MU-Weber Hadirkan Pabrik Ke-4 di Cikande Sebagai Komitmen Memajukan Industri Mortar di Indonesia



Beberapa waktu yang lalu keramik tepat di depan pintu kamar saya mendadak menggemblung dan pecah-pecah. Tentu saja hal itu segera saya laporkan kepada Ibu kos, karena selain mengganggu saya keluar masuk kamar, saya takutnya itu menjalar semakin luas, karena awalnya hanya dua keramik yang pecah, namun perlahan menjadi beberapa keramik ikut retak-retak.

Akhirnya Ibu kos memanggil tukang untuk memperbaiki keramik tersebut. Ternyata kata tukang bangunan yang melihat hal tersebut disebabkan karena campuran semennya dan pemasangan keramiknya tidak bagus, dimana pengisian semen antar celah keramiknya (nat) kosong makanya keramiknya gampang rusak. 

Ternyata meski berukuran kecil, pengisian nat ini sangat penting untuk diperhatikan, karena hal ini akan menentukan kualitas lantai menjadi kukuh dan kuat sehingga bisa berumur panjang. Untuk itu, sangat penting untuk memasang nat dengan baik agar keramik merekat erat satu sama lain, sehingga lantai tidak akan gampang menggelembung atau lepas.

Dengan melihat hal tersebut, ternyata nat memiliki peran yang sangat penting untuk melindungi lantai keramik dari kerusakan. Sebab nat tidak hanya berfungsi sebagai pendukung keindahan keramik, tetapi juga berfungsi untuk menahan agar keramik tidak gampang muai dan susut akibat perubahan suhu di dalam ruangan.

Selain cara pengerjaannya yang baik, ternyata awetnya pemasangan keramik tak lepas dari pemilihan semennya yang berkualitas, makanya jangan sembarang memilih semen. Begitulah yang saya dengar penjelasan Pak Dulah sang tukang bangunan yang dipercayakan oleh Ibu kos untuk membereskan keremik menggelembung dan retak di depan kamar saya.

Jadi ternyata sangat penting bagi kita untuk memperhatikan hal sekecil apapun saat membangun rumah, jangan sampai kejadian seperti yang saya ceritakan di atas terjadi lantaran kita mengabaikan hal-hal kecil namun ternyata mempunyai peranan yang penting dalam sebuah bangunan.

Selain itu, saya sedikit makin paham tentang pentingnya pemilihan bahan bangunan yang berkualitas untuk sebuah bangunan saat saya menghadiri acara konferensi pers yang diadakan oleh PT Cipta Mortar Utama yang diselenggarakan pada Senin (19/03/2018) yang lalu. 


Sekilas tentang PT Cipta Mortar Utama
PT Cipta Mortar Utama merupakan perusahaan mortar nasional terbesar yang sudah berdiri sejak tahun 1996 di Cibitung dan sekaligus menjadi perusahaan nasional pertama yang memproduksi semen instan siap pakai dengan menggunakan teknologi modern.

Lalu pada tahun 2008 kembali mendirikan perusahaan keduanya di Gresik. Dan pada 2011 PT. Cipta Mortar Utama dengan merek produk MU-Weber menjadi bagian dari Saint Gobain Group yang memimpin dunia di bidang material bahan bangunan asal Prancis.

Untuk mengembangkan sayapnya semakin kuat, maka pada tahun 2017 silam, PT Cipta Mortar Utama mendirikan lagi perusahaan ketiganya di Medan, dan kini pada tahun 2018 PT Cipta Mortar Utama kembali meresmikan pabrik ke-4 di Kawasan Industri Cikande – Tangerang.
MU-Mortar akan terus hadir untuk memajukan industri mortar di Indonesia
Pembangunan serangkaian pabrik ini merupakan bentuk komitmen dari MU-Weber  untuk menyediakan produk bahan bangunan yang berteknologi mutakhir dan berkualitas. Selain itu, Mortar Utama melihat peluang pertumbuhan semen instan di Indonesia semakin meningkat, sehingga berkomitmen untuk melakukan investasi dan menaikkan daya jual.  

Produk semen instan yang diproduksi oleh PT Cipta Mortar Utama ini dikenal dengan merk Mortar Utama Weber (MU-Weber). Dimana produk ini merupakan produk bahan bangunan berupa semen instan siap pakai (premixed  mortar) yang terdiri dari bahan dasar berupa pasir pilihan, semen  kualitas  terbaik, premium filler (bahan pengisi) dan aditif (bahan tambahan) yang didatangkan dari Eropa lalu dicampur secara homogen dengan komposisi tepat dan diproses menggunakan teknologi modern dari Jerman, sehingga menghasilkan produk semen instan berkualitas tinggi dan konsisten.

Dan di acara ini saya jadi tahu, ternyata setiap ruangan yang kita bangun itu memerlukan jenis semen atau mortar yang berbeda di setiap lapisannya. Dan MU-Weber si semen instan ini  terdiri  dari  berbagai  rangkaian produk berkualitas yang memiliki fungsi untuk pekerjaan tertentu yang spesifik, mulai dari solusi dinding, solusi perekat keramik, solusi lantai serta solusi khusus dan perbaikan. Jadi MU-Weber ini diciptakan sebagai solusi untuk mempermudah serta meningkatkan kinerja pekerjaan pembangunan.
Beberapa produk MU-Weber
Semua produk-produk MU-Weber ini juga memiliki identitas warna masing-masing di setiap kemasannya. Sebagai contoh, produk yang berhubungan dengan dinding identik dengan warna hijau, perekat keramik identik dengan warna merah, untuk pelapis kedap air dan perbaikan beton dilabeli dengan warnanya ungu, dan masih banyak lagi jenis produk MU-Weber yang bisa digunakan sesuai dengan kategori yang kita butuhkan.

Mengingat produk ini semakin banyak dilirik oleh masyarakat, maka MU-Weber sendiri mulai melakukan berbagai upaya agar produk ini selalu tersedia dipasaran, salah satu caranya dengan membangun pabrik baru di Cikande – Tangerang ini.


Saint Gobain bangun Pabrik MU-Weber ke-4 di Cikande
Bertempat di 1953 Restaurant Indonesia, Jalan  Panglima  Polim  IX  No.93,  Melawai,  Kebayoran  Baru – Jakarta Selatan. PT Cipta Mortar Utama menggelar acara konferensi pers dalam rangkaian peresmian pabrik ke-4 yang dibangun di Kawasan Industri Cikande – Tangerang.  Dimana kembali dibangunaya pabrik ini merupakan bukti komitmen dari PT Cipta Mortar Utama untuk memajukan industri mortar di Indonesia. 

Dalam acara konferensi pers ini, tampak hadir Mr. Jose Martos selaku Presiden Direktur PT Cipta Mortar Utama, selain itu ada juga Bapak Ary Indra selaku Biro Arsitektur Aboday serta hadir juga Bapak Anton Ginting selaku Direktur Nasional MU-Weber serta dimoderatori  oleh  Mba Arletta Danisworo yang memandu jalannya acara.
Konferensi Pers: (Kiri - Kanan: Mba Arleta - Mr. Jose - Pak Ary - Pak Anton) 
PT Cipta Mortar Utama membangun pabrik keempatnya ini di Kawasan Industri Cikande di atas lahan seluas 5 hektar dengan nilai investasi sekitar 8 juta Euro dengan kapasitas produksi 180.000 ton/tahun. Dimana pembangunan pebarik yang keempat ini dengan nilai investasi sebesar itu merupakan bukti keseriusan dari Saint Gobain dalam mendukung industri bahan bangunan yang inovatif di Indonesia.

Hal ini senada dengan apa yang diungkapkan oleh Mr. Jose Martos yang mengatakan bahwa pihaknya sangat serius dan berkomitmen untuk turut berkontribusi menghadirkan material bangunan yang lebih inovatif untuk membantu produktivitas di proyek, serta lebih ramah lingkungan. 

Bahkan Mr. Jose mengungkapkan bahwa Saint Gobain akan terus berupaya untuk meningkatkan kapasitas produksi agar persediaan produk selalu tersedia untuk masyarakat. “Kami terus meningkatkan kapasitas produksi di Indonesia serta memiliki rencana pembangunan pabrik berikutnya di beberapa lokasi hingga tahun 2020, seiring dengan besarnya keinginan konsumen untuk menggunakan produk mortar instan. Hal ini juga dapat menjadi salah satu indikasi bahwa Indonesia adalah Negara yang menjajikan untuk investasi, serta pasar yang sangat potensial.” Ujar Mr. Jose.

Keseriusan Saint Gobain untuk meningkatkan produksinya hal ini didukung oleh tingginya angka pertumbuhan penjualan MU-Weber yang mulai meningkat dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ini. dan pada tahun 2017 yang lalu, MU-Weber mencatatkan pertumbuhan penjualannya meningkat 15%.  Untuk itu, MU-Weber pada tahun 2018 ini merasa optimistis bahwa penjualannya bisa meningkat lebih tinggi lagi terutama didukung oleh situasi ekonomi di Indonesia saat ini yang kondusif.

Bapak Anton berharap bahwa dengan kehadiran pabrik yang baru ini, maka ketersediaan mortar yang berkualitas semakin banyak bagi masyarakat, “Sebagai anak perusahaan Saint Gobain, perusahaan asal Perancis yang telah berdiri lebih dari 350 tahun ini, PT. Cipta Mortar Utama siap mendukung pembangunan infrasturktur dan memperbaiki kualitas kehidupan masyarakat dengan menyediakan mortar bermutu terbaik.” Ungkap Pak Anton.

Kehadiran Pabrik ke-4 di Cikande ini merupakan bukti komitmen dari Saint Gobain

Selain itu, pembangunan pabrik PT Cipta Mortar Utama yang ke-4 di Cikande ini diharapkan dapat mendorong industri mortar terus berkembang dan mengubah perilaku membangun yang lebih efisien di Indonesia. 

Selain pembangunan pabrik yang terus dikebut, namun pihak Mortar Utama-Weber tidak lupa juga untuk terus fokus membangun distribusi produk supaya ketersediaan di toko bahan bangunan tercukupi dan mudah diakses masyarakat dan pihak kontraktor. 

Dan untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas produk Mortar Utama-Weber, maka akan terus dilakukan sosialisasi kepada masyarakat umum baik profesional maupun rumah tangga, termasuk memberikan edukasi tentang bagaimana membangun dinding, memasang keramik dan pekerjaan konstruksi lainnya yang baik dan berkualitas. 

Bahkan pihak MU-Weber tidak melewatkan untuk memanfaatkan kecanggihan era digital dan akses internet cepat yang kini ada, Mortar Utama-Weber pun telah melengkapi websitenya dengan berbagai informasi dan servis edukasi; video tutorial, tools digital dalam memilih warna, kalkulator penggunaan produk Mortar Utama-Weber, serta tips dan trik tentang dekorasi rumah. 

Bahkan yang asyiknya juga, kini MU-Weber juga sudah ada aplikasi MU-Weber AR Brochure yang bisa kita download di smartphone kita sehingga semakin memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memahami kebutuhan bahan bangunan untuk sebuah bangunan atau sebuah ruangan secara spesifik melalui sajian aplikasi yang begitu mudah dipahami.


Keunggulan menggunakan MU-Weber
Kini penggunaan mortar instan semakin banyak digunakan untuk pembangunan berbagai jenis bangunan, seperti hotel, gedung perkontoran, perumahan dan lain sebagainya. Dimana penggunaan mortar instan ini digemari lantaran penggunaannya yang efisien dan praktis.
Ternyata menggunakan Mortar si semen instan itu banyak juga ya untungnya
Jadi semen instan dari MU-Weber ini sangat berbeda dengan semen konvensional yang biasa kita kenal, Jika selama ini semen konvensional hanya memakai satu bahan saja, maka semen instan langsung hadir dengan campuran lengkap sehingga siap langsung digunakan. 

Iya, selama ini jika kita ingin melakukan pekerjaan seperti merekatkan bata atau keramik atau pekerjaan lainnya, tukang terlebih dahulu mencampurkan semen dan pasir yang terpisah dengan takaran tertentu. Namun kini dengan semen instan dari MU-Weber semua bahan sudah masuk dalam satu packaging sehingga kita tinggal mencampurnya dengan air dan langsung siap digunakan.

Hal ini pun dipertegas oleh Bapak Anton bahwa “MU-Weber ini berbeda dengan semen konvensional pada umumnya, dimana MU-Weber yang merupakan Mortar instan ini terdiri dari pasir, semen, filter dan aditif yang sudah tercampur secara homogen dengan komposisi tepat dan diproses menggunakan teknologi modern yang berfungsi untuk solusi khusus.”

Beliau pun menambahkan bahwa keunggulan lainnya selain praktis, efisien, serta berteknologi terdepan di bidangnya, menggunakan MU-Weber juga dapat menciptakan produktivitas dalam aplikasi pekerjaan, kualitas bangunan menjedi lebih baik, anggaran terkontrol, dan lingkungan di sekitar pembangunan lebih ramah lingkungan.
MU-Mortar menawarkan banyak keunggulan yang layak jadi pilihan
Hal ini pun diungkapkan oleh Bapak Ary Indra dari sisi arsitek, dimana perkembangan budaya dan teknologi ke depan akan terus meningkat seiring dengan kebutuhan manusia yang terus bertambah, sementara daya dukung alam semakin terbatas, oleh karena itu dalam pengembangan, diperlukan perilaku yang bijaksana.

Bapak Ary menuturkan bahwa “Saat ini usia bangunan semakin pendek, selain alasan lingkungan, efiensi ekonomi juga merupakan faktor utama. Hal ini merupakan pemborosan untuk membangun bangunan dengan memanfaatkan sumber daya yang teralu banyak, namun perlu diganti dalam waktu singkat 15-20 tahun.” 

Selain itu Pak Ary menambahkan bahwa kecenderungan orang-orang menggunakan mortar di dalam dunia arsitektur salah satunya dipengaruhi oleh kesadaran akan pentingnya konsep berkelanjutan yang membawa keseimbangan antara pelestarian alam dengan pemenuhan kebutahan manusia di masa depan yang semakin meningkat.

Setidaknya ada 3 hal yang bisa diraih dari konsep tersebut, yaitu meminimalkan konsumsi bahan dan energi, mencegah dampak negatif terhadap lingkungan dan memenuhi kebutuhan manusia. Sebab berdasarkan pengalaman masalalu dan pengalaman Pak Arya selama ini, penggunaan mortar lebih praktis karena siap pakai, mudah digunakan, memungkinkan konsistensi kualitas, menghemat waktu dan biaya serta lokasi proyek lebih bersih.  
Produk MU-Weber banyak keunggulannya
Untuk lebih jelasnya, berikut saya rangkum kenapa MU-Weber sekarang semakin disukai oleh banyak orang karena memiliki keunggulan sebagai berikut:
  1. Mudah digunakan dan siap pakai, hanya perlu ditambahkan air saja 
  2. Bahan bakunya berkualitas dan komposisinya tepat 
  3. Kualitas produk yang konsisten dan terjamin 
  4. Formulasi disesuaikan dengan kebutuhan aplikasi
  5. Materi dan anggaran terkontrol
  6. Memiliki daya rekat yang tinggi
  7. Waktu penyelesaiaan terprediksi
  8. Biaya pemeliharaan rendah
  9. Nilai investasi bangunan menjadi bertambah
  10. Mendapatkan bantuan teknis berupa pelatihan, konsultasi dan supervise.
Tentu jika melihat begitu banyak keuntungan yang ditawarkan oleh MU-Weber ini, saya pribadi tidak heran jika mortar ini begitu laris dilirik oleh banyak orang, Bahkan jika ditanyakan kepada saya pribadi, tentu saja saya tidak akan ragu untuk menggunakannya, sebab saya juga merupakan pribadi yang malas ribet dan pengen semuanya praktis, makanya saya merasa cocok dengan kehadiran MU-Weber ini.

Dan yang membahagiakan juga dari produk MU-Weber ini karena memang produknya memiliki kualitas dan selalu melakukan banyak inovasi dan konsistensinya memang sudah tidak diragukan lagi yang dilakukannya, makanya saya tidak heran ketika Mortar Utama-Weber ini bisa meraih penghargaan berturut-turut sebagai Top Brand 2016 untuk kelima kalinya untuk kategori semen instan. 


Informasi lebih lanjut:
  • Website: www.mortarutama.com
  • Facebook: Mortar Utama
  • Twitter: @MortarUtamaID
  • Instagram: @MortarUtama.Weber
  • Youtube: Mortar Utama


  

4 comments:

  1. Kebetulan nih Mak ada rencana utk renovasi rumah. Mau nanya ah apa ada produk mortar di matrial langganan Mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Maak, lebih praktis pake produk MU-Weber ini Maak, tinggal langsung digunakan tanpa ribet harus beli pasir dan diaduk-aduk lagi sama semen, langsung siap digunakan. :)

      Delete
  2. Asyik bangat ya Bang sekarang ada semen instan dari MU-Weber ini, benar-benar praktis nih.

    Makasih infonya Bang :V

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa sekarang kalo mau bangun rumah atau renovasi bisa pake semen instan dari MU-Weber ini Dek.

      Delete