10 Langkah Menghemat Air Paling Ampuh


 
Air adalah sumber kehidupan, makanya keberadaannya selalu dibutuhkan oleh seluruh mahluk hidup yang ada di muka bumi, tak terkecuali kita sebagai manusia. Ya, air memiliki peranan yang sangat penting bagi kelangsungan hidup kita di dunia ini.

Begitu besarnya peranan air bagi kehidupan, makanya sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga keberadaannya agar air tetap ada untuk kelangsungan hidup kita. Namun terkadang, tanpa sadar kita sering sekali boros menggunakan air, terutama untuk keperluan rumah tangga sehari-hari.

Dan biasanya kita jadi kaget sendiri ketika tahu besaran tagihan penggunaan air pada rumah kita begitu besar, terlepas apakah kita mengandalkan pasokan dari perusahaan penyedia air bersih atau menggunakan pompa air tanah. Akan tetapi gaya hidup hemat air bersih dapat diterapkan tanpa mengorbankan kebersihan dan kualitas sanitasi di rumah.

Sangat penting untuk kita pahami, bahwa dampak penyalahgunaan air yang lebih besar dapat berupa kerusakan lingkungan dan kelangkaan air. Dimana eksploitasi air tanah yang disedot dengan pompa air dalam jangka panjang dapat memengaruhi ketersediaan air dan keseimbangan di dalam tanah jika tidak dibarengi dengan upaya meresapkan kembali air ke tanah.

Oleh karena itu, ada baiknya kita untuk selalu berperilaku hidup hemat dalam penggunaan air agar ketersediaan air tidak cepat habis dan tagihan di akhir bulan juga tidak membuat bujet rumah tangga kita menjadi membengkak setelah bayar pdam online.

Untuk itu, berikut ini saya akan memberikan beberapa tips tentang bagaimana agar kita bisa menghemat air dalam keseharian kita, yaitu sebagai berikut:

Langkah 1: Ketika kita mengisi bak mandi, sebaiknya matikan keran sebelum bak mandi benar-benar penuh sampai mencapai bibir bak. Dan kita harus menghindari meninggalkan keran terbuka karena hampir pasti kita akan lupa menutupnya sehingga air tumpah-tumpah dan terbuang sia-sia.

Langkah 2: Sebaiknuya saat mandi kita menggunakan shower karena dapat menghemat air hingga 65% dibanding mandi dengan gayung atau berendam.

Langkah 3: Biasakan untuk selalu menutup keran wastafel ketika kita mencuci muka, menggosok gigi, dan bercukur agar air tidak terbuang percuma.

Langkah 4: Lalu kita sebaiknya gunakan mesin cuci untuk langsung mencuci setumpuk pakaian kotor sekaligus, jadi kita pilih setelan siklus tersingkat dan fitur ramah lingkungan jika tersedia. Fitur ini akan melakukan penghematan air dengan memakai air lebih sedikit tanpa memengaruhi hasil cucian. Gunakan detergen berkualitas dan pewangi pakaian yang hanya memerlukan sekali bilas.

Langkah 5: Kita juga bisa manfaatkan air bekas mencuci pakaian untuk membersihkan kaca jendela atau mencuci sepeda si kecil, air bekas mencuci sayuran dan buah-buahan untuk menyiram tanaman, tampungan air hujan untuk mencuci kendaraan, tetesan kondensasi AC untuk mengisi setrika uap (air hasil kondensasi merupakan air murni).

Langkah 6: ada baiknya agar kita menghindari pemakaian selang untuk berkebun dan mencuci kendaraan karena lebih boros air jika dibandingkan menggunakan wadah ember.

Langkah 7: Lalu kita harus menyiram tanaman saat pagi atau sore hari karena itu merupakan waktu yang lebih tepat untuk menyiram tanaman agar lebih banyak air terserap dan lebih sedikit yang menguap daripada siang hari.

Langkah 8: Dan jika ada kerusakan pada saluran air, maka kita harus segera memperbaiki pipa bocor atau keran yang rusak, karena kebocoran sangat berpotensi membuang percuma air hingga 13 liter air per hari.

Langkah 9: Sebaikanya kita mengunakan air bersih yang ditampung di ember atau wastafel untuk langkah awal mencuci piring dan peralatan masak, baru kemudian kita membutuhkan air yang mengalir ketika akan membilas.

Langkah 10: Lalu pasang sambungan penghemat air pada ujung keran wastafel dan pancuran mandi, Dimana penggunaan sambungan semacam ini mampu hemat air bersih hingga 50% loh.

Mari kita hemat dalam menggunakan air dalam kehidupan kita sehari-hari
Nah, itulah teman-teman tips dari saya tentang bagaimana cara menghemat air dalam kehidupan kita sehari-hari, semoga bermanfaat dan bisa kita terapkan dalam keseharian kita agar ketersedia air bersih tetap terjaga dan tagihan air kita juga bisa hemat setiap bulannya.

Ya, sudah saatnya kita bijak hidup menghemat air, kita harus mulai menerapkan hal-hal yang kelihatannya sepele ini, namun percayalah, jika 10 langkah ini dilakukan secara rutin maka akan memberikan manfaat yang besar dalam menjaga ketersediaan air bagi kehidupan kita. Menjaga Air, Menajaga Kehidupan!  

1 comment:

  1. Kadang aku kalau lagi sikat gigi juga air dimatikan, kadang banyak yang lupa tuh heheheh

    ReplyDelete