Coffesso Hadirkan Cara Baru Ngopi Asyik di Indonesia



Saya mulai suka minum kopi itu saat kuliah, itu gara-gara pengaruh sepupu saya yang sangat hobi bangat ngopi, pagi dan sore hari itu wajib bangat baginya ngopi, dan saya pun akhirnya jatuh suka pada minuman berwarna hitam ini karenanya. Saya pribadi sangat suka kopi terlebih jika begadang mengerjakan tugas kuliah, agar mata tetap terjaga hingga tuntas mengerjakan tugas kuliah.

Kini pun setelah bekerja, saya masih selalu menjadikan si hitam ini sebagai minuman yang saya gemari, rasa dan aromanya selalu mampu menghidupkan kedut semangat saya untuk menjalani hari-hari menjadi lebih bergairah, terutama di awal pagi.

Dan kadang-kadang di waktu senggang pun, saya juga sangat senang ngopi bersama teman-teman saya sambil mengobrol-ngobrol santai di café. Dan menurut saya, kini minum kopi telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat di era ini, berbagai gerai kopi berdiri manis diberbagai sudut jalan untuk menjamu para penikmat kopi, bahkan di mall-mall pun selalu tersedia gerai kopi yang bisa dengan mudah kita temui.
Biji kopi asli Indonesia (Doc. Pribadi)
Melihat fenomena keberadaan kopi yang tak pernah hilang penggemarnya ini, tentu saja membuat para produsen kopi seolah dituntut untuk berlomba-lomba menghadirkan berbagai inovasi dan kreasi terbaiknya untuk mendapatkan cita rasa kopi yang enak.

Begitu juga yang kini dilakukan oleh PT. David Roy Indonesia sebagai perusahaan yang begitu concern terhadap perkembangan industri food & beverage. Seperti kali ini, PT. David Roy Indonesia menghadirkan produk barunya bermerek Coffesso yang mengusung cara baru dalam menyeduh kopi.
Coffesso - Kopi Celup Pertama di Indonesia (Doc. Pribadi)
Coffesso merupakan merek kopi premium yang menghadirkan cita rasa minum kopi yang belum pernah kita rasakan sebelumnya. Kehadiran Coffesso dengan mengusung Coffee Bag ini merupakan terobosan dan inovasi baru dalam penyajian kopi yang sangat memudahkan dalam penyajian kopi. 

Keberadaan Coffee Bag atau Kopi Celup sepertinya belum terlalu terdengar gaungnya di Indonesia, dan saya pribadi pun baru tahu tentang kehadiran Coffee Bag atau Kopi Celup ini saat menghadiri acara SIAL Interfood Inspire Food Business 2016 yang berlangsung pada tanggal 9 – 12 November 2016 di JIEXPO Kemayoran beberapa waktu yang lalu, saat saya berkunjung di boothnya PT. David Roy Indonesia
Suasana di Booth PT. David Roy Indonesia (Doc. Pribadi)
Coffesso dengan konsep kopi celup ini merupakan yang pertama di Indonesia, dan berasal dari aneka varian biji kopi yang tumbuh subur di dataran Asia, seperti rebusta, excelsa, Liberica, kopi Vietnam, Java, Bali, dan Mandailing serta beberapa jenis kopi lainnya sehingga menghasilkan rasa dan aroma kopi yang  juga berbeda-beda antar wilayah.

Sebagai contohnya, kopi dari Bali mempunyai cita rasa nano-nano dengan aroma yang agak nutty bercampur aroma kacang gurih, tapi saat diminum rasanya seperti Jeruk Bali. Kombinasi rasa kopi Bali ini tercipta karena di sekitar tanaman kopi terdapat pohon jeruk, sehingga tanahnya ikut menyumbangkan aroma yang citrusy sehingga kopi Bali ini sangat nikmat jika disajikan menjadi es kopi.

Selain itu, di Sumatera Utara juga terdapat Kopi Mandailing yang memiliki aroma kopi seperti rempah-rempah, hal ini terjadi karena tanah di sana juga tumbuh banyak aneka rempah-rempah, sehingga rasa kopi Mandailing ini cenderung terasa spicy herb.

Dan kini Coffesso tersedia dalam bermacam variant yang terdiri dari, House blends series, memiliki varian kopi Dilletto Lungo, Esprit Lungo, Exotic dan Zest, sedangkan Silver series hadir dengan varian kopi Decaf dan Liberica, namun Indonesian series, yaitu hadir dengan varian Kopi Mandailing, Celebes, Kintamani dan Papua. 
Coffesso Mandailing salah satu varian kopi asli Indonesia (Doc. Pribadi)
Coffesso pengolahannya dilakukan secara tradisional, yaitu disangrai menggunakan tungku yang besar sehingga menghasilkan cita rasa yang tetap terjaga kenikmatannya dengan aroma khas yang memikat. Tidak hanya itu, Coffesso juga diolah dengan cara yang khusus, jika sebelumnya masyarakat Indonesia biasanya dalam mengolah kopi menjadi bubuk adalah dengan cara ditumbuk, namun ternyata cara tersebut bisa membuat biang sari kopi hilang. Untuk itu, supaya biang sari kopi ini tetap bisa dinikmati cita rasanya yang nikmat, maka dilakukanlah pengolahan biji kopi dengan metode ekstraksi kopi yang menggunakan mesin espresso. 

Dengan menggunakan mesin espresso dengan tekanan 15 bar dengan bubuk kopi sejumlah 7-8 gram dipress dengan air bersuhu 90oC maka kita bisa menghasilkan ekstrak kopi yang nikmat sehingga kita dapat merasakan aroma kopi yang sangat original.

Selain itu, Coffesso Coffee Bag sengaja menggunakan metode pembungkusan kopi dengan kantong serat nanas (bukan kertas) sehingga lebih aman dan terlindung dari kelembaban udara, dan Pembungkusannya pun menggunakan aluminum foil sehingga menjaga kesegaran rasa dan oroma kopi. Sehingga produk ini sangat tejaga kebersiahannya bahkan produk ini sudah  terdaftar di departemen Kesehatan dan juga sudah mendapat sertifikat halal MUI, sehingga sangat aman untuk dikonsumsi.

Coffesso cara bikin kopi paling praktis (Doc. Pribadi)

Dan setiap satu sachet Coffee Bag sudah ditakar dan dikemas untuk satu kali penyajian saja, sehingga kehadiran coffee bag ini akan sangat mempermudah kita dalam menyajikan segelas kopi  menjadi serba praktis. Dimana caranya gampang sekali, yaitu cukup celupkan 1 bag kopi kedalam secangkir 170ml air panas atau air mendidih, lalu diamkan sekitar 3-4 menit maka secangkir kopi hitam yang kental siap dinikmati.
Dan kemarin saat di acara SIAL Interfood Inspire Food Business 2016 ini, kami juga mencicipi beraneka kreasi minuman Coffesso. Karena Coffesso ini ternyata bisa dibuat dalam berbagai kreasi minuman juga, bisa dibuat kopi susu tarik, es kopi, es kopi susu atau jenis olahan lainnya, dan rasa kopinya tetap terasa nikmat.
Coffesso Hot Coffee dibuat oleh Pak Daniel (Doc. Pribadi)
Coffesso Ice Coffee dibuat oleh Pak Daniel (Doc. Pribadi)
Dan menurut saya pribadi, kehadiran Coffee Bag ini membuat kita tidak ada lagi kerepotan untuk mengukur seberapa sendok bubuk kopi ketika kita ingin menghidangkan secangkir kopi, proses pengukuran bubuk kopi seperti ini terkadang membuat kita mendapatkan hasil yang tidak stabil karena disebabkan oleh “tangan” dari pembuat kopi dapat berbeda antara orang yang satu dengan lainnya.

Jadi kehadiran Coffesso Coffee Bag ini sangat cocok bangat baik untuk persediaan di rumah atau juga untuk café dan kedai kopi, karena Coffesso Coffee Bag akan tetap memberikan cita rasa kopi yang stabil, tanpa mengurangi rasa original kopi itu sendiri, dengan tetap menomorsatukan kenikmatan khas yang tetap sama meskipun dibuat oleh Barista yang berbeda-beda.
Coffesso Special buatan Barista Fahrul (Doc. Pribadi)
Dengan keberadaan Coffee Bag ini maka akan membuat proses penyeduhan kopi menjadi lebih mudah, karena kita tidak direpotkan lagi untuk mengukur berapa takaran kopi per gelasnya, kita bisa langsung menyeduhnya dengan tinggal dicelupkan saja. Selain itu, kehadiran coffee bag ini membuat kita terhindar dari cerita bubuk kopi yang tercecer mengotori area penyeduhan kopi, sehingga membuat area penyajian kopi tetap terjaga kebersihannya. 

Coffesso hadirkan citarasa nikmat disetiap celupnya (Doc.Pribadi)
Dan untuk produk Coffesso ini belum melayani untuk retail, sejauh ini hanya melayani permintaan untuk hotel, café dan restaurant. Jadi bagi teman-teman yang ingin membuka kedai kopi atau café maka bisa menghubungi PT. David Roy Indonesia atau bisa diorder secara online di www.drishop.co.id untuk mendapatkan produk coffesso dengan kualitas yang terjamin dengan harga yang bersahabat.

Untuk info lebih lanjut bisa dicek di sini ya:
·         Website: www.coffesso.com
·         Instagram : coffesso_indonesia
·         Twitter : @CoffessoID

8 komentar:

  1. Pagi-pagi baca artikel ini, jadi pengen ngopi. Sumpah. Kopi celup? Penasaran... Mau donk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Kak Aris... harus cobain kopi celup ini Kak, rasanya juara bingit, aku sudah mencobanya sendiri :)

      Hapus
  2. Semoga ke depannya bisa juga untuk retail ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banyak yang berharap begitu juga Mba Kania ada yang dijual retail :)

      Hapus
  3. Baru tahu saya Bang klo ada Kopi celup, penasaran rasanya, bagi dong Bang hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sini Dek kalo mau cobain kopi celup ini, main ke jakarta heheheh

      Hapus
  4. Wah ada kopi celup ya. Suami yang suka kopi, kalo aku sukanya teh aja. Lha nyoba minum kopi pertama kali waktu kuliah jantung jadi deg-deg an, abis itu nggak berani minum kopi lagi hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Lianny, mungkin bisa dibuatkan buat suaminya nantinya heheheh

      Tapi kalo dibuat kopi susu atau kopi tarik gitu masih ngaruh ga Mba Lianny? mungkin ga akan sekeras kopi murni yang bikin jantung deg-degan kali ya :)

      Hapus