Meraih Sukses Menjadi Pebisnis Hebat Dengan Memanfaatkan Teknologi Digital



Saya merasa senang mendapatkan undangan untuk menghadiri acara bertajuk memanfaatkan teknologi digital yang diselenggarakan oleh PT. Citra Nusa Insan Cemerlang (CNI) dalam rangkaian CNI Extravaganza yang diselenggrakan untuk memeriahkan acara ulang tahun CNI yang ke 31 tahun.

CNI Extravaganza sendiri berlangsung dari tanggal 18 – 21 Oktober 2017 bertempat di CNI Creative Center Building di jalan Puri Indah Blok O2 No. 1-3 Jakarta. Namun saya pribadi baru sempat menghadiri keseruan acara CNI Extravaganza pada tanggal 19 Oktober 2017, kebetulan bangat di hari ini saya bisa mengikuti seminar dan Talkshow IDEA PRENEUR dengan tema “Jadi Entrepreneur Hebat Dengan Manfaatkan Dunia Digital.”


Dalam acara ini ternyata para narasumbernya sangat luar biasa, sebuat saja ada Mas Ryan Batchim (Praktisi Google), Mas Charis Abdul Hanan  (Business Entrepreneur) dan juga Mba Dina Lorenza (Artis Sinetron & Anggota Ikatan Usaha Muslimah Indonesia). Yang dipandu oleh Mas Marselinus Ferdinand sebagai MC & Moderator.
Mba Dina (Kiri) - Mas Charis - Mas Ryan - Mas Marselinus
Saya saangat senang dengan kadatangan para narasumber di acara ini, karena dari mereka semua saya mendapatkan banyak imu baru yang sangat keren terutama tentang bagaimana memanfaatkan kecanggihan teknologi digital saat ini.

Penurutan Mas Ryan Batchim selaku Praktisi Google
Beruntung bangat saya datang ke acara ini, karena bisa mendengar langsung Mas Ryan Batchim yang merupakan seorang Praktisi Google ternama yang sudah berturut-turut meraih Google Adword Top Contributor dari 2013 – 2017. Keren ya!
Mas Ryan Batchim
Dari Mas Ryan ini, saya mendapatkan banyak informasi menarik tentang bagaimana cara kita memanfaatkan kehadiran dunia digital untuk menjadi entrepreneur hebat dengan memanfaatkan teknologi digital yang ada saat ini. 

Mas Ryan Batchin juga memaparkan tenang bagaimana kini strategi marketing yang dulu offline kita sudah mulai merambah ke dunia online. Bahkan ternyata lebih dari 70% yang melihat iklan offline maka kemudian melakukan pencarian di internet dan lebih dari 60% orang yang menonton iklan di TV pun melanjutkan dengan melakukan pencarian di Internet.

Dan saat ini di Indonesia sendiri trand digital di Indonesia ternyata sosial media yang berada di posisi atas dikuasai oleh youtube di posisi ke atas, lalu disusul oleh facebook, lalu instagram. Tetapi untuk aplikasi chatting ternyata yang menjadi trand adalah whatsapp, FB Messenger, Line, BBM, wechat.
Trand Digital di Indonesia
Melihat trand tersebut di atas, maka kita bisa memanfaatkannya untuk menciptakan peluang yang luar biasa untuk dunia digital marketing. Karena tidak bisa pungkiri, saat ini digital marketing itu sangat penting karena memberikan keunggulan yang menarik, seperti:
  1. Bisa on selama 24 jam, maka dengan strategi digital marketing, informasi mengenai produk ataupun jasa yang pasarkan dapat diakses kapanpun.
  2. Jangkauannya luas, bisa menjangkau orang-orang secara global dengan jangkauan yang sangat luas sehingga bisa menjangkau
  3. Kita bisa menargetkan kepada khalayak yang sesuai dengan target produk yang kita promosikan
  4. Low cost tapi high impact da nada measurement yang bisa kita ukur
Setelah mengetahui bagaimana pentingnya digital marketing, maka selanjutnya kita harus tahu bagimana membuat konsep digital marketing, karena ini juga tidak kalah pentingnya. Kita bisa memulai digital marketing dengan sebuah website / blog / fanpage di faebook, jadi kita harus membayangkan bahwa website / fanpgae tersebut seperti sebuah rumah atau toko kita sendiri. Maka dengan begitu kita harus berusaha bagaimana caranya supaya toko kita banyak dikunjungi oleh orang lain.

Untuk mengundang banyak pengunjung ke toko online kita ternyata ada strateginya. Startegi mendatangkan pengunjung ke website / fanpgae kita adalah dengan memaksimalkan beberapa media berikut ini: Google ads, Sosial media,  Email marketing, Search engine optimization (SEO), Youtube.

Manfaatkan Google
Siapa sih yang tidak menggunakan Google? Hampir seluruh orang yang menggunakan internet sudah pasti sangat familiar dan terbiasa menggunakan Google menurut saya. Namun tidak semua orang tahu, bahwa ternyata Google itu mempunyai keunggulan yang begitu luar bisa sehingga membuat usaha kita bisa ikut melejit jika pandai memaksimalkannya.

Untuk itu, sangat penting bagi kita memanfaatkan Search engine karena di google kita bisa mengoptimalkan SEO yaitu dimana website dioptimalkan untuk muncul di halaman pertama google. atau bisa juga melalui SEM / iklan berbayar di Google search (Muncul di posisi atas page one Google)

Kenapa menggunakan google?
Perlu kita tahu, ternyata lebih dari 80% pengguna internet di dunia dan 92,64% pengguna internet di Indonesia menggunakan Google sebagai mesin pencari untuk menemukan apapun yang ingin ditemuinya. Untuk itu, menggunakan Google sangat diperlukan karena memberikan manfaat yang luar biasa, sebagai berikut:
  1. Dengan Google kita bisa menemukan target pasar secara tepat sasaran karena iklan kita akan menjadi lebih efektif karena iklan hanya tertuju pada orang yang mencari atau tertarik dengan produk atau jasa yang kita tawarkan.
  2. Kita tidak perlu membayar saat iklan kita ditampilkan, kita hanya perlu membayar saat iklan kita diklik orang lain.
  3. Jangkauan jaringan google itu sangat luas sehingga peluang kita semakin besar. 
  4. Kita juga jadi lebih gampang untuk mengukur hasil campaign kita secara reliable dan terukur dengan efektif.

Manfaatkan Sosial Media
Perlu kita ketahui juga, untuk membuat usaha kita di dunia digital ini semakin luas, maka kita bisa juga menggunakan kekuatan media sosial untuk meraih consumer dan mendengarkan suara mereka.  

Dimana melalui sosial media ini kita bisa bangun komunikasi dan relasi yang baik dengan customer dan calon customer. Dimana media sosial yang bisa kita gunakan di antaranya: facebook, instagram, twitter, Google+, dan platform media sosial lainnya untuk meningkatkan trust dan brand loyalty product.

Ada dua media sosial yang saat ini booming juga sangat mudah digunakan dan pastinya gratis sehingga sangat cocok digunakan untuk dimaksimalkan yaitu fan page facebook dan instagram.

Dengan menggunakan funpage facebook kita dapat membuat katalog promosi dan mengupdate status mengenai promo produk atau jasa yang kita jual. Dan melalui funpage ini calon customer juga dapat bertanya langsung dan menyampaikan komen mereka di fanpage kita. Begitu juga dengan instagram. Kita juga harus membuat akun instagram dengan memposting gambar-gambar yang menarik dan informasi yang jelas mengenai harga, promo, kontak yang bisa dihubungi.

Bagaimana cara memanfaatkan media sosial? Dalam memanfaatkan media sosial sebagai media promosi, maka ada beberapa hal-hal penting yang harus kita tahu, diantaranya:
  1. Proportion dimana kita harus memperhatikan proporsi konten yang kita publish. Proporsi yang baik yaitu 80% konten yang bermanfaat dan 20% content promo produk. Jadi misalnya dalam sehari ada 20 post, maka 16 post harus yang bermanfaat dan 4 post untuk promo. 
  2. Wording yaitu kita harus menggunakan kata-kata yang powerfull untuk menyampaikan pesan dari promo tersebut supaya gampang dimengerti oleh orang lain. Adapun hal-hal yang perlu kita perhatikan yaitu: Gaya bahasa, jangan typo, gunakan singkatan yang dimengerti ornag lain, usahakan jumlah karakter/kata sesuai dengan jenis social media yang digunakan, buat 1 SOP penulisan jika punya tim jadi semua gaya bahasa dan lain-lainnya sama. 
  3. Picture yaitu kita harus menggunakan gambar-gambar yang bagus dan jelas sehingga bisa menarik perhatian konsumen kita. Kita juga bisa membuat pertanyaan interaktif melalui konten gambar, seperti menggunakan gambar yang mengundang orang untuk berinteraksi seperti buat gambar yang lucu, teka teki, ilusi optik. Dan hindari untuk menggunakan gambar yang berbau SARA dan Pornography.
  4. Timing yaitu kita harus tahu kapan waktu yang tepat untuk melakukan promosi, karena tidak semua waktu itu bagus untuk dilakukan promosi. Misalnya pada saat weekday kita bisa memposting pada saat pagi sebelum orang berangkat kerja, sekitar sebelum jam 7 pagi atau bisa juga saat istirahat makan siang yaitu jam 12 siang. Tapi jika ingin posting saat weekend sebaknya di posting pada sore menjelang malam hari.
  5. Frequency yaitu tentang seberapa sering sih sebaiknya kita mempublish promosi dalam satu hari, hal ini penting supaya kita tidak posting secara berlebihan. Misalnya untuk fanpage kita update status 2 – 3 ali sehari, di twitter kita bisa update status 5 – 10 tweet per hari, dan di Instagram sekitar 2 – 5 kali sehari.
Selain itu, ada juga yang namanya Facebook ads, yaitu program periklanan dari facebook yang didesain untuk membantu kita mempromosikan produk, jasa atau funpage facebook yang kita miliki sesuai dengan target audiens kita.  

Keunggulan facebook ads yaitu : akan membangun brand awareness melalui facebook, meningkatkan interaksi komunikasi dan relasi dengan audiens, dan juga meningkatkan jumlah fans fanpage kita.
Mengapa kita perlu untuk beriklan di facebook?
  1. Iklan di facebook akan tepat sasaran dan target yaitu iklan kita akan menjadi lebih efektif karena iklan hanya tertuju muncul pada orang yang memiliki lokasi, interest, demografis yang sesuai dengan target iklan kita.
  2. Facebook merupakan medis terbesar di dunia dan di Indonesia jadi peluangnya sangat bagus untuk beriklan.
  3. Sistem pembayaran iklan berdasarkan cost per clicks maupun cost per impression.
  4. Meningkatkan brand trust melalui iklan rekomendasi atau sponsored stories ads
  5. Informasinya cepat menyebar luas dan menciptakan viral di sesama pengguna facebook.

Memanfaatkan Teknologi Digital untuk mengembangkan usaha
Selain itu, di acara ini juga saya mendapatkan cerita seru dari Mas Charis Abdul Hanan selaku Business Entrepreneur menuturkan kisah suksesnya dalam menjalankan bisnis di CNI. Beliau menuturkan bahwa beliau mengenal bisnis CNI dari orang tuanya sendiri, karena kedua orang tuanya juga berkecimpung di bisnis yang sama.

Beliau mencoba memahami bisnis ini, lalu mencoba menjalankannya, namun dalam menjalankannya ternyata tidak mudah, berbagai kendala pernah dirasakannya. Namun semangat pentang menyerah yang dilakukannya akhirnya bisa membawanya pada pencapaian yang luar biasa saat ini, bahkan pada bulan Agustus ini beliau mencapai di tingkat Rubi member sejak menjalankan bisnis CNI pada 2017. Bahkan dengan posisi di tingkat rubi ini, beliau bisa mendapatkan pendapatan sekitar 40 juta per bulan.

Menjalankan bisnis CNI saat ini baginya semakin mudah, karena dukungan teknologi digital membuatnya semakin sangat efektif dalam menjalankan bisnis ini, semua bisa dikerjakan semakin mudah dengan hasil yang kian maksimal.

Sukses itu karena
Jeli melihat peluang
dan memanfaatkan peluang yang ada
dan menjalankannya dengan inovatif.



Dan hadir juga Mba Dina Lorenza selaku Artis Sinetron & Anggota Ikatan Usaha Muslimah Indonesia yang hadir juga pada acara ini untuk membagikan kisahnya dalam menjalankan kesibukannya sebagai Ibu, Istri, artis dan juga menjadi pengusaha.

Mba Dina menuturkan baru saja berkecimpung dalam dunia bisnis khususnya busana muslimah, dan mengatakan bahwa keberadaan dunia digital marketing seperti google, youtube, instagram, facebook, dan lain sebagainya sangat membantu untuk untuk mengembangkan bisnis yang tengah dirintisnya. Jadi jauh lebih mudah menginformasikan segala prodak yang dimiliki kepada khalayak dengan cepat, mudah dan murah. Jadi dunia digital ini sangat praktis untuk menjalankan bisnis saat ini.

Kunci untuk meningkatkan performa bisnis kita di dunia digital ini adalah harus memberikan konten yang Informatif, edukatif, dan jangan lupa berinteraksi dengan custumer untuk menjaga hubungan baik. Dan untuk memulai bisnis di dunia digital ini, kita bisa memanfaatkan sosial media gratisan dulu saja, seperti Fan page Facebook dan Instragram yang gratisan untuk mengawali berbisnis, namun sosial media mana yang praktis untuk digunakan semua itu disesuaikan dengan kebutuhan bisnis yang kita jalankan.

Sungguh saya mendapatkan banyak sekali informasi menarik yang saya dapatkan dari penuturan Mas Ryan, Mas Charis dan Mba Dina Lorenza di atas, semoga teman-teman yang membaca tulisan ini juga mendapatkan banyak manfaatnya ya. :)

Terima kasih CNI sudah mengadakan acara talkshow sekeren ini, semoga acara seperti ini terus diadakan lagi ya. Dan tak lupa saya doakan semoga di usianya yang kian matang ini CNI semakin sukses dan membawa barokah dan kebahagiaan bagi banyak orang. Aamiin ya Allah...

Selamat berbisnis & salam sukses!


3 comments:

  1. Wahhh, kerem infonya.. Aku sukak yg part medsos & google, pas bgt diterapkan buat blog juga nih, biar semakin berkualitas pastinya..

    ReplyDelete
  2. Ilmu dan keseruannya dapet. Asyik banget di acara ini ya :)

    ReplyDelete
  3. thanks for sharing ilmu post di medsos. Btw buat Fb ads dijelaskan juga kah cara memilih target audience? aku belum oke nih pakai fb ads.

    ReplyDelete