Menjamu Senja di Pantai Mantau



Pantai ini lagi sangat hits di Bima, namanya Pantai Mantau. Pantai ini menjadi tujuan wisata yang begitu ramai belakangan ini karena menawarkan panorama yang indah terutama saat senja. Jingga yang merona akan terlukis sempurna di cakrawala kala sore bertandang. Dan menikmati momen ini benar-benar membuat saya tak henti bersyukur kepada Sang Maha Pencipta, Subhanallah indahnya. 

Lihatlah, jingga sudah mewarnai cakrawala
Pantai Mantau ini berada di Desa Nanga Wera, Kecamatan Wera, Kabupaten Bima – NTB. Letaknya ada di pinggir jalan yang menuju ke kecamatan Wera dari arah kota Bima. Butuh waktu kurang lebih sekitar satu jam dari pusat Kota Bima untuk mencapai tempat ini dengan sepeda motor.

Tidak sulit untuk menemukan tempat ini, letaknya persis di pinggir jalan, bahkan jika bingung maka kita bisa bertanya kepada orang-orang pasti sudah tahu tempat ini. Dan Pantai Mantau ini juga sangat terkenal dengan nama Pantai *Salaja Ina Sei.

Pantai ini dulunya pantai biasa, tidak ada yang begitu meliriknya. Namun sejak ada seorang Ibu yang bernama Ina Sei yang menjual ikan segar di sini, maka perlahan banyak orang yang suka datang membeli ikan di sini. Iya Ina Sei ini menjual ikan-ikan segar yang baru ditangkap oleh para nelayan di sekitar itu.
Ikan Bakarnya enaak loh
Namun seiring waktu, banyak orang yang langsung meminta ikannya dibakar di situ dan dinikmati di tepi pantai sambil menikmati panorama deru ombak dan semilir angin laut yang mendesir. Maka perlahan, semakin banyak orang yang sengaja datang ke pantai ini untuk membeli ikan dan meminta langsung dibakar di tempat.

Sejak saat itu, dari mulut ke mulut, orang-orang mulai ramai bertandang ke tempat ini untuk berwisata sambil menikmati ikan segar, dan seiring meningkatnya kunjungan orang ke pantai ini, maka kini pantai Mantau ini sudah sedikit berbenah diri, seperti disedikannya pondok-pondok kecil untuk duduk-duduk di tepi pantai, terdapat ayunan, kursi love, dan tempat duduk yang berada tepat di pinggir pantai. Selain itu, kini sudah tersedia juga toilet, mushola dan lahan parkir yang luas juga.
Bangku Love, Pondok dan Ayunan di tepi Pantai Mantau
Main Ayunan di tepi pantai itu seru loh.
Oh iya, jika datang ke sini tujuannya untuk makan-makan, maka sebaiknya bawalah nasi sendiri dan minum sendiri, dan hanya beli ikan bakarnya saja di sini untuk lauk, supaya lebih hemat apabila memang datangnya sangat ramai dengan teman keluarga atau teman-teman.

Dan tak sedikit juga orang-orang yang datang ke sini pun tergoda untuk berbasah-basahan di pantai ini untuk mandi-mandi. Namun menurut saya pantai ini kurang bagus untuk mandi-mandi, karena pantai ini tipikal pantai berbatu, sehingga sangat resiko kaki kita tersandung batu-batu, dan jika tetap pengen mandi, maka tetap berhati-hatilah supaya jangan sampai terluka.

Tapi jika hanya sekadar hanya untuk main air ke pantai dan menikmati panorama alamnya, maka sebaiknya datanglah menjelang sore hari sekitar pukul lima sudah tiba di sini, tapi saya sarankan sebaiknya datanglah lebih cepat sekitar pukul empat sore jika ingin melihat hamparan pantai yang masih terlihat biru.

Dan di sekitar pantai Mantau ini banyak spot foto yang menarik loh menurut saya, jadi jika kita senang memotret pemandangan, maka jangan lewatkan untuk berjalan-jalan di sekitar pantai Mantau ini juga, yaitu pergilah ke arah perbatasan Kecamatan Ambalawi dan Kecamatan Wera, di sini kita bisa menikmati view Gunung Sangiang dari jauh.
Menatap Sangiang dari jauh
Iya menikmati pantai ketika waktu masih terang dan sudah menjelang senja itu dua momen yang berbeda menurut saya. Pantai yang biru menawarkan kedamaian dan kebahagiaan, sedangkan pantai dengan semburat jingganya memberikan perasaan sahdu dan romantis. 

Dan saya sangat suka menikmati dua momen ini, terlebih jika kita ke sini bersama seseorang yang special pastinya akan menjadi momen yang tak terlupakan. Duduk berdua di tepi pantai sambil ngobrol santai, rasanya waktu bergulir begitu cepat, dan pengennya malam tidak cepat datang, biarkan senja dengan mega-meganya menghiasi langit lebih lama.

Jadi jika teman-teman ada yang lagi bertandang ke Bima, maka jangan lupa mampir ke pantai Mantau ini ya, jangan lupa untuk menikmati keindahan pantainya sembari menikmati kelezatan ikan bakarnya yang segar. 

Selamat Berlibur, Selamat Bersenang-senang :)


Catatan:
* Sajala Ina Sei = Pondok Ibu Sei

No comments:

Post a Comment