Mari Ciptakan Content Creative dengan Hardware & Software Original


Laptop tidak pernah terlepas dari keseharian saya, bahkan hampir separuh waktu saya dalam sehari kerap dihabiskan di depan laptop. Entah itu untuk urusan kerjaan, menukuni kegiatan tulis-menulis, atau mendengarkan musik dan menonton film bahkan juga untuk bermain games.

Laptop bisa dibilang sahabat buat saya, kemanapun dan dimanapun hampir selalu dibawa-bawa, karena memang keberadaanya begitu erat dengan keseharian saya, makanya saya tidak pernah bisa benar-benar jauh darinya, dan saya tidak bisa bayangkan jika tiba-tiba laptop saya hilang, itu mungkin seperti separuh hidup saya ikut pergi, sebab di sana begitu banyak file berharga yang begitu penting buat saya.

Dan pada tanggal 15 Desember 2017 yang lalu, saya terpikat dengan sebuah laptop canggih di sebuah acara yang saya datangi. Laptop ini memiliki model yang ramping, ringan dan sangat elegant bangat, jadi sangat pas bangat untuk selalu saya bawa pergi kemana saja.
Saya jatuh cinta dengan laptop Dell ini - Doc. Mba Atanasia Rian
Saya semakin tertarik dengan laptop ini karena sudah ada Windows 10 original yang diinstall di dalamnya, jadi tinggal digunakan tanpa pusing mikirin lagi install sistem operasinya, dan hal ini cocok bangat bagi orang seperti saya yang tidak mau repot untuk install sendiri lagi Windowsnya, iya saya maunya langsung pake saja, dan ini praktis bangat. :)

Jadi bertempat di Tanamera Cuisini Jakarta Selatan, saya menghadiri sebuah acara yang diadakan oleh DELL yang mengusung tema “Malu Kalau Palsu” yang bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk menggunakan perangkat hardware maupun perangkat sotware yang original alias asli.

Pada acara ini tampak hadir Bapak William Hartoyo selaku Product Marketing Dell Indonesia, Bapak Joni Lie yang merupakan Channel Executive MNA Microsoft Indonesia, dan Mas Mas Ario Pratomo yang merupakan Tech Influencer & Content Creator yang akan menjadi narasumber di acara tersebut.
Para narasumber (Ki-Ka): Bpk. William - Mas Ario - Bpk. Joni
Acara ini sengaja mengundang para Blogger karena Dell dan Microsoft berharap teman-teman blogger bisa membantu meviralkan ke masyarakat luas untuk membeli dan menggunakan produk yang asli, baik perangkat hardware maupun software, karena perangkat yang asli sudah pasti akan jauh lebih baik dibandingkan yang bajakan.

Hal ini senada dengan yang diungkapkan oleh Bapak William bahwa Dell sebagai market dan brand berbagai perangkat hardware sangat mendukung software yang original dan anti pembajakan. Hal itu sudah dilakukan lama sejak oleh Dell pada semua perangkat hardwarenya sudah menggunakan software original.

Dan sampai saat ini kejasama sama dan dukungan dari Microsoft membuat mayoritas PC dan Laptop Dell sudah menggunakan Windows 10 original. Dan dari Windows 10 ini ternyata banyak fitur yang menarik yang akan memberi pengaruh pada perangkat terbaru Dell.

Diakui oleh Bapak William bahwa kerjasama Dell Hardware dengan Windows 10 ini merupakan kombinasi kerjasama yang sangat baik. Dell sebagai manufaktur hardware sangat mendukung software original dan anti malware, makanya sangat senang bisa bekerjasama dengan Microsoft. Dan kini semua produk terbaru dari Dell sudah menggunakan OS dengan windows 10 yang memiliki banyak fitur-fitur terbaru.
Laptop Dell ini ringan namun elegant bangat - Doc. Mba Atanasia Rian
Kombinasi kerjasama hardware dan software yang kini ditekuni oleh Dell dan Windows mampu membuat pengunanya semakin produktif. Hal ini karena saat ini hardware dan software menawarkan keunggulan dari berbagai sisi. Seperti:
  • Dell mendukung transisi yang lancar dari tablet ke laptop  atau yang kita sebut dengan produk 2-in-1, yaitu mulai dari yang premium sampai harga yang terjangkau.
  • Dell juga menyokong dalam menyediakan baterai berdaya tahan lama, supaya bisa mesupport kinerja multitasking dan memproduksi konten-konten kreatif yang kita kerjakan.
  • Dell juga melakukan kolaborasi dengan Microsoft dalam memberikan fitur-fitur yang berguna buat penggunanya supaya bisa berinteraksi dengan mudah ketika menuangkan ide dengan cepat misalnya menggunakan Windows Inking karena Dell Active Stylus sudah mendukung windows 10.
  • Dell pun melalui produk terbarunya mendukung pengguannya agar semakin mudah dalam hal bekerja dan experience dalam menggunakan Windows 10 itu sendiri.
Bapak William juga menjelaskan tentang bagaimana Dell menjadi Client Solution. Dimana sampai saat ini, Dell sudah menjadi leader dan unggul dalam sisi perfomance, durability, reliability dari produk PC dan monitor serta review produk, desain dan vendor Windows 10 untuk produk-produk PC Dell.


Mengenal Produk Terbaru dari Dell
Bapak Willian menjelaskan bahwa tentang produk terbaru Dell - Doc. Pribadi
Lebih lanjut Bapak Wiliam juga menjelaskan tentang consumers product portfolio yang memperlihatkan beragam produk yang dimiliki Dell saat ini. Meski diakuinya dari sisi bisnis di Indonesia bahwa Dell belum terlalu dikenal dibandingkan dengan merk-merk lainnya tetapi dari sisi komersial Dell merupakan salah satu brand yang paling dipercaya dalam hal update teknologinya. 

Dan saat ini, dari sisi consumer Dell memiliki produk-produk yang bisa dibilang sangat lengkap, yaitu mulai dari produk laptop biasa maupun 2-in-1, hingga PC Deskto yang sengaja dihadirkan tidak hanya untuk mendukung kinerja kita tetapi juga bisa memanjakan hobi kita yang senang bermain games.
Laptop XPS memikat hati - Doc. Dell
XPS Laptop merupakan premium brand dari Dell yang merupakan segmen tertinggi yang dirancang untuk menjadi yang terbaik dengan display beresolusi tertinggi, kualitas build yang luar biasa, material unik dan fitur yang canggih.

XPS ini merupakan laptop yang memiliki desain yang sangat indah dan elegant. Dimana XPS Laptop ini hadir menawarkan banyak keunggulan, diantaranya:  
o   Dibuat dengan bahan dan finishing premium,
o   Terbuat dari serat karbon dan alumunium mesin
o   Komponen spec dan teknologi inovasi tertinggi
o  Layar menggunakan Corning Gorilla Glass NBT dan kontras rasio beresolusi tinggi
o   After sales pun diberikan layanan Accidental Damage

Dimana XPS Laptop hadir dengan berbagai model, diantara XPS 13, XPS 13 2-in-1 yang menawarkan keunggulan yang sangat istimewa untuk menunjang kinerja kita sehari-hari.


·       XPS 13 (9360)

Pertama-tama mari kita berkenalan dengan laptop XPS 13 model 9360. Dimana laptop tipe ini didesain untuk menjadi laptop berkinerja terbaik dengan ukuran layar 13 inci beresolusi QHD (3200 x 1800) sampai resolusi terkini 4K yang mampu memberikan tampilan yang detail dan benar-benar menakjubkan.
XPS 13 ini memiliki desain yang menawan - Doc. Dell
Selain itu, layarnya sudah menggunakan InfinityEdge yang memberikan tampilan layar yang nyaris tanpa tepi atau batas, sehingga layar 13 inci yang dimiliki XPS 13 model 9360 ini merupakan ukuran terkecil di dunia.

Dan yang asyik juga nih, laptop yang satu ini mempunya batrai dengan daya tahan yang lama, bahkan bisa bertahan hingga 22 jam sehingga sangat cocok bagi orang yang sangat mobile. Selain itu, laptop yang satu ini memiliki performa yang sangat tinggi, karena didukung oleh 7th Gen Intel, fast booting PCle SSD sampai dengan 512GB, 16GB memori, wireless killerTM dan konektivitas ThunderboltTM 3. 

Bahkan asyiknya lagi, laptop ini memiliki input yang mudah digunakan, backlit keyboard dan touchpad yang presisi yang didukung dengan kualitas dan material yang superior awet dan menakjubkan.


·       XPS 13 2-in-1 (9365)

Laptop ini hampir sama dengan tipe XPS 13 model 9360 di atas, sama-sama memiliki layar 13 inci dengan QHD UltraSharp + resolusi (3200x1800) sehingga gambar yang dihasilkan terlihat sangat detail dengan warna yang sangat hidup dan tajam.
XPS 13 2-in-1 dilengkapi engsel premium 360 derajat - Doc. Dell
Dan performa mobilenya juga ternyata cepat dengan dukungan intel generasi berikutnya yang diolah dengan dynamic power Made dan fast booting SSD. Dimana dynamic power made yang merupakan fitur yang memantau suhu dan kerja CPU sehingga memberikan kekuatan pemrosesan ekstra sehingga kinerja laptop lebih cepat dan lebih baik.

Oh iya, yang saya juga suka dari XPS 13 2-in-1 ini karena dibangun dengan engsel premium 360 derajat untuk empat posisi fleksibel, yaitu bisa kita ubah menjadi tablet, tenda, laptop dan mode berdiri, sehingga kita dapat menonton, bekerja atau berselancar sesuai keinginan kita dengan nyaman. Dan juga diibekali dengan Dell Active Stylus Pen.


·       INSPIRON 13 7000 2-in-1 (7373)

Laptop dengan model 7373 ini dirancang memiliki respon yang cepat karena sudah menggunakan Prosesor Intel generasi 8 terbaru dengan penyimpanan data SSD memberikan kinerja yang lebih responsive.

Selain itu, laptop ini juga memiliki tingkat keamanan yang tinggi dengan infrared webcam dan Windows Hello sehingga laptop ini menjadi lebih aman karena tidak menggunakan kata sandi atau password tapi menggunakan facial recognition sehingga kita tidak pusing lagi jika lupa password, selain itu laptop kita akan aman karena tidak bisa dibuka oleh orang lain kecuali kita. Jadi sangat aman.
Inspiron 13 hadir dengan tampilan yang memukau - Doc. Dell
Bahkan laptop ini juga sudah didukung dengan batrai yang memiliki kemampuan Quick Charge sehingga memungkinkan kita bisa mengisi batrai laptop dengan cepat dari posisi kosong hingga 25% hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit saja.

Dan asyiknya lagi laptop ini akan meberikan pengalaman menonton yang tak terlupakan dengan layar sentuh 13 inci IPS FHD (1920 x1080) yang dibingkai dengan bazel yang sangat tipis. Bahkan bisa bekerja dengan mudah dalam cahaya terang dengan kecerahan 300 nit yang khas.

Laptop ini sangat cocok untuk yang memiliki mobilitas tinggi karena laptop ini memiliki desain yang sangat tipis dengan ukuran yang kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana. Dan model laptop ini sudah mendukung Dell Active Pen (optional dijual terpisah) sehingga memungkikan kita seperti menggunakan pena di atas kertas untuk menulis, menggambar dan mencatat.

Selain itu laptop ini sudah didukung oleh port USB type C terbaru yang memiliki kinerja dengan power companions dan monitor display-port untuk resolusi external yang sangat tinggi.

Dan yang saya juga suka dari laptop ini karena mendukung kita untuk streaming video yang hampir tidak ada jeda dengan teknologi smartbyte. Ini merupakan solusi pengoptimasi koneksi yang mengutamakan streaming video sebelum lalu lintas jaringan lainnya untuk hiburan lain yang tidak terganggu.

Sedangkan untuk suara yang dihasil dari laptop ini pun memiliki kualitas yang bagus karena terdapat speaker 2-in-1 yang secara professional disetel dengan perangkat lunak MaxxAudio Pro dan pemrosesan lanjutan untuk mengurangi kebisingan latar belakang dari mikrofon untuk panggilan web yang lebih jelas atau interaksi cortana.


·       INSPIRON 15 Gaming (7577)

Laptop yang satu ini sesuai dengan namanya memang dirancang khusus untuk pecinta games. Untuk itu layarnya memiliki anti-gllare in-plane switching (IPS) yang memilki wide viewing angle dengan resolusi FHD or 4K UHD. dan sudah menggunakan 7th Gen Intel Core i7 quad-core CPUs dengan kartu grafik NVIDIA, Geforce GTX 1060 6GB GDDR5 memory. Dan terdapat dual drivers dengan SSD NVMe PCle.  Dan laptop ini juga sudah dilengkapi dengan sistem pendingan pro-grade dengan kipas ganda, pipa besar dan penukar panas sehingga membuat sistem menjadi dingin dan responsive.
Pecinta games kayanya kudu punya laptop keren ini - Doc. Dell
Tak ketinggalan untuk urusan wifi pun laptop ini sudah dilengkapi dengan 2x2 802.11ac  WiFi sehingga meningkatkan kecepatan dan jangkauannya, dan SmartByte menjamin kelancaran saat kita melakukan streaming. Dan laptop ini memiliki HDMI 2.0 yang mendkung 60 H 4K output, 2 front-firing speakers dengan Waves MaxxAudio Pro sehingga menghasilkan kaulitas suara lebih jernih dan memukau. 

Selain itu, laptop ini juga didukung oleh baterai Quick-change 58 WHr sehingga memberikan kecepatan men-charge dari 0% hingga 80% hanya dalam waktu 60 menit saja. 

Bahkan laptop ini juga sudah didukung oleh adanya Thunderbolt 3 port (USB Port 3.1 Gen 2 Type C yang memiliki kemampuan transfer data 10 Gbps dengan dukungan untuk 40 Gpbs Thunderbolt dan display port. Pastinya yang paling asyik juga yaitu karena leptop ini melengkapi power buttonnya dengan finger print reader untuk mendukung Windows Hello.


·       INSPIRON DESKTOP GAMING 5675

Komputer dengan model desktop ini juga merupakan produk dari Dell yang juga memanjakan pecinta  games dan sekaligus bisa berfungsi juga sebagai server atau workstation karena sudah didukung oleh Prosesor multi-core AMD Ryzen terbaru (sampai 8 core) yang menampilkan teknologi SemseMi XFR sehingga memiliki kinerja yang kuat.
Inspiron Desktop ini selain untuk bermain games, bisa untuk server juga - Doc. Dell
Selain itu, laptop ini juga menampilkan kartu grafis ready for VR (AMD Radeon TM RX 570 atau NVDIA GeForce GTX 1060) yang memberikan pemhalaman bermain games yang lebih cepat dan halus. Dukungan dual graphics ready, 2PClex16 expansion slots untuk memaksimalkan kapasitas gaming yang kita miliki.

Selain itu desain games baru dengan pencahayaan LED Polar Blue menggabungkan jendela ventilasi yang dirancang khusus untuk kinerja tanpa kompromi. Dan terdapat liquid cooling untuk keunggulan SemseMI XFR dan dorongan kinerja pada Ryzen 7. Selain itu, ada future-ready SuperSpeed USB 3.1 Gen 1 Type-C dan sampai dengan 6 SuperSpeed USB 3.1 Gen 1 Port type-A sehingga memungkinkan kita mentransfer file dan menghubungkan dengan kecepatan kilat.

Tersedia juga pilihan dual-drive dengan hard drive berkapasitas tinggi dan SSD responsif untuk waktu boot dan load yang lebih cepat pada aplikasi multi-media. Bahkan kita bisa mengupgrade dengan 5 bays dimansa mendatang (3 HDD dan 2 SDD bays). Performance 7.1 Channel HD kartu suara audio untuk pengalaman gaming audio dan immersif yang lebih dinamis. 

Sungguh keren-keren bangat produk Dell di atas, semuanya menawarkan spesifikasi yang begitu canggih untuk mendukung kita bekerja, bermain, belajar, mendapatkan hiburan juga. Tapi jika saya disuruh pilih yang mana yang membuat saya jatuh hati, sejujurnya sangat sulit, tapi yang membuat saya terpikat sejak pertemuan pertama adalah XPS 13 2-in-1. :)


Layanan After Sales dari DELL

Selain menjual produknya, ternyata Dell juga memberikan layanan after sales. Yaitu Dell menghadirkan layanan premium support untuk consumer PCs berupa dukungan teknis yang bisa digunakan oleh konsumen Dell jika terjadi kerusakan atau ada masalah dengan produk miliknya dengan menghubungi nomor telephone 1500858

Dimana layanan ini memberikan keuntungan yang mencakup untuk masalah perangkat keras dan perangkat lunak, Resolusi isu lebih cepat, sedikit waktu menunggu, dan ada bantuan personal pada aplikasi yang sering kita gunakan.
Layanan dari Dell Premium Support - Doc. Dell
Premium Support dari Dell ini menawarkan:

  • Keahlian: dimana kita akan dilayani dengan sangat professional oleh teknisi yang akan secara proaktif menghubungi kita. Satu sumber untuk perangkat keras dan perangkat lunak. Dan menghadirkan dukungan menyeluruh pada aplikasi, OS, upgrade OS, jaringan dan backup. 
  • Insight: adanya pendeteksian dari perangkat secara otomatis dan bisa mengakses ke sistem info kesehatan lewat SupportAssist. 
  • Kemudahan: kita juga bisa dengan mudah menghubungi tekhnisi selama 24x7 dari mana saja, dan teknisi akan datang ke tempat kita, serta ada pembuatan kasus otomatis.
Kehadiran Premium Support ini bertujuan untuk membantu konsumen untuk cepat menemukan solusi dari masalah yang terjadi pada PC atau tabletnya dengan SupportAssist yang mendukung perangkat keras dan lunak dengan dukungan otomatis proaktif sebagai upaya dan downtime lebih rendah.

Dimana cara kerja dari SupportAssist ini yaitu ketika ada masalah kritis yang terdeteksi oleh SupportAssist maka akan dilakukan identifikasi dan selanjutnya akan ada peringatan yang dikirim kepada kita sebagai konsumen dan Dell Tech Support, sehingga seorang teknisi akan langsung menghubungi kita untuk menyelesaikan masalah ini dalam waktu secepat mungkin. Dan Dell mengklaim bahwa tidak ada OEM lain yang memiliki teknologi seperti SupportAssist ini kecuali Dell. 


Value of Windows 10 Genuine

Melalui acara ini juga, Bapak Joni Lie selaku Channel Executive MNA- CDS SEA menjelaskan tentang kerjasamanya dengan Dell dalam mensuport sistem operasinya dengan menerapkan Windows 10 pada produk-produk terbaru dari Dell.
Bapak Joni Lie menjelaskan tentang keunggulan Windows 10 - Doc. Pribadi
Dan tak bisa kita pungkiri, pesatnya perkembangan komputer seperti yang dijelaskan di atas tentu saja seiring dengan kebutuhan penggunanya yang menuntut hadirnya perangkat yang memiliki kecepatan, performa dan fitur terupdate. Dimana faktor-faktor tersebut, akan lebih optimal jika menggunakan hardware dan software original.

Sebagaimana yang kita tahu, bahwa yang asli selalu jauh lebih unggul, begitu juga dengan software yang asli, pasti akan memberikan banyak keuntungannya dibanding menggunakan yang bajakan. Dimana menggunakan software yang asli memberikan banyak manfaatnya, diantaranya:
  • Meminimalisir resiko dari virus dan malware (software penyusup)
  • Dapat mengakses update dan software support 
  • Bisa leluasa mengguanakan fitur yang ada di piranti lunak 
  •  Menjaga produktifitas dan efisiensi kerja 
  •  Bebas dibawa kemana saja tanpa takut terkena razia software bajakan
  • Memberikan keamanan dan ketenangan dalam beraktifitas karena terlidungi Hak Cipta no. 28 (16 Okt 2014)
Dan sebaliknya menggunakan software bajakan akan memberikan banyak kerugian yang sangat besar seperti:
  • Resiko terkena virus dan malware yang mengakibatkan kehilangan data / file atau dokumen-dokumen penting. 
  • Bisa menjadi sasaran penipuan transaksi internet
  • Bisa menjadi target pencurian identitas (email, social network, akun bank) 
  •  Efek pada kinerja PC yang menjadi lambat atau hank
  • Waktu dan biaya untuk disinfeksi menjadi lebih mahal dan bisa menginfeksi juga ke orang lain 
  •  Selain itu pastinya haram karena melanggar HKI.
Indonesia berada di posisi 2 dengan tingkat indeks infeksi Malware - Doc. Dell
Dan ternyata Indonesia kita ini termasuk Negara yang memiliki tingkat terinfeksi oleh Malware terbesar di Asia Pasik loh. Seperti yang dituturkan oleh Bapak Joni bahwa “Berdasarkan survey Microsoft Malware Protection Center di tahun 2016, Indonesia menduduki posisi 2 dengan tingkat indeks infeksi Malware terbesar di Asia Pasifik.”
 
Seram juga ya ternyata, tapi hal ini tidak akan berlaku jika kita sudah menggunakan software yang original. Makanya sungguh sangat beruntung bagi para pengguna produk-produk dari Dell, karena Windows 10 original sudah terinstall satu paket dengan PC atau laptop Dell yang baru. 

Bahkan dengan adanya Windows 10 original ini kita bisa mendapat perlindungan (premium support) dari Microsoft maupun brand resmi komputer. Jadi jika ada kerusakan dengan laptop Dell kita dan diperbaiki di servis center resmi Dell, maka kita bisa mendapatkan layanan factory reset karena kita sudah menggunakan windows yang original.

Selain itu, dengan menggunakann Windows 10 original maka akan selamanya kita mendapatkan akses update fitur terbaru secara gratis, seperti mendapat fitur terbaru dari fitur One Drive, Skype, Windows Hello, Windows Corona, Windows Ink, 3D Paint dan berbagai template terbaru untuk Office.

Dan menggunakan Windows 10 original tentu saja membuat kita akan selalu aman, nyaman dan tenang menggunakannya karena kita sudah mendapatkan perlindungan dari Undang-Undang Hak Cipta. Sehingga jika ada razia tentang software bajakan yang kerap terjadi, maka kita akan tenang saja karena kita sudah menggunakan windows 10 Original.
GML Security yang menjadi ciri khas bahwa Windows kita original - Doc. Dell
Untuk mengetahui apakah kita menggunakan Windows original atau tidak biasanya bisa terlihat dengan adanya sticker Genuine Microsoft Legal (GML) yang tertempel pada laptop kita. Jadi jika sudah ada sticker GML itu maka itu artinya laptop tersebut menggunakan Windows yang original, karena sticker GML itu dibuat dengan sangat khusus sehingga tidak mudah ditiru atau palsukan.

Kenapa harus memilih Windows 10?

Windows 10 sengaja dihadirkan dengan banyak keunggulan untuk membuat kita semakin kratif dalam melakukan berbagai hal hebat. Adapun beberapa keunggulan yang ditawarkan Windows 10 ini diantaranya:
Keunggulan yang ditawarkan oleh Windows 10
  • Feels familiar and better than ever: Windows 10 ini banyak fitur yang familiar namun menawarkan kinerja yang lebih baik dari versi sebelumnya dalam hal kinerja, keamanan, Kompabilitas. Dan dari segi  kompabilitas ternyata segala macam aplikasi yang ada di Windows 10 ini harus bisa dijalankan pada berbagai jenis perangkat, tidak hanya di komputer dan laptop saja melainkan juga di smartphone dan tablet.
  •  
  • The most personal and natural experience: Terdapat fitur Windows Hello, Star & Live Tiles, Voice, Pen & Gesture dan Cortana. Dimana dengan fitur-fitur ini akan memberikan kita pengalaman yang sangat personal dan nyata. Sebagai contohnya dengan hadirnya fitur Cortana yang merupakan fitur baru yang dapat berperan sebagai sebuah asisten digital yang tidak hanya memberikan balasan suara saja, tetapi kita juga bisa memberi perintah dan pertanyaan, bahkan bisa sebagai pengingat berdasarkan waktu, tempat atau orang. Bisa juga sebagai pelacak jadwal penerbangan kita. Bisa juga mengirim email atau pesan lainnya. Bahkan Cortana bisa mencari berbagai macam file atau informasi yang kita butuhkan dan membukakan apapun aplikasi yang ada di sistem kita.
  •  
  • Work across all of your devices: Asyiknya Windows 10 ini bisa bekerja di semua perangkat yang kita miliki, misalnya fitur Gaming & Xbox, One Drive, First-party Apps dan Continuum. Sebagai contoh, dengan adanya Fitur continuum maka kita bisa menjadikan smartphone yang menggunakan Windows 10 serasa seperti komputer. Caranya adalah dengan menyambungkan layar external, mouse, dan keyboard ke smartphone yang kita pakai. Namun tentu saja ada beberapa persyaratan bagi smartphone yang ingin memakai fitur tersebut. 
  •  
  •  Be more productive: Windows 10 ini akan membuat kita semakin produktif karena adanya fitur-fitur canggih seperti: Office, Microsoft Edge, Multi-doing & Virtual desktop dan juga Store & Apps. Sebagai contohnya: keberadaan Microsoft Edge sebagai web browser baru buatan Microsoft ini akan digunakan di semua perangkat yang memakai Windows 10. Dimaan web browser ini dinilai lebih ringan dan cepat dibandingkan dengan web browser standar lainnya. Microsoft Edge juga memiliki fitur alat anotasi, mode membaca, dan integrasi dengan Cortana.
Maka sebagai blogger saya merasa kehadiran Windows 10 ini benar-benar pas bangat, karena sudah ditunjang oleh berbagai fitur yang akan membuat kita semakin kreatif dalam menciptakan konten yang berkarakter dalam tulisan, video, dan foto melalui fitur Windows 10 Fall Creators original yang menjadikan konten kita menjadi sangat atraktif dan menarik.

Adapaun fitur-fitur yang bisa kita gunakan untuk menghasilkan konten di Windows 10 Fall Creators original di antaranya, terdapat Microsoft Edge, pengolah gambar 3D Paint dan Microsoft Ink, asisten cerdas Cortana, pengolah kata Microsoft Office, pengolah foto dan video Photo Remix.


Berkenalan dengan Windows Inking dan Active Inking Pen

Dengan adanya fitur Windows Ink ini maka kita bisa memproyeksikan layar device sebagai kanvas, dan dengan menggunakan Pen stylus maka kita bisa mencorat-coret di hampir semua elemen Windows, termasuk juga Sticky Notes, Office, Sketch, dan sebagainya.
mencoret dengan mudah di Windows Inking - Doc. Dell
Jadi dengana danya Windows Inking dan Active Inking Pen maka kita bisa dengan mudah untuk menulis dan menggambar tanpa tergantung dengan kertas lagi. Dan asyiknya lagi gambar yang kita buat bisa diubah menjadi 3 Dimensi loh. 

Dan seperti yang kita tahu, bahwa konten dengan konsep 3D sangat dibutuhkan saat ini dan masa mendatang, karena memang saat ini tuntutan zamannya memang sudah demikian, maka kehadiran Windows Inking dan Active Inking Pen yang mensuport kita untuk menghasilkan konten 3D ini pasti akan digemari oleh anak-anak milenial saat ini.


Lalu mungkin kita ada yang bertanya mengapa harus ada 3D? Ternyata dengan hadirnya 3D di Windows ini membawa banyak manfaat bagi kita atau anak-anak milenial saat ini. Dan berikut ini 3 manfaat yang akan dirasakan dengan hadirnya 3D ini di Windows yaitu:
  •  Meningkatkan pemahaman, yaitu Windows akan membantu memvisualisasi 3D sehingga tampilan sebuah gambar objek menjadi hidup dan terlihat nyata. Dimana dalam sebuah study  menunjukan 86% siswa merasa terbantu belajarnya dengan hadirnya gambar 3D sehingga belajarpun terasa semakin menyenangkan. 
  • Membantu berimajinasi, dimana dengan tampilan 3D ini akan membuat kita mampu berimajinasi, bahkan iklan yang menggunakan pendekatan dengan Augmented reality menunjukan 2,5x lebih lama dibandingkan viia radio atau TV. 
  • Menjadi lebih kreatif, dengan hadirnya 3D ini tentu kita akan terpacu jiwa kreativitasnya, bahkan 86% siswa menilai bahwa kreatifitas sangat penting untuk masa depan mereka.
Photo Remix atau Paint 3D bsa kita buat dengan Windows 10 - Doc.Dell
Bukan hanya itu saja, kita juga bisa berkreasi dengan foto dan video di Fall Creators ini. Dimana kita tinggal menggunakan fitur Photo & Video Remix maka dalam sesaat maka kita bisa menciptakan video story remix.

Sumpah, keren bangat ini Windows 10 bisa menghadirkan berbagai fitur yang sangat menarik seperti di atas. Jika saya punya laptop yang sudah dilengkapi Windows 10 rasanya pasti bahagia bangat, karena saya bisa membuat konten foto, video, animasi dan berbagai hal menarik lainnya semakin mudah. Semoga secepatnya saya memilikinya. Aamiin *resolusi :)


How to create original & Authentic work

Pada sesi treakhir ada Mas Ario yang menjelaskan tentang pentingnya membuat sebuah konten yang original dan otentik. Namun menurut Mas Ario sebenarnya tidak ada konten yang benar-benar original. Sebab pada kenyataannya, kita semua sebenarnya dalam membuat sebuah konten karena terinspirasi atau terpengaruh oleh ide dan kreatifitas dari orang lain.
Namun hal itu tidak masalah bagi kita sebagai pemula, justru itu malah bagus bisa mendapatkan inspirasi dari orang lain, karena bagian dari proses kita belajar. Iya sebab tidak ada yang namana instant, semua butuh proses, begitu juga dengan seorang creator, dan seiring waktu kita pun akan menemukan apa yang menjadi ciri khas dari karya kita.

Dan konten yang otentik adalah konten yang idenya bisa terinspirasi dari siapa saja dan di mana saja,  tetapi justru ide tersebut mampu kita kreasikan menjadi konten yang mempunyai ciri khas tersendiri. Dan untuk mengukur apakah konten yang kita buat sudah otentik atau tidak tentu saja harus melibatkan perasaan kita sendiri. 

Pertama terletak pada rasa yang kita ciptakan sendiri, kita tak pernah bisa samakan antara rasa yang kita cipatakan dengan yang orang lain ciptakan. Semua punya rasa yang berbeda yang menjadi ciri khas dari karya yang kita buat tersebut. 

Dan yang kedua adalah jujur. Jujur karya yang kita buat itu jelak atau bagus harus dari diri kita sendiri yang menilainya pertama, dan jika menurut kita sudah bagus namun tidak ada tanggapan, maka kita harus mencari tahu penyebabnya, apakah karena kita kurang mempromosikan karya kita? Jika sudah dipromosikan tapi tetap masih mendapatkan kurang tanggapan juga, itu artinya ada yang salah dan harus kita cari tahu dan dipalajari, sehingga ketika kita membuat karya lain lagi, kita bisa lebih baik lagi.

Oh iya, dan yang taklah penting adalah kita juga harus jujur jika karya yang kita hasilkan itu sudah bisa menghasilkan materi, maka kita pun harus juga menggunakan hardware dan software yang memang original dalam berkarya. Sebab dengan membeli tool yang original, maka ada kualitas konten yang makin otentik.

Dunia digital saat ini semakin menuntut kita untuk terus kreatif, untuk itu mari kita ciptakan konten-konten yang kreatif dengan menggunakan hardware dan software yang original, sebab seperti yang sudah dibahas di atas, bahwa yang original selalu menghasilkan sesuatu yang terbaik dan memuaskan. So, #MaluKalauPalsu! 



 “Do it again and again.
Consistency makes the rain drops to create holes in the rock.
Whatever is difficult can be done easily with regular attendance, attention and action.”
~ Israelmore Aviyo ~



4 comments:

  1. Jadi pengen cepet-cepet pengen punya laptop Dell 😎

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mas Dede, pasti makin mantap ya ngeblognya :)

      Delete
  2. aku pemakai dell inspiron one. emang keren sih speknya dibandingkan pc sekelasnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah Mba Lia sudah pake Dell ya, saya mupeng bangat nih sama Dell semoga segera memilikinya. Aamiin...

      Delete