honskin (school of public health research) mengatakan bahwa banyak masyarakat yang ingin mengubah pola makannya, karena pola makan bisa menentukan kualitas hidup seseorang. Di rumah kita bisa menentukan sendiri pola makan yang kita mau dan bisa kita sesuaikan, namun berbeda jika makan di luar, yang mana makanan di luar itu komposisinya dibuat sama untuk setiap orang, padahl kebutuhannya belum tentu sama. Dan pola makan ini sangat penting karena ini bisa membantu kita dalam menerapkan pola hidup yang lebih sehat.

Bahkan menurut penelitian tersebut, 3 dari 4 orang mau juga memulai makan sehat, dan 58% orang yang ada di kota besar mau melakukan olahraga secara rutin. Namun dari 58% orang ini mengakui bahwa untuk melakukan olahraga rutin tersebut ternyata tidaklah gampang. Namun banyak sekali yang baru mulai menerapkan pola hidup sehat dengan makan sehat dan olahraga yang teratur setelah mengalami sakit atau melihat orang lain sakit.  

Bahkan Pak Yongki juga menuturkan bahwa hidup sehat itu bukan hanya dengan olahraga saja, tapi harus diimbangi dengan makan makanan yang sehat juga. Sekarang sering kita lihat banyak masyarakat yang rajin yoga, senam, ikut lomba lari, dll, namun mereka kerap lupa mengimbangi dengan makanan yang sehat. 

Dan Ibu Dokter Cindiawaty pun juga mengungkapkan bahwa sebenarnya para ibu dan keluarga Indonesia sudah tahu dan paham tentang gaya hidup sehat itu termasuk bagaimana pola makan yang sehat bagi keluarganya. Namun yang sering kali diabaikan adalah proses memasaknya. Jadi sangat disayangkan apabila bahan bakunya sudah sehat namun proses memasaknya justru menghasilkan makanan yang tidak sehat sehingga gizi makanan tidak maksimal.

Sebagai contohnya, misalnya proses menggoreeng tentu saja menggunakan minyak yang banyak, dimana penggunaan minyak ini akan meningkatkan total asupan kalori seseorang. Hal ini tentu saja dapat meningkatkan seseorang terkena obesitas. Dimana obesitas selalu berhubungan dengan penyakit kronis lainnya seperti hipertensi, penyakit jantung dan lain sebagainya. Untuk itu, memasak yang sehat ini bisa juga dilakukan dengan cara yang sederhana yaitu mengurangi penggunaan penggunaan minyak.
Demo masak bersama Chef Arimbi
Bahkan Chef Arimbi menambahkan sebenarnya resep masakan Indonesia itu mengandung rempah yang baik untuk kesehatan, namun kebanyakan proses pengolahannya digoreng sehingga hal ini merubah nilai sehat dari kandungan masakan tersebut. 

Untuk itu, mengkombinasikan bahan makanan dan mengubah teknik memasak sangat diperlukan agar kandungan makanan tersebut tetap sehat. Misalnya dari yang digoreng menjadi dipanggang atau dikukus itu merupakan solusi pola makan sehat. Dan hal ini sudah dilakukan oleh Chef Arimbi di rumahnya dalam menyajikan makanan bagi keluarganya. Semoga hal ini bisa juga kita terapkan dalam keseharian kita ya.

Seperti yang diakui juga oleh Pak Yongky, bahwa sebenarnya tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga gaya hidup sehat sudah semakin tinggi. Namun secara umum, masyarakat kita masih dalam fase kuratif. Untuk itu, melalui produk dan kegiatan-kegiatannya Philips ingin meningkatkan kesadaran masyarakat untuk masuk ke fase preventif sehingga dapat mencegah penyakit-penyakit yang diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak sehat.


Mengenal Aneka Produk Philips yang Mendukung Gaya Hidup Sehat
Tidak hanya melalui talkshow ini, tapi Philips juga mengadakan roadshow di mall-mall, melakukan cooking demo di toko serta kegiatan digital di media sosial, seperti menyebarkan video menyambut hari ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember mendatang untuk memberikan apresiasi kepada seluruh Ibu di Indonesia dengan menyediakan makanan rumah yang sehat. 

Hal ini digalakan oleh Philips supaya masyarakat kembali sadar untuk bisa menghasilkan makanan yang enak, sehat namun praktis dari dapur rumah mereka sendiri, bukan lagi makanan dari luar yang tidak bisa dijamin kebersihan dan kesehatannya.

Untuk itu, pada bulan desember ini, Philips menghadirkan aneka produk yang bisa mendukung kita dalam menerapkan gaya hidup sehat, diantaranya ada Airfriyer HD1889, Noodle & Pasta Maker HR2332, Bread Maker HD9045 dan Masticating Slow Juicer HR1889.
4 Produk terbaru Philips untuk memudahkan kita memasak di rumah
Dimana keempat produk tersebut di atas dapat memudahkan para ibu, keluarga dan setiap orang untuk dapat memulai memasak makanan sehat dengan mudah dan pastinya bisa memperhatikan kandungan bahan makanan yang digunakannya sehingga tetap terjaga kandungannya.

Dan kami pun langsung bisa melihat bagaimana Chef Arimbi mengkreasikan berbagai makanan dan minuman dengan memanfaatkan produk-produk terbaru dari Philips tersebut melalui demo masak. Terlihat sangat praktis dan begitu mudah Beliau menggunakan peralatan-peralatan tersebut.

Untuk itu, mari kita kenalan lebih jauh lagi dengan keempat produk dari Philips ini supaya kita bisa lebih mengerti apa kegunaan dari masing-masing tersebut.

Philips Slow Juicer HR1889
Slow Juicer HR1889 ini merupakan sebuah alat dari Philips yang berfungsi untuk mengekstrak sari nutrisi buah dan sayur dengan mudah. Dimana alat ini dilengkapi dengan teknologi soft Squeezinng sehingga nutrisi dari buah dan sayur tersebut bisa mencapai 80%. 

Slow Juicer ini dilengkapi tabung XL sehingga kita bisa memproses aneka buah, sayur dan sayuran hijau secara utuh sehingga dengan alat ini kita bisa menikmati jus yang sehat setiap hari. Tidak hanya itu sih, Slow Juicer ini semakin menarik karena memiliki keunggulan lain juga yaitu:
  • Alatnya sangat gampang bongkar dan dipasang sehingga cepat juga bisa dibersihkan. Bahkan semua komponen lepas pasangnya aman untuk mesin cuci piring.
  • Sudah dilengkapi dengan buku resep, mulai dari membuat minuman detoks hingga minuman energy dan juga jus yang bisa membantu kita untuk bisa tidur nyenyak. 
  •  Sudah dilengkapi dengan Teknologi QuickClean dengan saringan mikro yang sangat mudah dibersihkan, hanya dalam waktu 90 detik saja.
  • Tabung pengisi bemulut besar lebar 70 mm sehingga kita tidak perlu memotong buah atau sayur karena semuanya bisa dimuat dengan mudah.
  • Sudah dilengkapi dengan penghenti tetesan sehingga sisa jus yang kita buat tidak akan menetes dan mengotori dapur kita.
Jus segar dari Wortel, Kunyit dan Jeruk yang dibuat dengan Philips Slow Juicer



Philips Bread Maker HD9045
Bread Maker HD9045 ini merupakan alat yang memberikan kita kemudahan untuk membuat roti dengan praktis. Ya ampun kebayang dong ya, setiap hari bisa sarapan dengan roti enak buatan kita sendiri. Sungguh nikmat ya. Hehehe
Apalagi ternyata dengan alat ini, kita bisa memasukan bahan roti pada malam harinya dan kita bisa mengatur waktu tunda sehingga alat ini akan menyiapkan dan memanggang roti saat kita tidur sehingga pada pagi hari kita sudah disambut oleh roti yang hangat dan segar untuk mengawali pagi.
Memiliki Philips Bread Maker ini menawarkan banyak keistimewaan yang akan mempermudah kita dalam membuat roti kesukaan kita, diantaranya:
  • Alat ini  punya 14 program pra-setel yang memudahkan kita dalam memanggang roti dengan sempurna.
  • Alat ini juga memungkinkan kita bisa memanggang dua ukuran roti dengan berat hingga 1 kg. 
  •  Alat ini juga membuat kita bisa mengatur 3 tingkat kematangan untuk warna kulit roti yang kita inginkan.
  • Alat ini juga memiliki indikator untuk mengingatkan kita untuk memasukan bahan tambahan saat membuat roti khusus sehingga bahan tambahan tersebut tidak terlewatkan untuk dicampurkan dalam roti yang kita buat.
  • Alat ini memiliki didesain ramah yang super senyap alias tidak berisik saat dioperasikan. 
  • Alat ini memiliki jendela lihat besar yang memungkinkan kita melihat roti mengembang dan berubah kecoklatan.
  • Posisi panel control sangat nyaman digunakan semua pengguna. 
  • Alat ini memiliki pegangan anti-selip terintegrasi agar mudah dan aman dipegang.
  • Terdapat alas di alat ini sehingga tetap dingin dan aman disentuh
  • Oh iya alat ini dilengkapi juga dengan buku resep loh.
Greentea Cheese Bread yang enak ini dibuat dengan Philips Bread Maker


Philips Noodle & Pasta Maker HR2332
Siapa yang suka Mie dan Pasta kudu punya alat yang satu ini. Yups, alat ini hadir untuk memanjakan para pecinta mie dan pasta yang bisa diracik sendiri dengan mudah di rumah. Iya jadi dengan alat ini kita bisa membuat beragam bentuk pasta seperti spaghetti, penne, fettuccini hingga lasagna, serta beragam jenis mia yang bisa kita buat dengan cepat dan praktis hanya dalam hitungan menit saja.

Jadi mie dan pasta yang diolah sendiri tentu akan jauh lebih sehat dan segar melalui bahan pilihan yang bisa kita kreasikan sendiri di rumah. Selain itu, alat ini juga menawarkan kelebihan lain yang sangat menyenangkan, yaitu:
  • Alat ini terdiri dari komponen lepas-pasang yang dapat dengan mudah dipasang, dibongkar, dan dibersihkan.
  • Alat ini juga memungkinkan proses pengadukan, pembuatan, dan penggilingan adonan yang cepat dan otomatis, tetapi juga memberikan tekstur dan rasa pasta dan mie yang pasti lezat.
  • Alat ini memiliki penyimpanan bawaan yang cerdas untuk cakram pembentuk dan kabel daya sehingga dapur kita selalu rapi dan apik.
  • Alat ini memiliki desain ringkas dengan model yang sangat keren sehingga kita dapat meletakkannya di meja dapur atau menyimpannya di kabinet tanpa memakan banyak tempat.
  • Alat ini ternyata memiliki 4 cakram pembentuk untuk membuat Spaghetti, Penne, Fettuccini, dan Lasagna. 
  • Alat ini tenyata bisa membuat 450 gram pasta dan mie segar hanya dalam waktu 18 menit saja loh.
  • Alat ini dilengkapi dengan tabung pengaduk yang panjang untuk membuat adonan yang halus dan lentur.
  • Alat ini juga sudah dilengkapi dengan buku resep yang dibuat oleh pakar kuliner, untuk memberikan inspirasi pasta dan mie segar dan buatan sendiri yang lezat.
Membuat pasta sehat semakin praktis dengan Philips Noodle & Pasta Maker


Philips Airfryer HD9623
Duuuh alat ini saya mau bangat, iya alat yang satu ini merupakan alat untuk menggoreng tanpa atau hanya dengan sedikit minyak saja, dan kita juga bisa menggunakannya untuk memanggang dan membakar makanan dengan praktis dan mudah. 

Iya di alat ini terdapat TurboStar yang bisa menghasilkan panas secara cepat dan merata tanpa makanan harus dibalik. Dan asyiknya lagi, menggoreng menggunakan airfyer ini bisa mengurangi lemak hingga 80% dibandingkan dengan menggoreng biasa. Jadi, alat ini bisa menjadi solusi bagi penderita jantung dan gangguan kardiovaskuler untuk dapat mengkonsumsi gorengan lebih sehat. 

Selain keunggulan dengan TurboStarnya, alat yang satu ini juga menghadirkan banyak keunggulan lain yang membuatnya layak menjadi pilihan buat kita memasak, diantaranya:
  • Alat ini sudah dilengkapi dengan lebih dari 200 resep di dalam aplikasi dan buku resep gratis yang disertakan bersama alat ini. 
  •  Alat ini langsung siap digunakan segera, sehingga waktu memasak yang lebih cepat dari awal hingga akhir akan mendorong penggunaan setiap hari. 
  • Keranjang QuickClean pada alat ini ternyata memiliki saringan lepas-pasang anti-lengket yang sangat mudah dan cepat dibersihkan.
  • Alat ini dilengkapi dengan teknologi rapid air sehingga memungkinkan kita memanggang dan bahkan membakar menu favorit dengan satu solusi yang sama untuk semua makanan.
  • Alat ini juga memiliki desain yang ringkas (20% lebih kecil) tetapi tetap memberikan kemampuan memasak dalam jumlah besar (800 gr). 
  • Alat ini juga menghasilkan lebih sedikit bau daripada penggorengan konvensional. Selain itu, lebih mudah dibersihkan, aman dan ekonomis untuk penggunaan sehari-hari.
  • Alat ini menghasilkan distribusi panas yang lebih seragam dan 50% gorengan yang lebih merata. Jadi kita tdak perlu membalik makanan meskipun ketika makanan ditumpuk. Selain itu, panas langsung yang kuat dari atas membuat makanan renyah lebih cepat.
  • Alat ini dilengkapi dengan gagang EasyClick Universal yang akan membantu kita bisa menambahkan aksesori memasak yang tepat dan memperoleh hasil terbaik untuk hidangan andalan yang kita buat. Selain itu, juga memungkinkan penyimpanan yang ringkas setelah digunakan.
  • Alat ini memiliki laci lepas-pasang berlapisan anti-lengket dan keranjang makanannya yang bisa dicuci dengan mesin cuci piring sehingga mudah dibersihkan.
  • Alat ini memiliki aksesori wajan pemanggang untuk beragam resep, seperti memanggang ikan, daging, sayuran, dan lainnya dengan mudah, cepat, dan lebih sehat.
Chicken Barbeque yang dipanggang dengan Philips Airfryer

Jadi gimana setelah melihat keunggulan dari masing-masing alat tersebut di atas, teman-teman apakah sudah tahu mau beli produk yang mana atau malah incar semuanya? 

Iya semua produk peralatan darpur dari Philips di atas sudah bisa kita dapatkan di berbagai tempat seperti Best Denki, Electronic City, Sogo, Metro, dan e-commerce seperti Lazada, JD.id, dan Blibli.

Jika teman-teman menjawab semua produk tersebut wajib dimiliki, maka saya pun sangat setuju, karena bagi saya memiliki semua alat tersebut di atas juga menjadi harapan bagi saya, sehingga saya bisa meracik masakan yang saya inginkan dengan mudah namun sehat dari rumah.

Sebab saya masih meyakini, bahwa kesehatan kita berawal dari apa yang kita konsumsi. Maka dengan memasak sendiri, kita dapat membuat masakan yang lebih sehat dengan cara mengatur komposisi, takaran bahan masakan, dan mengolah makanan yang bersih untuk mewujudkan pola hidup sehat yang merupakan investasi awal untuk dapat menjalani masa tua dengan lebih sehat, sejahtera dan bahagia.

1 comment:

  1. Dan.... sebagai pemakan roti garis keras, kayaknya fixed saya HARUS PUNMYA Philips Bread Marker

    ReplyDelete