ANLENE Mengajak Masyarakat Untuk Melawan Sedentari melalui Kampanya 'Ayo Indonesia Bergerak'


Anlene ajak masyarakat Indonesia 'Ayo Indonesia Bergerak' untuk lawan Sedentari

Berkutat dengan banyak kerjaan di kantor terkadang membuat kita lupa untuk bergerak, mata dan tangan hanya terpaku pada layar komputer dari pagi sampai sore, dan tak jarang masih harus bawa pulang pekerjaan yang harus dilanjutkan di rumah supaya cepat kelar.

Totalitas dan dedikasi dengan pekerjaan yang kita kerjaan seperti itu sungguh sebuah tanggung jawab yang bagus, namun jangan sampai karena kesibukan bekerja kita sampai lupa untuk selalu menggerakkan tubuh kita, sebab kebanyakan duduk dan terpaku hanya pada komputer dalam waktu yang cukup lama itu tidak baik bagi kesehatan loh.

Kebiasan kita yang malas bergerak seperti ini masuk dalam kategori pola hidup sedentari yang ternyata tidak baik bagi kesehatan kita. Bahkan tidak sedikit yang bilang bahwa  pola hidup sedentari dianggap sebagai faktor resiko terhadap berbagai masalah Penyakit Tidak Menular (PTM) namun memiliki dampak yang bisa fatal untuk kesehatan kita.

Dan perlu kita ketahui, bahwa ternyata pola hidup sedentari ini menyebabkan berbagai masalah kelainan metabolisme pada tubuh kita, sehingga gampang memicu hadirnya aneka penyakit seperti: kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes, resistensi insulin, obesitas, dan lain sebagainya.

Hal ini juga diperkuat dengan data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 dari Kementerian Kesehatan yang menunjukkan bahwa 24,1% penduduk Indonesia menjalani perilaku sedentari lebih dari 6 jam perhari. Dengan seperempat masyarakat Indonesia menjalani gaya hidup sedentary ini, maka risiko terjadinya penyakit tidak menular pun meningkat. Bahkan saat ini penyebab kematian tertinggi di Indonesia dan dunia termasuk diantaranya adalah penyakit tidak menular seperti stroke, penyakit jantung, dan diabetes mellitus.

Ternyata gaya hidup sedentari ini telah menjadi isu penting di Indonesia maupun seluruh dunia, karena telah terbukti menjadi faktor penyebab meningkatnya penyakit tidak menular sehingga mencegah masyarakat Indonesia memiliki kehidupan yang lebih baik.

Melihat dampak dari sedentari di atas yang begitu mengancam kesehatan banyak orang, maka Anlene mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menjadi bangsa yang lebih aktif dalam melawan gaya hidup sedentari melalui kampanye ‘Ayo Indonesia Bergerak’.

Ayo Indonesia Bergerak’ bersama ANLENE

ANLENE sebagai brand unggulan Fonterra Brands Indonesia melihat bahwa semakin banyak masyarakat yang terjebak dengan gaya hidup sedentari ini. Untuk itu, Anlene ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk bergerak lebih aktif dalam melawan gaya hidup sedentari dengan kampanye ‘Ayo Indonesia Bergerak’

Dimana melalui kampanye ini, Anlene ingin mengajak masyarakat untuk jangan malas bergerak, sebab dengan aktif bergerak maka kita bisa mengikis perlahan gaya hidup sedentary yang kini menjadi momok yang begitu menakutkan sebagai salah satu faktor yang bisa menyebkan hadirnya berbagai penyakit tidak menular yang berujung pada kematian.  

Selain itu pun, ternyata secara global, kurangnya aktivitas fisik diestimasikan menimbulkan biaya pelayanan kesehatan dalam setahun hingga sebesar INT $54 milyar, dimana 57% ditanggung oleh sektor publik dan tambahan $14 miliar menyebabkan hilangnya produktivitas. 
Ibu Rohini  Behl mengajak masyarakat 'Ayo Indonesia Bergerak'
Untuk ini, saat ini Anlene mencoba menginsipirasi masyarakat agar lebih aktif bergerak seperti yang dituturkan oleh Ibu Rohini  Behl selaku Technical Marketing Advisor, Fonterra Brands Indonesia yang mengatakan "Tahun ini ANLENE dengan Kampanye ‘Ayo Indonesia Bergerak’  turut mendukung program pemerintah, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan mendorong masyarakat untuk bergerak lebih aktif. Dengan bergerak aktif serta menjaga kesehatan, kekuatan dan fleksibilitas tulang, sendi, dan otot, kita telah melakukan langkah penting untuk melawan gaya hidup sedentari. Ayo Indonesia bergerak bersama ANLENE, karena kita bisa melakukan lebih untuk melawan gaya hidup sedentari.” 

Kampanye ‘Ayo Indonesia Bergerak’ ini dilakukan oleh Anlene karena melihat kenyataan belakangan ini bahwa seiring dengan gaya hidup modern yang dijalankan oleh masyarakat Indonesia, tidak bisa dipungkiri bahwa gaya hidup sedentari pun merupakan suatu hal yang juga banyak dilakukan, sehingga menjadi penghalang bagi kita dalam melakukan yang terbaik dan memiliki kehidupan yang lebih baik. 

Dengan fakta satu dari empat penduduk Indonesia menjalani gaya hidup sedentari, sekarang adalah saat yang tepat untuk mengajak semua masyarakat Indonesia melawan fenomena ini. Sebab Anlene percaya bahwa bangsa yang kuat bermula dari masyarakat yang kuat, untuk itu Anlene mengajak masyarakat Indonesia untuk bergerak lebih aktif demi Indonesia yang lebih sehat dan kuat.
Anlene ajak masyarakat untuk melawan gaya hidup sedentari melalui Ayo Indonesia Bergerak
Anlene ajak masyarakat untuk melawan gaya hidup sedentari
Hal ini dipertegas oleh penjelasan dari Ibu Ines Yumahana Gulardi selaku Senior Nutrition Manager, Fonterra Brands Indonesia yang menjelaskan bahwa, “Anlene menganjurkan masyarakat Indonesia untuk bergerak aktif untuk melawan gaya hidup tidak aktif atau sedentari. Sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tulang, sendi dan otot agar tetap kuat dan sehat. Ketiganya merupakan bagian dari sistem musculoskeletal, yang mendukung kemampuan kita untuk dapat memiliki postur yang baik, keseimbangan dan untuk bergerak aktif.”

Maka dengan itu, saat ini Anlene melalui kampanye ‘Ayo Indonesia Bergerak’ sedang mengadakan perjalanan estafet bersama  komunitas lokal dari Yogyakarta menuju Jakarta yang sudah dilepas di Yogyakarta 8 April 2018 lalu. Dimana estafet dari Yogyakarta ke Jakarta ini diharapkan akan menginspirasi masyarakat Indonesia bergerak lebih aktif untuk melawan gaya hidup sedentari. 

Dan yang mengikuti perjalanan estafet dari Yogyakarta ke Jakarta ada sekitar 250 pelari dan pesepeda yang akan melakukan perjalanan sejauh 600 KM ke Jakarta melewati sejumlah kota seperti Kebumen, Purwokerto, Ciamis, Bandung, dan Bogor.
Peta jalur Estafet Anlene Ayo Indonesia Bergerak dari Yogyakarta - Jakarta
Peta jalur Estafet Anlene dari Yogyakarta - Jakarta
Dan perjalanan estafet dari Yogyakarta ini akan berakhir dengan puncak acara di Jakarta pada 22 April 2018 mendatang, ‘Ayo Indonesia Bergerak’ juga menghadirkan kegiatan-kegiatan menarik seperti: MoveMax Arena, Cooking Class, dan Fun walk. ANLENE juga menggandeng figur publik yang dikenal sangat aktif yaitu Indy Barends dan Prisia Nasution, serta penggiat olahraga Muhammad Fadli yang dapat menginspirasi masyarakat untuk melawan gaya hidup sedentari.

Dan bagi masyarakat yang ingin memantau pergerakan perjalanan estafet dari Yogyakarta ke Jakarta sudah sampai di kota mana maka bisa melihatnya melalui akun resmi media sosial Anlene yaitu Facebook (Anlene Indonesia) dan Instagram (@anlene_indonesia).

Aktivitas Fisik untuk Kesehatan Tulang, Sendi Dan Otot

Ya, sudah sangat jelas seperti yang dijelaskan di atas, bahwa untuk melawan gaya hidup sedentari, maka kita disarankan untuk melakukan latihan fisik minimal 30 menit sehari setidaknya tiga kali dalam seminggu atau total 2,5 jam per minggu. Latihan fisik dapat dilakukan dimanapun dalam keseharian kita, termasuk di rumah.

Dr. Ade menjelaskan bahwa aktivitas fisik itu penting untuk Kesehatan Tulang, Sendi Dan Otot
Dan Dr. Ade Jeanne L. Tobing, SpKO selaku dokter spesialis kedokteran olahraga dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga menjelaskan bahwa “Tulang, sendi, dan otot bekerja sama untuk mendukung setiap gerakan yang kita lakukan setiap hari. Tulang adalah jaringan hidup  yang mengalami perusakan dan pembentukan (remodeling), latihan fisik dengan pembebanan (weight bearing exercise) menyebabkan jaringan tulang baru terbentuk sehingga membuat tulang lebih kuat dan padat. Aktivitas fisik semacam ini juga membuat sendi lebih fleksibel dan otot lebih kuat. Tulang, sendi, dan otot menjadi lebih kuat ketika otot mendorong dan menarik tulang selama latihan fisik.”

Dan untuk melakukan latihan fisik ini sebenarnya bisa kita lakukan di mana saja dan kapan saja. Tidak harus berada di lapangan olahraga atau tempat gym saja, melakukan latihan fisik ini bisa kita lakukan bahkan di dapur, di ruang tidur, di taman dan lain sebagainya.

“Latihan fisik idealnya dapat mewakili tiga kategori berikut: Cardiorespiratory fitness, Stretching, dan Strengthening. Semuanya dapat diaplikasikan di dalam rumah, contohnya Anda dapat melakukan latihan di kursi ruang makan atau jogging memutari halaman untuk cardiorespiratory fitness. Anda dapat stretching menggunakan sapu dan bahkan melakukan gerakan strengthening dengan handuk setelah mandi. Latihan fisik ini dapat dilengkapi dengan olahraga teratur seperti aerobik, yoga, atau pilates yang akan membantu kesehatan tulang, sendi, dan otot,” tambah Dr. Ade Jeanne L. Tobing, SpKO.

Melakukan latihan fisik itu penting karena memang banyak manfaatnya, bahkan berdasarkan bukti ilmiah individu yang melakukan aktifitas fisik secara teratur memiliki manfaat yang baik bagi tubuh kita, diantaranya:
  • 35% risiko penyakit jantung koroner dan stroke yang lebih rendah
  • 50% risiko penyakit diabetes tipe 2 yang lebih rendah 
  • 50% risiko penyakit kanker kolon yang lebih rendah 
  •  20% risiko penyakit kanker payudara yang lebih rendah
  • 30% risiko kematian dini yang lebih rendah
  • 83% risiko penyakit osteoarthritis yang lebih rendah
  • 68% risiko patah tulang panggul yang lebih rendah 
  • 30% risiko jatuh lansia yang lebih 
  • 30% risiko depresi yang lebih rendah
  • 30% risiko dementia yang lebih rendah
Jadi mari kita semua harus tetap aktif melakukan aktivitas dan latihan fisik secara teratur sejak anak-anak sampai usia lanjut. Dan memang ini butuh komitmen bagi diri kita sendiri supayya bisa terus melakukan latihan fisik, untuk itu harus diprogram secara individu supaya diperoleh sistem muskuloskeletal yang sehat untuk hidup yang lebih baik lagi.

Anlene bantu mendukung kesehatan Tulang, Sendi dan Otot

Selain rutin bergerak, asupan makan juga harus dijaga agar tubuh selalu sehat, karena tidak bisa dipungkiri bahwa apa yang kita konsumsi pun mempunyai peran penting bagi kesehatan kita terutama tulang, sendi dan otot.

Selain itu, Ibu Ines juga menambahkan bahwa “Kunci untuk gaya hidup yang lebih sehat adalah dengan mempraktikkan olahraga rutin dan memilih pola makan yang sehat dan seimbang. Sebagai bagian dari pola makan yang sehat seimbang, Anlene dengan formulasi MoveMax mengandung zat gizi yang membantu menjaga kekuatan dan kesehatan tulang, sendi dan otot, sehingga kita dapat bergerak aktif dan melawan gaya hidup sedentari.”
Anlene kampanye Ayo Indonesia Bergerak
Anlene bukan susu biasa
Untuk itu, Anlene hadir dengan produknya yang dilengkapi dengan formulasi MOVEMAX yang memiliki 3 kandungan zat gizi utama yaitu: Kalsium yang baik bagi tulang, Whey Protein yang bagus bagi otot dan Kolagen yang bermanfaat bagi kesehatan sendi.

Makanya bisa dibilang ANLENE MOVEMAX ini mempunyai manfaat yang lebih dari susu biasa, karena mampu bekerja pada 3 tingkatan, yaitu:
  • Bahan dasar – Struktur: Anlene Movemax bisa memberikan bahan dasar untuk struktur tulang, sendi & otot karena mengandung Kalsium, Protein Whey, Kolagen, Magnesium.
  • Fungsi: dimana Anlene Movemax bisa mendukung proses fisiologis yang berkontribusi terhadap fungsi Tulang, sendi dan otot dengan dukungan kandungan Magnesium, Kalsium, Vitamin B6/B12,C,D yang terkandung di dalamnya.
  • Melindungi: karena Anlene Movemax dapat emberikan perlindungan terhadap kerusakan jaringan dari oksidasi dan peradangan, dan lain sebagainya karena memiliki kandungan Vitamin C, Vitamin E, Zinc Magnesium.
Sempurnakan nutri untuk tubuh dengan rutin mengkonsumsi Anlene

Anlene layak dipilih karena memiliki kandungan lemak, gula serta gikemik index yang rendah sehingga aman untuk dikonsumsi 2 kali dalam sehari dengan segala komponen baik yang terkandung di dalamnya sehingga sangat baik bagi tubuh kita.

Jadi selain melakukan olahraga dan mengkonsumsi diet seimbang dengan nutrisi yang sehat, maka tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi Anlene Movemax secara rutin agar tubuh kita bisa mendapatkan asupan yang baik bagi tubuh sehingga tulang, otot dan sendi bisa bekerja dengan baik.


2 comments:

  1. Banyak gerak aktif memang bukan buat laki-laki saja ya mas. Buat perempuan juga berlaku. Biar ga gampang sakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mba Sarah, bergerak aktif ini sebaiknya dilakukan oleh semua orang tanpa terkecuali oleh jenis kelamin ataupun umur.

      Delete