Taurin: Antioksidan Dengan Banyak Manfaat


Sehat adalah anugerah yang sangat patut disyukuri, karena tanpa kesehatan segala hal menjadi tak berjalan lancar dan mungkin tak akan ada artinya lagi. Maka dari itu, sudah selayaknya kita bisa selalu menjaga kesehatan kita terutama di masa pandemi saat ini.

Ya, kehadiran virus COVID-19 dalam rentang hampir dua tahun ini mengajarkan kita untuk benar-benar pandai-pandai menjaga kesehatan dengan selalu menerapkan gaya hidup yang sehat dan juga pola hidup bersih setiap saat di manapun kita berada.

Namun selain itu, kita juga harus bisa menjaga kesehatan kita dengan selalu berolahraga, karena olahraga mampu menjaga daya tahan kita semakin kuat di saat pandemi ini. Namun jenis olahraga yang bisa kita lakukan bisa disesuikan dengan kemampuan atau hobi kita masing-masing.

Dan untuk saya pribadi, jenis olahraga yang saya pilih adalah olahraga yang santai yang bisa dilakukan di mana saja dengan mudah, seperti jogging, bersepeda dan juga workout. Nah, dengan rutin melakukan olahraga ini, saya merasa tubuh saya menjadi jauh lebih bugar jadinya.

Namun tak jarang, supaya saya semakin semangat melakukan olahraga, bekerja dan juga berabagai aktivitas lainnya, maka saya juga kerap melengkapi asupan energi saya dengan mengkonsumsi suplemen kesehatan yang mengandung taurin.


Apa itu Taurin?

Taurin atau taurine adalah asam amino yang merupakan komponen utama penyusun protein dalam tubuh manusia. Dimana asam amino ini sendiri terbagi dalam dua jenis, yaitu asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia, dan asam amino non esensial yang sudah terdapat secara alami dalam tubuh manusia seperti pada otak, sumsum tulang belakang, jantung, dan retina.

Meskipun asam amino memang sudah bisa diproduksi oleh tubuh kita, namun tubuh manusia tetap membutuhkan asam amino esensial, karena tubuh manusia setidaknya membutuhkan 20 jenis asam amino sebagai zat pembentuk protein, dimana sembilan di antaranya tergolong sebagai asam amino esensial dan sisanya adalah asam amino non esensial.

Sumber asam amino esensial diantaranya bisa didapatkan dari susu, ikan, telur.

Maka dari itu, untuk memenuhi kebutuhan asam amino esensial tersebut, kita perlu mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung banyak protein (baik protein hewani ataupun nabati seperti ikan, susu murni, telur, daging, dan lainnya) dan juga mengkonsumsi suplemen kesehatan yang mengandung taurin.

Taurin punya peran penting dalam tubuh kita, sebab taurin membantu kerja kalsium esensial, natirum, kalium, dan magnesium melalui sel-sel pada tubuh kita. Maka apabila kita kekurangan taurin dalam tubuh, hal itu bisa memberikan masalah serius bagi kesehatan kita.

Jadi kita tidak bisa menyepelekan tentang kebutuhan taurin ini bagi tubuh kita, meskipun bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, namun mencukupinya dengan mengkonsumsi makanan, minuman dan juga suplemen kesehatan yang mengandung taurin bisa juga kita lakukan agar taurin bisa bekerja maksimal dan memberikan manfaat terbaik bagi tubuh kita.


Manfaat Taurin Bagi Tubuh Manusia

Tidak bisa dipungkiri, keberadaan taurin dalam tubuh manusia juga punya peran penting, maka tercukupinya taurin dalam tubuh harus kita perhatikan dengan baik, sebab bukan hanya bisa meningkatkan performa fisik, namun taurin juga memiliki banyak manfaat yang diperlukan oleh tubuh manusia.

Ada banyak kegunaan taurin bagi tubuh kita, yaitu berguna untuk mempertahankan hidrasi dan menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh, membentuk garam empedu, berperan penting dalam proses pencernaan, membantu mengatur kadar kalsium dalam sel tubuh, turut menjaga fungsi sistem saraf pusat dan mata, menjaga sistem kekebalan tubuh, dan memiliki efek antioksidan yang penting untuk mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh.

Selain itu, taurin juga berguna dalam meningkatkan metabolisme otot agar dapat bekerja lebih keras dan lama. Bahkan menurut penelitian, bahwa taurin bisa mencegah otot kelelahan dan juga dapat membantu tubuh melawan proses peradangan.

Hal ini bisa terjadi karena taurin memiliki sifat antioksidan untuk menetralkan radikal bebas, sehingga peradangan berlebih di dalam tubuh bisa dicegah. Selain itu, taurin juga mampu berperan sebagai cytoprotector yang mampu melindungi sel leukosit dalam menjalankan tugasnya pada proses peradangan.

Bahkan berbagai obat yang berasal dari taurin (taurolidine atau TRD) telah digunakan sebagai terapi untuk menghambat aktivitas bakteri spektrum luas, baik bakteri gram maupun positif. Dimana taurolidine tersebut diketahui bekerja dengan mencegah produksi dari berbagai sitokin proinflamasi yang mengandung proses peradangan, seperti TNF Alfa, Interleukin-1, Interleukin-6, dan Interleukin-8.

Nah, jika dilihat dari manfaat taurin tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa taurin bukan hanya berperan untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh saja, namun juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya peradangan pada tubuh kita.

Taurin bermanfaat membantu mengatasi peradangan akibat COVID-19

Selain itu, manfaat taurin ini bisa juga untuk membantu mengatasi peradangan akibat COVID-19 dengan cara mencegah badai sitokin, yaitu proses peradangan tak terkendali yang terjadi pada banyak penderita yang terpapar virus corona.

Dimana salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memberikan terapi penghambat interleukin-6 (IL-6 inhibitor) yang berguna untuk menghambat produksi berlebihan dari berbagai sitokin proinflamasi selama kita terinfeksi virus COVID-19 tersebut.

Dengan melihat cara kerjanya tersebut, maka peran antiinflamasi pada taurin sejalan dengan banyak penelitian yang mendukung teori tersebut. Untuk itu, taurin dipercaya bisa menjadi salah satu pilihan terapi yang bisa digunakan untuk perawatan pasien yang terpapar virus corona.

Akan tetapi, hal ini perlu didukung dengan berbagai uji klinis ke depannya mengingat sifat virus yang sulit diatasi karena kemampuannya bermutasi. Maka, sebaiknya selalu konsultasikan kondisi kesehatan kita terlebih dahulu pada dokter sebelum melakukan tindakan apapun.

Namun melihat manfaat taurin yang begitu banyak tersebut, maka tidak heran bila taurin banyak ditemukan pada minuman berenergi. Namun tidak semua minuman berenergi mengandung taurin, melainkan hanya ada merek-merek tertentu saja, seperti Kratingdaeng Red Bull.


Kratingdaeng Red Bull Mengandung 1000mg Taurin

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, bahwa taurin punya segudang manfaat yang sangat bagus bagi kesehatan tubuh kita. Namun kini kita tidak perlu bingung bagaimana cara mendapatkan asupan taurin tersebut, karena kini bisa kita dapatkan dalam minuman Kratingdaeng Red Bull.

Kratingdaeng memiliki beragam kandungan nutrisi yang bagus untuk tubuh 

Kratingdaeng Red Bull merupakan suplemen kesehatan dalam bentuk minuman siap minum yang termasuk dalam kategori minuman berenergi. Minuman ini terbuat dari bahan-bahan pilihan dengan berbagai kandungan yang alami sehingga membuat kita tetap semangat beraktivitas setiap harinya.

Dimana pada Kratingdaeng Red Bull kemasan botol, selain mengandung kafein yang berperan membantu meningkatkan daya fokus dan juga sebagai antioksidan, ternyata minuman berenergi yang satu ini juga mengandung 1.000mg taurin yang bermanfaat untuk cegah peradangan dan bisa meningkatkan sistem metabolisme bagi tubuh kita.

Meskipun minuman Kratingdaeng ini mengandung kafein dan taurin, namun tetap aman diminum, karena kafein dalam sebotol Kratingdeang hanya 50mg saja, dimana kandungan tersebut lebih rendah dari secangkir kopi (80 – 135mg), bahkan jauh di bawah batas harian kafein yang dianjurkan, yaitu 400mg/hari. Begitu juga dengan kandungan taurinnya masih dalam batas aman yaitu 1000mg saja per botolnya.

Selain itu, Kratingdaeng Red Bull juga mengandung vitamin B kompleks yang berperan untuk mengubah glukosa menjadi energi, terdapat juga lisin yang dapat membantu metabolisme protein dan jaringan otot, serta kolin yang bisa membantu meningkatkan konsentrasi dan memori, dan tak ketinggalan inositol untuk membantu meningkatkan daya pikir.

Menariknya lagi, Kratingdaeng ini memiliki citarasa manis yang pas karena menggunakan pemanis murni berupa gula tebu, sehingga komposisi kandungan yang ada dalam minuman ini menghasilkan rasa dan aroma minuman yang enak dan segar terutama bila diminum dalam keadaan yang dingin.

Kratingdaeng Red Bull mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh kita

Nah, dengan berbagai kandungan tersebut, maka tidak heran bila Kratingdaeng Red Bull yang pertama kali dibuat pada tahun 1962 di Thailand ini bisa tetap disukai hingga saat ini, bahkan menjadi minuman suplemen kesehatan pilihan masyarakat di seluruh dunia, termasuk saya.

Dan saya pribadi memilih Kratingdaeng Red Bull ini sebagai suplemen kesehatan favorite saya karena selain memiliki rasa yang enak dan segar, Kratingdaeng ini juga bisa membantu menambah energi dan stamina saya saat bekerja dan berolahraga, sehingga semangat saya tetap terjaga dengan baik.

Makanya, kini Kratingdaeng selalu menjadi suplemen kesehatan andalan yang kerap saya minum dalam keseharian saya, karena saya sudah merasakan manfaat yang begitu luar biasa setelah mengkonsumsi minuman energi Kratingdaeng Red Bull ini.


Manfaat Mengkonsumsi Kratingdaeng Red Bull

Minuman Kratingdaeng Red Bull ini hadir dengan segala kandungan yang baik seperti yang sudah dijelaskan di atas, sehingga cocok menjadi suplemen kesehatan yang bisa dikonsumsi setiap hari, karena minuman ini aman dan tidak membuat ketagihan, karena tidak mengandung bahan baku adiktif serta tidak memberikan efek samping karena bahan yang digunakan adalah bahan alami.

Selain itu, proses pembuatannya pun dilakukan dengan profesional, dimana minuman ini diproduksi dengan menggunakan botol kaca (ada juga yang dalam bentuk kaleng) sesuai standar farmasi sehingga menjamin kandungan yang ada di dalamnya tetap higinies dan terjaga kualitasnya.

Salah satu manfaat mengkonsumsi Kratingdaeng Red Bull adalah bisa membantu meningkatkan fokus saat bekerja. 

Makanya saya pribadi tidak pernah ragu untuk mengkonsmusi minuman berenergi Kratingdaeng Red Bull ini, karena saya percaya manfaat minum minuman energi yang punya kulitas terbaik seperti Kratingdaeng Red Bull ini, akan mampu memberikan banyak keuntungan bagi tubuh saya, yaitu sebagai berikut:
  • Membantu metabolisme protein dan jaringan otot
  • Membantu meningkatkan daya fokus
  • Membantu meningkatkan daya pikir
  • Membantu meningkatkan konsentrasi dan memori
  • Membantu mengubah blukosa menjadi energi
  • Membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh
  • Membantu mencegah otot kelelahan
  • Membantu melawan proses peradangan
Sungguh banyak sekali manfaat yang diberikan oleh minuman Kratingdaeng Red Bull ini, sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh orang-orang yang aktif dengan banyak aktivitasnya, termasuk juga para atlet, profesional yang aktif, mahasiswa, para wisatawan atau traveller yang sedang dalam perjalanan panjang, serta siapa saja yang punya banyak aktivitas cocok untuk mengkonsumsi minuman ini.

Tips mengkonsumsi Kratingdaeng Red Bull untuk hasil yang maksimal

Nah, untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, maka kita harus rutin mengkonsumsi Kratingdaeng ini setiap hari, bahkan disarankan diminum 3 kali sehari untuk membantu meningkatkan stamina dan konsentrasi tubuh sepanjang kita melakukan berbagai aktivitas.

Dan waktu yang pas untuk minum Kratingdaeng ini yaitu sebelum memulai beraktitas, namun untuk hasil yang maksimal sebaiknya diminum 1 jam sebelum beraktivitas, baik itu sebelum mau bekerja, belajar atau mengerjakan tugas, berolahraga, bermain games, selama perjalanan, saat traveling atau pun aktivitas lainnya.

Jadi, mulai saat ini tidak ada salahnya kita untuk selalu menyetok Kratingdaeng ini, sehingga kapanpun kita ingin meminumnya maka bisa kita langsung menikmatinya saat itu juga, karena Kratingdeang Red Bull energized your body and mind!


Alasan Saya Suka Mengkonsumsi Kratingdaeng Red Bull

Sebagai orang yang aktif dalam kesehariannya, saya merasa kehadiran minuman Kratingdaeng Red Bull ini benar-benar memberikan khasiat yang baik bagi tubuh saya, sehingga saya tetap bersemangat dan terus fokus dalam melakukan berbagai kegiatan saya, baik saat bekerja, berolahraga atau berbagai aktivitas lainnya.

Selain memberikan banyak manfaat yang begitu banyak seperti yang sudah dipaparkan di atas, alasan lain saya memilih mengkonsumsi Kratingdaeng Red Bull karena memiliki beberapa keunggulan yang menarik, yaitu sebagai berikut:
Beberapa alasan kenapa saya suka mengkonsumsi Kratingdaeng Red Bull sebagai  suplemen kesehatan
  1. Produknya sudah mendapatkan sertifikat HALAL : adanya sertifikat Halal yang sudah didapatkan oleh produk Kratingdaeng dari MUI (Majelis Ulama Indonesia) ini menunjukan bahwa segala proses pembuatan dan juga bahan yang terkandung dalam produk ini aman dikonsumsi oleh umat Islam, sehingga saya bisa menikmati produk ini dengan tenang. 
  2. Produknya sudah terdaftar BPOM : produk Kratingdaeng sudah terdaftar dan mendapat izin edar dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) sehingga menunjukan produk ini sudah lulus uji mutu dan kualitas sehingga memberikan rasa aman untuk kita digunakan.
  3. Produknya mudah ditemukan : untuk mendapatkan produk Kratingdaeng ini sangat mudah, karena produk Kratingdaeng Red Bull ini sudah tersedia di mana-mana, seperti di minimarket, supermarket dan juga berbagai E-commerce, seperti: Tokopedia, Blibli, Lazada dan Shopee yang bertuliskan Official Store.
  4. Produknya mudah dibawa-bawa : produk Kratingdaeng Red Bull ini memiliki desain dan bentuk botol yang mudah dipegang serta ukuran yang simple sehingga sangat mudah dibawa ke mana pun untuk menemani kita berolahraga ataupun beraktivitas yang lainnya.
  5. Harganya terjangkau : untuk bisa menikmati minuman Kratingdaeng ini kita tidak perlu merogok kocek sampai dalam, karena harganya cukup terjangkau menurut saya, dimana harga satu botol Kratingdaeng ini hanya Rp6500 (Enam Ribu Lima Ratus) rupiah saja.
Selain itu, yang membuat saya makin yakin untuk minum minaman berenergi yang satu ini karena kualitasnya sudah teruji sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya penghargaan bergengsi yang sudah diraih oleh Kratingdaeng selama ini, sebut saja penghargaan dari Indonesia Customer Satisfaction Award, TOP Brand, Indonesia Best Award & Digital Award serta berbagai penghargaan lainnya.

Produk Kratingdaeng ini mudah ditemukan di mana-mana, harga terjangkau dan mudah dibawa bepergian.

Makanya kini, produk Kratingdaeng ini selalu tersedia untuk menemani saya dalam berbagai aktivitas apapun yang saya lakukan. Namun selain mengkonsumsi produk Kratingdaeng ini sebagai suplemen kesehatan, saya juga tidak lupa untuk menjalankan gaya hidup dengan tetap makan yang teratur, tidur yang cukup, dan juga melakukan olahraga secara rutin.

Jadi, buat teman-teman yang juga ingin selalu tetap semangat dan fokus dalam beraktivitasnya, maka tidak ada salahnya untuk ikut mencoba juga mengkonsumsi minuman Kratingdaeng Red Bull ini secara rutin supaya bisa juga merasakan langsung manfaatnya. Enjoy your day & Have a nice day! :)



Referensi:



5 comments:

  1. Baru tau soal Taurin ini. Dan ternyata manfaatnya banyak bagi tubuh.

    ReplyDelete
  2. Baru tau saya soal Taurin ini ya. Hmm minuman kayak gini memang bisa boost energi.

    ReplyDelete
  3. suamiku suka banget konsumsi ini kalo lagi perjalanan jauh, dan iya lebih enak dalam keadaan dingin

    ReplyDelete
  4. Kalo ga karena tulisan edukasi Awan keponakan kesayangan ini, budhe ngga tau loh taurin itu ternyata buanyaaaak manfaatnya, selain memang untuk energy drink yang seger....

    Budhe juga punya resep manjyah yaitu : teh lemon sere cobain yaaa Wan

    ReplyDelete
  5. wah, taurin bisa bantu efek peradangan dari pasien COVID ya, baru tau aku euy. dan baru tau lagi kalau kratingdaeng punya kandungan itu juga, 1000mg pula kan.
    sejauh ini aku cuma tau kalau kratingdaeng itu minumannya laki2 banget, ga cocok buat perempuan xixi taunya bisa dikonsumsi siapa aja ya

    ReplyDelete