Kreasi Buah Impor dalam Masakan Indonesia Untuk Ramadhan



Menurut saya Indonesia ini bisa dibilang surganya kuliner, karena setiap daerah memiliki kuliner yang begitu khas dan berbeda satu dengan yang lainnya. Kekayaan kuliner nusantara ini akan semakin terpampang nyata saat bulan ramadhan tiba, semua kuliner nusantara akan hadir ke permukaan, Bahkan berbagai sajian khas yang hanya hadir di bulan ramadhan pun akan bermunculan dan membuat kita terasa dimanjakan lidahnya dengan citarasa kuliner nusantara yang tak ada matinya.

Ngomong-ngomong apa sih menu buka puasa yang paling teman-teman rindukan saat berbuka puasa? Saya yakin setiap orang pasti jawabannya sangat beragam, terlebih setiap orang dari daerah yang berbeda pasti punya menu berbuka puasa yang juga beragam. Kalo saya sendiri sangat merindukan Sarabi Wotu Fare yaitu potongan sarabi yang disiram dengan santan kelapa dan gula merah lalu dicampur dengan padi yang goreng (mirip popcorn gitu), rasanya enak bangat.  

Dan berbicara tentang kuliner ramadhan, saya jadi teriangat acara Delightful Ramadhan Culinary yang diadakan oleh Kantor Duta Besar Amerika Serikat Urusan Pertanian dan Peka Consult di AMUZ Gourmet, kawasan SCBD - Jakarta Selatan yang saya datangin beberapa hari yang lalu (09/05/2019).

Peka Consult, Inc sendiri merupakan konsultan bisnis dan marketing yang berkedudukan di Jakarta yang mendistribusikan beberapa produk dari Amerika Serikat seperti Washington Apple, Kurma Medjool, USA Pears, Sunmaid untuk dipasarkan di Indonesia.
Bapak Kafi (Kiri) & Mr. Christopher (Kanan) menjelaskan tentang Delightful Ramadhan Culinary
Dan acara ini diselenggarakan dalam rangka untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Dan melalui momen ini Amerika Serikat ingin memberikan perhatiannya terhadap masyarakat Indonesia yang mayoritasnya muslim yang sebentar lagi akan menjalankan ibadah puasa sekaligus memperkenal produk-produk dari Amerika yang bisa dinikmati oleh orang Indonesia saat menjalankan puasa nantinya.

Untuk itu, Mr. Christopher P Rittgers selaku Counselor Foreign Agricultural Service dari United States Department of Agriculture untuk Jakarta menjelaskan tentang makanan yang selalu ada saat Ramadhan di Amerika seperti buah kurma dan aneka buah lainnya.

Menghadiri acara ini saya jadi mendapatkan banyak informasi baru dan sekaligus pengalaman baru dalam merasakan langsung beragam produk olehan dari Amerika yang ternyata benar-benar memanjakan lidah, mulai dari makanan berat, ringan, buah-buahan juga beraneka cemilan yang bisa menjadi referensi sebagai menu-menu selama ramadhan nanti.
Kafi Kurnia selaku Managing Director Peka Consult
Bapak Kafi menjelaskan tentang Kuliner Indonesia - Doc. Pribadi
Dan di acara ini hadir juga Bapak Kafi Kurnia selaku Managing Director Peka Consult, Inc sekaligus  Founder dari Sembutopia yang menceritakan mengenai jejak kuliner dan seni kuliner Indonesia sebagai Sebuah Takdir Kejayaan.

Bapak Kafi menjelaskan bahwa kuliner Indonesia memiliki “Takdir Kejayaan” di dunia internasional, seperti nasi goreng, aneka kreasi mie, aneka jenis kerupuk, kecap, martabak dan aneka kuliner lainnya yang kaya akan rempah-rempah dan teknik pengolahnnya yang luar biasa sehingga mencuri perhatian dunia.

Bahkan seorang ahli kuliner mengatakan bahwa keragaman dalam sajian kuliner Indonesia memang sangatlah kaya dan luar biasa. Begitu kayanya sehingga orang mudah bingung dan “keblinger” saat dihadapakan dengan beragam kuliner Indonesia yang bermacam-macam, berbeda dengan Negara tetangga kita yang lebih homogen atau sederhana. 

Dan uniknya lagi, walau di tengah keragaman yang semakin ramai, dalam sepuluh tahun terakhir ini restaurant Indonesia semakin naik daun, terus tumbuh dan populer. Hal ini terlihat dari lahirnya aneka restorant Indonesia yang modern dan kontemporer dengan kemawahan yang baru dan menjadi trend-setter yang kini kerap menjadi buah bibir yang diperbincangkan banyak orang.

Seperti yang kita semua tahu, bahwa seni kuliner Indonesia memiliki “jejak kekayaan” yang sangat banyak dan beragam, hal ini terlihat dari pemahaman rempah-rempah dan bumbu-bumbu hingga teknik pengolahan dan memasaknya. Sebagai contoh paling sederhanya adalah tempe yang merupakan salah satu “jejak kejayaan” seni kuliner Indonesia yang termuat dalam buku Serat Genthini di abad ke 16-17 sebagai produk ciptaan asli Indonesia, dan sedang diperjuangkan menjadi Warisan Budaya Dunia Unesco 2021 mendatang.
Chef Stefu menjelaskan menu yang bisa dikreasikan saat bulan puasa
Dan masih banyak lagi seni kuliner Indonesia yang memang mencuri perhatian banyak orang, dan melihat begitu kayanya Indonesia akan aneka kulinernya, ternyata mampu menginspirasi orang lain, dalam hal ini pihak Amerika untuk membuatkan aneka kreasi masakan khas Indonesia dengan menggunakan bahan-bahan dari tanah negeri Paman Sam ini. 

Hal terlihat dalam beberapa menu yang disajikan dalam acara Delightful Ramadhan Culinary dimana Chef Stefu mampu menghadirkan aneka kuliner yang kreatif dan inovatif yang sekaligus bisa menjadi referensi bagi undangan yang hadir tentang bagaimana membuat aneka menu selama bulan puasa mendatang.
Beberapa menu yang tersaji yang sempat dipotret - Doc. Pribadi
Dalam acara ini, Chef Stefu menghadirkan menu-menu yang sangat menggoda seperti: U.S Beef Sate Maranggi, U. S Mashed Potato & Spring Vegetables, Nasi Kuning Kecombrang, Braised U.S.A Beef in Raz El Hanout Spices, Salad Tuna Gofu with Apple Grany Smith, Sushi oncom & Leuncha, Cake Kurma, Martabak kentang, Archipelago Salad daun kenikir, dabu-dabu, Gulai Ayam kurma dan Washington Apple, dadar gulung isi kurma, kue talam dan kue lumpur Potato, dan masih banyak lagi sih serta tak ketinggalan Orange Fresh Twist yang segar.

Selain itu, di acara ini juga tersedia aneka buah-buahan segar yang asli dari Amerika, seperti Apel, Sunkist, Blueberries, bahkan ada juga korma loh. Dan saya baru tahu, tenyata Amerika punya kurma yang begitu enak, dan kurma yang ditanam di Arizona ini sangat unik karena tidak memiliki biji (tepatnya bijinya sudah dikeluarkan dengan menggunakan teknologgi khusus) sehingga memudahkan kita saat menikmatinya.
Buah-buah segar dari Negeri Paman Sam
Buah-buah segar dari Negeri Paman Sam - Doc. Pribadi
Kurma dari Amerika ini memiliki rasa manis yang pas dengan daging buah yang tebal sehingga sangat puas menikmatinya. Makanya sangat cocok bangat untuk dijadikan stok sebagai menu untuk berbuka puasa sebab kita tahu bahwa korma adalah salah satu buah yang dianjurkan untuk dimakan saat buka puasa karena memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan.
Manfaat buah Kurma Medjool
Kurma Medjool memiliki rasa manis yang pas dengan daging buah yang tebal
Dimana kurma diyakini mampu menghasilkan energi dengan cepat dan menormalkan kembali kondisi tubuh yang lemah karena penurunan kadar gula dalam darah ketika berpuasa. Makanya mengkonsumsi beberapa butir kurma saat berbuka puasa sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW karena memiliki manfaat yang bagus bagi tubuh.

Dan untuk mendapatkan Kurma Medjool ini tidak susah karena sudah ada di pasaran Indonesia makanya bagi teman-teman yang ingin merasakan kurma tanpa biji ini maka tidak harus terbang ke Amerika dulu, cukup membelinya di supermarket bahkan bisa juga beli di internet karena banyak juga yang menjualnya secara online.

***
    
Sungguh ini pengalaman yang seru bagi saya, bisa menikmati aneka makanan enak yang dikreasikan dari bahan-bahan berkualitas dan sekaligus jadi dapat ilmu tentang bagaiaman berkreasi untuk membuat makanan enak untuk berbuka puasa.

Terima kasih banyak Kantor Duta Besar Amerika Serikat Urusan Pertanian dan Peka Consult atas undangannya, sampai jumpa di event seru lainnya :)

1 comment:

  1. Saya jadi tahu ternyata varian buah dari Amerika banyak sekali ya, dan ketika dipadukan dengan masakan khas Indonesia rasanya menjadi semakin luar biasa.

    ReplyDelete