Ciptakan Kebahagian Dengan Traveling


 

“Jika kamu ingin bahagia, jangan tunggu orang lain yang membahagiakanmu, tapi kamu yang harus menciptakannya sendiri.” Begitulah wejangan seorang teman kapada saya saat menanggapi curhatan saya kepadanya akan hidup saya yang terasa begitu monoton dan membosankan.

Maka saat itu dia menyarankan saya untuk ambil cuti dari pekerjaan dan menyuruh saya pergi jalan-jalan ke tempat yang benar-benar ingin saya kunjungi. Awalnya saya kira apa yang dibilangnya hanya omong kosong, namun ternyata mengambil libur dan melakukan traveling sejenak dengan memanjakan diri sendiri itu ternyata begitu menyenangkan.

Dan sejak saat itu, saya tidak pernah lupa agar selalu menyempatkan waktu saya untuk memanjakan diri sendiri, sebab bagi saya itu sesuatu yang sangat penting. Ya, tubuh dan pikiran juga punya hak untuk dimanja setelah diajak bekerja keras setiap hari. Makanya, kini pergi jalan-jalan adalah salah satu pilihan yang kerap saya lakukan untuk memanjakan diri saya sendiri.

Dalam setiap perjalanan yang saya lakukan, saya selalu menemukan banyak hal baru yang membuat saya bisa belajar banyak hal terkait memaknai kebahagian. Misalnya saat saya berkunjung ke Pantai Telaga (gambar di atas), meski mungkin sangat receh bagi banyak orang, namun berlarian bersama debur ombak, berjalan di pasir pantai yang basah, menikmati senja yang tenggelam, adalah kenikmatan yang sungguh luar biasa dan membuat hati saya tak henti merasa bahagia.


Ya, mungkin semua ini terasa indah karena saya sangat jarang menikmati momen seperti ini, setiap hari di Ibu kota saya hanya bergulat dengan pekerjaan dan kemacetan jalanan setiap harinya, dan selalu dihadapkan dengan deretan gedung-gedung bertingkat yang kadang membosankan, makanya ketika melihat ada pemandangan pantai seindah ini, tentu saja hati saya merasa begitu bahagia.

Traveling Memberikan Kebahagiaan

Makanya kini, melakukan travaling seperti ini memang “harus” dan menjadi agenda wajib bagi saya, karena jika menuruti pekerjaan tentu saja tidak akan pernah ada kata usai atau kelarnya. Kita sendiri yang harus pintar mengatur waktu untuk menyempatkan diri agar bisa pergi berlibur atau jalan-jalan meski hanya sejenak. 

Iya, kita harus pergi jalan-jalan, karena kita akan merasakan banyak kebahagiaan seperti yang saya sebutkan di atas, dimana rasa bahagia ini akan mengusir rasa penat dan stress yang kerap kita rasakan dalam menekuni rutinitas pekerjaan kita sehai-hari.

Bahkan menurut salah satu artikel yang pernah saya baca, bahwa ada penelitian yang dilakukan oleh Universitas Pittsburgh mengungkapkan bahwa orang-orang yang melakukan kegiatan rekreasi dan liburan secara signifikan ternyata dapat meningkatkan emosi positif yang sangat bagus bagi kesehatan mental mereka.
Beribur bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan jiwa dan raga
Dan melakukan traveling dengan mendatangi tempat baru dan menikmati pengalaman baru, maka hal ini akan merangsang otak untuk membangun ketahanan sel yang dapat menunda kemunculan penyakit degeneratif, juga meningkatkan memori dan konsentrasi, serta membuat kita menjadi lebih kreatif.

Ya, dengan melakukan traveling, maka kita akan merasa lebih bahagia, lebih tenang, dan terhindar dari depresi. Bahkan kita pun bisa mengembalikan gairah dan mood kita menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya sehingga memberikan semangat baru bagi diri kita untuk kembali bekerja. 

Selain itu, jika kita juga melakukan kegiatan traveling secara rutin ternyata juga sangat berpengaruh kepada kesehatan fisik kita. Seorang Prof. Fulvio D’Acquisto yang merupakan peneliti dalam bidang imunitas berpendapat bahwa berlibur dengan mengunjungi suatu lingkungan yang baru dan menyenangkan dapat menstimulasi sistem imun untuk bekerja lebih baik, dimana lingkungan yang menyenangkan dapat meningkatkan kadar sel darah putih yang berguna untuk melindungi tubuh saat terpapar agen infeksi tanpa pemberian obat.

Bukan hanya itu, bagi saya pribadi, momentum liburan seperti ini bisa juga menjadi salah satu ajang untuk menghabiskan waktu berkualitas dengan orang-orang tercinta seperti keluarga dan sahabat. Dimana melalui kesempatan seperti ini, kita bisa membangun ikatan yang lebih erat dengan mereka sembari menikmati keindahan objek wisata yang kita kunjungi  saat liburan. 


Tapi yang tak kalah penting dari semua itu, pada hakekatnya, berlibur dan mengunjungi tempat-tempat baru seperti ini bisa menjadi memonetum bagi kita untuk selalu bersyukur atas kebesaran Tuhan yang sudah menciptakan alam semesta ini dengan begitu indahnya. 

Ya, berlibur akan benar-benar membuat kita belajar menjadi pribadi yang lebih rendah hati dan senantiasi bersyukur kepada Tuhan, karena kita telah dianugerahi kesempatan untuk melihat tempat-tempat indah yang diciptakanNya.

Maka bisa saya bilang, bahwa dengan melakukan perjalan dan sejenak berlibur mamang sangat penting untuk kita lakukan secara rutin, bahkan bagi saya pribadi ini sudah menjadi agenda wajib yang harus dilakukan supaya jiwa dan raga ini bisa selalu sehat dan bahagia.

Ingin mengunjungi Jogja dan Solo

Nah, berbicara tentang jalan-jalan dan liburan, sebenarnya dalam waktu dekat ini saya dan beberapa sahabat saya sedang merencanakan untuk pergi traveling ke Jogja dan kemudian nantinya akan melanjutkan perjalanan ke Solo. 

Kedua kota ini kami pilih karena kami memang akan ada perjalan special yang ingin kami lakukan. Dimana yang pertama kami akan kumpul di Jogja terlebih dahulu untuk menggelar reuni karena dulu kami sama-sama kuliah di sana, lalu melanjutkan perjalanan ke Solo untuk menghadiri salah satu pesta pernikahan seorang sahabat yang akan digelar di sana.


Selain reunian dan menghadiri pesta tersebut, tentu saja kami sudah menyusun agenda lain juga, yaitu akan pergi jalan-jalan ke berbagai tempat menarik yang ada di dua kota tersebut. Dan saat ini kami masih menyusun semua schedulenya dan memilih-milih berbagai objek wisata yang akan dikunjungi nantinya.

Sebab setelah kami browsing, ternyata banyak bangat tempat wisata yang ada di Jogja juga di Solo yang begitu menarik untuk dikunjungi, namun entahlah nanti bisa dikunungi semua atau tidak, semua masih belum pasti karena masih menyesuaikan juga dengan jadwal cuti dari kami masing-masing.
Sudah tidak sabar saya untuk jalan-jalan dan menikmati keindahan kota Jogja dan Solo

Namun yang sudah pasti sih, nantinya dari Jogja menuju Solo kami rencananya akan menggunakan bus saja, karena kebetulan seorang teman yang tinggal di Solo bilang, bahwa sekarang melakukan perjalan dari Jogja menuju Solo menggunakan bus juga sangat nyaman dan juga aman.

Selain itu, menurut dia, kini pemesanan tiket bus juga sudah sangat mudah, dimana kita bisa memesan tiket bus Traveloka langsung secara online melalui website atau aplikasi di handphone kita, maka dalam sekejap tiket bus yang kita inginkan bisa didapatkan tanpa ribet.

Sekarang sih saya sudah tidak sabar lagi untuk melakukan travaling ke Jogja dan Solo, semoga semua perencanaan untuk perjalanan yang sudah kami siapkan ini nantinya bisa berjalan lancar dan sukses. Aamiin…


"Prestasi orang yang sering berlibur lebih cemerlang daripada orang yang menyiksa dirinya dengan bekerja terus-menerus." ~Anonymous~


7 comments:

  1. Enak juga sekarang ya kak...mau traveling udah bisa pake bis yg tiketnya bisa di beli secara online ..jadi gak perlu ke terminal buat antri

    ReplyDelete
  2. QUotes nya keren, Memang berlibur itu perlu sekali. Dulu pernah ngalamin setahun full gak libur akhirnya burn out deh seperti zombie aja, dan hidup seolah mengulang siklus yang itu-itu aja.

    ReplyDelete
  3. Bener banget nih bro wejangan soal traveling. Hidup harus balance kerja sama refreshing :D. Kece badai fotonya dimana tuh? :D

    ReplyDelete
  4. Setuju banget traveling itu menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan. Sayang banget kalau kesempatan hidup tidak dimanfaatkan untuk jalan-jalan menikmati keindahan di sekitar...

    ReplyDelete
  5. Wih, beli tiket bus bisa online juga, traveloka memang top markotop!

    Udah lama ga jalan-jalan naik bus, tapi parno sama macetnya haha

    ReplyDelete
  6. traveling itu bagi aku sebagai re-charge energi.. setelah bergulat dengan aktifitas yang menguras energy, traveling saat me-recharge energy untuk kembali full agar beraktifitas dengan energy yang baru dan positif

    ReplyDelete
  7. Bener banget. Tp travelling itu bikin nagih apalagi Indonesia tuh banyak bgt tempat2 indah dan mempesona
    dan perjalanan benar menjadi satu cara utk memberikan awards bagi diri sendiri

    ReplyDelete