Kiat Jitu Menjadi Content Writer



Berpenghasilan tanpa harus meninggalkan rumah mungkin menjadi impian kebanyakan orang, termasuk saya. Iya pasti sangat menyenangkan ya bisa tetap menghasilkan tanpa harus meningalkan keluarga tercinta di rumah.

Iya kita bekerja tanpa harus pergi ke kantor seperti kebanyakan orang pada umumnya, jadi tidak ada cerita mengeluh karena terjebak macet berjam-jam di jam pergi dan pulang kantor.

Pekerjaan apa sih yang bisa dikerjakan di rumah? Salah satu pekerjaan yang bisa dikerjakan dari rumah adalah menjadi content writer.


Mungkin profesi content writer ini belum umum bagi sebagian orang, namun profesi yang satu ini semakin dilirik banyak orang saat ini. Content Writer sendiri murupakan sebuah profesi yang bertugas menuliskan artikel-artikel yang relevan untuk keperluan website-website tertentu sesuai dengan target pembacanya. Biasanya orang yang menekuni profesi ini sangat pandai menemukan ide dan merangkainya menjadi sebuah artikel yang bermanfaat.

Jujur saya sangat penasaran, bagaimanakah caranya supaya bisa menjadi seorang content writer itu?

Jadi kemarin tanggal 20 Oktober saya menghadiri talkshow yang diadakan oleh PT Citra Nusa Insan Cemerlang (CNI) yang berada di jalan Puri Indah Blok O2 No.1-3 Jakarta. Pada acara ini menghadirkan narasumber Teh Ani Berta yang merupakan seorang Blogger dan Founder dari Komunitas ISB yang membagikan tips tentang  bagaimana menjadi seorang Content Writer.

Teh Ani Bertha
Makanya, saat ini menjadi seorang content writer menjadi sebuah peluang yang sangat menjanjikan, mengingat pertumbuhan teknologi digital dan kebutuhan informasi yang juga terus meningkat, bahkan tak jarang masih banyak perusahaan, organisasi, media online, website institusi yang sangat perlu informasi dan publikasi kegiatannya sehingga mereka membutuhkan seorang content writer.

Bahkan content writer juga diperlukan oleh oleh para tokoh, pejabat, selebriti, atau pemangku kepentingan yang tidak mempunyai keterampilan menulis untuk menuliskan tentang kegiatan ataupun segala hal tentang mereka.

Dengan begitu, peluang yang bisa kita geluti misalnya kita bisa ambil menjadi freelance di media cetak atau online, atau bisa menjadi kontributor konten web perusahan, organisasi, institusi pemerintah atau kita juga menjadi ghost writer.

Bagaimana sih langkah menjadi kontributor website?
Untuk menjadi kontributor website ada beberapa langkah yang harus kita perhatikan, antara lain sebagai berikut:
  • Tentukan tujuan yaitu kita mau menjadi content writer untuk mencari penghasilan atau hanya sekadar sukarela.
  • Mengenali website atau portal yang diminati itu penting, supaya apa yang kita tulis nantinya bisa sesuai dengan kesenangan atau hobi kita itu pasti akan menyenangkan.
  • Berani mengajukan proposal penawaran kepada perusahaan atau organisasi yang sekiranya membutuhkan.
  • Kita juga bisa mengawalinya dengan mengisi content gratisan sebagai porto folio kita nantinya. 
  • Memanfaatkan kanal citizen journalism di media mainstream seperti Kompasiana, Indonesiana, Vilalog, Citizen6 dan lain sebagainya.
  • Mempromosikan hasil tulisan di sosial media kita sehingga semakin banyak orang yang membaca tulisan kita dan juga semakin banyak orang yang tahu kemapuan menulis kita.
Dan saat menjalankan tugas mengisi konten pada sebuah website, ada beberapa hal yang harus kita lakukan agar artikel yang kita tulis tersebut bisa bermanfaat dan juga menarik. Berikut ini adalah tips untuk menuliskan konten pada sebuah website, diantaranya sebagai berikut:
  • Kita harus menulis artikel minimal 500 kata dan maksimal 1000 kata
  • Gaya penulisan kita harus mengikuti gaya penulisan atau ciri khas website / portal tersebut
  • Tulisan reportase harus merujuk 5W (Who, What, Where, Why) 1 H (How) dengan mengikuti kaidah jurnalis lainnya. Misalnya tidak memasukan unsur opini dan perasaan, kecuali untuk feature story.
  • Atur jadwal update sesuai kesepakatan kerjasama.
  • Isi kanal-kanal website sesuai kategori yang dikuasai
  • Masukkan key words yang tepat
  • Baca kembali setelah menulis draft 
  • Gunakan foto yang high resolutions
Tapi perlu diingat menjadi penulis itu ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan, karena itu menyangkut kualitas dan profesionalitas seorang penulis yang baik. Sebaik penulis yang professional sebaiknya tidak melakukan hal-hal berikut ini:
  • Jangan melakukan plagiat / copy paste 
  • Jangan menggunakan bahasa alay dan banyak menggunakan singkatan
  • Jangan memasukan opini yang terlalu personal
  • Jangan masukan unsur untuk kepentingan pribadi
  • Jangan menyebut Brand secara hard selling tanpa persetujuan pemilih website / portal tersebut
  • Jangan mendiskreditkan orang lain
  • Jangan keluar dari Idealisme
  • Jangan menuliskan berita atau opini yang tidak sesuai dengan fakta atau terverifikasi.
Perlu dingat, jangan melakukan hal-hal di atas, karena itu bisa fatal nantinya. Untuk itu, membekali diri dengan ilmu kepenulisan yang baik tentu perlu kita lakukan, seperti mengikuti workshop atau pun sekolah jurnalis jika hal itu dirasa sangat perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas diri.

Dan sebagai penulis, terkadang kita akan berada pada posisi kekurangan ide atau kehabisan ide untuk sebuah tulisan, makanya kita perlu berburu bahan untuk menghasilkan konten dengan melakukan banyak hal, seperti, mengikuti workshop atau talkshow, mewawancarai narasumber, membaca buku, majalah, Koran, atau pun bisa dengan melakukan diskusi dengan teman-teman di forum secara live bahkan bisa juga datang ke berbagai event. Mungkin dengan serangkain hal tersebut maka bahan untuk menulis bisa kita dapatkan.

Apa sih benefit yang bisa di dapat menjadi content writer?  
Segala sesuatu yang dilakukan dengan sepenuh hati biasanya akan membuahkan hasil yang manis, makanya menekuni dunia content writer dengan kesungguhan hati pun bisa mendatangkan manfaat yang luar biasa.

Tidak hanya materi, berkat menjadi content writer kita akan merasakan banyak manfaatnya, diantaranya:
  • Bisa menjadi branding diri kita,
  • Menambah porto folio,
  • Menjadi social entrepreneur,
  • Menjalankan hobi yang menghasilkan,
  • Tulisan kita bermanfaat bagi banyak orang,
  • Bisa memperluas relationship dengan banyak orang,
  • Bisa mengupdrade ilmu setiap saat,
  • Bisa meningkatkan wawasan,
  • Menambah skill kita   
Gimana teman-teman, tertarik untuk menjadi seorang content writer?
Semoga setelah mengetahui tips dan manfaatnya seperti yang saya uraikan di atas, kita terus terpacu untuk memperbaiki diri dengan terus belajar menulis dan membuat konten yang bermanfaat, agar kelak kita bisa juga mejajal profesi sebagai content writer ini. Aamiin…

Terima kasih banyak CNI sudah menggelar acara talkshow yang seru ini, dan tak lupa terima kasih juga kepada Teh Ani Berta yang sudah mau membagikan kiat jitunya dalam menggeluti profesi content writer ini, semoga semangat dan motivasinya yang ditularkan kepada kami bisa memacu kami untuk terus belajar dan bisa menjadi content writer yang profesional pada suatu saat kelak. Aamiin...

8 comments:

  1. Waa aku pun pingin nih jadi content writer.. Apalagi sekarang udah gak ngantor, kalo jadi content writer lebih fleksibel ya waktunya dan bisa banget dikerjain di rumah.. :)

    ReplyDelete
  2. Content Writer, tantangan yg menarik ya! Udah dapet ilmunya niy, tinggal dipraktekin ajah Tipsnya.

    Semoga jalan menuju Content Writer terbuka ya Mas Awan. Aamin
    Yuukk kita bikin proposal ��

    ReplyDelete
  3. Pelajaran baru lagi niy. Apalagi buat aku yang masih baru kenal menulis setahun ini

    ReplyDelete
  4. Mas Awan cocok nih dengan pekerjaan content writer. Udah jago ngeblog, jago nulis juga di portal lain.

    ReplyDelete
  5. Enak y kerja dari rumah, bermanfaat pula. Ilmu kali ini bener2 bermanfaat y mas... Bisa buat memicu diri jadi lebih baik

    ReplyDelete
  6. Materinya bagus. Saya jadi mengingat Saat jadi SCW di salah satu perusahaan pengelola konten utk resto. Asyik kerjanya.

    ReplyDelete
  7. Saya pengen banget bisa mengikuti jejak mas imawan sebagai content writer. Tapi terkadang kesibukan bisa mengalihkan fokus untuk menjadi content writer.
    Tapi tetap saja, bisa membuat tulisan dan bermanfaat untuk orang lain masih menjadi daya tarik tersendiri.

    ReplyDelete