Putri Mandi Manis Manja


Salah satu cemilan yang sering dibuat di rumah jika saya pulang adalah Selai Pisang Basah. Saya sangat menyenangi cemilan ini untuk disantap di waktu senggang sambil bersantai nonton TV,  baca buku atau pun mendengarkan musik.

Cemilan ini menjadi salah satu cemilan fovorit di rumah, semua pada suka dengan cemilan yang satu ini, jadi seberapapun banyak buatnya pasti ludes diserbu oleh kami semua.

Oh iya, cemilan berbahan pisang ini juga sering disebut Putri Mandi atau juga Pisang Manis Manja, karena rasanya yang manis benar-benar bisa memanjakan lidah.

Untuk membuat Selai Pisang basah ini caranya cukup gampang bangat, hanya membutuhkan beberapa bahan berikut ini:
1. Pisang Kepok matang
2. Santan Kelapa
3. Susu kental manis
4. Telur Ayam
5. Daun pandan
6. Garam

Dan untuk proses pembuatannya sendiri sangat-sangat mudah, saking mudahnya, keponakan saya yang SD kelas 6 sudah bisa membuat cemilan ini sendiri. Cara buatnya sebagai berikut ini:
1. Goreng pisang tapi tanpa tempung, goreng polos saja.
2. Buat sausnya, yaitu pertama campurkan dan aduk santan kelapa, gula merah, sedikit garam dan daun pandan sampai mendidih.
3. Setelah itu tambahkan susu kental manis (secukupnya tergantung selera) dan telur ayam dan terus aduk sausnya hingga mengental.

Setelah itu, maka Selai Pisang ini sudah bisa dihidangkan. Sajikan pisang goreng di atas piring lalu diguyur dengan saus hingga merata.
Ketika si putri dimandikan saus gula hehehe - Doc. Pribadi
Putri mandi siap manjakan lidahmu :) - Doc. Pribadi

Rasanya?
Buat saya benar-benar nagih, nggak cukup makan satu pisang, pasti nagih lebih dari dua pisang.
Nagih bingat pokoknya. Love it!

*Note.
Untuk takaran bahannya disesuaikan dengan banyak pisang dan juga selera orang yang memakannya.

Selamat mencoba kawan,  semoga bermanfaat. :)

1 comment: