D'Hot Music Day Disemarakan Lebih dari 25 Music Performance




Bila yang tertulis untukku
Adalah yang terbaik untukmu
Kan kujadikan kau
Kenangan yang terindah dalam hidupku

Namun takkan mudah bagiku
Meninggalkan jejak hidupku
Yang t'lah terukir abadi
Sebagai kenangan yang terindah

Sontak ingatan saya diarak kembali pada sebuah kisah kala mendengar lagu ini. Hiruk pikuk musik yang menghentak panggung D’Hot Music Day ini sejenak terasa sunyi, saya seolah tiba-tiba berada di sebuah tempat yang sangat hening, lalu bayangan seseorang di masa lalu kembali menyapa saya, seseorang yang pernah mendiami relung terdalam hati ini, seseorang yang saya pikir akan menjadi pelabuhan terakhir dari perjalanan cinta saya. Tapi sayangnya takdir bertitah lain, dia memang hanya menjadi kenangan terindah di dalam hidup saya.

Namun kegalauan ini secepatnya saya tepis, rasanya tak etis saya harus tenggelam dalam kenangan berlarut-larut, toh apa yang telah terjadi tak mungkin bisa diulang lagi, dan saya percaya Tuhan tak penah salah menuliskan takdir bagi hambaNya.

Saya bangkit dari duduk saya lalu membaur dengan para penonton lainnya di bawah panggung, kemudian melepas semua kesedihan itu sembari ikut bernyanyi bersama Bams hingga lagunya selesai. Ya melepaskan adalah cara terbaik untuk semua hal yang memang bukan lagi menjadi bagian dari diri kita, dan saya mencoba melakukan itu.
Panggung ini hadirkan lebih dari 25 music performance - Doc. Pribadi
Saya kembali menikmati acara pentas musik yang diprakarsai oleh Detikcom ini, menikmati setiap penampilan musisi yang hadir di acara ini, sebab acara sekeren ini sayang saja jika saya tidak menikmatinya, sebab kapan lagi bisa menikmati dihibur oleh lebih dari 25 musisi, menteri, dan pejabat Negara seperti ini.

Acara ini hadir untuk merayakan Hari Musik Nasional sekaligus sebagai bentuk dukungan Detikcom kepada para musisi Indonesia agar terus berkarya dengan menghadirkan musik-musik yang berkualitas untuk memperkaya tangga musik di Indonesia.
  
Acara yang digelar di Kuningan City Mall pada hari Jumat (09/03/2018) lalu ini benar-benar memanjakan saya dan para penikmat musik yang datang ke sini ataupun yang menikmatinya lewat live streaming di hot.detik.com. 

Meski durasi acara ini lumayan panjang, namun keragaman sajian musik yang tersaji sepanjang hari tidak membuat saya bosan, Saya justru sangat menikmati setiap penampilan para musisi yang mendedangkan lagu-lagu terbaik dari jam 10.30 WIB hingga berakhir jam 23:30 WIB. Sungguh pementasan musik yang luar biasa.

Acara yang bisa juga disaksikan lewat streaming ini, dibuka dengan penampilan dari HI Friday dengan sangat apik, lalu disusul dengan penampilan para musisi pendatang baru lain yang tak kalah keren seperti Angela Vero, Ify Alyssa, Yakop, Nadia Fatira, Arditto Pramono, Adrian Khalif, Zara Leola, Nonaria, Geng Ojol feat Eka Gustiawan dan lain-lain.
Beberapa foto musisi yang mengisi acara D'Hot Music Day - Doc. Pribadi
Dan yang tidak kalah seru, sejumlah musisi papan atas juga turut tampil dan merayakan musik bersama-sama di hari tersebut, di antaranya Rendy Pandugo, Vidi Aldiano, Arman Maulana, The Overtunes, Fade2Black, Badai Romantic Project, Dengarkan Dia, Virzha, Mulan Jameela, Bams, NEV+ feat Dea, dan lainnya.

Dari semua performance yang hadir di acara ini, semua berkesan, namun menurut saya pribadi  ada beberapa penampilan yang meninggalkan kesan yang unik karena mungkin saya baru melihat penampilan mereka.

Di antaranya saya dapatkan dari penampilan trio NonaRia, sebab saya suka dengan gaya jenaka yang mereka tampilkan lewat ekspresi, lirik lagu dan diperkuat dengan musik yang mereka ramu begitu indah.
trio NonaRia tampil keren di sini - Doc. Pribadi
Seperti lagu ‘Sayur Labu’ yang memiliki lirik seperti ini “Perutku sangat lapar, Akupun sudah tak sabar,  Lantas aku tersontak, Nasiku belum tonak," sungguh lirik lagu yang menggelitik. Begitu juga saat mereka menyanyikan lagu mereka yang berasal dari album self title yang berjudul 'Maling Jemuran'. Lagu ini kental dengan lirik yang unik dipadukan dengan alunan musik beraroma jazz lawas sehingga membawa penonton bernostalgia ke era 1960-an.

Selain itu, saya juga suka dengan lagu yang berjudul ‘Jangan dicancel’ karya dari Geng Ojol (Ojek Online) yang saat itu featuring dengan Eka Gustiawan. Dimana lagu ini diciptakan dari pengalaman mereka yang sering dicancel oleh pelanggan ojol, makanya mereka berharap dengan curhat melalui lirik lagu ini para pelanggan ojol tidak lagi mengcancel jika sudah memesan ojol. Lagu ini memiliki lirik yang menarik namun menggugah kita untuk berempati dengan profesi teman-teman kita di ojol.
Gang Ojol Band bawakan lagu "Jangan Dicancel" - Doc. Pribadi
Acara yang berlangsung sepanjang hari ini benar-benar menghadirkan beragam musik yang luar biasa di acara ini. Dan tak ketinggalan musik dangdut pun juga turut memeriahkan acara ini yang dipersembahkan oleh Orkes Moral Pancaran Sinar Petromaks atau disingkat dengan OM PSP. Dimana kehadiran OM PSP ini membawa lagu dangdut dengan musik dangdut lawas, meski begitu mereka membuka penampilannya dengan lagu yang berjudul 'Manusia' dan disusul dengan lagu 'Jangan Bohong', 'Gaya Mahasiswa', dan ditutup dengan lagu berjudul 'Fatimah'. Sungguh penampilan OM SPS tetap keren dan menghibur para penonton termasuk saya.

Oh iya, di acara ini ternyata bukan cuma musisi saja loh yang datang, para menteri dan pejabat juga turut meramaikan gelaran D’Hot Music Day ini. Tampak hadir Bapak Budi Karya Sumadi (Menteri Perhubungan), Bapak Hanif Dhakiri (Menteri Tenaga Kerja), Bapak Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah), serta Wakil Gubernur DKI Jakarta Bapak Sandiaga Uno. Beliau-beliau ini tidak hanya hadir namun juga menyumbangkan suara merdu mereka sehingga membuat acara ini semakin semarak.

Bapak Budi tampil kali ini bukan dengan para sahabatnya di group Elek Yo Band, tapi pada kesempatan ini Menteri Perhubungan ini tampil bersama Orkes Lawak dan Lagu atau disingkat Olala Band. Penampilan Pak Budi dan Olala Band ini benar-benar menarik bangat.
Pak Budi & Pak Ganjar menyanyi diiringi Olala Band - Doc. Pribadi
Dan Pak Ganjar Pranowo pun ikut bergabung bersama Pak Budi dan Olala band. Mereka kompak membawakan lagu 'Andaikan Kau Datang' yang dipopulerkan oleh Ruth Sahanaya. Selain itu mereka juga mendedangkan lagu ‘Ku Tak Bisa' dari Slank dan diakhiri dengan lagu berjudul 'Bento' karya Iwan Fals.

Selain itu, yang tak kalah bikin saya kagum saat Band dari Institut Musik Jalanan tampil. Mereka membuktikan bahwa memiliki keterbatasan fisik tak membuat Talkback berhenti berkarya dan melalui musik. Dan mereka membuktikan hal tersebut lewat panggung d'HOT Music Day dengan mendedangkan lagu 'Lebih Indah' yang dipopulerkan oleh Adera.
Bapak Sandi berkolaborasi dengan Talkback - Doc. Pribadi
Bahkan Talkback pun mengiringi para pejabat untuk bernyanyi, tampak Pak Sandiaga Uno bersama Pak Budi dan Pak Ganjar mendedangkan lagu ‘Laskar Pelangi’ secara serentak dengan diiringi musik oleh Talkback. Dan Wakil Gubernur Jakarta ini juga menyanyikan lagu 'Munajat Cinta’ dengan sangat seru karena mengajak para penonton ikut bernyanyi bersama. Sungguh saya sangat menikmati penampilan beliau-beliau ini, suaranya benar-benar memukau.

Namun Pak Ganjar meresa kurang puas karena tidak jadi menyanyikan lagu dangdut berjudul “Sayang” dari Via Vallen, semoga acara D’Hot Music Day ke depan bisa menghadirkan musik dangdut yang kekinian juga supaya anak-anak muda yang datang bisa mengikuti lagunya. :D
NEV+ Feat Dea tampil memukau - Doc. Pribadi
Dan menutup konser musik malam itu, NEV+ feat Dea benar-benar juara, musik yang menghentak dan atraksi panggung yang memukau dari mereka membuat saya sampai lupa waktu saking serunya bernyanyi dan berjoget bersama. Bukan saya saja sih, semua penonton benar-benar dibuat larut melalui persembahan NEV+ feat Dea ini. Saya tidak sia-sia menunggu mereka tampil hingga akhir acara.

Dan melalui momentum ini, banyak musisi yang merasa senang dengan diadakan acara konser musik seperti ini, karena para musisi merasa sangat dihargai oleh Detikcom dengan membuatkan acara yang sangat special seperti ini, dan mereka berharap pentas musik seperti ini bisa rutin diadakan setiap tahunnya.

Selain itu, para musisi juga berharap semoga ke depan ada perbaikan untuk masalah perlindungan hak cipta baik dari pemerintah dan juga semua piak termasuk seluruh masyarakat supaya membeli dan menggunakan musik secara legal. Bahkan ada juga yang berharap kepada pemerintah supaya di Kartu Tanda Penduduk (KTP) bisa dicantumkan pekerjaan sebagai musisi.

***
Musik bikin hidup lebih bernada - Doc. pribadi
Sungguh saya merasa senang bangat bisa menikmati pentas musik D’Hot Music Day seharian hingga menjelang jam Cinderella pulang ini. Di acara ini saya bisa menikmati aneka lagu mulai dari yang bikin saya mengingat mantan sampai yang bikin saya benar-benar happy.

Terima kasih Detikcom sudah membuat acara yang benar-benar seru dan bertabur bintang dengan musikalitas yang luar biasa ini, semoga acara seperti ini bisa menjadi acara rutin yang terus diadakan di tahun-tahun mendatang, sebab banyak masyarakat yang butuh dihibur terutama dengan pertunjukan musik seperti ini, karena musik adalah bahasa perdamaian bagi semua orang.

 Sampai jumpa di D'Hot Music Day selanjutnya :)

5 comments:

  1. aaak itu foto nonaria nya jelas banget ,suka sama mereka. lagu-lagunya sederhana :') acaranya seru banget ya kak, semoga tahun depan ada kesempatan untuk datang lagi

    ReplyDelete
  2. Sial bisa dapat foto dengan kualitas gambar yang bagus. Hahaha. Wah, nonton sampai selesai, ya? Pengen. Tapi sayang harus pulang pas Talkback lagi siap-siap. Tahun depan moga masih ada kesempatan buat gabung lagi.

    ReplyDelete
  3. Aih Kakak Hits kenapa lirik yang kita nyanyiin bareng malam itu ditulis di awal sih, jadi keingetan lagi nih keseruan kita jejingkrakan malam itu. Bersyukur ya kita bisa ngikutin sampe akhir. Dan aku setuju banget. NEV+ Dhea juara banget dan memang layak sebagai pengisi acara puncak.

    ReplyDelete
  4. Pak Ganjar ini dari awal naik panggung kayaknya udah ngidam banget ya pengin nyanyi lagunya Via Vallen wkwkwk lucu, sih. Semoga dapat kesempatan di panggung lain.

    Kalo rumahku dari venue kepleset nyampe, aku pasti nungguin sampe selesai. Penasaran sama Nev ft. Dea :'(

    ReplyDelete