Asyiknya Ngobrol Santai dengan Menteri BUMN




Saat diajak untuk menghadiri acara ngobrol santai dengan Menteri BUMN, jujur saya berpikir pasti acaranya akan penuh dengan aturan yang protokoler bangat sehingga akan bikin acaranya akan membosankan. 

Namun ternyata saya keliru, acaranya benar-benar santai bangat. Bahkan di saat  saya dan teman-teman Blogger tengah asyik menikmati makan malam, Bu Rini Soemarno selaku Menteri BUMN justru mendatangi kami dan mengajak ngobrol santai, Beliau ternyata sangat ramah, bahkan sabar bangat meladeni saya dan teman-teman Blogger yang minta foto bareng dengan Beliau. Iya dong, kapan lagi kesempatan ketemu dan foto bareng Bu Rini. Hehehe

Memanfaatkan kesempatan untuk foto bersama Bu Rini
Oh iya, acara ngobrol santai dengan Menteri BUMN, Ibu Rini Soemarno ini berlangsung kemarin Kamis, 5 Oktober 2017 yang diselenggarakan di taman tengah Gedung Plaza Mandiri, Jakarta Selatan. Dan pada acara ini panitia mengundang perwakilan publik seperti wartawan dan bloger untuk ngobrol-ngobrol santai dengan Bu Menteri Rini Soemarno.
Tempat ngobrolnya di taman tengah Plaza Mandiri yang asri
Namun sebelum memulai acara ngobrol santainya, para undangan dipersilahkan menikmati aneka hidangan nusantara yang sudah disediakan, seperti ada gudeg, sate, soto Betawi, dan sederet makanan lainnya.

Bu Rini mencoba icip gudeg sebagai menu makan malamnya
Sesuai dengan namanya, acara ngobrol santai ini memang dikemas sangat santai bangat. Jauh dari kesan kaku, bahkan Bu Rini terlihat sangat akrab dengan semua media, seolah tak ada jarak, bahkan suasana semakin asyik karena ditemani live music yang mengalun lembut menemani acara ramah tamah sebelum acara ngobrol santai dimulai. 

Usai makan malam, sekitar pukul 19.30 WIB, akhirnya acara ngobrol santai dimulai yang diawali dengan pemutaran dua video yang berhubungan dengan pencapaian BUMN selama ini. Dan yang menarik dari acara ini, ternyata Bu Menteri tidak hadir sendiri. Beliau ditemani pula oleh jajaran direktur BUMN, seperti direktur PLN, Wijaya Karya, Telkom, dan masih banyak lagi perusahan lainnya.
Ngobrol santai dengan Bu Rini di tengah taman

Maka setelah itu, Ibu Rini Soemarno pun langsung memulai membuka sesi tanya - jawab dengan para media yang hadir. Pertanyaan dari media mencakup beberapa hal tentang peran serta BUMN dalam pembangunan, khususnya saat pemerintahan Presiden Joko Widodo ini. Adapun pertanyaanya di antaranya sebagai berikut:

1. Pembangunan Jalan Tol
Saat ini pemerintah terus memacu pembangunan infrastruktur, salah satunya jalan tol. Dengan pembangunan jalan tol diharapkan dapat meningkatkan konektivitas yang cepat sehingga perekonomian nasional bisa tumbuh kencang pula.

Salah satu tol yang terus dipacu ialah Tol Trans Jawa. Dimana tol ini sendiri menghubungkan Jawa bagian barat sampai bagian timur. Jadi melalui pembangunan Trans Jawa ini tujuannya adalah memudahkan jalur lalu lintas dari wilayah Jakarta hingga Surabaya atau sebaliknya. 

Bu Rini menjelaskan mengenai upaya BUMN kembali menghidupkan pembangunan Trans Jawa, karena menurutnya saat pertama kali menjabat, hal pertama yang dipikirkannya adalah pembangunan Trans Jawa yang tak kunjung selesai dibangun sejak 1996 lalu itu akan dilanjutkan kembali. 

Ternyata permasalah yang menjadi kendala belum kelarnya pembangunan Trans Jawa ini setelah ditelusuri, ternyata terkendala banyaknya lahan yang belum bebas. Dan pihak swasta yang memegang akhirnya tidak mau menggarapnya. Kemudian Dirut Waskita Karya menyarankan untuk membeli izin yang dibeli swasta tersebut dan akhirnya kini kembali digarap. 

Dan Bu Rini memperkirakan bahwa progres pembangunan jalan tol Trans Jawa ini pada tahun 2018 nanti bisa menargetkan jalan dari Merak hingga Probolinggo Jawa Timur akan tersambung jalan tol sepanjang 1.270 Km.

Selain menyinggung Trans Jawa, Bu Rini juga membahas tentang Trans Sumatera, yaitu pembangunan tol Bakauheni ke Palembang yang diharapkan nanti bisa mempercepat pemerataan pertumbuhan ekonomi di daerah Sumatera.

2. Listrik
Setelah itu, pertanyaan berlanjut mengenai kelistrikan. Iya, listrik merupakan salah satu kebutuhan yang tak bisa kita pungkiri menjadi kebutuhan pokok saat ini, karena keberadaannya sangat memegang peranan penting dalam keseharian kita. Untuk itu, makanya topik ini langsung menjadi sorotan para awak media untuk mempertanyakannya. 

Dan Bu Rini pun memaparkan mengenai progres elektrifikasi di seluruh daerah di Indonesia. Berdasarkan catatan Kementerian ESDM, rasio elektrifikasi listrik Indonesia telah mencapai 92,8% hingga semester I - 2017.

Bahkan menurut Beliau, kini ketika Presiden berkunjung ke mana-mana, jarang warga yang mengeluhkan tidak ada listrik. Meski Bu Rini sendiri mengakui bahwa masih ada daerah yang belum tersentuh listrik, tapi itu lagi diusahakan secepatnya diselesaikan.

3. Konektifitas Fiber Optik
Dan seperti yang kita tahu bersama, kebutuhan kita akan internet kini menjadi begitu penting. Internet pun sekarang ini sudah menjadi kebutuhan pokok yang memegang peranan penting bagi kehidupan generasi modern sekarang. 

Untuk itu, kini pengembangan internet terus diupayakan supaya bisa menjangkau lebih luas hingga seluruh pelosok. 

Namun mengingat negeri kita adalah negara kepulauan. Maka kini pemerintah tengah getol untuk membangun jaringan serat optik agar seluruh daerah di Indonesia mendapat jaringan internet yang kencang. 

Sebab Bu Rini pun menyadari bahwa ketersediaan jaringan internet yang kencang dan stabil juga dapat memicu pertumbuhan ekonomi di daerah.

"Kita ingin konektivitas jaringan internet di daerah dapat dipastikan ada. Digitalisasi jadi salah satu cara masyarakat untuk berbisnis, kita ingin pertumbuhan ekonomi di daerah merata. Kami sudah minta Telkom bekerja keras untuk itu." ujar Bu Rini.

4. Komodo Bonds
Komodo Bond merupakan surat utang global berdenominasi rupiah yang akan ditawarkan di luar negeri. Ini merupakan surat utang global mata uang rupiah pertama yang diterbitkan Indonesia. Dimana pemilihan nama Komodo karena Komodo merupakan salah satu binatang yang bisa mencerminkan Indonesia ke mata dunia. 

Komodo Bonds pada dasarnya merupakan bond di luar negeri dalam rupiah. Selama ini belum pernah kita lakukan, ini pertama kalinya. Hal ini dilakukan karena banyak investor asing yang mau beli bond rupiah, tapi tidak mau transaksinya di Indonesia, maunya tetap di luar negeri melalui Euroclear

Indonesia mengambil langkah ini setah belajar dan melihat pengalaman dari negara lain yang sudah sukses melakukan hal ini. Sebagai contohnya India yang sukses menerbitkan Masala Bond, surat utang global mata uang Rupee, begitu juga dengan China yang menerbitkan Dim Sum Bond berdenominasi Renmimbi.

Maka dari itu, Komodo Bonds diharapkan nantinya dapat menjadi sumber alternatif pendanaan untuk pembangunan infrastruktur dalam negeri.

5. Perusahaan BUMN punya anak cucu
Dalam acara ini, Ibu Rini juga menyinggung tentang bertambahnya jumlah anak usaha BUMN yang disebabkan kegiatan anak perusahaan yang terus berkembang. 

Alhasil, kini banyak perusahaan yang memutuskan untuk membentuk anak usaha baru untuk memberikan fasilitas yang lebih baik, bahkan kini jumlah anak usaha miliknya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) jumlahnya mencapai 800 anak usaha. 

Bu Rini memberikan contoh "Seperti Semen Padang saat melakukan aktivitas ternyata tidak ada rumah sakit yang memadai jadi mereka bangun. Antam di Halmahera juga bangun. Ini harus distandarisasi kualitasnya, ini harus jadi BUMN rumah sakit." Tegasnya.

Meski begitu, kata Bu Rini yang terpenting adalah anak usaha BUMN memberikan keuntungan. Pasalnya, BUMN merupakan perusahaan negara. Untuk saat ini, Bu Rini menyebutkan akan dilakukan konsolidasi antar BUMN agar lebih efisien dan lebih baik dalam memberikan pelayanan kedepannya.

Seperti itulah beberapa topik yang menjadi pertanyaan para awak media pada kesempatan ngobrol santai bareng Menteri BUMN Ibu Rini Soemarno  yang bisa saya rangkum. 

Sungguh acara ini semakin membuka wawasan saya tentang bagaimana kinerja BUMN selama ini untuk terus meningkatkan pelayananya dalam berbagai sektor demi memberikan yang terbaik pada seluruh masyarakat Indonesia. Untuk itu, mari kita bersama-sama mendukung segala upaya baik pemerintah yang sudah dan sedang membangun berbagai fasilitas dengan ikut menjaga dan merawatnya dengan baik.
Bu Rini dikerubuni para awak media
Terus dan tetap semangat Ibu Rini serta semua para petinggi pemerintah yang berwenang untuk membawa Indonesia menjadi negara yang terus maju dan sejahtera. Jangan khianati kepercayaan seluruh rakyat. Tetaplah bekerja dengan jujur dan demi kebaikan rakyat.

Semoga Bu Rini berserta seluruh Jajaran dan semua perusahaan BUMN yang ada bisa terus menjalankan seluruh amanat rakyat untuk memberikan kehidupan yang lebih baik, adil dan merata untuk seluruh rakyat Indonesia. Sehingga semoga segala peluhnya dibalas oleh Tuhan dengan kabaikan hidup di dunia hingga akhirat kelak. Aamiin.... 


No comments:

Post a Comment