Fairy Garden Tempat Berlibur Asyik untuk Eksplorasi Kreatifitas Anak



Dunia anak-anak adalah dunia bermain, maka sudah selayaknya kita sebagai orang tua membiarkan mereka berlarian bebas, dan melepaskan mereka melakukan apapun yang mereka mau, dan juga membiarkan mereka berani berimajinasi sesuka hati mereka, namun tentu saja dalam batasan yang masih wajar.

Saya sangat beryukur dulu lahir di desa, sebab di sana terbentang banyak tempat bermain yang lapang, tidak dengan anak-anak zaman sekarang, terlebih mereka yang tinggal di kota-kota besar, ruang bermain begitu langka, bahkan tak jarang banyak anak-anak yang memilih bermain di tengah jalan, di lorong-lorong gang, dan itu sangat membahayakan mereka.

Tapi begitulah keadaan zaman sekarang, tempat dan ruang bermain yang semakin tergusur mau tidak mau memaksa anak-anak kesulitan untuk bermain, sehingga membuat mereka terjebak dengan permainan yang tersaji di smartphone atau internet sebagai pelariannya.

Padahal kita sangat sadar, bahwa anak-anak yang kecanduan bermain smartphone ini sungguh tidak baik bagi kesehatan mereka, karena bisa menyebabkan anak-anak menjadi obesitas karena kurang bergerak. atau mereka menjadi sulit berkonsentrasi menerima pelajaran di sekolah, dan membuat mereka menjadi malas belajar dan bergaul dengan orang-oranng di sekitarnya.

Merasa prihatin dengan kondisi seperti di atas, maka Ibu Heni Smith yang sudah sukses membangun lokasi wisata The Lodge Maribaya kini kembali berencana untuk membuka kawasan wisata khusus bagi anak-anak yang diberi nama Fairy Garden.

Sebab dari pantauan Bu Heni pun, bahwa The Lodge Maribaya itu awalnya untuk orang dewasa, tapi ternyata masih banyak wisatawan yang datang bersama keluarga dan membawa anak-anak mereka. Jadi Ibu Heni melihat di situ si anak tidak dapat bermain dan menyalurkan hobi mereka. Maka dari itu Bu Heni merasa terpanggil untuk membuat tempat wisata yang dapat memfasilitasi anak-anak untuk mengekspresikan diri mereka sesuai usianya.


Fairy Garden hadirkan tempat bermain yang asyik untuk anak-anak

Press Conference (Kiri - Kanan: Bpk. Alex, Bpk. Deden, Ibu Heni, Ibu Anya) - Doc. Pribadi
Pada saat press conference yang berlangsung pada hari Sabtu (24/02/2018) yang lalu, Ibu Heni Smith tampak hadir dengan menggandeng sederet orang-orang hebat di bidangnya masing-masing seperti, mengajak Ibu Anya Madyadipoera yang merupakan owner NuArt yang juga merupakan putri sulung Nyoman Nuarta yang dikenal dengan mahakarya patung di Garuda Wisnu Kencana Cultural Park, Bali.

Selain itu ada juga Bapak Deden Siswanto seorang desainer terkenal yang akan menyiapkan busana-busana khusus yang memadukan desain tradisional dan kontemporer yang bisa digunakan di Fairy Garden nantinya. Dan hadir juga Bapak Alex sebagai arsitek yang akan pembangunan kawasan wisata Fairy Garden di The Lodge Maribaya Lembang, Bandung ini nantinya.

Semua orang hebat ini akan berkolaborasi untuk mewujudkan lahirnya kawasan wisata yang nyaman dan aman bagi anak-anak dengan membuat destinasi wisata kelas dunia yang menggunakan semua produk lokal namun tetap bercitarasa internasional.


Nantinya, lewat Fairy Garden ini, anak-anak akan diajak untuk belajar mengeksplorasi indera mereka dan menuangkan kreativitasnya di berbagai aktivitas yang ditawarkan oleh Fairy garden ini. Selain itu, diharapkan dengan hadirnya Fairy Garden ini dapat membantu meringankan kejenuhan anak-anak dan menjauhkan mereka dari gadgets, sehingga diharapkan nantinya dapat membantu menemukan minat anak dan memberi ruang berinteraksi dengan teman-temannya seperti seharusnya.
Keseruan di acara pres conference Fairy Garden - Doc. Pribadi
Untuk itu, rencananya Fairy Garden ini akan dibangun di atas lahan seluas 2 hektar, dengan menghadirkan sebuah istina megah (Fairy Castle) yang menjadi bangunan utama dan segaligus sebagai gerbang utama untuk masuk ke dalam wisata Fairy Garden ini.

Dan di dalamnya nanti akan dibangun 6 jenis Fairy Garden yang mengusung tema yang berbeda-beda. Di antaranya akan hadir kawasan berkonsep Peri Hutan, Peri Bunga, Peri Buku, Peri Seni, Peri Memasak, dan Peri Air yang akan memainkan seluruh panca indera para pengunjung yang datang sehingga diharapkan menjadi wisata edutainment yang sangat menyenangkan bagi seluruh keluarga.

Kehadiran Fairy Garden ini diharapkan akan memberi kesan yang begitu mendalam sejak awal anak-anak melangkah masuk dengan merasakan berbagai sensasi yang menggugah indera dan naluri mereka.  Makanya diharapkan indera penglihatan mereka akan ditantang dengan kehadiran sebuah istana yang berdiri megah yang akan menyambut saat mereka melangkah masuk.
Fairy Garden akan mengajak anak-anak mengeksplorasi kreatifitas mereka - Doc. Pribadi
Selain itu, indera penciuaman mereka akan diaktifkan dengan pemberian pewangi ruangan yang khas sehingga bisa meninggalkan kesan di memori mereka. Bahkan wangi biscuit dan kue yang baru keluar dari oven dengan aroma vanilla, chocolate, caramel atu cinnamon bisa memberikan kesan yang mendalam bagi anak-anak nantinya.

Bahkan, indera perasa anak-anak akan diaktifkan dengan memberikan mereka pilihan untuk memilih kostum yang ingin mereka kenakan selama di Fairy Garden ini.

Jadi nanti anak-anak bisa memilih wahana mana yang mereka suka dan juga bisa menyewa kostum seperti peri apa yang mereka mau kenakan. Jadi di sini, anak-anak akan bermain sekaligus diedukasi seperti misalnya diajarkan memasak, melukis, atau bermain di hutan dan berinteraksi dengan binatang dan berbagai edukasi lainnya sesuai dengan wahana yang dipilih.


Kapan sih dibukanya Fairy Garden ini?

Rencananya untuk grand opening dari Fairy Garden ini akan dilangsungkan pada bulan Juni mendatang sebelum libur lebaran. Dan untuk harga tiket masuknya diperkirakan di bawah Rp 100 ribu. Tapi untuk pastinya kita tunggu saja kabar baiknya beberapa bulan ke depan.

Dan harganya diharapkan terjangkau supaya banyak masyarakat yang bisa menikmati tempat ini nantinya, hal ini seperti yang diungkapkan Bu Heni "Maunya harga tiket di bawah Rp 100 ribu. Kami ingin semua orang bisa menikmati tempat ini, yang paling penting karya lokal bisa dinikmati, karena konsep seperti ini belum ada. Semoga ini bisa jadi kebanggan Indonesia."
Fairy Garden tempat wisata sekaligus edukasi bagi anak-anak - Doc. Pribadi
Jadi, kehadiran Fairy Garden ini nantinya akan semakin melengkapi destinasi wisata di daerah Lembang, karena lokasinya juga tidak terlalu jauh dari lokasi wisata The Lodge Maribaya dan Mulberry Hill by The Lodge yang kini sudah duluan hadir.

Dimana Lokasi tepatnya, Fairy Garden ini nantinya berada di area parkir The Lodge Maribaya yang berada di Jalan Maribaya nomor 149/252, Babakan Gentong, Dibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.


Kenapa harus ke Fairy Garden?
Main di Fairy Garden akan memberikan pengalaman baru yang seru - Doc. Pribadi
Meski uraian di atas sudah jelas, tapi mungkin masih ada yang bertanya kenapa harus berkunjung ke Fairy Garden ini. Jika menurut saya ada beberapa hal menarik yang layak dipertimbangkan kenapa Fairy Garden layak untuk dikunjungi. Adapun alasannya sebagai berikut:
  • Fairy Garden menghadirkan konsep wisata dan sekaligus menerapkan nilai edukasi di dalamnya, sehingga anak bukan hanya bisa bermain tetapi diharapkan ada hal-hal baru yang bisa dipelajari di sini. 
  • Fairy Garden akan menghadirkan konsep bermain yang bisa dipilih sesuai dengan minat anak-anak, sehingga mereka diharapkan bisa bebas berimajinasi sesuai dengan harapannya, sehingga diharapkan orang tua nantinya dapat mengetahui benar apa yang menjadi kesukaan atau minat dari anak-anaknya. 
  • Fairy Garden berada di lokasi alam Lembang yang asri dan sejuk sehingga akan memberikan suasana yang berbeda dari rutinitas keseharian kita, sehingga diharapkan suasana baru akan meberikan semangat baru juga. 
  • Fairy Garden merupakan karya anak bangsa yang mengusung konsep lokal, makanya sudah selayaknya kita dukung supaya karya anak bangsa bisa menjadi tuan di negerinya sendiri dan diharapkan bisa menjadi pariwisata yang dibanggakan dan tidak kalah dengan negara-negara lainnya. 
  • Fairy Garden meskipun berkonsep untuk anak-anak tapi bisa dinikmati juga oleh orang dewasa. Jadi orang tua pun bisa ikut bermain dan seseruan bareng dengan anak-anaknya, anggap saja “bernostalgia masa kecil.”
Jadi gimana teman-teman, jika nanti Fairy Garden sudah jadi, apakah teman-teman berminat datang untuk memanjakan para buah hati tercinta untuk berlibur sambil mengeksplorasi kreatifitas mereka di sini?

Kalo menurut saya sih wajib atuh datang, jika ada tempat berlibur di dalam negeri yang asyik dan berskala internasional kenapa harus repot-repot ke luar negeri sih? Yoook, manjakan anak-anak ke sini saja. :)
 

Info lebih lanjut
Instagram: @fairygardenbandung

2 comments:

  1. semoga fairy garden dibuka di solo juga..hehe


    bukan cuma anak yang seneng, emaknya juga bakal happy kalau main di tempat begini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Sara semoga nanti Fairy Garden bisa hadir juga di Solo ya hehehe

      Pastinya anak happy mamaanya juga happy klo main ke sini bisa ala peri-peri hehehe

      Delete