FWD LooP Hadirkan Produk Proteksi Lengkap Dengan Harga Terjangkau



Pernah nggak kalian tanya teman-teman kalian kenapa mereka tidak punya asuransi jiwa? Kalo saya sih pernah menanyakan hal tersebut, dan dari beberapa teman saya yang tidak punya asuransi itu rata-rata mengatakan bahwa asuransi itu ribet dan mahal, namun ada juga yang menganggap bahwa asuransi tidak begitu penting selama mampu menjaga pola hidup sehat.

Dan mungkin banyak juga di luaran sana yang berpikir begitu, padahal asuransi adalah sebuah solusi untuk membentengi diri kita dan keluarga dari hal-hal yang tidak kita inginkan, sebab kita tak akan pernah tahu apa yang terjadi, makanya menyiapkan payung sebelum hujan adalah tindakan bijak bukan?

Makanya saya tak heran ketika mengetahui bahwa angka penetrasi asuransi di negeri ini masih rendah, dan mengutip informasi dari Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ternyata sepanjang triwulan III-2017 menunjukkan pendapatan premi asuransi jiwa meningkat 20% menjadi Rp 139,27 triliun. Tetapi bila dirinci, maka total premi bisnis baru bertumbuh 21,2% (yoy) menjadi 84,16 triliun dan total premi lanjutan mencapai Rp55,11 triliun atau naik 18,2% (yoy). (1)

Namun peningkatan angka premi tersebut tidak sejalan dengan angka penetrasi dan jumlah agen asuransi yang belum menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Hal ini terlihat dari catatan pada  triwulan III 2017 yang menunjukan penetrasi asuransi masih berada di angka 2,99% dari Produk Domestik Bruto (PDB). Bahkan angka ini juga masih lebih rendah dibandingkan beberapa negara lain di wilayah Asia seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand yang sudah berada di level 5%.

Selain itu, data AAJI juga menunjukkan jumlah tertanggung perorangan mengalami penurunan, hal ini terlihat dari data yang tercatat sepanjang kuartal II 2017 bahwa jumlah tertanggung perorangan tercatat 17,66 juta jiwa, turun 7,65% dibandingkan kuartal II 2016 sebesar 19,11 juta jiwa. Dan Data AAJI juga mengatakan bawah jumlah tenaga pemasar asuransi jiwa berlisensi pada kuartal III/2017 adalah 520.281 orang. Jumlah ini masih terpaut jauh dengan target jumlah agen yang dicanangkan oleh OJK sebanyak 10 juta. (2)

Ternyata Melihat fenomena ini membuat PT FWD Life Indonesia (“FWD Life”) selaku pelopor asuransi jiwa berbasis digital di Indonesia merasa terpanggil untuk turut mencari solusi bagaimana agar penetrasi asuransi yang masih rendah tersebut bisa meningkat.

Untuk itu, pada 12 Februari 2018 bertempat di Empirica SCBD – Jakarta Selatan, FWD Life meluncurkan Asuransi FWD LooP, yaitu produk asuransi jiwa komprehensif dengan perlindungan lengkap termasuk manfaat kesehatan dan penyakit kritis dengan harga terjangkau.
FWD Life meluncurkan FWD LooP, produk asuransi inovatif yang memberikan perlindungan yang lengkap, harga terjangkau dan proses pembelian yang mudah.
Dan acara ini dihadiri oleh Bapak Choo Sin Fook (Direktur Utama FWD Life), Bapak Rudi Kamdani (Wakil Direktur Utama FWD Life ), Bapak Ade Bungsu (Chief Product Proposition & Sharia FWD Life) dan Bapak Hendra Thanwijaya (Direktur dan Chief Agency Officer FWD Life).

Dengan kehadiran FWD LooP diharapkan dapat membantu peningkatan angka penetrasi yang masih cukup rendah seperti yang disinggung di atas yaitu masih di angka 2,99% dari Produk Domestik Bruto. Dimana salah satu faktor penyebab rendahnya penetrasi asuransi di Indonesia adalah masyarakat menggangap bahwa produk asuransi jiwa rumit, sulit dipahami dan mahal.
Bapak  Choo Sin Fook
Untuk itu, FWD Life ingin mengubah cara pandang masyarakat selama ini yang menggap bahwa asuransi jiwa rumit, sulit dipahami dan mahal seperti yang dituturkan oleh Bapak  Choo Sin Fook selaku Direktur Utama FWD Life, “Visi kami adalah mengubah cara pandang masyarakat tentang  asuransi  dan kami  berkomitmen untuk  terus  berinovasi guna  menjawab kebutuhan masyarakat akan produk asuransi yang menawarkan perlindungan yang lengkap dengan harga yang terjangkau. Dan tentunya didukung oleh teknologi sehingga proses pembelian asuransi jiwa bisa semudah belanja online.”


Dan kini FWD LooP pun hadir sebagai asuransi jiwa komprehensif dengan perlindungan lengkap termasuk manfaat kesehatan dan penyakit kritis dengan harga terjangkau yang akan membantu masyarakat supaya bisa memiliki asuransi jiwa dengan mudah.
 
Bapak Ade Bungsu
Bapak Ade Bungsu selaku Chief Product Proposition & Sharia FWD Life menjelaskan FWD Life berkomitmen untuk menghadirkan diferensiasi unik dalam setiap produk yang diluncurkan. Dimana sebelumnya FWD Life pernah menghadirkan produk asuransi kecelakaan diri (personal accident) sebagai satu-satunya produk asuransi yang memberikan perlindungan untuk berbagai kegiatan berisiko tinggi, yakni BEBAS AKSI serta meluncurkan inisiatif Less Exclusion untuk menyederhanakan, mengurangi dan mengkombinasikan daftar pengecualian pada seluruh produk FWD Life. Dan pada tahun 2018 ini, FWD Life kembali hadir dengan produk terbaru FWD LooP.

“Pada tahun 2018 ini, FWD Life kembali hadir dengan produk terbaru FWD LooP yang menawarkan tiga kelebihan utama yakni value, fairness dan simplicity,” ungkap Bapak Ade. 

Adapun tiga kelebihan utama yang dimiliki oleh FWD LooP yaitu sebagai berikut:

1. Value (Perlindungan lengkap dan tidak menguras dompet)
Siapa sih yang tidak mau memiliki perlindungan yang lengkap tanpa menguras dompet? Semuanya pasti mau kan? Untuk itu, FWD LooP hadir dengan  harga  yang terjangkau buat kita, dimana harga preminya diatur sesuai dengan usia calon nasabah dengan empat kategori sebagai berikut:
  • IDR 250.000 per bulan untuk usia 18 - 25 tahun 
  •  IDR 500.000 per bulan untuk usia 26 - 40 tahun 
  •  IDR 750.000 per bulan untuk usia 41 - 45 tahun
  • IDR 1.000.000 per bulan untuk usia 46 - 55 tahun
Dimana dengan premi tersebut maka melalui FWD  LooP  maka kita bisa mendapatkan  empat  manfaat  asuransi,  yakni: manfaat meninggal dunia senilai IDR250 juta, manfaat meninggal dunia atau cacat tetap total karena kecelakaan senilai IDR125 juta, manfaat penyakit kritis senilai IDR125 juta dan manfaat penggantian biaya rawat inap sampai kelas kamar IDR500 ribu/hari.

2. Fairness (Perlindungan terbaik tanpa banyak ‘tapi’)
Dengan FWD LooP ini maka tidak  ada  pemotongan  biaya  di depan  dan  seluruh  uang  yang  dibayarkan  langsung diinvestasikan sejak tahun pertama. Jadi FWD LooP benar-benar memiliki sedikit pengecualian untuk memberikan perlindungan terbaik bagi nasabahnya.

3. Simplicity (Pengalaman nasabah yang didukung inovasi digital)
Dan yang asyiknya lai, FWD LooP ini adalah asuransi yang hadir dengan inovasi digital, jadi semuanya menjadi semudah belanja online, nasabah bisa dengan mudah mendapatkan dan mempelajari manfaat yang diberikan oleh FWD LooP secara online kapan saja dan dimana saja dengan bahasa yang mudah dipahami melalui www.fwd.co.id/FWDLooP.

Dan menyinggung tentang penggunaan inovasi digital tentu saja tidak terlepas dari data yang menjelaskan bahwa Indonesia termasuk Negara dengan penggunaan internet terbanyak di dunia, bahkan menurut Laporan Tetra Pak Index 2017 ternyata tercatat ada sekitar 132 juta pengguna internet di Indonesia. Sementara hampir setengahnya adalah penggila media sosial, atau berkisar di angka 40%. 

Dan Tetra Pak Index juga mengungkap bahwa tercatat ada lebih dari 106 juta orang Indonesia menggunakan media sosial tiap bulannya. Di mana 85% di antaranya mengakses sosial media melalui perangkat selulernya dan rata-rata masyarakat Indonesia menghabiskan sekitar 9 jam waktunya untuk bermain internet. (3)

Melihat kenyataan ini, maka  FWD LooP juga hadir dengan mengusung inovasi berbasis teknologi sesuai dengan minat masyarakat saat ini yang begitu doyan berinternet.
Bapak Hendra Thanwijaya
Senada dengan itu, Bapak Hendra Thanwijaya selaku Direktur dan Chief Agency Officer FWD Life pun menuturkan bahwa, “Salah satu kunci kekuatan FWD LooP adalah pada kombinasi jalur distribusi online dan keagenan yang mempersingkat dan mempercepat proses pembelian asuransi. Melalui jalur online, nasabah dapat terlebih dahulu mempelajari fitur produk dan manfaat yang ditawarkan kapan saja dan dimana saja. Setelah itu, nasabah yang tertarik dapat membuat janji bertemu dengan agen untuk menyelesaikan proses pembelian produk ditempat dan waktu sesuai keinginan nasabah. Penyederhanaan proses ini membuat proses berasuransi lebih nyaman dan efektif bukan hanya nasabah tetapi juga untuk agen kami.”

Jadi FWD LooP ini benar-benar menawarkan kemudahan, sebab kita bisa dengan cepat mendapatkan segala informasi melalui kombinasi jalur distribusi penjualan online dan keagenan guna menghadirkan pengalaman baru berasuransi yang mudah dan nyaman kapan saja dimana saja. Bisa dibilang bahwa FWD LooP ini semudah memesan  aplikasi  transportasi  online melalui  perangkat  mobile, jadi semua semakin praktis karena ada dalam genggaman kita.

Dan berikut ini perjalanan nasabah dalam membeli FWD LooP  baik melalui online maupun keagenan, yaitu sebagai berikut:
  • Melalui online yaitu calon    nasabah    mempelajari    fitur    dan    manfaat    FWD    LooP    melalui www.fwd.co.id/FWDLooP. Lalu kemudian jika  calon   nasabah   sudah   mengetahui   jumlah   premi   yang   akan   dibayarkan berdasarkan rentang usianya maka calon nasabah bisa  memberikan informasi mengenai data pribadi (nama, tanggal lahir, nomor telp, email dan lainnya), dan jika calon nasabah sudah setuju untuk melanjutkan proses pembelian, sesuai dengan ketentuan OJK mengenai prinsip mengenai nasabah (KYC), maka calon nasabah bisa langsung pilih tempat dan waktu untuk bertemu dengan agen di lokasi pilihan calon nasabah.
  • Bertemu dengan agen di lokasi pilihan calon nasabah yaitu calon nasabah bertemu dengan nasabah untuk mendapatkan penjelasan singkat mengenai FWD LooP dan calon  nasabah  akan  menyelesaikan  beberapa  pertanyaan  underwriting  yang diperlukan. Dan setelah memberikan  pernyataan  setuju,  Polis  akan  dikirimkan  melalui  online sesaat setelah proses pembelian diselesaikan bersama agen.
Sungguh FWD LooP ini memberikan kemudahan kepada nasabahnya karena mampu mempersingkat dan mempercepat proses pembelian asuransi dengan cara yang sangat praktis dan mudah. Jadi seharusnya tidak ada lagi alasan bagi masyarakat untuk tidak berasuransi, sebab kini sudah dikasih kemudahan seperti yang ditawarkan oleh FWD LooP ini.
FWD LooP ini semudah memesan  aplikasi  transportasi  online
Sudah saatnya kita bijak menyikapi hidup dengan melindungi diri dengan asuransi, sebab berasuransi adalah cara kita menjaga diri dan keluarga dari hal-hal yang tidak kita inginkan, jika bukan kita sendiri lalu mau mengharapkan siapa lagi? Asuransi bukan untuk siapa-saiapa tapi kebaikannya untuk kita sendiri.

Jika nasehat lama selalu mengatakan bahwa tidak baik menunda-nunda segala pekerjaan yang baik itu benar adanya, sebab semakin lama kita menunda maka semakin berat nanti kita menjalankannya. Begitu juga dengan berasuransi ini, semakin dini kita berasuransi maka biayanya pun semakin murah, dan semakin lama kita menunda maka biayanya pun semakin mahal nantinya.

Sudah saatnya kita bijak berasuransi yang cerdas sejak dini agar hidup selalu terlindungi dari hal-hal yang tidak kita inginkan. Dan Asuransi ibarat seperti sebauh payung yang akan melindungi kala matahari membara dan juga hujan yang mendera. Jadi kemanapun dan dimanapun kita akan berjalan aman tanpa cemas karena FWD LooP sudah menghadirkan produk proteksi lengkap dengan harga terjangkau.


Referensi:
  1. http://finansial.bisnis.com/read/20171216/215/718929/aaji-kinerja-kuartal-iii2017-asuransi-jiwa-masih-positif
  2. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20161118195303-78-173676/profesi-agen-diminati-jumlah-tenaga-pemasar-naik-163 
  3. https://inet.detik.com/cyberlife/d-3659956/132-juta-pengguna-internet-indonesia-40-penggila-medsos

19 comments:

  1. Benar Mas, dengan berasuransi adalah salah satu langkah kita untuk melindungi diri. Yang tepenting lagi adalah, saat melakukan pembelian asuransi itu adalah harga yang murah dan tidak ribet. Untungnya ada FWD LooP, ya.

    ReplyDelete
  2. Kalau semuanya sudah mudah dan akses informasi tentang FWD LooP sangat membantu banget buat orang yang butuh asuransi jiwa.

    ReplyDelete
  3. Asuransi lengkap dengan harga terjangkau yang perlu dicoba, memudahkan dan tidak ribet dalam proses pembeliannya. Semakin muda menyadari pentingnya asuransi semakin baik.

    ReplyDelete
  4. Bener banget, mas, Temanku juga awalnya banyak yang menganggap bahwa asuransi itu ribet bin njlimet. Tapi kayaknya kalau kenal FWD Life bakalan nggak kepikiran lagi seperti itu deh

    ReplyDelete
  5. Wewhhh jumlah pengguna internet di Indonesia 132 juta. Lah penduduknya aja diatas 200 juta ya. Wihhh berrti banyak juga yg mengakses via HP untuk ngebantu hidup. Makanya FWD LooP dari FWD ini melihat pangsa pasar yang apik ya. Secara jaman now rata rata orang kan pegang gadget, jadi kalau beli asuransi via HP pun akan makin gampang dong pastinya. Ga perlu khawatir lagi buku polishnya takut hilang atau sobek lah. Ga jamannn

    ReplyDelete
  6. Nah, aku banged tuch Mas dulu kalau ditanya tentang asuransi pasti bilangnya nggak mau ahh, mahal, klaimnya susah alias ribet plus belum butuh. Itu dulu sekarang udah sadar.. Heheh

    Jadi pemikiran yg kaya githu udah dihempaskan dengan produk FWD LooP ini ya Mas, sekarang zamannya berasuransi udah lebih mudah, cepat dan pastinya harga yg ditawarka terjangkau dan jelas pula. Aku akuin FWD Life ini memang beda dech!!

    ReplyDelete
  7. Gilak ya FWD LooP bisa bikin yang ribet jd semudah dan seterjangkau ini

    ReplyDelete
  8. Ini kayaknya asuransi yang paling murah deh yang pernah aku baca2 sebelumnya.

    ReplyDelete
  9. Enaknya FWD LooP, closing dan janjian sama agennya nggak harus di kantor dan pas hari kerja. Bisa lah yaa sambil hangout dan ngupi-ngupi di cafe.

    ReplyDelete
  10. Yuhu, kebanyakan orang emang ogah berasuranasi karena ribet dan belum perlu. Temen-temenku juga ada yang ebranggapan demikian soalnya, tapi mungkin kalau sudha berkenalan dengan FWD LooP akan beda rasanya hehe.

    Menikmati berasuransi dengan mudah dan harga terjangkau ya :) CUcok lah ya buat generasi milenial.

    ReplyDelete
  11. sedia payung sebelum hujan, sedia proteksi sebelum terjdi hal2 yang tdk diinginkan. ternyata tingkat penetrasi indonesia masih rendah banget ya cuma 2.99%, Fwd dgn program2ny termasuk Fwd Loop membantu agar kita sadar bahwa proteksi itu gak ribet dan yang paling penting asursnsi penting untuk diri kita.

    ReplyDelete
  12. Asik yaa. Ini jadi ngingetin aku deh sama sistem COD an nya e-commerce. Janjian buat transaksi sesuai dengan kesepakatan. Simpel gtu sepraktis metode belanja online. I LooP you full FWD life <3

    ReplyDelete
  13. ribet dan mahal yang bikin ngeselin akuntahu nih FWD Loop terdepan dalam kemajuan inovasi

    ReplyDelete
  14. bener banget kak, aku dulu berpikir kaya gitu. tapi makin kesini aku makin sadar akan pentingnya proteksi diri. cari -cari asuansi yang pas dan lengkap, eh ketemu FWD Loop. paket komplit deh yaa

    ReplyDelete
  15. Mungkin yang belom berasuransi belum memikirkan masa depan secara matang. Hehehe, kalau mau terlindungi memang harus berasuransi

    ReplyDelete
  16. Lagi-lagi, Makin betah berasuransi di fwd life, selain terjangkau, membeli asuransi nya pun mudah. Ahhhh

    ReplyDelete
  17. harganya terjangkau, inovasinya terdepan, gilaaa lengkap banget yaaa!

    ReplyDelete
  18. Terjangkau bgt ya mas harganya. cakeep lah

    ReplyDelete
  19. asuransi jadi langkah awal melindungi diri kita. Semoga diri kita selalu aman dan sehat, jadi semakin mudah menjalani hidup ini

    ReplyDelete