Mengapa Kita Harus Belajar SEO dan Content Plan untuk Website?


Saya tak pernah menyangka bahwa kegiatan hobi saya ngeblog bisa sampai di titik ini. Dulu awal saya ngeblog hanya berisi curhatan dan fiksi semata, karena memang dulu niatan saya punya blog hanya sebagai sarana menyalurkan hobi menulis saja. tidak lebih!

Namun seiring waktu, banyak lomba blog yang bertebaran dan menggoda saya untuk mengikutinya, ada yang menang dan tak sedikit juga kalahnya. Dan dari sekian lomba blog yang saya ikuti itu, saya sering juga berhadapan dengan lomba blog yang mementingkan SEO yaitu blog kita harus muncul di halaman pertama Google, dan saya nekat saja ikut karena hadiahnya menggiurkan. Dan nggak usah ditanyalah hasilnya, sudah pasti saya kalah. Hahahaha

Jujur saya sangat penasaran bagaimana caranya supaya blog kita bisa berada di halaman pertama Google seperti mereka yang sering menang lomba blog SEO itu. Iya, karena tak bisa dipungkiri, jika tulisan kita berada di halaman pertama Google maka peluang dibaca sama orang menjadi lebih banyak lagi kan ya, apalagi jika tulisan kita memang bermanfaat buat banyak orang, pasti kita akan merasa senang bangat.  

Wah keren juga ya jika blog kita bisa selalu muncul di halaman pertama Google, dan saya yakin tak sedikit orang yang menginginkannya, termasuk saya *ngacung tinggi-tinggi hehehe. Tapi bagaimana ya caranya supaya bisa berada di halaman pertama mesin pencarian? 

Penasaran akan hal itu membuat saya langsung semangat mendaftarkan diri ketika Komunitas ISB (Indonesian Social Blogpreuner) dan PT Citra Nusa Insan Cemerlang (CNI) mengadakan kelas yang membahas tentang SEO dan Content Writer. Karena jujur kelas yang membahas materi seperti ini jarang saya temui, dan kedua hal tersebut memang sangat penting dipelajari saat ini.

Acara yang diadakan di Burger King - Plaza Festival, Jakarta Selatan pada hari Minggu (10/12) ini menghadirkan Mas Niko Riansyah dan Teh Ani Berta sebagai narasumbernya. Dimana pada sesi pertama Mas Niko membawakan materi tentang bagaimana Manfaat SEO & SEM untuk Bisnis dan selanjutnya yang dilanjutkan oleh Teh Ani Berta yang membahas tentang kiat dan peluang menjadi Content Writer.

Namun sebelum masuk ke materi, Pak Gusti Aleandra dari Marketing GeraiCNI.com memimpin doa bersama supaya proses belajar hari ini berjalan lancar dan apa yang disampaikan oleh pemateri bisa sampai dengan baik dan bermanfaat bagi semua peserta yang hadir.   

Dan mungkin masih ada teman-teman yang belum tahu tentang geraicni.com, maka mungkin sedikit perlu saya jelaskan, bahwa GeraiCNI.com ini merupakan sebuah website yang menjual produk-produk CNI dan bisa diakses secara online oleh siapa saja dan darimana saja. Jadi sekarang jika kita ingin membeli produk dari CNI kini kita sudah bisa membelinya secara online dengan mudah.

Gerai CNI ini menjual beraneka ragam produk, mulai dari makanan untuk kesehatan, produk makanan dan minuman untuk kebutuhan sehari-hari, produk perawatan diri, peralatan rumah tangga dan juga menjual produk untuk petanian dan penernakan. Jadi silahkan dicek saja GeraiCNI.com jika ingin mengetahui dengan jelas produk-produknya ya teman-teman.  


Manfaat SEO & SEM untuk Bisnis
Belajar SEO & SEM - Doc. Mas Niko
Sesi pertama menghadirkan Mas Niko yang membahas tema tentang manfaat SEO & SEM untuk Bisnis. Dimana topik ini memang sangat terkait dengan pekerjaannya sebagai Digital Marketing Specialist di CNI dan sangat menarik bagi kami juga sebagai Blogger yang hadir pada saat itu.

Tidak bisa dipungkiri, topik yang diangkat ini pastinya sangat diperlukan juga oleh kami sebagai blogger ataupun orang-orang yang berkecimpung di bidang bisnis online terutama yang menggunakan website. Karena tidak bisa dipungkiri, untuk membuat artikel kita bisa nangkring manis di halaman pertama Google kita harus memahami tentang SEO dan SEM ini.

Apa itu SEO dan SEM?

SEO (Search Engine Optimization) merupakan serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. 

Dan tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung. (wikipedia)

Sedangkan SEM (Search Engine Marketing) merupakan bentuk pemasaran Internet yang melibatkan promosi situs web dengan meningkatkan visibilitas mereka di laman hasil penelusuran (SERPs) melalui pengoptimalan dan periklanan. SEM mencakup taktik SEO, serta beberapa taktik pemasaran penelusuran lainnya.

Dan SEO itu merupakan cara organik meningkatkan pengunjung ke blog atau website kita dengan cara gratis namun membutuhkan upaya lebih agar hasil pencarian bisa menampilkan blog kita berdasarkan ranking website teratas berdasarkan kualitas kontent dan update konten yang konsisten. Sedangkan SEM ini kita harus melakukan pembayaran, seperti kepada Google Adwords, Google Display Network, Bing Ads (Yahoo), dll agar website kita diiklankan dan muncul di halaman pertama pencarian.
Mas Niko lagi menjelaskan tentang SEO & SEM - Doc. Pribadi
Mas Niko juga sempat menyinggung bahwa faktor yang mempengaruhi kita bisa tampil di halaman pertama mesin pencarian itu adalah semakin banyaknya jumlah pengunjung di website kita maka semakin besar juga peluang kita muncul di halaman pertama google. Tapi perlu juga diketahui, bahwa algoritma di mesin pencarian google itu sering-berubah-ubah, pastikan juga bahwa blog atau website kita itu sudah mobile friendly, yaitu ketika dibaca dari smartphone atau gadget tampilannya sudah bagus, seperti tulisannya tidak kekecilan, gambar bisa tampil jelas, dan lain sebagainya.  

Dan berbicara tentang bagaimana menerapkan SEO pada blog atau website kita ternyata ada dua hal yang harus kita lakukan, yaitu:
  • Memaksimalkan On-page SEO yaitu tentang bagaimana kita melakukan pengaturan langsung pada bagian dalam dari blog atau website kita agar lebih ramah pada mesin pencari. Dan untuk memaksimalkan On-page SEO ini kita butuhkan beberapa lngkah yang harus kita lakukan, diantaranya:
    •  Mempelajari tentang Struktur website kita, yaitu  dengan memastikan bahwa kita sudah memasukkan meta tag seperti kata kunci secara alami ke dalam tag judul, deskripsi meta, kata kunci meta. Selain itu perlu juga kita lengkapi dengan format h1-h6, deskripsi image alt-text, internal links.
    • Perhatikan susunan format URL website kita sudah benar atau belum, karena hal ini juga supaya gampang dibaca oleh Google. Sebagai contoh susunan yang benar misalnya menolaklupa.web.id/blog/tips-belajar-seo dan bukan menolaklupa.web.id /blog?id=4
    • Optimalkan Kecepatan Website, ini penting loh diperhatikan, jangan sampai orang yang ingin membaca blog atau website kita keburu kabur karena malas membuka blog kita yang lemot. Kecepatan loading saat membuka blog kita sebaiknya paling lama 5 detik, jika lebih dari itu ada yang harus dibenahi, misalnya size fotonya diperkecil lagi (Maksimal 100 kb) supaya akses blognya bisa lebih ringan dan cepat.
    • Update Konten Website secara rutin. Iya ini penting bangat loh, jangan sampai membiarkan blog atau website kita berlumut lantaran lama tidak disentuh. Ibarat bangunan yang dibiarkan tanpa ditinggali saja siapa yang mau datang bertamu, begitu juga dengan blog atau website yang tidak diupdate bagaimana mesin pencari bisa mendatanginya. Jadi blog yang statis tanpa pembaruan apa pun dapat dilihat oleh mesin telusur sebagai entitas "mati".
    • Ciptakan Konten yang Berkualitas. Seperti kalimat yang selalu kerap kita dengar bahwa Content is the King. Tak bisa kita sanggah akan hal itu, bahwa yang memikat orang untuk berkunjung ke blog kita tentu saja karena tulisan kita yang menarik dan bisa memberikan manfaat bagi orang lain. Untuk itu, terus menulis dengan konten yang bermanfaat dan menarik harus terus kita lakukan, dan jangan lupa untuk mempercantik dengan foto, video, animasi, dan infografis.
Jika semua hal di atas sudah kita maksimalkan dengan baik, itu bukan berarti urusan sudah selesai. Tapi kita masih ada tahap lain yang harus kita lakukan agar blog kita bisa dibaca oleh mesin pencari dengan mudah dan cepat, yaitu Off-Page SEO.
  • Memaksimalkan Off-Page SEO yaitu tentang langkah apa yang harus kita lakukan di luar blog atau website kita untuk meningkatkan hasil pencarian ke blog kita.
    • Membangun Backlink, yaitu sebuah cara kita mendapatkan backlink dari website lain menuju website kita. Dimana untuk membangun backlink ini haruslah dengan cara yang natural artinya diberikan secara sukarela atau atas ijin dari pemilik website lain dan harus berasal dari website yang aktif dan reputasinya baik. Backlink bisa dibuat dengan blog, iklan, web directory, dsb.
    • Melakukan blogging atau berkontribusi di situs web yang memiliki otoritas tinggi dalam pencarian SEO.
    • Jangan lupa submit url website kita ke Search Engine Submission seperti Google, Yahoo (Bing), Amazon, dll. Dimana konon katanya ada lebih dari 300 mesin pencari yang bisa kita gunakan untuk mensubmit url website kita, jadi tidak hanya Google saja.
    • Dan pastinya kita juga bisa memanfaatkan sosial media kita untuk membagikan artikel yang sudah kita buat ke berbagai social media seperti Facebook, Twitter, Pinterest, Google+, dan lainnya agar semain banyak orang yang mengetahui website kita.
    • Perpanjang Domain kita hingga 2-3 Tahun, hal ini menunjukan kredibilitas dan otoritas domain yang kita punya.
Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa  dengan SEM, maka website kita bisa langsung berada di urutan paling atas mesin pencari tanpa perlu melakukan optimasi halaman seperti yang dilakukan pada proses SEO. Namun tetap ada berapa langkah optimasi SEM yang harus kita lakukan, diantaranya:
  • Menentukan Kata kunci (keyword) yang tepat, khusus serta pas akan menolong kita untuk memperoleh hasil yang baik. Ketepatan dalam penentuan kata kunci untuk bisnis kita sangat dibutuhkan di sini. Makanya kita bisa gnakan Keyword Planner untuk mengetahui  kata kunci apa saja yang paling sering dicari. 
  • Menentukan teks atau gambar yang menarik serta menjawab keperluan pengunjung atau pembeli. Belum lagi jumlah teks di Google Adword sangat minim. Ini akan begitu menantang kita dan tentunya pengalaman untuk membuat iklan akan sangat membantu kita. 
  • Bidding biaya per click yang tepat, yaitu click tertinggi pasti semakin lebih kerap ditampilkan iklannya, tetapi dengan biaya terbatas, kita mesti dapat mengatur kiat bidding yang pas serta efisien. Untuk itu pastikan website anda memiliki kategori yang tepat saat memulai Iklan di Google agar bidding lebih efisien.
SEO dan SEM ini pada intinya sama-sama berguna untuk meningkatkan brand awareness dan trafik secara online sebenarnya. Namun jika ditanya mana yang lebih didahulukan dari kedua metode ini untuk diterapkan? Semuanya kembali kepada kebutuhan kita.
Contoh perbedaan SEO & SEM - Doc. Mas Niko
Untuk SEM dapat kita gunakan untuk mendatangkan trafik ke blog atau website kita dengan cara yang cepat dan instan, makanya jika kita sangat butuh dan ingin mempromosikan sebuah blog atau website yang baru diluncurkan maka memilih SEM dapat menjadi pilihan yang tepat. 

Sedangkan untuk SEO kita memerlukan waktu yang agak lama agar peringkat blog atau website kita bisa terbaca oleh mesin pencari. Namun, mengoptimalkan SEO juga harus tetap dimaksimalkan karena itu juga sangat penting untuk kelangsungan blog kita untuk waktu yang lama, terlebih karena SEO tak berbayar seperti menerapkan SEM.

“Setelah mengoptimasi website anda,
Mesin Pencari akan melihat website anda sebagai rumah mewah
yang disarankan untuk dikunjungi oleh banyak orang.”
Niko Riansyah ~

***

Membuat Content Plan untuk Website & Social Media

Sesi kedua dilanjutkan oleh Teh Ani Berta, namun ini sebenarnya merupakan sesi lanjutan dari pertemuan sebelumnya pada bulan Oktober lalu. Dimana pada waktu itu, Teh Ani sudah membahas tentang bagaimana kiat menjadi seorang content writer. Dan kiat tersebut pernah saya tulis dengan judul “Kiat Jitu Menjadi Content Writer” pada bulan oktober yang lalu.

Mungkin banyak dari kita yang tertarik ingin menjadi content writer namun terkendala bagaimana mengatur waktunya, sejujurnya saya juga sangat ingin mencoba menerapkan tips dari Teh Ani sebelumnya untuk mengisi artikel di website non profit, tapi sejujurnya saya sendiri masih sulit membagi waktu antara kegiatan ngeblog saya dan mengisi artikel di website lain. Hal itu mungkin karena saya belum tahu bagaimana kiat membuat content plan yang baik, sehingga semua kerjaan kita bisa berjalan sesuai dengan rencana.

Apakah content plant itu?
Tips membuat content plan untuk website - Doc. Teh Ani
Makanya kemarin Teh Ani kembali membagikan kiat tentang tips membuat content plan untuk website agar kita bisa membuat planning yang baik dalam membuat konten untuk website yang kita isi supaya bisa berjalan dengan baik sesuai dengan target. 

Dalam hal membuat content plan kita harus melakukan penjadwalan dengan baik. Hal ini tentu saja sangat penting supaya kita bisa mengatur kerja kita agar bisa berjalan dengan baik. Adapun hal-hal yang bisa kita lakukan adalah sebagai berikut:
  • Atur sesuai ritme yang diminta dari klien. Dimana dalam hal ini kita membuat jadwal kerja yang jelas tentu menjadi awal yang baik agar kita bisa mengatur ritme kerja kita agar selalu sesuai dengan permintaan Client. 
  •  Manfaatkan Worksheet Excell untuk jadwal. Iya kita bisa memanfaatkan worksheet excel untuk membuat penjadwalan kerja sehingga semua yang kita lakukan bisa berjalan sesuai dengan rencana, dan bagi bagi pekerjaan yang sudah selesai atau masih dalam pengerjaan bisa kita berikan tanda supaya jelas.
  • Mengasah diri dan menambah ilmu dengan banyak membaca informasi dari berbagai sumber, hal ini penting supaya kualitas konten yang kita tulis juga akan semakin menarik. 
  • Membuat kerangka / outline atau kerangka menulis, hal ini perlu dilakukan supaya kita mempunyai pijakan yang jelas dalam menulis sehingga kita pun akan gampang fokus, terstruktur. 
  • Mencari narasumber juga merupakan salah salatu usaha kita dalam membuat konten semakin menarik, karena mendapatkan informasi langsung dari narasumber yang tepat dan jelas akan membuat konten yang kita tulis akan mempunyai nilai lebih nantinya.
  • Setelah mendapatkan semua data dan informasi untuk membuat tulisan maka sebaiknya kita langsung melakukan proses pengerjaan kegiatan menulis, jangan pernah membiasakan diri menunda hingga mepet apalagi lewat dari deadline yang diberikan client.
  • Dan setelah menulis dengan baik, maka jangan pernah lupa untuk melakukan self editing yaitu membaca kembali ulang tulisan tersebut, perhatikan dengan baik mana kalimat yang janggal, tanda baca yang rancu, dan typo yang menggangu, semua itu harus kita benahi supaya tulisan kita benar-benar sudah bagus sebelum kita submit.
  • Setelah semua dirasakan sudah bagus, maka lakukan submit tulisan sesuai dengan jadwal yang sudah diberikan client, jangan sampai melewati waktu yang sudah ditentukan karena ini bisa merusak kepercayaan client terhadap kinerja kita. 

Membuat Content Plan untuk Twitter & Facebook
Selain memberikan tips membuat Content Plan untuk Website, Teh Ani juga memberikan tips tentang bagaimana membuat Content Plan untuk Twitter dan Facebook.

Tidak bisa kita pungkiri sosial media seperti twitter dan facebook juga sangat mempunyai peranan penting saat ini, makanya kita juga bisa memanfaatkan kedua media sosial ini untuk bersosial dengan banyak orang dan juga untuk menyebarkan atau mempromosikan tulisan kita agar semakin banyak menjaring pembaca.

Makanya dalam memanfaatkan twitter dn facebook ini, kita harus melakukan berbagai upaya supaya tetap menarik, yaitu seperti menyiapkan text untuk caption dengan memilih kata-kata yang mudah dimengerti, dan juga tidak menggunakan istilah atau singkatan yang tidak dimengerti orang lain. Dan tidak lupa dukungan gambar, video dan infografis tentu saja akan sangat diperlukan untuk membuat konten di sosial media ini semakin menarik banyak orang yang membacanya.

Dan tak bisa kita pungkiri bahwa kita juga akan membutuhkan tools pendamping. Misalnya untuk infografis ini kita bisa memanfaatkan berbagai aplikasi seperti Canva.com, sedangkan jika kita tidak punya gambar untuk sendiri maka kita bisa mendapatkannya dengan cara membeli ataupun memanfaatkan penyedia gambar gratis seperti pixabay.com, Freephotobank, dll

Sedangkan untuk membuat postingan kita selalu terjadwal dengan baik maka kita bisa menggunakan fitur seperti hootsuite, Sprout Social, Postcron, dll.  Dan jangan lupa untuk memanfaatkan fitur shorten link bit.ly supaya link menjadi ringkas.

Dan selanjutnya kita juga harus perhatikan berbagai hal terkait platform untuk content plan twitter dan facebook ini. Dimana ada kita bisa juga memanfaatkan Worksheet Excel untuk membuat jadwal kerja kita supaya teratur seperti membuat content plan untuk harian, mingguan atau bulanan sesuai dengan kebutuhan. 

Dan pada saat kita membuat content plan ini juga kita harus menghitung kapasitas karakter untuk caption (seperti di twitter 280 karakter) supaya nanti pas tidak melewati batas yang diminta. Dan pastikan kalimat yang kita tulis di twitter itu mengandung arti yang jelas dan tidak mengantung. Dan jika dirasa terlalu panjang untuk dibuat dalam satu bahasan, maka sebaiknya untuk menyambungnya kita bisa pakai chapter di awal kalimat dengan angka (1) (2) dan seterusnya sampai sambungannya habis.   

Dan perlu dicatat, jika kita menggunakan artikel orang lain atau media mainstream, maka kita harus mengunakan artikel yang terverifikasi dan terpercaya sehingga informasi yang kita bagikan tidak menyesatkan orang-orang yang membacanya.

Tapi bagaimana sih cara mendapatkan bahan untuk content?
Teh Ani Berta sedang menjelaskan tentang content plan - Doc. Pribadi
Untuk mendapatkan bahan buat content itu kita bisa melakukan berbagai hal, seperti banyak membaca, melakukan hunting foto di sekitar kita, lalu belajar sendiri membuat banner, flyer dan infografis, serta  bisa juga membuat gambar dengan tulis tangan atau gambar sketsa jika kita punya keahlian. Atau kita juga bisa menggunakan data atau informasi dari sumber lain tapi atas izin narasumbernya.    

Dan jika kita punya keahlian dalam keterampilan membuat content plan ini ternyata bisa membuka peluang kerja juga loh, misalnya: Menjadi Social Media Manager, Menjadi Admin Social Media di Perusahaan-perusaahaan, Menjadi Content Creator  dan Content Planner, Social Media Strategist, ataupun berkesempatan join di Community Development.

Jadi, jika semua hal bisa kita kerjakan dengan trampil dan baik, maka peluang-peluang seperti di atas bukan hal mustahil bisa kita raih loh teman-teman. Jadi mari kita terus belajar dan jangan pernah merasa puas menjadi blogger saja, karena pada kenyataannya banyak peluang lain yang bisa kita dapatkan ketika kita punya keahlian tambahan lainnya seperti yang dibahas di atas.  

***
Sudah sangat jelas ya teman-teman, kenapa kita perlu memahami SEO, SEM dan membuat Content Plan, karena semua itu nantinya akan sangat berguna bagi blog atau website kita, bahkan jika kita tekun dan bisa menguasai ilmu tersebut, maka bukan hal yang mustahil peluang kerja pun akan menghampiri kita.

Makanya, saya sangat senang bisa ikut dalam kelas ini, banyak sekali ilmu yang saya dapatkan. Terima kasih banyak Mas Niko dan Teh Ani serta CNI yang sudah mengadakan acara ini dan membagikan ilmunya kepada kami, semoga amal kebaikannya dibalas sama Allah dengan segala kebaikan, dan ilmunya bisa kami terapkan nantinya. Aamiin…
Foto Bersama - Doc. Mas Niko - CNI
Sampai jumpa di acara seru lainnya teman-teman semuanya :)

5 comments:

  1. Waaah keren banget nih sharingnya, belajar SEO itu emang nggak bisa sekali langsung bisa yaaa.. huhuhuhuu. makasi sharingnya mas, inshaaAllah bemanfaat nihhh

    ReplyDelete
  2. Dari content writer bisa merambah ke pekerjaan yang lebih banyak lagi ya. Kesempatan terbuka di depan mata.

    ReplyDelete
  3. Saya sudah pernah mengikuti workshop SEO, kurang lebih sama seperti yang dijelaskan di sini. Tapi pada prakteknya ternyata memang harus benar-benar diseriuain ya sampai dapat formula yang tepat.

    Ilmu content plan nya bagus banget mas, sangat bermanfaat. Thanks for sharing ��

    ReplyDelete
  4. Mas Imawan tulisannya lengkap banget. Aku baru tahu bahwa ada 300 Search Engine Submission. Akukira hanya google dan yahoo aja. Hhehe. Abis baca ini langsung aku masukkan deh ke Search Engine Submission. Makasih ya tulisannya lengkap dan emang aku masih berupaya agar selalu page one nih mas

    ReplyDelete