Manfaat Mengikuti After School Program Bagi Anak Sekolah


Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang pintar, baik secara akademik maupun non akademik. Untuk itu, selain mendukung anak-anak untuk semangat belajar dan bersekolah dengan rajin, orang tua juga kerap mendukung anaknya untuk ikut kegiatan after school program.

Dimana kegiatan after school program ini merupakan kegiatan di luar jam pelajaran yang memberikan kesempatan bagi siswa untuk berpartisipasi dalam berbagai macam kegiatan yang sesuai dengan minat, bakat, dan passion yang mereka sukai, termasuk untuk memperdalam mata pelajaran tertentu yang dinilai perlu untuk ditingkatkan.

Makanya, selain belajar dengan serius selama jam pelajaran di sekolah, tak sedikit juga anak yang mengambil after school program seperti program ekstrakurikuler dengan tujuan untuk semakin memperdalam pelajaran yang di dapatkan di sekolah dan juga untuk membentuk karakter dan perkembangan anak melalui kegiatan yang sesuai dengan minat dan bakatnya.


Pentingnya After School Program Bagi Anak

Mengetahui minat dan bakat anak sejatinya akan membuka pintu kesuksesan bagi sang anak di kemudian hari. Sebab dengan memahami minat dan bakat sejak dini, maka anak-anak akan bisa lebih fokus untuk menjalani kegiatan sesuai yang diinginkannya dengan bahagia.

Dan salah satu cara untuk mengetahui dan juga mengasah minat dan bakat anak adalah dengan mengikutkannya dalam kegiatan after school program. Untuk itu, mengingat pentingnya kegiatan after school program ini, maka kemarin (28/10/2023) Sinotif menggelar acara webinar yang bertajuk “After School Program: Menjadikan Anak Berprestasi Akademik dan Non Akademik” dengan narasumber Mas Erfano (seorang guru dan juga konten kreator) dan dipandu oleh Mas Hafidz.


Diungkapkan oleh Mas Erfano, bahwa di Sekolah Alam Bogor yang menjadi tempatnya mengajar, kegiatan after school program seperti ekstrakurikuler peminatnya sangat banyak bakan ada sekitar 30 kelompok atau klub ekstrakurikuler yang menampung minat dan bakat anak-anak yang ada di sana.

Kehadiran kegiatan after school program sangat disukai oleh anak-anak, dimana salah satu manfaat dari mengikuti ini adalah dapat membantu mengidentifikasi minat dan bakat siswa. Siswa memiliki kesempatan untuk mencoba berbagai macam kegiatan seperti olahraga, seni, musik, kuliner, dan lainnya. Bahkan bagusnya lagi, dengan terlibat dalam berbagai kegiatan after school program ini, maka siswa dapat menemukan minat dan bakat yang mungkin tidak mereka sadari sebelumnya. Hal ini dapat membantu mereka mengeksplorasi dan mengembangkan potensi dalam diri mereka.

Selain itu, adanya kegiatan ekstrakurikuler ini pun dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan sosial. Sebab tidak dipungkiri, bahwa dalam kegiatan ini, siswa diajarkan untuk berkomunikasi, bekerja sama dalam tim, menghormati pendapat orang lain, dan membangun hubungan yang baik dengan teman sebaya. Keterampilan sosial ini sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah maupun di luar sekolah, dan akan memberikan manfaat jangka panjang bagi siswa.

Bahkan dengan mengikuti program ekstrakurikuler juga dapat membantu meningkatkan akademik siswa. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa siswa yang terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler cenderung memiliki prestasi akademik yang lebih baik. Hal ini terjadi karena kegiatan after school program dapat membantu membangun disiplin, organisasi waktu, dan pemecahan masalah yang kemudian dapat diterapkan dalam kehidupan akademik siswa. Selain itu, terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler juga dapat membantu meningkatkan motivasi belajar siswa.

Selain itu, mengikuti program ekstrakurikuler juga memberikan siswa kesempatan untuk membangun jiwa kepemimpinan, jiwa sosial, rasa percaya diri, dan rasa tanggung jawab. Dalam beberapa ekstrakurikuler, seperti klub atau organisasi siswa, siswa diberikan kesempatan untuk memimpin dan mengatur kegiatan. Ini membantu melatih jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab siswa serta membantu mereka menjadi individu yang lebih mandiri.

Untuk itu, kegiatan after school program ini memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan anak di sekolah, baik untuk nilai akademik maupun non akademiknya. Oleh karena itu, sangat penting bagi orang tua untuk mengikutkan anaknya pada kegiatan after school program agar anak dapat mengembangkan potensi diri mereka secara optimal.

Namun tidak jarang, baik anak, orang tua dan juga pihak sekolah benar-benar mengerti apa yang menjadi minat dan bakat dari setiap anak yang ada. Maka dari itu, untuk mengenali bakat dan minat anak yang sebenarnya itu dapat dilakukan dengan mengamati apa yang mereka sukai dan menonjol dalam hal-hal tertentu melalui 3E (Enjoy, Easy, & Expert), yaitu apakah anak menikmatinya, mudah melakukannya, dan juga mahir melakukannya.

Dan pastinya, orang tua juga sebaiknya mengajak anak untuk terlibat dalam proses pemilihan kegiatan ekstrakurikuler yang akan dijalaninya. Dengan melibatkan mereka, maka anak akan merasa memiliki pilihan itu sendiri dan lebih antusias untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Namun perlu juga diperhatikan jadwal dan waktu yang tersedia untuk sang anak. Kita harus memastikan kegiatan after school program yang dipilih tersebut tidak bertabrakan dengan jadwal sekolah atau kegiatan-kegiatan penting lainnya, sehingga semua kegiatan bisa tetap berjalan lancar satu sama lainnya.


Asah Bakat & Minat Anak untuk Pelajaran Eksakta Bersama Sinotif

Selain tersedia kegiatan ekstrakurikuler yang diadakan oleh pihak sekolah, tak ada salahnya juga orang tua untuk mengikutkan anak pada kegiatan pengembangan minat dan bakat yang berada di luar sekolah, supaya anak-anak bisa terus mengembangkan potensi dirinya semakin maksimal lagi.

Dan salah satu tempat untuk mengembangkan minat dan bakat anak yang bisa dipilih orang tua adalah Sinotif, yang merupakan sebuah lembaga pendidikan yang mengkhususkan diri sebagai spesialis pelajaran eksakta seperti matematika, fisika dan kimia.

Makanya, bagi orang tua yang ingin anaknya ikut bimbel matematika, kimia dan fisika, bisa langsung mendaftarkannya di Sinotif, karena lembaga pendidikan yang satu ini memiliki semangat inovatif yang agresif dan etis, selalu terpacu mencari metode dan teknik pembelajaran yang lebih visual, fun dan membuatnya mudah dipelajari tanpa mengurangi kualitas kedalaman materi pelajaran itu sendiri.


Selain itu, dengan pengalaman lebih dari 20 tahun, Sinotif telah memiliki metode pembelajaran khusus yang telah terbukti mampu meningkatkan nilai siswa. Ada 4 metode khusus yang diterapkannya, yaitu:
  • SPECIALIZED yaitu belajar dengan guru-guru yang ahli di bidangnya. Siswa dibimbing oleh tiga guru spesialis matematika, fisika dan kimia. Guru-guru Sinotif memiliki standar yang tinggi karena telah menjalani rangkaian pelatihan dan sertifikasi dari pakar pendidikan dan psikologi, sehingga tidak hanya ahli di bidangnya, melainkan juga paham akan karakter peserta didiknya.
  • PERSONALIZED yaitu fokus pada kebutuhan. Siswa mendapatkan layanan personal sesuai kebutuhan dan target belajar yang diinginkan dengan memperhatikan 4 aspek penting, antara lain karakter siswa, materi yang sedang berjalan, dimana siswa bersekolah, dan event apa yang akan berlangsung. Selain itu, catatan dan laporan belajar dikirimkan setiap selesai sesi belajar.
  • SYSTEMIZED yaitu belajar jadi mudah dan efektif. Siswa mendapatkan modul yang berisi rangkuman materi hingga soal-soal latihan yang disusun secara sistematis dengan kombinasi gaya belajar linear dan global untuk memudahkan pemahaman konsep.
  • LIMITLESS yaitu layanan 24 jam nonstop. Akses website e-learning untuk belajar mandiri melalui seratusinstitute.com yang berisi bahan-bahan belajar dan latihan soal dengan pembahasan yang disajikan dalam bentuk teks dan video. Bahkan siswa bisa tanya soal secara instan dengan aplikasi Tanya Jawab Soal sehingga bisa dilakukan kapan pun, di mana pun.
Dengan metode pembelajaran ini sudah banyak siswa yang berhasil meraih cita-citanya, dan metode ini dapat diterapkan pada semua level pendidikan dari umur 6 tahun hingga 19 tahun yang membutuhkan tidak hanya bimbingan untuk penguasaan eksakta secara mantap dan akurat, namun pengayaan nilai-nilai pribadi, melalui penghayatan makna belajar dan hidup dalam rentang waktu sekolah mereka.

Menariknya lagi, selain ada kegiatan belajar offline, Sinotif juga menghadirkan metode pembelajaran online, sehingga siswa yang ada di seluruh penjuru Indonesia bisa belajar eksakta dengan semakin mudah dan menyenangkan selama terkoneksi dengan internet.

Dan untuk belajar online di Sinotif ini kita bisa menikmati metode Sinotif Primier yang menawarkan belajar secara live dan interaktif atau tatap muka secara online melalui beberapa layanan belajar yang bisa kita pilih sesuai keinginan, seperti:
  • Premier Diamond yaitu layanan belajar privat, eksklusif dan sangat personal untuk siswa, dengan garansi uang kembali.
  • Premier Platinum, yaitu layanan belajar sesuai kebutuhan siswa dengan layanan personal
  • Premier Gold, yaitu layanan belajar bersama guru spesialis dengan modul lengkap dan sistematis
  • Premier Silver, yaitu layanan belajar mandiri dengan bimbingan guru dan bebas tanyakan PR kapanpun
Nah, itu dia jenis-jenis metode belajar yang bisa dipilih orang tua untuk anaknya. Bagi yang ingin anaknya ikut les private matematika, kimia dan fisika maka sangat cocok untuk memilih Premier Diamond, sehingga anak ditangani secara personal dan lebih fokus belajarnya.

Dengan memilih sistem belajar sesuai keinginan maka diharapkan para siswa bisa belajar dengan nyaman, sehingga mereka bisa semakin mudah mengerti dengan mata pelajaran yang dipelajarinya, dan kelak mereka bisa meraih sukses seperti yang diimpikannya.

Makanya, bagi orang tua yang ingin anak-anaknya bisa semakin cerdas dalam mata pelajaran eksakta, maka ikut bimbel matematika, fisika dan kimia bersama Sinotif ini bisa menjadi pilihan yang tepat, karena sudah berpengalaman bahkan bisa mendapatkan garansi uang kembali jika tidak sesuai target.



12 comments:

  1. Program-program Sinotif ini emang kelihatan banget ya kualitasnya. Kesannya semua program sudah matang dan well prepared.
    Jadi ingat dulu zaman SMA ikut ekstra kurikuler kolintang. Walaupun gak pernah pentas, tapi terasa banget sih manfaatnya. Bisa kenal dekat sama murid lain di luar kelas, bisa menjalin kerjasama dengan kelompok lain dan melatih jiea leadership juga.

    ReplyDelete
  2. Daripada membebani anak dengan setumpuk PR, after school program ini lebih menarik sih menurutku. Anak bisa berkembang sesuai minat dan bakatnya. Insya Allah potensi suksesnya pun akan lebih besar.

    ReplyDelete
  3. Metode belajar di Sinotif ini memudahkan buat para siswa untuk belajar ya, apalagi metodenya online sehingga dari mana aja bisa belajar dengan mudah tanpa mesti harus datang ke lokasi

    ReplyDelete
  4. Makin lengkap ya layanan yang diberikan oleh Sinotif ini, nggak cuma bimbel mata pelajaran yang jadi momok buat kebanyakan anak-anak (matematika, fisika, kimia) aja.

    Kegiatan ekstra kurikuler ini emang terutama buat mengasah softskill anak-anak dan ini akan sangat bermanfaat ketika mereka nanti sudah keluar dari sekolah dan terjun langsung di masyarakat

    ReplyDelete
  5. Saya sepakat dengan konsep serta pemikiran bahwa program after school bisa menjadikan minat dan bakat anak lebih tereksplorasi. Kegiatan non-akademik yang bisa mendukung apa yang sudah didapat dari formal akademis. Kegiatan ini juga memberikan kesempatan kepada anak untuk lebih bersosialisasi dengan mereka yang memiliki minat yang sama. Pertemanan pun akan semakin luas dan menyenangkan.

    ReplyDelete
  6. ketika masih SD, saya selalu memasukkan anak2 saya ke les piano, berenanang dsb
    Tujuannya agar mereka bisa bersenang-senang sekaligus mendapat ketrampilan baru
    Sayang dulu belum ada Sinotif, karena dulu gak ada bimbel khusus sains khususnya matematika
    Anak-anak saya sering mengeluh kesusahan matematika
    Rupanya karena untuk memahami matematika butuh pendekatan khusus ya?

    ReplyDelete
  7. Kegiatan ekskul setelah sekolah emang bagus banget supaya skill anak berkembang jadi gak cuma tahunya pelajaran sekolah aja ya. Begitu pula utk skill sosialnya.
    Sinotif ini fokusnya ke eksakta dan matematika ya? Kalau start buat 6 tahun berarti buat anak SD bisa juga donk yaa

    ReplyDelete
  8. Enjoy, easy, expert

    ini keywords yg harus jadi acuan ya
    semoga anak2 bs berkembang sesuai potensi dan talenta masing2

    ReplyDelete
  9. Kalau aku lebih milih anak ikut kegiatan ektrakulikuler atau les daripada sepulang sekolah. Mending mereka capek dengan kegiatan seperti itu daripada capek mengerjakan tugas yang banyak dari gurunya. Mereka meski ikut ektrakulikuler atau les berasa kayak refresing karena sesuai dengan passion mereka.

    ReplyDelete
  10. After school program memang banyak manfaatnya. Apalagi jangka panjangnya anak akan terjun ke masyarakat sehingga potensi akademik dan non akademik bisa terasah sejak dini. Seperti saat ini anak bungsuku menekuni ekskul basket dan coding.
    Wah, bisa nih jadi pilihan ikut bimbel matematika, kimia dan fisika, di Sinotif,

    ReplyDelete
  11. Sinotif pas banget hadir di era Kurikulum Merdeka seperti saat ini, dimana penjurusan dimulai di kelas XII dan semua mata pelajaran masih diberikan ke siswa hingga kelas XI di sekolah menengah atas.
    Semoga kehadiran Sinotif bisa membantu adek-adek yang sedang membutuhkan up grade skill eksaktanya, terutamadi sekolah menengah atas.

    ReplyDelete
  12. Kadang-kadang anak sendiri tidak menyadari kalau mereka punya minat dan bakat yang ternyata unik ya mbak. Dengan ikut bimbel Sinotif makin mengasah bakat terpendam anak sih menurut saya

    ReplyDelete