Kini Siapapun Bisa Buat Chatbot dengan Mudah tanpa Coding


Kini Siapapun Bisa Buat Chatbot tanpa Coding
Perkembangan teknologi benar-benar semakin mempermudah hidup ini. Dimana sekarang banyak pekerjaan yang semakin dipermudah oleh kecanggihan teknologi. Salah satunya adalah dimana kita tidak lagi perlu sibuk menjawab semua chatting orang yang menanyakan sesuatu hal yang sama secara berulang-ulang, sebab kini kita bisa menggunakan program yang menjawab semua pertanyaan tersebut.

Iya, menjawab pertanyaan yang sama dari setiap orang yang berbeda itu melelahkan dan buang-buang waktu. Makanya sangat praktis jika ada program yang menjawabnya sehingga kita bisa fokus mengerjakan pekerjaan lainnya. Dan kini sudah hadir sebuah program yang bisa menjadi solusi untuk menjawab semua pertanyaan tersebut dengan praktis yaitu Chatbot.


Apa itu Chatbot?
Chatbot adalah sebuah program komputer yang dirancang untuk mensimulasikan percakapan intelektual dengan satu atau lebih manusia baik secara audio maupun teks. Bahkan Chatbot, bisa diartikan merupakan robot yang dirancang khusus untuk berinteraksi atau bercakap-cakap dengan manusia.

Kehadiran chatbot ini konon katanya mulai dikembangkan sekitar tahun 1960-an. Dimana pada awalnya, chatbot ini merupakan program komputer yang dirancang ntuk menjawab chatting yang masuk seolah-olah seperti manusia padahal sesungguhnya yang menjawab tersebut adalah mesin yang sudah diprogram. 

Dan kini seiring dengan berjalannya waktu, chatbot terus mengalami kemajuan. Chatbot dikembangkan untuk bisa mensimulasi percakapan manusia sesungguhnya, yaitu untuk menjawab keinginan manusia untuk bisa berbicara dengan komputer menggunakan bahasa yang digunakan oleh manusia.

Seru ya jika kita bisa memiliki program Chatbot ini, semua sepertinya praktis, dan rasanya sangat cocok untuk diaplikasikan pada berbagai kehidupan kita, terlebih bagi perusahaan, organisasi, e-commerce, UKM dan lain sebagainya.


Buat Chatbot tanpa Coding
Meski saya pernah kuliah di bidang IT, namun bagi saya membuat sebuah program dengan melakukan coding itu sebuah pekerjaan yang tidak mudah, benar-benar kita dituntut ketelitian yang tinggi, sebab typo satu huruf atau salah satu titik saja maka program tersebut bisa error dan tidak bisa difungsikan. Jadi untuk membuat sebuah program itu bagi saya pribadi tidak mudah, apalagi membuat sebuah program seperti chatbot ini, serius saya tidak kebayang jika ditantang untuk membuatnya, dan mendingan saya angkat tangan saja. Nyerah!

Tapi jangan sedih bila teman-teman termasuk orang seperti saya yang tidak senang menikmati kerumitan mengcoding program, sebab untuk membuat chatbot bisa dilakukan tanpa coding loh. Hal ini saya dapatkan saat beberapa waktu yang lalu (Senin, 21/03/2018) saya menghadiri sebuah acara launching dan Media Gathering bertajuk “AI Conversation Platform” yang bertempat di Freeware Spaces di jalan Bangka XII No. 4, Jakarta Selatan.

Jadi, kini PT Jualan Online Indonesia menghadirkan platform BJtech yaitu sebuah platform percakapan (conversation platform) berbasis kecerdasan buatan (AI) yang memungkinkan semua orang baik pelaku bisnis maupun individu untuk mengembangkan chatbot sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing melalui messaging app.
Buat Chatbot itu gampang tanpa coding
Mas Diatce menjelaskan tentang mudahnya membuat Chatbot tanpa coding - Doc. Pribadi
 Kemudahan membuat chatbot inipun pun dituturkan langsung oleh Mas Diatce G. Harahap selaku CEO PT Jualan Online Indonesia menuturkan bahwa “Mengusung semangat ‘Bot for Everyone’, kami ingin menunjukkan bahwa chatbot bisa diciptakan semua orang Indonesia dari berbagai kalangan, mulai dari pelaku UKM, artis hingga karyawan. Hal ini dikarenakan dengan penggunaan platform BJtech, seseorang tidak perlu memiliki keahlian pemograman tertentu. Chatbot pun dapat dibuat dengan waktu yang relatif cepat. Kami ingin menghilangkan batasan yang ada bahwa membuat chatbot itu sulit. Contohnya, bagi pelaku UKM dapat menggunakan chatbot sebagai digital customer care untuk 24 jam. Sementara bagi individu dapat menggunakan chatbot untuk kebutuhan mereka sehari-hari ataupun hobi seperti mengembangkan entertainment chatbot.” 

Keberadaan chatbot ini pun kemarin langsung saya rasakan sendiri, saya benar-benar dibuat takjub olehnya, karena benar-benar memberi kemudahan pada saat saya mengisi biodata saat saya melakukan registrasi, dimana saya benar-benar seperti lagi chatting dengan seseorang yang menanyakan identitas saya secara detail tapi sangat mudah dan menyenangkan. 

Dan saya rasa keberadaan chatbot ini bagus bangat untuk saat ini, karena bisa diaplikasi untuk berbagai kebutuhan ataupun kegiatan, apalagi bisa digunakan di semua smartphone sehingga benar-benar gampang digunakan dimanapun dan kapanpun. 

Keberadaan platform BJtech yang didukung oleh machine learning technology ini ternyata dapat menjangkau semua orang dalam satu waktu bersamaan melalui komunikasi paling mudah yaitu chatting, sehingga para pengguna hanya perlu mengikuti langkah-langkah teknis yang sederhana.
Chatbot cocok untuk urusan bisnis, UKM dan personal
Explore our technology - Doc. Bjtech
Penggunaan teknologi BJtech tidak mengharuskan kita memiliki skill pemograman yang khusus, tetapi kita hanya perlu memperhatikan langkah-langkah teknis yang relatif sederhana. Pertama-tama kita harus menentukan tujuan dan fungsi dari pembuatan chatbot tersebut, hal ini penting karena akan ada kaitannya yang begitu erat dengan langkah selanjutnya, yaitu rancangan alur percakapan, gaya bahasa dan gramatika yang digunakan dalam chatbot. Kemudian langkah terakhir yaitu menghubungkan chatbot yang telah dibuat agar dapat diimplementasikan di berbagai aplikasi pesan, seperti Line, Facebook Messenger, Telegram, dan Twitter.

Bahkan sebelum ini, ternyata BJtech sudah membuatkan BNI sebuah produk chatbot yang bernama “Cinta: Personal Intelligent Banking” yang bertugas membantu nasabah mengelola keperluan banking BNI, mulai dari sharing info, registrasi produk-produk BNI, hingga transaksi UnikQu melalui kemudahan chatting. Dimana produk chatbot ini dapat diakses melalui Facebook Messenger dan Twitter.

Selain itu, ternyata Penggunaan chatbot ini pun telah ada di aplikasi pesan seperti LINE@ di mana ditujukkan bagi perusahaan atau pengusaha untuk mengirimkan info tentang perusahaan, promosi produk dan lainnya kepada pelanggan. 
 
menggunakan Chatbot banyak manfaatnya
Sang MC lagi meminta Mba Christa seperti apa penggunaan Chatbot. - Doc. Pribadi
Hal ini diungkapkan oleh Mba Christa Sabathaly selaku LINE Senior Business Development Manager mengungkapkan tentang tren penggunaan LINE di Indonesia dan penggunaan chatbot dalam LINE. “Terhitung hingga awal tahun 2018, sudah ada lebih dari 2,3 juta akun LINE yang ada di Indonesia. Sebagian besar dari akun LINE tersebut berasal dari pelaku UKM. Sebagian akun LINE yang ada, memanfaatkan chatbot untuk memberikan informasi produk dan cara pemesanannya. Ini menunjukkan bahwa penggunaan chatbot menjadi komponen yang penting dalam mengoperasikan bisnis mereka untuk melayani pelanggan selama 24 jam.”

Selain itu, penggunaan Chatbot ini juga sebenarnya sangat bagus untuk pelaku UKM, namun ternyata masih banyak UKM yang belum melek akan keberadaan program chatbot ini. Padahal jika kita telisik data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah di tahun 2017, ternyata jumlah pelaku UKM yang telah memanfaatkan platform digital dalam memasarkan produknya hanya 3,79 juta dari 59,2 juta UKM. Ini menunjukkan bahwa pengetahuan akan penggunaan platform digital masih sedikit diantara pelaku UKM.
Para pelaku UKM penting menggunakan Chatbot
Mas Afifuddin Kalla melihat kehadiran Chatbot ini bagus untuk para pelaku UKM - Doc. Pribadi
Hal ini senada dengan apa yang diucapkan oleh Mas Afifuddin Kalla selaku Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) mengatakan, “Meskipun pertumbuhan pelaku UKM di Indonesia berkembang dengan pesat, akan tetapi tidak diiringi dengan peningkatan pengetahuan mengenai platform digital untuk bisnis mereka. Dengan adanya platform BJtech ini, memudahkan para pelaku UKM untuk dapat mengoptimalkan operasi bisnis mereka melalui produk chatbot sehingga bisa naik kelas.”

Dan Mas Diatce pun menuturkan bahwa jika para pelaku UKM bisa memanfaatkan chatbot sebagai digital customer care ini maka para UKM akan dapat menghasilkan efisiensi biaya dan waktu dikarenakan sistem layanan menjawab secara otomatis dari chatbot ini. Bahkan selain itu, kegunaan chatbot pun ternyata bisa melakukan pemesanan dan bahkan berbagi lokasi. Jadi seharusnya UKM bisa melihat peluang ini untuk memaksimalkan usaha mereka.


Apa sih manfaat Chatbot?
Dari pemaparan di atas, jadi sudah sangat jelas, bahwa keberadaan Chatbot ini bisa mengakomodir kebutuhan pengguna yang ingin menciptakan dan mengembangkannya sesuai kebutuhan masing-masing. Misalnya pelaku bisnis menggunakannya untuk marketing channel, customer service support, menyebarkan info produk, pemesanan produk, asisten pribadi, hingga diintegrasikan dengan sistem internal perusahaan.

Selain untuk keperluan bisnis, ternyata kita pribadi yang secara perorangan atau individu pun bisa belajar mengembangkan chatbot ini sendiri untuk berbagai kebutuhan seperti percakapan sehari-hari maupun hiburan. Misalnya untuk pengembangan chatbot untuk registrasi, kuis, hiburan, gaming, dan lainnya. 
Manfaat menggunakan Chatbot
Menggunakan Chatbot itu banyak manfaatnya ternyata - Docc. Pribadi
Jadi bisa dibilang bahwa kehadiran Chatbot ini memberikan banyak manfaat yang bisa membantu pekerjaan kita baik untuk bisnis maupun secara personal, diantaranya:
  • Chatbot dapat melakukan pelayanan kapanpun, tanpa batasan jam, dan tanpa kenal lelah selama 24 jam.
  • Chatbot dapat memberikan tanggapan atas pertanyaan konsumen hanya dengan hitungan detik.
  • Chatbot jauh lebih singkat dan praktis dalam menjawab pertanyaan konsumen sehingga akan membuat konsumen merasa nyaman. 
  •  Chatbot memberikan kemudahan dalam berinteraksi sehingga membuat kita seolah sedang chatting dengan sesama manusia.
  • Chatbot dirancang untuk memberikan jawaban pasti meskipun pertanyaan diulang-ulang dan kompleks, sesuai dengan rules yang telah diberikan.
  • Chatbot dapat digunakan dengan mudah dan bisa diterapkan dalam berbagai platform social media dan aplikasi chat seperti Facebook Messenger, LINE, dan Kik.
  • Chatbot tidak memerlukan banyak dana, sebab kita hanya perlu menjaga chatbot agar dapat berfungsi secara maksimal dan tidak memerlukan pemeliharaan yang intensif.

Maka dengan hadirnya chatbot ini memungkinkan pelaku bisnis atau individu sekalipun bisa mengembangkan sendiri chatbot mereka dalam aplikasi messaging, aplikasi mobile, situs, maupun platform lainnya. 

Jadi dengan melihat begitu bermanfaatnya kehadiran chatbot ini, maka sudah seharusnya bisa dimanfaatkan oleh kita secara maksimal untuk membuat bisnis atau urusan personal kita menjadi lebih praktis dan semakin mudah. Dan jika ada teman-teman yang ingin tahu lebih dalam terkait chatbot ini maka bisa langsung mengunjungi www.bjtech.io. AI for today and tomorrow


No comments:

Post a Comment