Proteksi Dari Dari Berbagai Penyakit Kritis Bersama PRIMA



Beberapa waktu yang lalu saya menjenguk seorang teman yang lagi sakit, saat saya melangkah masuk di sebuah kamar rawat inap, tiba-tiba saya dikejutkan oleh suara seorang perempuan yang menangis cukup kencang dan membuat fokus saya tertuju padanya.

Jadi di kamar rawat inap teman saya ini, dihuni juga oleh dua pasien lain selain dia. Dan kebetulan pasien yang ada di samping teman saya inilah yang ditangisi oleh perempuan tadi. Namun lelaki yang ditangisi tersebut justeru tersenyum dan bilang jangan sedih ke perempuan itu.

Hati saya terenyuh melihat pemandangan itu, melihat senyum ketegaran yang coba dipamerkan lelaki muda itu untuk mengusir kecemasan perempuan yang sedang menangisinya. Dan saya bisa sangat memaklumi kenapa perempuan itu bisa menangis begitu sedihnya, karena dia shok baru mengetahui kondisi sebenarnya yang diderita adiknya, padahal selama ini yang ia lihat adiknya itu tampak selalu sehat dan baik-baik saja. Makanya ia dan keluarga lainnya sangat kaget ketika mengetahui hal ini.

Begitulah hidup, kadang sakit itu bisa datang pada siapa saja, tak peduli kaya atau miskin, tak peduli muda atau tua, tak peduli laki-laki atau perempuan, semua bisa saja terkena berbagai macam penyakit yang terkadang bikin kita meringis mendengar dan melihatnya.

Sepintas yang saya dengar, perempuan yang menangis tadi bukan saja terkejut dengan penyakit kanker yang diderita adiknya, namun dia juga mencemaskan bagaimana biaya untuk perawatan adiknya ini, karena penyakit kanker hati bukanlah penyakit yang ringan, butuh perawatan yang intensif dan tentu saja membutuhkan biaya yang tak sedikit.

Ya begitulah jika sakit sudah datang, maka tentu saja akan merampas banyak hal, bukan hanya saja waktu dan kebebasan kita untuk beraktivitas, namun sakit juga tak jarang menguras begitu banyak materi yang kita miliki, makanya ada yang bilang bahwa sakit itu mahal.

Untuk itu penting rasanya kita memiliki proteksi diri berupa asuransi kesehatan, sebab bila terjadi sakit seperti ini, setidaknya ada asuransi kesehatan yang bisa meringankan biaya yang harus kita tanggung. Ya, bisa dibaratkan, bahwa asuransi itu ibarat payung yang hadir saat hujan datang untuk melindungi kita dari basah yang sangat kuyup.

BCA dan AIA Luncurkan PRIMA

Nah, ngomongin asuransi sebagai pelindung diri, maka saya jadi teringat dengan Prima (Proteksi Penyakit Kritis Maksima) yang diluncurkan oleh PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dan PT AIA FINANCIAL (AIA) beberapa hari yang lalu (11/10/18) di Kembang Goela Restaurant, Jakarta.

BCA dan AIA secara resmi sudah meluncurkan Asuransi PRIMA (Proteksi Penyakit Kritis Maksima)
Dalam peluncuran PRIMA ini banyak sekali tamu yang datang, dan tampak hadir dalam Launching PRIMA ini ada Direktur BCA Suwignyo Budiman, lalu ada juga Direktur BCA Erwan Yuris Ang didampingi oleh Senior Executive Vice President Wealth Management BCA Christine Setyabudhi, selanjutnya ada juga Executive Vice President Wealth Management Eva Sumampouw, dan ada juga Presiden Direktur AIA Financial yaitu Mr. Ben Ng, kemuudian ada Direktur Distribusi Kemitraan AIA Financial Naresh Krishnan, dan tampak juga Chief Marketing Officer AIA Financial Lim Chet Ming.

Peluncuran Prima ini sendiri merupakan bagian dari kepedulian BCA sebagai institusi yang selalu melekat dan dekat dengan masyarakat. Maka dengan demikian, BCA ingin menunjukkan inisiatifnya dalam menjangkau dan mengakomodir kebutuhan kesehatan masyarakat terutama dalam bidang memberikan proteksi untuk penyakit kritis, karena hidup yang sehat merupakan aset berharga dalam keberlangsungan hidup kita.
Bapak Suwignyo menjelaskan bahwa memberikan proteksi diri dari segala penyakit itu penting karena kita tidak pernah tahu kapan ppenyakit menyerang kita.
Untuk itu, dalam sambutannya, Bapak Suwignyo Budiman selaku Direktur BCA mengatakan bahwa memiliki jiwa dan raga yang sehat merupakan dambaan hidup semua orang. Meski demikian, gangguan kesehatan atau penyakit yang menyerang tubuh memang tidak bisa diprediksi. Oleh sebab itu, BCA bersama AIA mengambil langkah dengan menawarkan solusi proteksi jiwa dan penyakit kritis yang saat ini semakin mahal biayanya.

Apalagi sering kita dengar belakangan ini, bahwa ternyata salah satu pemicu utama hadirnya penyakit kritis ini adalah gaya hidup yang kurang sehat, seperti pola makan yang tidak teratur, stress, istirahat yang tidak cukup, merokok, mengkonsumsi alkohol, kurang berolahraga dan sederet gaya hidup kekinian yang gampang menyulut berbagai penyakit, alhasil masyarakat dari berbagai usia, baik yang produktif maupun usia senja tidak luput dari risiko penyakit kritis ini.

Berdasarkan pemikiran itulah, maka akhirnya lahirlah PRIMA (Proteksi Penyakit Kritis Maksima) yang merupakan produk bancassurance yang terlahir dari kerja sama antara BCA dan perusahaan asuransi AIA yang merupakan produk asuransi tradisional yang memberikan proteksi penyakit kritis seumur hidup.

Dan kehadiran PRIMA (Proteksi Penyakit Kritis Maksima) ini merupakan yang pertama dipasarkan melalui jalur distribusi bancassurance melalui BCA dan diharapkan dapat memberikan multiple coverage kepada masyarakat terhadap proteksi kesehatannya.
Mr. Ben Ng menjelaskan kemitraan AIA dengan BCA ini akan menghadirkan solusi untuk memproteksi masyarakat dari penyyakit kritis
Dan diakui juga oleh Mr. Ben Ng selaku Presiden Direktur AIA Financial bahwa peluncuran PRIMA ini dilandasi atas kesamaan visi kedua perusahaan dalam menghadirkan solusi perencanaan keuangan dan proteksi yang komprehensif. 

Apalagi kemitraan strategis AIA dan BCA ini sudah terjalin lebih dari 10 tahun sehingga diharapkan dapat membuka akses inklusi asuransi jiwa yang lebih luas serta mengedukasi masyarakat akan pentingnya memiliki perencanaan keuangan jangka panjang, termasuk proteksi penyakit kritis.

Hal ini perlu dilakukan karena berdasarkan AIA Healthy Living Index Survey 2018 menunjukkan bahwa 87% masyarakat Indonesia sangat mencemaskan biaya untuk pengobatan penyakit kritis. Dan penyakit yang dianggap akan menimbulkan dampak finansial yang serius adalah kanker (53%), penyakit jantung (47%) dan diabetes (31%). 

Untuk pengobatan penyakit seperti kanker ternyata 31% yang menyatakan bahwa mereka membayar menggunakan uang tabungan dan 28% melalui asuransi. Jadi ternyata masih banyak masyarakat kita yang menggunakan uang dana bungannya dari pada menggunakan asuransi untuk mengobati penyakit seperti kanker ini.

Maka dengan melihat hal ini, diharapkan masyarakat menjadi semakin sadar bahwa melindungi diri dengan melakukan proteksi terhadap penyakit kritis ini memang sudah sangat layak kita lakukan secepatnya demi mencegah hal-hal buruk yang akan terjadi di kemudian hari.

Apa Manfaat dari PRIMA?

Untuk bisa bergabung dengan asuransi PRIMA ini, maka masyarakat diberikan kemudahan dengan primi yang terjangkau yaitu mulai dari Rp.300.000 (tiga ratus ribu rupiah) dengan masa pembayaran premi yang dapat dipilih yaitu 10 atau 20 tahun, dimana premi yang kita bayarkan juga tetap berdasarkan usia masuk dan tidak berubah sepanjang masa pembayaran, dan asyiknya kita akan mendapat perlindungan hingga seumur hidup.

Prima memberikan perlindungan untuk: penyakit kritis, meninggal, dan meninggal akibat kecelakaan
Maka dengan hadirnya premi yang terjangkau dan perlindungan seumur hidup ini semoga menjadikan PRIMA sebagai sebuah proteksi yang dapat menjangkau berbagai usia. Karena pada sejatinya, kehadiran PRIMA adalah untuk menjawab kekhawatiran masyarakat akan tingginya biaya yang dikeluarkan untuk penyakit kritis.

Nah, seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa Prima adalah asuransi jiwa tradisional yang dapat memberikan kepastian 100% uang pertanggungan ketika terjadi resiko penyakit kritis atau meninggal. Dan adapaun manfaat yang bisa kita terima adalah sebagai berikut:
  • PRIMA memberikan perlindungan terhadap 60 kondisi penyakit kritis major (termasuk kanker dan serangan jantung) sebesar uang pertanggungan dikurangi manfaat penyakit kritis untuk Tindakan Bedah Angioplasti yang telah dibayarkan (jika ada).
  • Manfaat penyakit kritis untuk tindakan bedah angioplasti sebesar 25% uang pertanggungan atau maksimal 250 juta.
  • Manfaat meninggal atau manfaat akhir polis sebesar 100% uang pertanggungan dikurangi manfaat penyakit kritis untuk tindakan bedah angioplasti yang telah dibayarkan (jika ada).
  • Manfaat tambahan meninggal akibat kecelakaan hingga uusia 70 tahun sebesar 100% uang pertanggungan.
  • Opsional: Manfaat asuransi tambahan berupa perlindungan terhadap 58 penyakit kritis minor sebesar 25% uang pertanggungan.
Orang-orang yang dapat memiliki Prima ini yaitu tertanggung yang berusia 1 bulan – 60 tahun namun pemegang polisnya harus berusia minimal 18 tahun dengan lama masa asuransi tertanggung hingga berusia 99 tahun.

Risiko dan Pengecualian

Tidak bisa kita pungkiri, bahwa produk asuransi juga mengandung resiko, termasuk tidak terbatas pada risiko kredit dan risiko pembatalan polis. Dan untuk asuransi Prima sendiri memiliki pengecualian untuk kondisi-kondisi sebagai berikut:
  1. Manfaat meninggal tidak akan dibayarkan apabila tertanggung meninggal antara lain karena virus HIV, tindak kejahatan asuransi, melukai diri sendiri dengan sengaja atau bunuh diri.
  2. Manfaat tambahan meninggal akibat kecelakaan tidak dibayarkan apabila tertanggung meninggal antara lain karena terlibat dalam perlombaan ketangkasan atau adu kecepatan kendaraan bermotor, terlibat dalam penerbangan pesawat udara kecuali sebagai penumpang pada penerbangan yang memiliki jadwal penerbangan yang tetap dan memiliki izin.
  3. Manfaat penyakit kritis tidak akan dibyarkan apabila:
    • Tertanggung menderita penyakit kritis antara lain karena kondisi yang sudah ada sebelumnya (pre-existing conditions)
    • Penyakit kritis yang diagnosuis pertamanya serta tanda dan atau gejalna terjadi dalam masa tunggu.
Gimana teman-teman, sudah dapat gambaran belum terkait asuransi Prima ini? namun  jika teman-teman merasa masih ada yang belum merasa jelas atau pengen tahu lebih detail ternkait asuransi Prima ini, maka teman-teman bisa langsung mengunjungi seluruh cabang BCA di seluruh Indonesia yang ada di dekat tempat tinggal teman-teman ya.
BCA dan AIA secara resmi sudah meluncurkan Asuransi PRIMA (Proteksi Penyakit Kritis Maksima)

Begitu pun jika teman-teman ingin mendaftarkan diri untuk mendapattkan manfaat dari asuransi PRIMA ini maka teman-teman juga sudah bisa langsung sekarang menuju ke kantor cabang BCA dimana pun untuk mendaftarkan diri ataupun anggota keluarga lainnya.

Ingatlah, semakin cepat dan masih muda usia kita saat mendaftarkan diri maka jumlah preminya pun semakin murah. Jadi, dengan memiliki produk asuransi tradisional Prima ini, maka itu artinya kita sudah memberikan proteksi terhadap diri kita dari penyakit kritis seumur hidup.

So guys, #HidupkanRencanamu Seumur Hidup Bersama PRIMA!

1 comment:

  1. Seperti peribahasa, sudah jatuh tertimpa tangga. Udah terkena penyakit kritis dan tidak ada biaya. Untung sekarang ada PRIMA

    ReplyDelete