Wisata Asyik Bersama Transjakarta

Siapa sih yang tidak senang diajak jalan-jalan? Pasti semua pada mau kan? Begitu juga dengan saya, tidak adil rasanya membebani tubuh dan fikiran untuk selalu bergulat dengan bekerja, sesekali hidup memang harus dinikmati, karena sejatinya kita hidup bukan untuk bekerja, tapi kita bekerja untuk hidup, setuju nggak? ;)

Jadi beberapa waktu yang lalu, tepatnya hari Minggu tanggal 14 Agustus kemarin, saya ikut dalam rangkaian wisata asyik bersama TransJakarta. Dimana pada kali ini kami semua berkumpul terlebih dahulu di Starbuck Sarinah untuk menikmati sarapan sebelum memulai acara jalan-jalannya.

Setelah semua terkumpul, maka kami pun menaiki TransJakarta bertingkat warna merah, menuju Kota Tua. Disepanjang jalan, pemandu menjelaskan sepuatar gedung-gedung bersejarah kepada kami semua.

Misalnya tentang sejarah Gedung Sarinah, ternyata gedung Sarinah itu adalah pusat perbelanjaan pertama di Indonesia dan juga pencakar langit pertama di Jakarta, yang mulai dibangun pada tahun 1963 dan diresmikan pada tahun 1967 oleh Soekarno. Nama Sarinah diambil dari nama pengasuh Soekarno pada masa kecilnya.

Selain itu, dijelaskan juga tentang Musium Gajah, dimana museum ini merupakan museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara. Dimana musium ini didirikan pada tahun 24 April 1778. Museum Gajah ini banyak mengoleksi benda-benda kuno dari seluruh Nusantara. Misalnya, arca-arca kuno, prasasti, benda-benda kuno lainnya dan barang-barang kerajinan. Dimana koleksi-koleksi tersebut dikategorisasikan ke dalam etnografi, perunggu, prasejarah, keramik, tekstil, numismatik, relik sejarah, dan benda berharga.

Dan disepanjang jalan, Tour Guidenya selalu menjelaskan setiap bangunan dan tempat-tempat bersejarah yang kami lalui, sehingga dengan begitu kita jadi lebih tahu lagi seputar sejarah masa lalu negeri ini.

TransJakarta untuk wisata
TransJakarta bertingkat siap antar kami berwisata asyik :)
Bus Transjakarta yang kami naikin ini sungguh sangat nyaman sekali, sangat bersih. Dan saran saya, bagi yang ingin puas menikmati pemandangan, maka sebaiknya duduk di lantai atas, duduklah paling depan, jadi bisa dengan puas menikmati pemandangan dan foto-foto pemandangan di sepanjang jalan.

Oh iya, saya akan sekalian menjelaskan sedikit seputar TransJakarta khusus untuk wisata ini. ternyata PT. Transportasi Jakarta, selain mengelola Bus Transjakarta sebagai transportasi umum,  ternyata PT. Transportasi Jakarta juga mengelola bus tingkat gratis sebagai angkutan wisata warga Ibu Kota. Bus Wisata TransJakarta ini beroperasi menelusuri icon dan landmark kota Jakarta. Bus-bus ini dilengkapi dengan audio yang menjelaskan latar belakang dari lokasi-lokasi yang disinggahi, pendamping satgas onboard yang juga berfungsi sebagai tour guide.
Suana asyik dan nyaman di dalam TransJakarta Wisata

Bus Transjakarta Wisata ini terdiri dari tiga tema, yaitu:
1.  Art and Culinary merupakan Bus wisata  malam Bus wisata yang disediakan bagi masyarakat Jakarta yang ingin jalan-jalan malam minggu ke Kota Tua dan tempat-tempat makan. Bus ini beroperasi di rute Balaikota – Kota Tua setiap malam minggu dan malam libur umum, Untuk Bus Transjakarta malam ini  beroperasi mulai pukul 17:00 sampai dengan pukul 23:00.

2.  History of Jakarta yaitu Bus wisata yang melayani masyarakat menuju museum dan lokasi-lokasi bersejarah. rute ini beroperasi mulai pukul 09:00 sampai dengan pukul 17:00 pada hari Senin sampai Sabtu dan pukul 12:00 sampai dengan pukul 20:00 pada hari Minggu.

3. Shopping Experience/Jakarta Modern adalah bus wisata yang akan membawa masyarakat menuju ke tempat wisata belanja yang ada di Jakarta. rute ini beroperasi mulai pukul 09:00 sampai dengan pukul 17:00 pada hari Senin sampai Sabtu dan pukul 12:00 sampai dengan pukul 20:00 pada hari Minggu.

Saat ini total bus wisata yang dimiliki Transjakarta adalah delapan unit. Dimana satu unit dari delapan bus tersebut merupakan bus tingkat hibahan dari Tower Bersama Infrastruktur Group. Bus wisata ini memiliki  kapasitas 69 bangku, diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi para pelanggan yang ingin berwisata keliling Jakarta dengan Transjakarta.

Selain itu, PT. Transportasi Jakarta juga menyediakan Bus Transjakarta Rombongan, Dimana Bus khusus ini diperuntukan bagi rombongan sekolah. Bus khusus diberikan jika memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan oleh PT. Transportasi Jakarta. Kehadiran Bus Rombongan ini, dimaksudkan agar pola pikir generasi muda lebih mendukung budaya angkutan umum yang mengajarkan untuk berperilaku disiplin dalam antrian bagi bermasyarakat.

Fasilitas bagi peserta rombongan khusus:
  • Bagi sekolah maupun kelompok tertentu yang telah mengajukan surat permohonan akan diberikan bus khusus sesuai dengan jumlah peserta yang sudah ditentukan
  • Layanan hanya pada hari Sabtu, Minggu dan hari-hari besar lainnya
  • Rute mengikuti rute layanan yang telah ditentukan
  • Peserta rombongan akan didampingi oleh pendamping yang akan memaparkan mengenai sistem TransJakarta dan lokasi-lokasi menarik sepanjang rute perjalanan
  • Peserta menuju ke tempat tujuan tanpa harus berhenti di setiap halte dan tidak bercampur dengan penumpang umum lainnya
  • Peserta juga dapat menaiki bus Tingkat

Menelusuri Kota Tua
Dibelakang saya itu Ikon Kota Tua Jakarta (Museum Fatahillah)
Tujuan wisata kami adalah Kota Tua Jakarta, atau yang juga dikenal dengan sebutan Batavia Lama (Oud Batavia), Kota Tua adalah sebuah wilayah kecil di Jakarta, yang memiliki luas sekitar 1,3 kilometer persegi. Kawasan ini terdiri dari bangunan tua sisa jaman Belanda, dan kini kawasan ini sudah menjadi salah satu tujuan wisata sejarah yang menarik di Jakarta.

Kota Tua kini menjadi alternatif pilihan untuk rekreasi murah bagi warga Jakarta. selain itu, Kota tua juga menjadi kawasan untuk menambah pengetahuan mengenai sejarah, karena Kota Tua Jakarta memiliki banyak museum, antara lain: Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museun Seni Rupa & Keramik, Museum Bank Indonesia, dan Museum Bank Mandiri yang saling berdekatan, dan bisa dijangkau hanya dengan jalan kaki dari museum ke museum tersebut.
Keseruan kita saat wisata bersama TransJakarta
Sesampai di Kota Tua kami langsung melakukan foto bersama, namun sempat ada kejadian yang tidak enak, dimana saat kami mau foto bersama, kami dihalang-halangi oleh petugas keamanan Kota Tua, alasannya karena kami foto dengan spanduk.

Sempat kesal juga sih sama orang-orang yang menghalangi kami foto-foto itu, masa foto-foto dengan spanduk tidak boleh, padahal kami tidak membuat kotor area kota tua, apalagi melakukan coret-coret yang mengotori, hanya foto, itupun tidak sampai 5 menit, benar-benar nggak aneh. semoga sih kejadian seperti ini tidak kejadian lagi kedepannya. Benar-benar bikin nggak nyaman.

Semoga kejadian seperti ini tidak kejadian lagi, jika memang tidak boleh foto-foto dengan membawa spanduk, sebaiknya ada papan peraturan yang berukuran besar di dekat pintu-pintu masuk supaya pengunjung bisa tahu apa saja yang tidak boleh dilakukan di area kota tua.

Games Asyik
Okey deh, lupakan kejadian yang tidak mengenakan itu. setelah sampai di Kota Tua kami langsung seru-seruan dengan berbagai kegiatan, ada yang foto-foto, ada yang sepedaan, ada juga yang ngobrol-ngobrol santai.

Meski di tengah siang bolong, acara selanjutnya adalah unjuk kekompakan melalui permainan games, tapi untungnya cuaca mendung sehingga kami tidak terlalu kepanasan.  Acara selanjutnya kami main dua games yang sangat seru dan menghibur, yaitu:

1.  Pertama adalah games mengayuh sepeda sambil berboncengan. Games ini meminta kami untuk berlomba satu sama lain mengayuh sepeda secara pelan dengan terus mengatur keseimbangan, dimana kaki tetap harus mengayuh tanpa boleh menyentuh tanah, karena yang berhak menjadi pemenangnya adalah siapa yang paling telat sampai garis finis tanpa kakinya menyentuh tanah. Sungguh permainan yang sulit, karena sangat susah menjaga keseimbangan sambil membonceng seseorang dengan gaya duduk sampaing dengan tetap mempertahankan laju sepeda yang harus pelan, benar-benar susah, namun disitulah tantangan sekaligus keseruannya.
Games Bersepeda sambil Boncengan
2. Games kedua adalah kuis merangkai kata secara estafet. Kuis ini meminta setiap kelompok yang terdiri dari delapan orang untuk bisa mentransfer kata secara utuh dari orang pertama hingga orang terakhir atau kedelapan. Kuis ini mengajarkan kita untuk konsentrasi dan fokus, sehingga apa perintah yang diterima dari orang pertama hingga orang terakhir harus persis sama.
Games Merangkai Kata
Dari dua games ini, menurut saya bisa mengajarkan kita untuk bisa kerjasama dengan teman, dengan tim, karena keberhasilan sebuah usaha bersama adalah adanya kerjasama yang kompak dan juga komunikasi yang searah, sehingga dengan demikian, bukan mustahil apa yang ingin dicapai bersama pasti bisa diwujudkan, “Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing”.

Setelah puas bermain dan foto-foto di Kota Tua, maka kami pulang ke daerah Sarinah untuk menikmati santap siang sambil melakukan sesi ngobrol asyik bersama Pak Budi Kaliwono selaku Direktur Utama PT. Transportasi Jakarta (TransJakarta). Banyak teman-teman yang memanfaatkan moment ngobrol asyik ini, untuk menyampaikan pertanyaan ataupun pendapat serta saran untuk kebaikan TransJakarta kedepannya.
Keseruan kami saat wisata bersama TransJakarta
Sungguh saya senang sekali mengikuti wisata asyik bersama TransJakarta kali ini, sangat seru sekali, semoga acara wisata serupa ini bisa diadakan lagi dilain waktu. Terima kasih TransJakarta dan juga Tau Dari Blogger sudah menyelenggarakan acara seasyik ini. Sampai jumpa di acara seru lainnya teman-teman :)

Referensi Tambahan:

6 comments:

1. Cakep banget bus nya, merah cimb nya menyala

ReplyDelete
  2. Asyik bangat si Bang, jalan-jalan pake Transjakarta bertingkat, mupeng :D

Replies
    1. Ini bisa untuk umum loh Dek, kalo ke Jakarta cobain deh hehehe

Delete
  3. Meraaah meraaah.. Jadi kangen Jakartaaa aku :)