Macam-Macam AC Berdasarkan Kebutuhan

AC atau Air Conditioner memang bukan hal baru di dunia perangkat elektronika. AC terus menerus dikembangkan sesuai dengan fungsi dan peranannya masing-masing. Setiap perusahaan berlomba mengeluarkan merk AC terbaik dengan berbagai fitur di dalamnya. 

Pada dasarnya, Ada banyak jenis AC yang berkerja dengan fungsi masing-masing. Mulai dari AC inverter, Multisplit Air Conditioner, dan berbagai jenis AC lainya.

Dikarenakan setiap AC tersebut memiliki cara kerja dan fungsi yang berbeda. Sebelum membeli AC, sebaiknya kita harus mempastikan dulu kebutuhan kita agar lebih efisien baik dari kinerja AC sendiri maupun biaya yang harus dikeluarkan. 

Untuk itu, ada beberapa hal berikut ini yang harus kita ketahui tentang perbedaan di antara jenis-jenis AC tersebut berdasarkan kebutuhan, yaitu sebagai berikut:   

1. Untuk Kebutuhan Kantor
Untuk kebutuhan kantor dibutuhkan AC terbaik dengan tipe AC Split wall. AC ini menggunakan sistem indoor dan outdoor.  Pada indoor ini berfungsi sebagai  pendingin ruangan, sebaliknya untuk bagian yang outdoor berfungsi sebagai penyimpan kompressor AC. Cara kerja AC ini adalah refrigerant (freon) dipompa melalui koil pendingin melalui saluran (duck) yang dihubungkan melalui pipa conduit. Dalam proses instalasinya pipa ini menghubungkan unit indoor dan outdoor.

2. Untuk Kebutuhan Acara Tertentu
Pada suatu saat kita mengadakan sebuah acara, seperti pernikahan atau pesta yang lainnya. Terkadang kita bingung untuk memasang AC terbaik seperti apa yang bisa digunakan tanpa kita harus memasangnya secara permanen. 

Melihat kondisi seperti ini, ada satu jenis AC yang bisa digunakan sebagai solusi untuk memecahkan masalah ini, yaitu AC Standing Floor. AC ini sangatlah simple dibanding AC yang lainnya. Karena AC ini bekerja dengan hanya disambungkan ke listrik, dinyalakan dan kita sudah langsung bisa menikmati dinginnya AC standing floor.

3. Untuk kebutuhan Ruang Teater
Di bioskop atau theater pasti tertutup dan pengap, sehingga para pengusaha yang menjalankan bisnis pemutaran film ini memasang AC sebagai pendingin ruangannya. AC yang digunakan adalah tipe AC Cassete. AC ini dipasang pada plafon di ruangan. Hal ini bisa membuat suhu ruangan menjadi dingin secara merata karena AC Cassete ini memiliki empat sisi yang bisa mengeluarkan hawa dingin. Maka dari itu AC ini sangat cocok dan AC terbaik untuk dipasang pada area yang luas.

Jadi sudah jelas ya, bahwa tidak semua AC itu bisa kita gunakan disembarang tempat dan ruangan. Kita harus benar-benar paham tentang AC yang seperti apa untuk ruangan jenis apa. Jangan sampai salah memilih AC, karena salah memilih AC bisa berakibat pemborosan karena penggunaannya yang tidak tepat.

Diharapkan, semoga artikel ini memberikan sedikit penjelasan, supaya kita bisa lebih bijak ketika memilih AC, yaitu disesuikan dengan kebutuhan dan jenis ruangannya, supaya AC-nya bisa berfungsi maksimal.

2 komentar:

  1. Waah AC ternyata macam-macam ya Bang, kirain sama aja hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Dek, AC itu macam-macam disesuaikan dengan peruntungannya untuk apa.

      Hapus