RHB TradeSmart with ARO Hadirkan Cara Mudah Berinvestasi Saham



Wejangan supaya tidak foya-foya menghabiskan gaji yang saya terima setiap bulan kerap dinasehatkan oleh orang tua saya. Iya mereka tak henti-hentinya mengingatkan saya supaya mulai memikirkan juga untuk mempersiapkan keuangan untuk masa depan, karena hal itu salah satu kewajiban dalam mempersiapakan masa depan yang cerah. Untuk itu, selama ini saya coba menyisihkan gaji saya dan menabungnya.

Dan beberapa waktu yang lalu seorang teman bercerita bahwa selain menabung, ternyata kita harus mulai berinvestasi dan menjadikan kegiatan tersebut sebagai keharusan untuk dilakukan. Pilihan investasi sendiri sangatlah banyak, kita bisa mulai dari membeli rumah, tanah, atau perhiasan, sampai membangun usaha.

Namun, kata teman saya masih ada satu instrumen investasi lainnya yang tidak kalah menggiurkan, tapi kerap dihindari oleh kebanyakan orang, yakni investasi saham di pasar modal. Karena menurutnya, invasetasi melalui saham ini memiliki potensi untuk berkembang yang besar, cara melakukannya juga sangat mudah, bahkan menabung saham memberikan nilai lebih dari sekadar nilai tabungan biasa.

Tapi, jujur saya tak memikirkan saran teman saya tentang investasi yang satu ini, karena saya sejujurnya tidak tahu menahu dan sangat awam dengan dunia investasi saham di pasar modal meski keuntungan yang dia ceritakan sempat membuat saya tergiur.

Dan mungkin banyak orang yang berpikiran seperti saya, bahkan menurut data dari otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukan bahwa tingkat literasi masyarakat Indonesia akan pasar modal serta tingkat utilitas produk pasar modal masih sangat rendah dibandingkan dengan Negara lainnya di Asia. Selain itu, menurut data dari BEI juga ternyata saat ini memperlihatkan investor pasar modal yang aktif di Indonesia hanya berjumlah sekitar 600.000 SID, sangat minim jika dibandingkan jumlah penduduk Indonesia. Padahal populasi di Indonesia serta banyaknya jumlah emiten yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) sebenarnya memberikan peluang yang sangat besar untuk pertumbuhan industri pasar modal. 

Namun saya masih terngiang sama ucapan teman saya itu, bahwa semua akan terlihat sulit ketika kita tidak mencoba terbuka dan terus menutup diri untuk menerima segala informasi, begitupun jika ingin terjun ke dunia saham ini, maka membuka diri dan banyak bertanya serta belajar pada orang-orang yang tepat, maka bukan mustahil kita bisa sukses di dunia saham.
Menghadiri acara Garnd Launching RHB TradeSmart
Untuk itu, pada hari ini Selasa (10/10/2017) saya sangat semangat untuk menghadiri undangan dari PT. RHB Sekuritas Indonesia (RHB Sekuritas) bagian dari RHB Banking Group yang merupakan group layanan finansial terintegrasi terbesar keempat di Malaysia, yang pada hari tersebut meluncurkan aplikasi perdagangan saham pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan fitur-fitur yang mempermudah kita dalam berinvestasi yaitu RHB TradeSmart With ARO.

Saya berharap dengan menghadiri acara ini, maka saya akan bisa mendapatkan banyak informasi menarik seputar dunia saham. Apa saja informasi yang saya dapat dari acara ini? Yok simak cerita saya dibawah ini. 


Apa itu RHB TradeSmart With ARO?

RHB TradeSmart with ARO

Aplikasi RHB TradeSmart with ARO ini merupakan sebauah aplikasi yang diprakarsai oleh PT. RHB Sekuritas Indonesia yang sengaja diciptakan untuk masyarakat sebagai wadah yang akan memberikan kemudahan akses atau rekomendasi saham secara mudah, cepat dan cerdas yang bisa digunakan dimanapun dan kapanpun karena terdapat fitur ARO (Assisted Robo Optimization)

Dimana keberadaan ARO (Assisted Robo Optimization) sebagai fitur RHB TradeSmart ini tentu akan membantu investor serta trader dalam mengambil keputusan untuk transaksinya. Dan fitur ARO ini memungkinkan kita untuk tetap bisa mengetahui hal-hal menarik yang terjadi di pasaran meski kesibukan sehari-hari membuat kita seringkali kehilangan momentum untuk melihat apa yang menarik dalam transaksi pasar hari itu, karena dengan fitur ARO, aplikasi RHB TradeSmart mampu memberi notifikasi real time sinyal saham kepada penggunanya, agar dapat mengetahui saham-saham apa saja yang trending pada perdagangan bursa hari itu sehingga kehadiran aplikasi RHB TradeSmart ini dapat membantu mengoptimalkan serta menjadi sahabat bagi para trader dan investor dalam bertransaksi.
Bapak Alpino Kianjaya
Senada dengan itu, dalam sambutannya, Bapak Alpino Kianjaya selaku Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa mengungkapkan bawah dengan hadirnya aplikasi RHB TradeSmart With ARO ini memberikan kemudahan pada orang-orang untuk mengetahui berbagai informasi dengan mudah sehingga transaksi akan semakin meningkat, jumlah investor akan terus bertambah karena sistem online akan sangat memungkinkan semua itu terjadi dibandingkan dengan cara manual.

Kehadiran era digital ini tentu tidak bisa kita hindari, makanya dituntut kretifitas dari para perusahaan yang berkecimpung di dunia saham untuk terus berinovasi menghasilkan aplikasi-apalikasi semacam ini untuk mempermudah masyarakat dalam memahami bagaimana berinvestasi dan berstransaksi saham yang mudah, cepat dan cerdas. Jika kini hanya 3.000 transaksi per hari tidak menutup kemungkinan dengan kehadiran aplikasi online seperti ini, transkasi bisa mencapai 1.000.000 transaksi per harinya. 

Bahkan Pak Alpino memberikan gambaran bagaimana perubahan yang terjadi ketika dulu saat masih manual dan setelah melakukan sistem online. “Dulu transaksi di Bursa 300 millar per hari karena saat itu belum remote, transaksi masih dilakukan di floor ini, dimana office harus telephone ke floor untuk input transaksi 300 milliar. Dan saat ini floor kosong karena kini transkasi bisa dilakukan dimanapun selama terkoneksi dengan inernet. Dan saat ini transaksi sudah mencapai 7,3 triliun per hari. Itulah bukti perkembangan teknologi.” Ungkapnya.

Pak Alpino pun mengungkapkan bahwa apa yang dilakukan oleh RHB Sekuritas ini sudah sangat bagus, semoga bisa menginspirasi perusahaan lain untuk ikut melakukan hal yang sama dengan menghadirkan aplikasi semacam ini.
Mr. Chan Kong Ming
Dalam sambutannya, Mr. Chan Kong Ming selaku Presiden Direktur PT RHB Sekuritas Indonesia mengungkapkan bahwa kehadiran RHB TradeSmart with ARO ini untuk memudahkan masyarakat yang ingin berinvestasi di saham. Melalui aplikasi ini, ARO merupakan fitur yang memberikan analisa teknis dan strategi investasi secara real time.

Dan aplikasi ini juga cocok bagi para investor pemula karena ARO ini bisa dijadikan sebagai belajar untuk menganalisa atas saham tertentu melalui fitur yang ditawarkannya. Selain itu, bagi investor berpengalaman pun, ARO ini akan menjadi penduan lanjutan atas investasi saham yang sudah ada. 

Jadi bisa dibilang, dengan adanya ARO ini maka setiap investor mau besar ataupun kecil akan menerima notifikasi yang sama, pada waktu yang sama, sehingga memberikan kesempatan yang merata bagi setiap orang untuk meraih keuntungan atas momentum investasi yang menarik karena bersifta real time.

Selain keunggulannya yang bersifat real time untuk mempermudah perdagangan dan transaksi secara online, aplikasi ARO ini juga memiliki berbagai layanan seperti berikut:
  • ARO Signal akan menginformasikan saham apa saja yang menarik untuk dibeli atau dijual sesuai kondisi pasar. Jadi di sini itu berisi saham-saham apa saja yang hari itu menjadi trading di pasar dan mnedapat trading signal BULL, HOLD, dan BEAR sehingga semuanya bisa mengetahui apa yang sedang HOT di pasar. 
  • ARO Library berisi indicator dan parameter tambahan yang lebih detail mengenai saham-saham yang mendapat notifikasi, sehingga para trader dan investor bisa memiliki trading plan yang lengkap agar dapat membantu dalam pengembilan keputusan transaksi. 
  • ARO Technical berisi parameter tamabahn Automatic Support dan Resistance untuk mndukung pengambilak keputusan dari trader terhadap sinyal rekomendasi ARO, sehingga dapat dijadikan panduan antrian beli atau antrian jual, maupun panduan harga support ataupun resistance saham, secara otomatis tanpa harus membuka chart yang kompleks. 
  • Real Time Notification akan memastikan setiap investor akan mendapatkan informasi secara real time.
Aplikasi RHB TradeSmart with ARO Sudah Resmi Diluncurkan

Selain itu, Peluncuran RHB TradeSmart with ARO ini juga merupakan bagian dari komitmen RHB Sekuritas untuk membantu BEI meningkatkan literasi mengenai pasar modal, mendorong masyarakat untuk memulai berinvestasi saham secara berkala dan membantu pertumbuhan pasar modal Indonesia.

Bahkan Mr. Chan mengungkapkan bahwa “Kehadiran ARO memang menjadi pembeda kami dengan aplikasi serupa lainnya. RHB Sekuritas memang senantiasa ingin menghadirkan layanan berbasis teknologi yang mampu memberikan layanan terbaik bagi para investor. Dengan pengetahuan dan informasi yang akurat dan factual seperti yang diberikan ARO, perdagangan saham bukanlah pertaruhan beresiko tinggi, namun menjadi langkah yang terarah dan penuh perhitungan. Mari kita bersama dorong kampanye ‘Yuk Nabung Saham’ untuk perekonomian masyarakat Indonesia yang lebih baik.”

Talk Show seputar Aplikasi RHB
Untuk menggali lebih jelas tentang aplikasi RHB TradeSmart with ARO ini maka diadakan talk show yang menghadirkan tiga orang narasumber yaitu Ibu Soesilowati Asalim selaku Head of Retail Equity and Branch Coordinator PT RHB Sekuritas Indonesia, Bapak Thomas Nugroho selaku Head of E-Broking PT RHB Sekuritas Indonesia, dan Mba Merry Riana selaku Duta RHB TradeSmart.
Narasumber: Ibu Susi (Kiri) Mba Merry Riana (Tengah) Bpk Thomas (Kanan)
Pada kesempatan ini Bapak Thomas menceritakan tentang bagaimana muasal lahirnya aplikasi ARO ini. Dimana ternyata ide ARO ini tercetus pada saat makan siang dengan rekan-rekannya, dimana berawal dari keinginan mereka tentang bagaimana caranya agar semua informasi bisa sampai pada semua nasabah secara merata. Maka lahirlah ide ini yang bisa memberikan informasi kepada semuanya pada saat yang sama, detik yang sama, dan tidak membedakan orang yang berada atau orang yang baru belajar, karena di Indonesia sudah seharusnya semua investor bisa menerima informasi secara bersama dalam waktu yang sama, kapanpun dan dimanapun mereka berada.

Nama ARO sebenarnya berasal dari singkatan, yaitu A itu yang menjelaskan All, sedangkan R menjelaskan bahwa itu RHB, dan huruf O mengartikan Officer. Jadi secara umum bisa diartikan bahwa ARO itu adalah sebuah persembahan dari seluruh orang-orang dari RHB. Namun ARO Sendiri dapat juga diartikan sebagai Assisted Robo Optimization.

Bahkan Pak Thomas menyinggung, bahwa keunggulan aplikasi ini yaitu bisa memberikan informasi secara detail dan real time tentang pergerakan serta perkembangan saham yang ada di pasaran sehingga mempermudah para investor untuk menganalisa pasar untuk menjaul atau membeli saham kapanpun dan dari manapun.

Dan tak ketinggalan, Ibu Susi juga menjelaskan bahwa bagaimana era digital ini harus membuat kita terus melek toknologi, tidak boleh menutup mata akan perkembangan teknologi seperti saat ini, dengan kehadiran aplikasi RHB saat ini bukan membuat para sales tersingkirkan, justru kehadiran aplikasi ini akan mempermudah kerja dari pada para sales. Bahkan Ibu Susi menjelaskan bahwa aplikasi tidak akan mungkin berjalan tanpa dukungan manusia yang menggerakannya, maka kehadiran aplikasi ini justru saling menguatkan kenerja mereka.

Namun Bu Susi menegaskan, bahwa kunci supaya para sales ini tidak ketinggalan informasi, maka mereka harus mau ikut berbagai training, workshop atau banyak menggali informasi dan terus belajar supaya tidak tergusur oleh era teknologi yang terus berkembang saat ini.

Dan pada moment ini pun, Mba Merry Riana juga turut hadir dalam acara launching aplikasi RHB TradeSmart with ARO ini menurutkan bahwa pada umumnya masyarakat masih ketakutan untuk berinvestasi dalam saham karena takut akan resiko yang terlalu tinggi. Padahal resiko itu muncul akibat kurangnya pengetahuan seseorang akan produk investasinya. 

Untuk itu menurut Mba Merry Riana, dengan adanya aplikasi RHB TradeSmart with ARO ini maka setiap orang akan mendapatkan kemudahan dari akses informasi yang sama untuk berinvestasi saham bagi orang-orang yang sangat sibuk untuk mengamati saham sekalipun karena aplikasi ini memberikan cara mudah berinvestasi karena bisa diakses dimanapun dan kapanpun.

Saat ini masih sangat sedikit orang yang terjun ke dunia saham seperti ini karena disebabkan beberapa faktor:  diantaranya minimlnya financial education, yaitu tentang bagaimana cara mengatur keuangan yang benar. Dimana pendapatan dalam sebulan tersebut, bukan kita hanya mikir bagaimana cara kerja keras untuk mendapatkan uang, tapi bagaimana cara cedas kita mengelolah uang tersebut.

Cara mengelola keuangan inilah yang menjadi masalah, tidak semua orang tau caranya, hal itu karena minimnya informasi dan perencanaan keuangan yang baik. Maka dengan kehadiran aplikasi ini kita bisa belajar cara mengelola keuangan, apalagi investasinya tidak terlalu besar, bisa kita sesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

Mba Merry Riana sendiri mengaku sudah mencoba langsung aplikasi RHB ini, dimana menurut beliau bahwa aplikasi ini sangat sesuai dengan taglinenya yaitu “Easy, Quick, Smart”. Aplikasi ini sangat mudah digunakan, gampang dimengerti penggunaanya bahkan informasi yang diperoleh melalui aplikasi ini sangat update dan real time. Sebagai gambaranya, perhatikan video berikut ini.

 


Cara memulai berinvestasi dengan RHB TradeSmart with ARO
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa dengan hadirnya aplikasi RHB TradeSmart with ARO ini maka kita yang awam sekalipun bisa memulai terjun kedunia saham. Lantas bagaimana cara memulainya?
Berikut ini langkah-langkah yang perlu kita lakukan jika kita ingin memulai investasi saham dengan aplikasi RHB TradeSmart with ARO:
  • Pertama tentu saja kita harus mendownload aplikasi RHB TradeSmart with ARO dengan kata kunci RHB TradeSmart ID di Google Playstore atau Apps Store
  • Lalu sign up dengan mengisi data diri sesuai dengan yang diminta dengan detail, lalu scan kartu tanda pengenal melalui kamera smartphone yang ada di aplikasi RHB TradeSmart ataupun melalui website rhbtradesmart.co.id
  • Setelah itu kita akan mendapatkan email yang berisi user name dan password sementara untuk membuka aplikasi
  • Jangan lupa untuk melakukan proses pembukaan rekening saham sesuai dengan aturan dari Bursa Efek Indonesia, hanya dengan Rp. 100.000 dan uang tersebut tetap untuk kita.
  • Setelah itu, tunggu proses verifikasi dari call center untuk melakukan verifikasi data dan proses Know Your Customer (KYC), sembari menunggu nomor dank ode investor dari KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia) dan Rekening Dana Investor (RDN) yang dikeluarkan oleh Bank-Bank ternama di Indonesia.
  • Dokumen lengkap akan dikirimkan sesuai dengan alamat yang kita berikan dari pihak Call Center RHB Sekuritas. Kita tanda tangan dokumen tersebut dan kirim kembali ke Kantor Pusat RHB Sekuritas Indonesia di Wisma Mulia Lt. 20 Jl. Gatot Subroto No. 42, Jakarta.
  • Setelah semua proses verifikasi dan data-data terlengkapi, maka kita dalam beberapa waktu akan menerima Investor ID (SID) dan nomor rekening investor (RDN).
  • Setelah itu kita sudah bisa melakukan transfer dana dan memulai trading saham dengan mudah dengan panduan ARO dimanapun dan kapanpun.
Ternyata hanya delapan langkah di atas kita sudah bisa untuk memulai berinvestasi di dunia saham. Saya merasa beruntung datang di acara ini, saya jadi mendapat luamayan gambaran tentang bagaimana berinvestasi di dunia saham, apalagi kini sudah ada aplikasi RHB TradeSmart with ARO ini yang semakin mempermudah orang awam sekalipun untuk belajar dan terjun dalam berinvestasi di dunia saham.
Yook download aplikasi RHB TradeSmart with ARO
Dan saya tertarik ingin mencoba belajar lebih lagi tentang investasi saham ini. Bagaimana dengan kamu kawan? tertarik untuk mencoba berinvestasi saham juga? Yook kita songsong masa depan yang cerah dengan berinvestasi di dunia saham.

“Tidak ada yang sulit,
orang gagal itu hanya disebabkan oleh
kurang action dan kurang belajar”
~ Merry Riana ~


Informasi lebih lanjut:
Call center: 021 – 2970-7000
Instagram: @rhbtradesmartid
Twitter: @RHBTradeSmartID

18 comments:

  1. investasi pun sekarang sudah bisa melalui aplikasi ya, saya masih mendatangi bank aja tiga tahun lalu untuk ikutan saham kecil-kecilan hehe

    ReplyDelete
  2. zaman makin maju ya kak jadi kalau mau investasi sekrang mudah banget asal mau belajar dan bertindak aja, keren nih untuk anak muda

    ReplyDelete
  3. Fitur ARO di aplikasi ini keren ya jadi kita ga asal trading gitu.

    ReplyDelete
  4. ARO ini inovasi bagus banget, karena membantu pemula jadi ada rekomendasi gitu harus ngapain.

    ReplyDelete
  5. Sekarang mau berinvestasi semudah menjentikkan jari ya? Asal mau cari tahu pasti bisa :)
    Selamat berinvestasi Awan

    ReplyDelete
  6. Jadi pengen lanjut buka rekening efek di RHB deh, supaya dibantu ARO :))

    ReplyDelete
  7. Jadi tertarik main investasi deh, dulu pernah latihan juga kan brg salah satu provider. Hehehe

    ReplyDelete
  8. Setuju banget sama quote terakhirnya Mas, tak kenal ya kenali dulu dengan belajar ya. Yuk belajar tentang saham :D

    ReplyDelete
  9. Hayooo Awaan, nabung saham. Sekarang kan udah ga ribet tuh kalo mau ikutan trading saham ��

    ReplyDelete
  10. Lunayan nih bisa mulai belajar investasi saham. Yuk ah nabung saham, biar buat investasi masa depan.Emang kalau belajar harus nyemplung dulu ya biar bisa paham dan ngerti

    ReplyDelete
  11. Saya juga sudah download nih Mas, mumpung masih muda..mau belajar saham pakai ARO yang fiturnya membantu banget buat pemula seperti saya.

    ReplyDelete
  12. waaaaah keren banget ya sekarang, nabung saham pun udah pake aplikasi yaaaaa. aku mau cobain juga aaaahh.. makasi infonya ya mas :D

    ReplyDelete
  13. Cadaaaasss banget quote Merry Riana itu. Suka aku! :D

    ReplyDelete
  14. Biar sukses seperti kata Merry Riana, kita harus banyak action dan belajar ya. Yuuk belajar saham

    ReplyDelete
  15. Hahaha, beda banget kali ya cara trading saham di bursa dulu dan sekarang. Sering dgr, kl dulu mau beli / jual, mesti telp brokernya dulu utk deal2an harga, skrg tinggal pake app aja :D

    ReplyDelete
  16. Dengan hadirnya inovasi teknologi di era digital semakin memudahkan, salah satunya investasi saham dengan Apps RHB TRADESMART With ARO, bisa memberikan aya tarik untuk generasi muda untuk berinvestasi saham

    ReplyDelete
  17. betul yaaa... tak kenal maka tak sayangg

    ReplyDelete
  18. Ternyata berinvestasi itu mudah ya. Dibenak saya kl mau investasi tu ribet ngurusnya. Ternyata mudah :)

    ReplyDelete