Trigeminal Neuralgia Bisa Sembuh dengan MVD di RS Pusat Otak Nasional



Hidup ini penuh dengan misteri, tidak ada yang bisa kita tebak dengan pasti. Termasuk perihal kesehatan, hari ini kita dalam kondisi sehat bugar, namun besok bisa saja kita sakit parah. Meski begitu, menjaga kesehatan adalah sebuah keharusan yang tetap wajib kita jaga, setidaknya untuk menghalau penyakit agar tidak mudah datang dalam hidup kita.

Makanya, sangat penting bagi kita untuk selalu menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, tidur yang cukup, rajin berolahraga dengan teratur, menjauhi rokok, miras dan narkoba, serta selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan dengan teratur.

Selain itu, kita juga harus terus menambah wawasan kita terkait ilmu kesehatan, meskipun kita masyarakat biasa dan bukan tenaga medis sekalipun, agar kita semakin mengerti, bahwa sejatinya di dunia ini ada banyak jenis penyakit yang bisa menghampiri kita dengan begitu mudahnya.

Dan untuk menambah wawasan akan ilmu kesehatan ini sejatinya dapat kita lakukan dengan berbagai cara, seperti membaca artikel di buku dan internet, menonton video di youtube dan sosial media, hingga mengikuti berbagai talkshow kesehatan yang ada.

Nah, ngomongin tentang talkshow kesehatan ini, saya pun jadi ingat dengan acara talkshow yang saya ikuti beberapa hari yang lalu. Talkshow ini mengangkat topik yang sangat menarik tentang Trigeminal Neuralgia di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (PON) – Jakarta.


Trigeminal Neuralgia Memberikan Dampak yang Serius Bagi Penderitanya

Jujur, saya sama sekali tidak pernah mendengar tentang trigeminal neuralgia ini, makanya namanya sangat asing di telinga saya. Namun lantaran itu, saya pun jadi sangat tertarik untuk mengetahui tentang trigeminal neuralgia ini, sehingga begitu semangat untuk mengikuti talkshow yang diadakan oleh Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (PON).

Jadi, bertepatan dengan hari kepedulian trigeminal neuralgia yang jatuh pada setiap tanggal 7 Oktober, maka Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (PON) menggelar acara blogger gathering sekaligus talkshow seputar trigeminal neuralgia dengan narasumber dr. Adi Sulistyanto, SpBS, FINPS dan dr. Mustaqim Prasetya, SpBS, FINPS yang merupakan dokter spesialis saraf di RS PON ini.


Dari pemaparan materi yang disampaikan oleh para narasumber ini, saya pun akhirnya jadi semakin tahu dan mendapatkan gambaran yang lebih jelas terkait dengan trigeminal neuralgia ini, seperti apa gejalanya, apa saja penyebabnya, hingga bagaimana cara mengatasinya.

Jadi, trigeminal neuralgia ini merupakan sebuah kondisi yang mengakibatkan rasa nyeri kronis akibat adanya gangguan pada saraf trigeminalaraf kelima dari dua belas pasang saraf yang berasal dari otak (saraf kranial).

Nah, rasa nyeri yang terjadi ini biasanya muncul hanya di salah satu sisi wajah, namun tak penutup kemungkinan bisa terkena pada kedua sisi wajah juga, akan tetapi hal tersebut sangat jarang banget terjadi baik dalam waktu bersamaan maupun dalam waktu yang berlainan.

Dan biasanya, trigeminal neuralgia ini bisa menimpa siapa saja, namun biasanya kondisi ini terjadi pada orang yang memiliki faktor risiko seperti usia > 40 tahun, dan lebih sering dialami perempuan, rentan terjadi pada orang yang memiliki riwayat hipertensi, atau orang yang juga memiliki riwayat trigeminal neuralgia dalam keluarganya.

Gejala dari trigeminal neuralgia ini ditandai dengan rasa nyeri pada satu sisi wajah, seperti kesetrum listrik, disayat benda tajam, bahkan terasa seperti ditusuk. Umumnya nyeri terasa pada dahi, mata, dagu, atau juga pipi yang bisa berlangsung berhari-hari hingga berbulan-bulan.

gejala trigeminal neuralgia adalah rasa nyeri pada satu sisi wajah

Rasa nyeri hebat yang terjadi tersebut disebabkan karena adanya kontak antara pembuluh darah normal dan saraf trigeminal yang ada di dasar otak, sehingga memberi tekanan pada saraf trigeminal dan menyebabkannya tidak dapat berfungsi dengan baik.

Selain itu, ada beberapa hal lain juga yang menjadi penyebab mengapa orang mengalami trigeminal neuralgia, seperti: akibat mengalami cedera otak akibat luka, stroke, proses penuaan, efek dari prosedur pembedahan, tumor yang menekan saraf trigeminal, trauma yang dialami oleh wajah, serta adanya kelainan yang menyebabkan rusaknya selaput pelindung saraf bernama mielin, seperti pada penyakit multiple sclerosis.

Akibat kondisi tersebut, maka ketika melakukan aktivitas sehari-hari akan menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa, sehingga penderita trigeminal neuralgia ini sangat kesulitan saat mencuci muka, tersenyum mengunyah, minum, berbicara, menggosok gigi, make-up, mencukur jenggot, tertawa, bahkan rasa nyeri bisa terjadi karena terkena hembusan angin atau kegiatan lainnya.

Jadi bisa kita bayangkan, betapa menderitanya orang-orang yang mengalami kondisi trigeminal neuralgia ini, pasti produktivitasnya menjadi menurun karena serangan nyeri akibat trigeminal neuralgia ini sering muncul secara mendadak dengan intensitas yang dapat meningkat dari waktu ke waktu.

Rasa nyeri pada wajah sangat menyiksa, maka harus cepat dilakukan pengobatan

Bukan hanya itu, akibat rasa nyeri tersebut menyebabkan segala aktivitas penderitanya menjadi terganggu. Bahkan kondisi ini menyebabkan penderitanya mengalami kecemasan berlebih, menjadi mudah stress, depresi, merasa tidak berguna, merasa sendiri, putus asa, bahkan ingin bunuh diri.

Melihat dampak dari trigeminal neuralgia yang begitu fatal, maka sudah seharusnya kita cepat melakukan penanganan yang tepat untuk trigeminal neuralgia ini sebelum semakin parah dan memberikan dampak yang semakin serius dalam kehidupan penderitanya.

Dan kini, untuk mengatasi trigeminal neuralgia ini sebenarnya tidaklah terlalu sulit, karena kini sudah ada cara penanganan yang tepat untuk mereka yang mengalami trigeminal neuralgia ini di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (PON) – Jakarta.


Trigeminal Neuralgia Sembuh dengan MVD di RS PON

Seperti yang sudah dibahas di atas, kehadiran nyeri pada wajah yang ditimbulkan oleh trigeminal neuralgia ini sungguh luar biasa hebat. Makanya, tidak sedikit penderitanya yang tidak kuat menanggung kondisi tersebut bahkan hingga ingin bunuh diri.

Namun kini, untuk mengatasi rasa nyeri akibat trigeminal neuralgia ini dapat ditangani dengan baik oleh bagian bedah saraf RS PON ini, karena memiliki solusi terpadu, tepat dan akurat melalui berbagai tahapan prosedur yang akan dilakukan demi kesembuhan pasiennya, seperti sebagai berikut:

Beginilah urutan pengobatan untuk trigeminal neuralgia
  • Konsultasi, yaitu tim media akan melakukan pemeriksaan fisik dan neurologis secara komprehensif untuk menentukan penyebab dan menegakkan diagnosis trigeminal neuralgia.
  • Pemeriksaan Radiologi, yaitu tindakan untuk memastikan ada tidaknya penekanan pada saraf trigeminal dan struktur yang menyebabkan penekanan.
  • Rencana pengobatan, yaitu dokter akan menyusun pengobatan yang tepat sesuai dengan hasil pemeriksaan.
  • Kontrol Berkala, yaitu prosedur yang akan memudahkan proses evaluasi kemajuan dari Tindakan yang sudah dilakukan.
Melalui tahapan tersebut, maka trigeminal neuralgia ini akan ditangani dengan baik di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (PON) ini, karena rumah sakit ini memiliki layanan terpadu dan lengkap, dokter yang berpengalaman, peralatan yang canggih, terapi non-bedah hingga tindakan bedah MVD (Microvascular Decompression).

Dan untuk tindakan bedah MVD sendiri, maka tim bedah RS PON akan melakukan tindakan MVD tersebut dengan mengedepankan The Happy Surgery, yaitu memberikan hasil yang baik, nyeri hilang, tingkat keselamatan tinggi, tidak ada komplikasi, pasien dan keluarga bahagia.

operasi MVD is happy surgery

Operasi MVD is happy surgery bisa terjadi karena dilakukan oleh tim dokter spesialis bedah saraf RS PON yang sudah berpengalaman dalam menangani kasus trigeminal neuralgia, bahkan tim dokter ini hanya melakukan sayatan kecil di belakang telinga untuk membebaskan saraf trigeminal yang tertekan oleh pembuluh darah sehingga dapat menghilangkan nyeri.

Nah, melalui tindakan MVD ini, jadi pembuluh darah yang berhubungan dengan saraf trigeminal akan diangkat atau dipindahkan, lalu akan diberikan sebuah bantalan (teflon) yang ditempatkan di antaranya sehingga pembuluh darah tidak menekan saraf trigeminal lagi dan rasanya nyerinya tidak terjadi lagi.

Kemudahan proses bedah mikro MVD ini bisa dilakukan dengan baik karena adanya dukungan peralatan yang canggih di RS PON ini, seperti:
  • Peralatan Navigasi 3D merupakan alat pandu dokter untuk perencanaan pra-bedah dan panduan saat pembedahan agar tepat sasaran dan mencegah terjadinya risiko yang tidak diinginkan sehingga tingkat keberhasilan tindakan menjadi lebih optimal.
  • Intra Operative Monitoring (IOM) merupakan perangkat teknologi yang dapat memonitor secara aktual fungsi saraf selama proses bedah berlangsung, sehingga dapat mencegah kemungkinan terjadinya kerusakan saraf dan memberikan tingkat keberhasilan yang baik.
  • Magnetic Resonance Imaging (MRI) 3 Tesla adalah alat pemindaian radiologi dengan memanfaatkan gelombang elektromagnet dan komputer untuk menghasilkan gambar struktur tubuh secara akurat, sehingga mampu menampilkan struktur saraf trigeminal yang tipis, pembuluh darah menekan serta struktur di sekitarnya secara jelas.
Nah, untuk masing-masing perangkat berteknologi yang digunakan selama proses MVD berlangsung ini dimonitor oleh tim dokter yang kompeten, sehingga memastikan setiap rangkaian proses bedahnya bisa berjalan lancar sampai selesai dengan hasil terbaik untuk pasiennya.

operasi MVD didukung dengan berbagai teknologi canggih untuk memudahkan proses bedah berlangsung

Dengan rangkaian proses yang jelas dan ditangani oleh tim medis yang tepat, maka tidak heran bila hingga kini sudah banyak pasien trigeminal neuralgia yang berhasil ditangani oleh RS PON sehingga mereka bisa sembuh dan bebas dari rasa nyeri yang meraka alami selama ini.

Hal ini juga yang diungkapkan oleh Ibu Novita dan Bapak Abdullah yang merupakan penyintas trigeminal neuralgia selama bertahun-tahun. Mereka mengakui jika kini sudah terbebas dari rasa nyeri yang mereka alami selama ini dan sembuh dengan MVD di RS PON ini.

Padahal sebelumnya, rasa nyeri akibat trigeminal neuralgia ini telah membuatnya begitu tersiksa, aktivitas banyak yang terbengkalai hingga kerap merasa tidak berguna. Kondisi tersebut mengakibatkan rasa kurang percaya diri, minder hingga depresi.

Apalagi sebelum ke RS PON, mereka ternyata sudah melakukan berbagai pengobatan dan bermacam pengobatan dan terapi di rumah sakit lain, namun nyatanya tidak membuahkan hasil yang bagus, bahkan rasa nyerinya tidak kunjung hilang.

Ibu Novita dan Bapak Abdullah ini sembuh dari rasa nyeri pada wajahnya (trigeminal neuralgia) setelah melakukan operasi MVD di RS PON

Maka kini mereka dan banyak juga pasien lain yang selama ini terkungkung rasa nyeri akibat trigeminal neuralgia ini akhirnya bisa tersenyum bahagia dan menjalani aktivitas sehari-hari dengan lancar kembali setelah sembuh dengan MVD di RS PON ini.

Untuk itu, bagi teman-teman yang saat ini sedang mengalami rasa nyeri pada wajah akibat trigeminal neuralgia ini, maka tidak ada salahnya langsung datang ke RS PON ini, karena semakin cepat ditangani maka rasa nyeri tersebut bisa cepat pula untuk diatasi.

Dan untuk informasi lebih lanjut terkait trigeminal neuralgia ini, maka teman-teman bisa langsung berkunjung ke bagian bedah saraf RS PON supaya bisa mendapatkan informasi yang lebih jelas dan juga penanganan yang tepat, sehingga nantinya bisa cepat sembuh dan beraktivitas normal kembali dengan tenang dan bahagia.


No comments:

Post a Comment