Kampanye #PijarIlmu Hadirkan Inspirasi Bagi Anak Bangsa


Kampanye Pijar Ilmu asuransi astra

Hidup tanpa ilmu laksana berjalan tanpa cahaya, yang terlihat hanya kegelapan. Sungguh sangat menyedihkan jika di era yang katanya kini modern, tetapi ternyata masih banyak anak-anak yang terlilit oleh keterbatasan dalam meraih pendidikan yang selayaknya.

Putus sekolah menjerat kaum miskin dimana-mana, bukan hanya mereka yang tinggal di pelosok-pelosok desa saja ternyata, namun putus sekolah juga menjangkiti anak-anak yang berada di kota-kota besar, termasuk di Jakarta yang katanya kota metropolitan ini.


“Ada 600 ribu anak Indonesia usia Sekolah Dasar (SD)
dan ada 1,9 juta anak usia Sekolah Menengah Pertama (SMP
yang tidak dapat menikmati pendidikan lanjutan.”
~Data UNICEF 2016~

Merasa prihatin dan terpanggil dengan hal ini, maka Asuransi Astra mencoba mengusir kegelapan yang selama ini merantai kaki anak-anak tak berdaya ini dengan sedikit asa dengan menebarkan inspirasi melalui kampanye sosialnya yang bertajuk #PijarIlmu.
Asuransi Astra program kampanye Pijar Ilmu
Bapak Iwan menjelaskan tentang kampanye #PijarIlmu
Untuk itu, kemarin saat ada acara Meet Up with Asuransi Astra, Bapak Iwan Pranoto selaku Head of Communication & Event Asuransi Astra menjelaskan bahwa saat ini Asuransi Astra kembali memberikan peace of mind namun kali ini terkait bidang pendidikan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional dengan mengusung kampanye sosial #PijarIlmu.

Dimana acara ini sesuai dengan visi dari Asuransi Astra yang selalu berupaya untuk memberikan peace of mind agar dapat dirasakan tidak hanya oleh jutaan pelanggannya, namun juga bisa dirasakan oleh masyarakat di sekitar lingkungan perusahaan.

Untuk itu, kampanye #PijarIlmu ini memberikan peace of mind kepada murid dan guru sekolah dasar agar semakin termotivasi untuk terus semangat berjuang menerjang kegelapan dengan terus rajin belajar agar anak-anak bangsa ini bisa benar-benar mendapatkan pendidikan yang selayaknya.

Sebab Asuransi Astra menilai, salah satu hal yang melatar belakangi putus sekolah adalah karena kurangnya motivasi, entah pada anak didik ataupun para guru yang menjadi tenaga pendidik. Untuk itu tercetuslah kegiatan sosial #PijarIlmu ini.

Kampanye #PijarIlmu ini sendiri terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan. Misalnya untuk meningkatkan motivasi para murid atau anak didik maka ada karyawan Asuransi Astra yang akan langsung turun menjadi relawan untuk memberikan kelas inspirasi bagi anak-anak.

Melalui kelas inspirasi ini anak-anak akan diajarkan banyak hal, termauk bagaimana memacu semangat dan memotivasi diri agar mereka berani bermimpi, berani bercita-cita yang tinggi, sebab seperti kata lagu lascar pelangi, bahwa mimpi adalah kunci untuk kita menaklukan dunia. 

“Banyak anak-anak yang takut bermimpi, untuk itu diharapkan dengan kampanye #PijarIlmu ini anak-anak berani bermimpi setinggi langit, bukan setinggi langit-langit.” Ungkap Pak Iwan.

Sedangkan untuk  guru atau tenaga pendidik maka akan ada jajaran dari managemen Asuransi Astra dari level manager hingga direktur yang akan turun untuk memberikan pelatihan manajemen kepemimpinan serta manajemen keuangan yang akan menjadi inspirasi untuk terus semangat memberikan pendidikan terbaik bagi murid-muridnya.

Bukan hanya itu saja, kampanye #PijarIlmu ini juga melakukan revitalisasi perpustakaan terkait, dimana hal ini dilakukan supaya perpustakaan di sekolah tersebut semakin bagus sehingga diharapkan bisa menarik minat anak-anak untuk rajin ke perpustakaan dan meningkatkan minat baca mereka sehingga mempunyai wawasan yang luas.

Kampanye #PijarIlmu ini sudah berlangsung mulai tanggal 9 April 2018 yang lalu dan rencananya akan berakhir tanggal 9 Mei 2019 mendatang. Dan Untuk daerah Jakarta, kampanye #PijarIlmu ini sudah dimulai 12 April yang lalu dengan memilih SD Negeri Wijaya Kusuma 02 Grogol Petamburan, Jakarta Barat sebagai sekolah pertama yang mendapat kesempatan merasakan keseruan kampanye #PijarIlmu ini.

Oh iya, kampanye #PijarIlmu tidak hanya berlangsung di Jakarta saja, akan tetapi akan merambah juga ke wilayah yang tidak berada di sekitar Asuransi Astra terutama yang berada di kota Majene, Jombang, dan Aceh Barat Daya.
Mba Meylin menceritakan pengalamannya menjadi relawan dalam memberi inspirasi kepada adik-adik di berbagai sekolah di Indonesia
Selain itu, dalam acar meet up ini, hadir juga Mba Meylin Chisilia yang merupakan salah satu dari anggota RUBI (Ruang Berbagi Ilmu) yang menjelaskan bahwa selama menjadi relawan bersama RUBI begitu banyak pengalaman yang didapatkannya dalam memberi kelas inspirasi di berbagai sekolah-sekolah yang didatanginya di berbagai daerah di seluruh penjuru negeri ini.

Pengalaman senang dan sedih tentu saja mewarnai perjalanannya, namun bagi Mba Meylin menuturkan bahwa berbagi Inspirasi bersama adik-adik di berbagai sekolah yang didatanginya itu sangat membuatnya “nyandu” untuk terus menebarkan inspirasi, tidak ada rasa puas selain ingin terus berbagi dengan sesama, karena berbagi itu membahagiakan.

Mari berpartisipasi dalam kampanye #PijarIlmu

Dan selama periode kampanye sosial #PijarIlmu ini, tenyata masyarakat juga bisa turut berkontribusi dengan mengikuti instagram photo contest #PijarIlmu yang diadakan melalui akun instgaram Asuransi Anstra @asuransiastra. Dimana dalam photo contest #PijarIlmu ini kita diminta untuk membagikan foto buku favorit beserta foto petikan kalimat paling inspiratif dalam buku tersebut.  Untuk hadiah dari photo contest #PijarIlmu ini ternyata bagus-bagus bangat loh, antara lain: kamera Sony a6000, kamera Xiomi Yi 2 4K, dan handphone Xiomi Mi A1.

Selain bisa ikutan photo contest #PijarIlmu, kita juga bisa ikut melakukan donasi buku juga loh, dimana nantinya buku-buku yang didonasikan tersebut dapat diberikan ke sekolah-sekolah yang memang membutuhkannya. Dan bagi teman-teman yang ingin mendonasikan buku maka bisa menitipkan donasinya di seluruh kantor cabang dan gerai Garda Center Asuransi Astra yang ada dimanapun berada.

Jadi, sungguh saya sangat salut dengan program kampanye sosial #PijarIlmu yang diadakan oleh Asuransi Astra ini. Saya doakan semoga program ini berjalan lancar dan semakain banyak anak sekolah dan gurunya yang kembali bergairah untuk terus belajar, dan bisa mengahalau segala kegelapan dengan cahaya #PijarIlmu yang terus menerangi.
Kampanye Pijar Ilmu bersama Asuransi Astra
“Hanya pendidikan yang bisa menyelamatkan masa depan.
Tanpa pendidikan, Indonesia tak mungkin bertahan.”
~Najwa Sihab~

No comments:

Post a Comment