The Bale Restaurant Tawarkan Makanan Sehat dan Pesona Alam yang Indah



Hiruk pikuk Ibu kota yang selalu macet, bising dan penuh polusi kerap membuat saya merasa ingin menyepi sesaat, pergi ke suatu tempat yang bisa memberikan rasa nyaman dan tenang. Untuk itu beberapa waktu yang lalu saya memilih pergi ke Bandung.

Ya, kota Bandung menjadi pilihan saya sebab tidak terlalu jauh dari Jakarta, tapi bukan di  Bandung kotanya yang menjadi tujuan saya, langkah saya melipir agak kepinggir sebab saya ingin mencari tempat yang nyaman dan juga tenang untuk sejenak rehat.

Dan sampailah saya pada suatu tempat baru, udara dingin tiba-tiba menyergap meskipun saat itu siang hari, saya merapatkan jaket saya, dan membiarkan mata saya seketika menikmati pemandangan yang menghamparkan hijau segar sejauh mata memandang. 

Rupanya saya sampai di tanah Lembang, tempat yang memiliki pesona yang begitu memikat. Di sini terhampar pemandangan indah dengan hutan dan gunung yang menawarkan pemandangan yang sangat cantik, makanya tak heran Lembang menjadi destinasi wisata favorit yang kerap dikunjungi banyak wisatawan.

Dan tempat yang menjadi tujuan utama yang saya datangi adalah Mulberry Hill by The Lodge, sebab ada rasa penasaran yang mengiring langkah saya hingga bisa tiba di sini. Saya mendengar ada sebuah restaurant yang memiliki konsep unik yang ada di kawasan Mulberry Hill ini dengan menghadirkan makanan sehat namun berada di tengah hutan pinus yang sejuk.

Ya The Bale Restaurant itulah nama restaurant yang saya datangin, dan restaurant ini baru launching pada Jumat (23/02/2018) silam yang juga dihadiri oleh Sang Diva Titi DJ dan juga Edi Brokoli serta sederet undangan lain yang juga hadir memeriahkan acara launching restaurant ini.


The Bale Restaurant tawarkan pesona alam yang indah

Tampak Hadir Ibu Heni Smith & Titi DJ di acara Launching The Bale Restaurant
Restaurant berbentuk pendopo bernama The Bale Restaurant yang terletak di Muberry Hill By The Lodge hadir dengan menawarkan keistimewaan yang begitu menggoda. Bukan hanya dari namanya, tetapi bentuk restaurant dan letaknya yang berada di ketinggian 1.300 mdpl menjadi daya tarik tersendiri bagi saya, jadi tempat ini sangat cocok bagi saya yang merindukan suasana yang tenang dan nyaman.

Namun untuk sampai di lokasi The Bale Restaurant di Mulberry Hill By The Lodge ini, saya harus berganti sepeda motor di parkiran bawah dengan mobil yang disediakan pihak Mulberry untuk sampai di tempat The Bale Restaurant yang terletak di atas puncak. 

Jalanan terjal dan menanjak mendominasi perjalanan menuju restaurant ini, namun hamparan perkebunan yang luas yang berada di sisi kiri dan kanan jalan membuat mata saya seolah dimanja oleh hijaunya tanaman yang tumbuh subur dengan udaranya yang sangat sejuk.

Dan hanya beberapa menit akhirnya saya berada di titik tertinggi di Cibodas ini. Ya, The Bale Restaurant ini pun menawarkan view 360 derajat yang menghadirkan keindahan panorama alam yang begitu menawan. Saya seketika dibuat takjub dan terkagum-kabum dengan pemandangan yang saya lihat di sini.
Tampilan dan suasana The Bale Restaurant yang sangat asri dan sejuk
Sejauh mata memandang, saya melihat gugusan gunung-gunung menjulang, dan terdapat sekitar lima gunung yang bisa kita nikmati keindahanya saat berada di sekitar restaurant ini, diantaranya Gunung Bukit Tunggul, Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Burangrang dan dua gunung lain lagi yang saya lupa namanya.

Dan di The Bale Restaurant ini juga dihiasi oleh pohon pinus yang berjejer rapi, membentangkan keindahan dan keasrian alam yang sangat nikmat disalami. Iya, saya memang salama ini hanya melihat pohon pinus melalui media cetak dan elektronik, makanya ketika benaran bisa berjalan di bawah keteduhannya itu sesuatu yang sangat menyenangkan buat saya. Sejuknya!

Dan dari kejauhan saya melihat sekumpulan anak-anak sedang asyik bermain-main, tampak mereka asyik bergumul dalam tawa dan canda. Saya melihat keriangan dalam wajah-wajah mereka, saat bermain lompat tali dan juga ular naga panjang. Dan saya juga kangen dengan masa-masa itu, bermain dengan teman-teman di alam terbuka, berlarian dan tertawa bersama. Sungguh sangat menyengkan. 
Bermain bebas di antara rimbunan hutan pinus
Jadi jika bawa anak-anak menikmati makan di restaurant ini, maka anak-anak pun sepertinya akan bebas berlarian dan bermain sepuasnya, dan cara ini bisa menjadi solusi bagi anak-anak agar bisa lepas dan tidak ketergantungan dengan bermain gadget. Jadi tempat ini, bisa sekalian memberikan hiburan dan edukasi bagi pengunjungnya.

Selain itu, di tempat ini kita juga bisa melihat dan kasih makan kelinci di animal feeding, melihat keindahan bunga mawar di rose garden, bermain panahan, melihat dan memetik sayur di organic farm, bersepeda, mengendarai ATV, Trekking, merasakan hangatnya api unggun, bahkan menikmati keindahan malam yang bertaburan bintang serta sederet aktifitas lain yang akan memberikan pengalaman yang sangat penyenangkan.
Menikmati keindahan alam dan susana di sekitar The Bale Restaurant
Dan bagi yang ingin menikmati malam di Mulberry Hill by The Lodge ini juga disedikan beraneka Villa dengan ukuran dan kapastias yang berbeda-beda untuk menginap, bahkan disediakan juga Camping Ground yang akan memberikan pengalaman seru karena bisa lebih dekat dengan alam Lembang.


Mengunjungi kebun sayur organik di Organic Farm

Kehadiran The Bale Restaurant pada dasarnya ingin memberikan tempat makan dan berkumpul yang menyenangkan bagi siapa saja melalui konsep restaurant yang mengusung gaya hidup sehat dengan menyajikan makanan organik dan sekaligus memanjakan pengunjungnya dengan udara segar dan pemandangan alam yang indah. Sebab Ibu Heni Smith selaku pemilik Mulberry Hill by The Lodge sangat menjujung tinggi gaya hidup sehat yang diawali dari makanan dan lingkungan yang sehat.

Jadi The bale Restaurant ini mempunyai Organic Farm yang digunakan untuk menanam sayur-mayur dan masih berada di kawasan Mulberry Hill ini.  Terdapat lebih dari sepuluh macam sayuran yang ditanam secara organik, seperti bayam jepang, tomat, buncis, brokoli, sawi dan jenis sayuran lainnya. 
ankea macam sayur ada di Organic Farm milik The Bale Restaurant
Tapi yang bikin asyik berkunjung ke Organic Farm ini ini adalah para pengunjung diberikan kesempatan untuk melihat, memilih, dan memetik langsung sayuran di Organic Farm sebelum dimasak oleh para chef terbaik The Bale Restaurant. Sungguh ini pengalaman baru yang menyenangkan yang belum pernah saya lihat di restaurant lain manapun.

Disebut sebagai sayuran organik tentu saja karena proses budidayanya mulai dari ditanam, dirawat hingga panen maka sayur tersebut tidak menggunakan pestisida dan bahan-bahan kimia, sehingga hal ini saangat bagus bagi tubuh kita. 

Emang apa sih kelebihan sayuran organik? Saya pernah membaca sebuah artikel, bahwa sayuran organik itu memiliki banyak kelebihan yang baik bagi lingkungan dan tubuh kita, antara lain:
  • Sayur organik bisanya lebih segar dan tahan lama sehingga walau disimpan pun akan bertahan lebih lama maka dengan begitu bisa sekaligus meminimalisir penggunaan bahan pengawet. 
  • Sayur organik memiliki kandungan gizi yang tinggi seperti kandungan zat besi, karotena, serta vitamin C dan kandungan lain sebagainya sehingga sangat bagus untuk dikonsumsi karena tidak terkontaminasi bahan kimia dan pestisida berbahaya. 
  • Sayur organik memiliki rasa yang lebih enak dan renyah karena tidak mengalami pengaruh dari berbagai bahan kimia dan pestisida. 
  • Sayur organik bisa sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas seperti untuk menurunkan resiko penyakit kanker dan jantung karena memiliki 50% lebih banyak antioksidan daripada sayuran non organik. 
  • Sayur organik meningkatkan sistem imun tubuh karena terdapat lebih banyak kandungan vitamin dan mineral sehingga mampu meningkatkan kekebalan tubuh. 
  • Sayur organik membuat lingkungan menjadi lebih sehat karena lingkungan akan terhindar dari paparan polusi (udara, air dan tanah) yang disebabkan oleh bahan kimia dalam proses pertanian.
Jadi sangat jelas ya, sayur organik itu sangat bagus bagi tubuh dan juga lingkungan di sekitar kita. Sungguh saya sangat kagum dengan Ibu Heni Smith yang sudah begitu peduli akan hal ini dengan menghadirkan sayur organik melalui The Bale Restaurant ini. 

Oh iya, bukan hanya sayuran loh yang ditanam dan dirawat secara organik, tetapi ada ayam juga yang diternak secara organik di sini. Namun untuk daging dan ikan masih belum karena cara merawatnya yang mungkin masih susah, tapi ke depan akan secara bertahap The Bale Restaurant akan menghasilkan daging dan ikan organik sendiri, kita tunggu saja ya.


Lantas seperti apa menu yang ada di sini?

Selain itu, The Bale Restaurant pun hadir dengan memberikan aneka menu yang sangat menggoda dalam setiap sajian makanan yang dihidangkannya, dan yang saya suka juga dari restauran ini adalah karena tetap mengunggulkan cita rasa nusantara yang sesuai selera orang Indonesia. Seperti ada Nasi Goreng Kecombrang, Nasi Kampoeng ala The Bale, Cheese Chicken, Steak Salmon, Fish Steak Asparagus, Soup, Salad, Pasta dan aneka menu lainnya yang tak kalah menggoda.

Dan pada kesempatan ini saya mencoba mencicipi salah satu menu special dari The Bale Restaurant yaitu Nasi Goreng Kecombrang yang ditaburi ikan teri, emping dan empal. Yummy bangat!
Nasi Goreng Kecombrang dan Sop Iga - Doc. Teh Nchie Hanie
Nasi goreng kecombrang ini ternyata sensasinya unik ya, rasa kecombrangnya sangat terasa di lidah saat pertama kali dikunyah tetapi justru disitulah letak kelezatannya, belum lagi rasa gurih ikan asin membuat semangat makan menjadi semakin lahap saja. Alhasil, tanpa terasa sepiring nasi goreng kecombrang inipun ludes dalam waktu yang tak lama. hahaha

Sedangkan untuk minumannya banyak pilihan sih, mulai dari air putih, infused water, jus buah segar, wedang, dan masih banyak lagi aneka minuman lainnya. Dan pastinya ada aneka cemilan dan potongan buah segar yang juga dihidangkan untuk dinikmati di sini. Dan untuk harga yang ditawarkan The Bale berkisar melalui menu-menu makanannya berkisar antara Rp 35.000 - Rp 125.000.

Untuk kapasitas resto ini sendiri bisa menampung sekitar 85 orang untuk indoor dan sekitar 100 orang untuk outdoor. namun untuk suasana ruangan yang indoor tidak begitu tertutup karena memang konsepnya seperti bangunan bale pada umumnya. Dan jika saya disuruh pilih mau duduk di indoor atau outdoor maka saya lebih memilih duduk di outdoor supaya bisa lebih menyatu dengan alam dan sambil menikmati pemandangan yang ada di sekitar restaurant ini lebih leluasa.
The Bale Restaurant hadirkan suasana makan dan berkumpul yang asyik
Dan yang asyik juga di restaurant ini, ada live musik yang mengalunkan lagu-lagu yang merdu, sehingga perpaduan suasana restaurant yang nyaman dan lagu yang mendayu merdu membuat suasana bersantap di restaurant ini semakin asyik.

***
Jadi buat teman-teman yang ingin berjalan-jalan menikmati keindahan alam sembari berburu kuliner yang unik namun enak, maka bisa bertandang ke Cibodas dan menjadikan The Bale Restaurant ini menjadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi bersama sahabat, keluarga dan orang-orang tercinta.

Dan silahkan teman-teman datang dan merasakan sendiri bagaimana cantiknya tempat ini sembari mencicipi makanan sehat ala The Bale Restaurant, dan jujur saya pribadi pengen balik lagi suatu saat nanti ke sana, pengennya mengulang bersama seseorang yang special. :)

Alamat Lokasi:
The Bale Restaurant - Mulberry Hill by The Lodge, Jl. Maribaya Timur No. 1 RT.01 RW.10 Desa Cibodas, Lembang, Kabupatan Bandung Barat – Jawa Barat 40391.


Informasi lebih lanjut:
·         Website: www.mulberry-hill.com
·         Facebook: @mulberryhillbythelodge
·         Instagram: @mulberryhill_bythelodge
·         Twitter: @MHbythelodge

6 comments:

  1. Whuaaa..aku tuh suka nasi kecomrangnya,,masih terasa banget wanginya itu loh.
    Makan di tengah alam, suasana yang adem, duuh bawaannya lapeer mulu ya Awan, bolak balik dah nyemil eeaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teteeeh kayanya kita kudu mengulang makan-makan di The Bale lagi deh. Makanan juga viewnya ngangenin hehehe

      Delete
  2. Wah ngeliat suasana restoran langsung kehipnotis.. bawaannya pgn ke sana aja. Gila, keren ini sih. Wajib bgt jadi destinasi kunjungan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayoo Mas cobain sendiri makan di sini pasti seruuu hehehe

      Delete
  3. Replies
    1. Iya Mba Mechta, semoga Mba bisa cobain masakan dari The Bele ya kapan-kapan hehehe

      Delete