Miliki Hunian Impian Tanpa DP




Memiliki hunian sendiri adalah salah satu impian saya, sebab senyaman apapun saat ini saya tinggal di kos-kosan tapi tetap saja itu milik orang lain. Namun tidak bisa saya pungkiri, mempunyai hunian pribadi belumlah menjadi prioritas yang utama saat ini, masih banyak prioritas lain yang ingin saya kejar selain itu, seperti pengen traveling ke beberapa tempat, dan membeli beberapa barang yang memang saya butuhkan.

Lagian jika saya pikir-pikir lagi, penghasilan saya saat ini belum mencukupi untuk membeli rumah atau apartment. Jadi saya memutuskan untuk tetap tinggal di kos-kosan saja dulu. Apalagi saya saat ini masih sendiri, kalo tinggal di rumah seorang diri akan jauh lebih sepi dan membosankan, berbeda dengan ngekos seperti saat ini, saya mempunyai banyak teman-teman.


Awas kaum millennial terancam tidak bisa punya hunian sendiri
Mas Gozali
Tapi pemikiran saya seperti di atas seketika berubah ketika saya bertemu dengan Mas Ahamd Gozali, Beliau adalah seorang perancang keuangan, dari beliau saya mendapatkan banyak pencerahan tentang bagaimana mengatur keuangan, sebab sudah seharusnya anak-anak seusia saya yang masuk kategori kaum millennial ini untuk mulai memprioritaskan untuk segera memiliki tempat tinggal.

Sebab ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa akan ada 83% kaum mellinial tidak akan mampu membeli hunian dalam waktu 3 tahun ke depan. Bahkan diprediksi pada tahun 2020 akan ada sebanyak 90% orang yang masih akan tinggal dengan orang tua / mertua, masih sewa bahkan menjadi gelandangan karena tidak punya tempat tinggal.

Kenapa hal ini bisa terjadi? Sebab tak bisa dipungkiri harga properti setiap tahunnya akan terus merangkak naik, harga ini disebabkan semakin meningkatnya jumlah penduduk sedangkan lahan kosong untuk tempat hunian semakin berkurang sehingga hal tersebut menyebabkan harga properti semakin tinggi juga.

Sebagai ilustrasi, jika saat ini rata-rata penghasilan kaum millennial adalah 6,5 juta per bulan maka dia boleh mencicil rumah 2 juta per bulan untuk saat sekarang. Dan tiga tahun mendatang, dengan asumsi kenaikan gaji 5% per tahun mentok-mentok 10% per tahun maka kenaikan gaji akan menjadi 7 – 9 juta saja. 

Jika saat ini harga rumah sekitar 300 juta maka untuk 3 tahun mendatang harga rumah diperkirakan 600 – 700 juta dan cicilannya sudah 6 juta per bulan, maka untuk bisa mencicil dengan harga tersebut harus punya gaji sekitar 18 juta per bulan. Maka bisa dibayangkan semakin ke depan harga rumah semakin mahal, makanya inilah yang menyebabkan 83 % millennial tidak mampu membeli rumah. Kenaikan harga properti cenderung lebih tinggi dari kenaikan gaji.

Kenaikan harga properti cenderung lebih tinggi dari kenaikan gaji - Doc. Pribadi

Mendengar hal ini jujur saya tidak bisa menyangkalnya. Ilustrasi di atas sangat logis menurut saya, maka tak ada alasan lagi bagi saya untuk tidak mulai serius memikirkan hal ini. Beli rumah dari sekarang sebelum nanti harga menjadi semakin mahal.

Selain itu, berinvestasi di bidang  property ternyata memberikan tiga keunggulan lain yaitu:
  • Kita bisa mendapatkan cash flow hasil sewa property dengan nilai sewa sekitar 8% - 11 % per tahun dari nilai propertinya.
  • Selain itu, capital gain berupa pendapatan yang diperoleh dari selisih antara harga beli surat berharga dengan harga jual rata-rata, harga naik 7,71% properti kelas bawah di Jabodebek Banten.
  • Bahkan Collateral memberikan nilai agunan properti 80% dari nilai pasar / appraisal bahkan bisa digunakan untuk peminjaman uang di Bank.
Dan perlu diketahui, cara investasi yang benar adalah jangan menunggu sisa baru investasi, tapi saving dulu baru shopping. Sebab jika prinsip kita menunggu sisa dulu baru investasi tentu ini tidak akan sukses investasinya, karena menunggu sisa itu sering menjadi mustahil lantaran kebiasan kita yang sulit mengerem segala keinginan.

Untuk itu, Mas Gozali menyarankan supaya memulainya dari sekarang untuk memiliki investasi di bidang rumah, sebab semegah apapun rumah orang lain akan jauh lebih nyaman di rumah sendiri meskipun sederhana. Dan saya sangat setuju dengan hal itu, namun pada kenyataannya saya tidak punya uang untuk DP jika harus membeli rumah saat ini. 

Iya bayangkan saya, jika harga rumah saat ini adalah Rp 300 juta, itu artinya DP yang harus dibayar sekitar Rp 30 juta. Angka ini hanya DP, belum biaya lain-lain seperti provisi Kredit Pemilikan Rumah (KPR), BPHTB, cicilan pertama, notaris, administrasi, PPN. Duh saya belum sanggup. Hiks!


Miliki Hunian Impian Tanpa Pusing dengan DP
Mas Asnedi menjelaskan tentang hunian tanpa DP - Doc. Pribadi
Tapi kecemasan saya yang tidak memiliki uang untuk membayar DP itu seketika raib, karena beberapa waktu yang lalu saya juga bertemu dengan Mas Asnedi (Berpengalaman dibidang properti selama 15 tahun dan investor properti) yang memberikan informasi tentang ada apartement yang tidak usah pusing mikirin uang untuk DP (Down Payment). 

Tentu saja saya senang mendengarkan hal ini, karena jujur saya sangat berat jika disuruh harus DP uang sekian puluhan juta dulu jika ingin memiliki hunian. Makanya kini ada developer yang mengakomodir keinginan anak-anak muda seperti saya untuk segera memiliki hunian dengan mudah tanpa DP, hal ini serasa saya mendapatkan segelas air saat kehausan. Hehehe

Iya saat ini ternyata ada salah satu pengembang yang melihat keadaan ini dan akan memberikan soluasi bagi kaum muda yang ingin memiliki hunian namun terkendala dengan biaya DP yaitu Synthesis Development. Sebagai Developer Properti Terbaik di Indonesia yang sudah berpengalaman di pengembang property ritel, apartemen, perumahaan, superblok, kantor, hotel. Kini Synthesis Development kembali hadir dengan melahirkan royek apartemen Prajawangsa City di Cijantung, Jakarta Timur.
Temukan hunian impian bersama Prajawangsa City - Doc. Pribadi
Apartemen Prajawangsa City ini rencananya akan ditujukan untuk kalangan menengah ke bawah sehingga masyarakat bisa mendapatkan hunian tanpa harus membayar uang muka atau down payment (DP). Sebab sepanjang bulan Maret 2018 ini lagi ada program #AsyiknyaDibayarin Sewa Apartemen dari Prajawangsa City. 

Jadi jika kita membeli unit terkecil dengan harga Rp 360 juta di Prajawangsa City, maka kita bisa memilikinya dengan mencicil Rp 5 juta per bulan. Bahkan Mas Asnadi selaku Property Investment Advisor Synthesis Development menjelaskan bahwa "Itu sudah tanpa DP. Selama apartemen dibangun, konsumen akan mendapat fasilitas lainnya yakni bebas tinggal di Bassura City, apartemen lain milik perusahaan yang sudah beroperasi selama tiga tahun."

Jadi program ini, pada intinya menawarkan konsumen tidak perlu membayar biaya sewa hunian dan cicilan apartemen setiap bulannya. "Sembari menunggu unit apartemen di Prajawangsa City dapat dihuni, kami memberikan kesempatan tinggal dan menikmati fasilitas di apartemen Bassura City, secara gratis selama 3 tahun tanpa membayar biaya sewa per bulan," ungkap Mas Asnedi.

Bahkan yang asyiiknya lagi, syarat pembelian apartemen Prajawangsa City ini juga tidak ribet. Sebab menurut Ibu Ayu perwakilan dari KPR  Bank Mandiri mengatakan bahwa untuk membeli apartemen di Prajawangsa City kemudahannya adalah kita tidak perlu melampirkan document income atau dokumen penghasilan. Jadi jiika kita tidak punya slip gaji cukup hanya dengan buka rekening saja dengan minimal saldo 1 juta. Menarik bukan?


Hunian yang nyaman dan akses transportasi yang mudah
Selain memberikan gratis tinggal selama 3 tahun tanpa membayar biaya sewa per bulan, Prajawangsa City juga akan memberikan alternative hunian dengan lingkungan yang aman dan nyaman. Sebab Prajawangsa City yang dikembangkan di atas lahan seluas 7 ini akan dibangun dengan 50% area hijau sebagai taman, jogging track, dan tempat bermain anak-anak.
banyak fasilitas yang akan dihadirkan di Prajawangsa City - Doc. Prajawangsa
Selain itu, superblok ini berencana membangun delapan menara dengan total 4.000 unit yang akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang yang yang lengkap dengan 2 konsep yaitu Unique Thematic Park dan Unique Amenities. Dimana Unique Thematic Park terdiri dari area spice garden, herbal garden, tropical garden, area barbeque, 1 km jogging track, kids pool, thematic pool, fountain plaza. Sedangkan untuk konsep Unique Amenities akan dilengkapi dengan restoran, coffee shop, fitness center, sauna, access control, ATM Center, sistem keamanan 24 jam, juga lengkap dengan pusat perbelanjaan terbesar dan modern.

Tapi menurut saya, hunian yang asyik itu bukan hanya memberikan kenyaman dan kemanan saja, tapi juga harus memberikan kemudahan bertransportasi kemana-mana dengan dukungan transportasi massal. 

Mas Yoga
Hal itu senada dengan yang diungkapkan oleh Mas Yoga Adiwinarto (Institute for transportation and development policy) bahwa sebuah hunian yang ideal itu adalah yang tidak jauh dari tempat kita kerja dan beraktifitas, atau yang bisa memberikan kemudahan diakses baik dengan berjalan kaki, bersepeda, ataupun dengan transportasi massal.

Sebab generasi millennial sekarang memang suka yang simpel dan praktis, makanya bermacet-macetan di jalanan yang membuang waktu adalah hal yang paling nggak disukai. Makanya jangan heran kalau hunian seperti apartemen di tengah kota banyak diburu oleh para millenial.

Dan saya sangat setuju dengan hal tersebut, sebab jangan sampai perjalanan yang jauh dan macet akan membuat kita stress di jalan sehingga akan mmempengaruhi mood kita saat bekerja. Untuk itu, sangat penting tingggal di kawasan yang memberikan kemudahan untuk bepergian kemana-mana dengan praktis, cepat dan tanpa ribet.

Untuk itu, Prajawangsa City pun akan sangat memperhatikan hal ini, terbukti lokasi apartment ini memberikan akses yang mudah ke kawasan perkantoran di TB Simatupang dan kawasan industri di sepanjang Tol Cijago karena superblock ini terletak 1.8 km dari Jakarta Outer Ring Road (JORR) - TB Simatupang, selain itu letaknya berada di 3.5 km dari rencana pembangunan Stasiun Light Rail Transit (LRT) Kampung Rambutan, dan 3.8 km dari Gerbang Tol Jagorawi, dan akses langsung ke Bandara Halim Perdana Kusuma.

Tidak hanya itu saja, bahkan Synthesis Development selaku pengembang akan memperpanjang jalur bus Trans Jakarta (busway) koridor Kampung Rambutan – Kampung Melayu ke lokasi apartment yang berlokasi di jalan Pedati (koridor Jl Raya Bogor), Cijantung, Pasar Rebo - Jakarta Timur.
Prajawangsa akan memberikan kemudahan akses kemana-mana - DOc. Pribadi
Jadi, sangat terlihat jelas ya, bahwa Prajawangsa City hadir bukan hanya ingin memberikan hunian yang nyaman saja, tapi untuk transportasipun dipikirkan, sebab mereka sangat percaya bahwa sekarang faktor penentu keberhasilan proyek properti bukan hanya lokasi dan akses tapi juga sarana transportasi umum yang memberikan kemudahan akses bagi para penghuninya.

Hadirnya apartment Prajawangsa City yang memberikan kemudahan terkoneksi dengan transpotasi massal ini tentu saja menjadi kabar yang sangat menyenangkan, sebab sekarang tanpa dukungan transportasi umum yang baik, kita akan kehilangan sekian jam produktif di jalan setiap harinya karena kemacetan.
Prajawangsa City hunian impian kaum millennial - Doc. Mas Salman
Jadi menurut saya pribadi, kehadiran apartment Prajawangsa ini sudah merupakan hunian ideal yang layak untuk dimiliki, sebab selain memiliki fasilitas yang lengkap, kita juga diberikan kemudahan akses dengan dukungan transportasi massal, dan yang terpenting persyaratan bank-nya juga tidak ribet. Ada yang tertarik juga untuk tinggal di Prajawangsa City? Yoook buruan, sebelum terlambat. :)


Untuk mendapatkan info lebih Lanjut:
  • Prajawangsa City Marketing Office : Jl. Pedati Selatan No. 8 Jakarta Timur 13770
  • Telephone: 021 2287 8800
  • Website: www.prajawangsacity.id


7 comments:

  1. syukurlah kalau udah tercerahkan !

    prediksi pada tahun 2020 akan ada sebanyak 90% orang yang masih akan tinggal dengan orang tua / mertua, masih sewa bahkan menjadi gelandangan karena tidak punya tempat tinggal.

    ini udah terbukti, kaaaaan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Budhe doain semoga saya secepattnya bisa punya hunian sendiri ya syukur-syukur bisa punya hunian di Prajawangsa. Aamiin... :)

      Delete
  2. Kadang-kadang saya suka mikir, tinggal di apartmen kayaknya asik juga. Praktis, dekat ke manapun :)

    ReplyDelete
  3. Hunian atau apartemen tanpa DP saat ini masih jarang sekali. Makanya, saat Anis-Sandi kampanye dengan salah satu programnya DP 0% jadi semacam asa buat sebagian kaum urban yang tinggal di kota besar. Pasalnya, punya hunian di kota besar seperti Jakarta bukan lagi susah tapi susah banget tanpa niat dan tekad yang kuat. Prajawangsa City berasa jadi solusi untuk sebagian orang yang susah punya tempat tinggal sendiri. 🤔

    ReplyDelete
  4. Kita beli yuks, buat investasi xocok bangt ini pasti, harganya bakalan meningkat krn akses transportasi nya mudah trus di Jakarta lagi

    ReplyDelete