Cara Meraup Cuan dari Konten Traveling


Selain senang menulis, hobi saya adalah traveling. Sebab traveling selalu membuat saya merasa bahagia, setiap perjalanannya selalu memberi saya energi baru, membuat saya merasa selalu bersyukur dan juga semakin semangat menjalani kehidupan ini.

Traveling mampu membuka pikiran saya semakin terbuka melihat dunia, melihat peradaban yang beragam dan budaya yang berbeda-beda, sehingga wawasan pun terasa semakin terasah, dan tak jarang ilmu dan pengalaman seru selalu hadir berbarengan di setiap menelusuri tempat-tempat baru tersebut.

Belum banyak memang tempat yang saya kunjungi, masih bisa dihitung dengan jari, namun dari sedikit pengalaman yang pernah ada, membuat rasa penasaran saya semakin menggebu, ingin melihat lebih banyak tempat indah lainnya yang ada di dunia ini, setidaknya yang ada di negara kita tercinta ini.

Apalagi kita tahu, Indonesia memiliki pesona alam yang indah, tak kalah dengan negara lain, Indonesia merupakan negeri yang sangat kaya, potensi alamnya sungguh sangat luar biasa, memiliki panorama alam yang cantik, sehingga hampir di setiap daerah memiliki banyak destinasi wisata yang begitu bagus untuk kita kunjungi.

Makanya, setiap ada kesempatan dan waktu yang cukup luang, saya selalu menyempatkan diri untuk melakukan traveling ke berbagai tempat indah yang ada di negara kita ini, karena selain bisa sekalian refreshing, sejatinya melakukan traveling itu memiliki banyak manfaat.

Traveling Memberikan Banyak Manfaat

Seperti yang sudah saya singgung di atas, melakukan traveling dapat membuat saya merasa bahagia, namun lebih dari itu, ternyata melakukan traveling mampu memberikan banyak manfaat yang sangat luar biasa bagi diri dan juga kesehatan mental dan fisik kita.

Mengutip dari doktersehat.com bahwa sejatinya, travelling adalah kegiatan yang tak hanya sekadar menjadi hobi, namun kini telah menjadi suatu kebutuhan, karena mampu memberikan banyak manfaat yang baik bagi kesehatan kita.

Melakukan traveling akan memberikan banyak manfaat bagi kita

Ya, dengan kita melakukan traveling maka akan bantu memulihkan stress, menjadi momen untuk beristirahat, dapat membantu memperbaiki mood, membentuk postur tubuh ideal, merawat fungsi organ tubuh, meminimalisir risiko penyakit berbahaya dan bisa memberikan harapan hidup yang lebih lama alias panjang umur.

Selain memberikan manfaat dari sisi kesehatan, melakukan traveling juga memiliki banyak manfaat lainnya, seperti:

1. Menambah pengalaman baru
Dengan melakukan traveling, kita bisa menambah pengetahuan dan pengalaman baru yang tidak bisa didapatkan dari buku atau internet. Melalui traveling, kita bisa mengenal budaya dan tradisi dari daerah yang dikunjungi, selain itu juga bisa menambah pengetahuan tentang sejarah, bahasa, dan sosial masyarakat setempat.

2. Menikmati keindahan alam
Saat melakukan traveling, tidak hanya budaya dan sejarah saja yang bisa kita nikmati, tapi juga keindahan alamnya pun akan membuat kita menjadi terpesona. Seperti saat kita melihat perbukitan, gunung, pantai, sungai, laut, hingga hutan, semua bisa kita nikmati melalui traveling. Maka dengan melihat keindahan alam yang masih alami dan belum terjamah oleh banyak manusia tentu akan membawa rasa kedamaian dan ketenangan yang luar biasa.

Salah satu manfaat traveling adalah kita bisa menikmati pemandangan yang indah

3. Bisa mencicipi aneka kuliner khas
Traveling juga akan membuat kita bisa mencoba beraneka ragam kuliner, karena setiap daerah atau tempat yang kita kunjungi saat traveling biasanya memiliki kuliner khas yang unik dan berbeda-beda, sehingga hal ini memungkinkan kita bisa merasakan lezatnya kuliner setiap daerah yang kita kunjungi tersebut.

4. Meningkatkan kepribadian
Tidak dipungkiri, traveling menuntut seseorang untuk selalu beradaptasi pada lingkungan baru. Hal ini memungkinkan kita menjadi pribadi yang lebih terbuka, lebih fleksibel, dan memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Selain itu, traveling juga bisa memperkaya pengalaman hidup dan memperkuat karakter kita, lebih mandiri dan berani.

5. Memupuk keakraban yang karib
Melakukan traveling bersama dengan teman atau keluarga ternyata bisa menjadi salah satu cara untuk memupuk hubungan yang lebih dekat dan membuat ikatan yang lebih kuat satu sama lain. Traveling bisa menjadi waktu yang tepat untuk berbagi pengalaman, saling mendukung, dan menikmati kebahagiaan bersama sehingga membuat hubungan bisa semakin karib.

6. Mendapatkan banyak konten yang menarik
Saat melakukan traveling menjadi momentum yang paling pas untuk kita mendapatkan banyak konten yang menarik dari setiap destinasi wisata yang kita datangi. Maka mengabadikan momen melalui foto dan video wajib dilakukan sebanyak mungkin, karena konten yang kita ambil saat traveling ini bisa menjadi cuan yang banyak.

Saat traveling kita harus banyak mengambil konten supaya nanti bisa diolah menjadi cuan

Selain beragam manfaat tersebut, dengan melakukan travelin kita juga akan semakin kreatif, karena saat kita melakukan perjalanan tersebut, kita dihadapkan dengan lingkungan dan suasana baru, sehingga dapat membantu meningkatkan kreativitas kita untuk melakukan hal-hal baru juga.

Melihat begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan saat melakukan traveling, maka sangat disayangkan bila kita tidak memanfaatkan setiap kesempatan yang kita miliki untuk melakukan traveling, apalagi dengan banyak membuat konten saat traveling bisa kita sulap menjadi cuan nantinya.

Mengubah Konten Traveling Jadi Cuan

Melalui traveling, pastinya ada banyak sekali hal-hal menarik yang akan kita dapatkan, maka setiap hal tersebut dapat kita jadikan konten yang menarik pula. Untuk itu, kita harus banyak membuat foto, video hingga melakukan wawancara untuk mendapatkan informasi yang lebih spesifik terkait hal-hal menarik tersebut supaya konten yang kita buat bisa semakin maksimal nantinya.

Hasil dari konten yang kita dapat saat traveling bisa dijadikan cuan melalui beragam cara

Nah, dari konten yang kita ambil berupa foto dan video saat traveling tersebut, maka nantinya bisa kita jadikan cuan, dan caranya cukup beragam, diantaranya sebagai berikut:

1. Menjadi travel blogger atau vlogger
Dengan konten-konten yang kita miliki saat traveling tersebut, nantinya bisa kita bikin konten traveling yang menarik seperti artikel, foto, dan video tentang tempat-tempat yang telah kita kunjungi melalui blog, youtube ataupun sosial media yang kita miliki. Dalam hal ini, kita dapat bermitra dengan sponsor atau perusahaan yang ingin mendapatkan paparan atau promosi dari konten yang kita buat tersebut.

2. Jual foto dan video online
Konten yang kita miliki berupa foto ataupun video bisa juga kita jual secara online di berbagai kanal digital yang ada saat ini, seperti di ShutterStock, Getty Images, Adobe Stock, Foap, Alamy, Dreamstime, FreeDigitalPhotos.net, Depositphotos, iStockphoto, 500px dan masih banyak lagi yang lainnya. Dimana setiap website tersebut memiliki penawaran harga yang berbeda-beda, dan kita bisa memiliki banyak uang bila konten-konten tersebut laris dibeli para pembeli.

3. Menjual artikel dan foto
Pada saat traveling ada banyak lokasi wisata indah yang bisa kita ceritakan, maka tuliskan tentang tempat wisata tersebut secara menarik yang didukung oleh foto-foto yang bagus, maka selain bisa dijadikan buku ataupun e-book, bisa juga artikel tersebut kita tawarkan pada berbagai airlines/pesawat, hotel hingga agen travel karena mereka biasanya membutuhkan cerita pariwisata untuk dimasukan dalam brosur ataupun majalah traveling yang mereka miliki.

4. Jadikan produk digital
Dari konten yang kita miliki tersebut dapat juga kita jadikan produk digital dalam bentuk ebook atau panduan wisata, tips perjalanan, dan informasi bermanfaat lainnya tentang tempat-tempat yang ingin dikunjungi, sehingga kita dapat memperoleh pendapatan dari hasil penjualan produk digital tersebut.

5. Menjadi influencer travel
Bahkan dengan konten-konten traveling yang kita miliki tersebut, maka kita bisa menjadi influencer travel, yaitu kita dapat membangun profil sosial media yang kuat dan memiliki banyak pengikut yang tertarik pada traveling juga, sehingga kita dapat mempromosikan produk atau layanan dari sponsor yang ingin menargetkan pasar yang sama.

Nah, itu dia beberapa cara mengubah konten yang kita ambil saat traveling menjadi cuan, cukup menarik bukan? Jadi, selain kita bisa mendapatkan banyak manfaat saat melakukan traveling, kita juga bisa mendapatkan cuan dari perjalanan tersebut, double untung jadinya! 😊

Semua konten yang diambil saat traveling bisa kita ubah menjadi cuan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi dan internet yang cepat

Namun perlu juga kita sadari, bahwa untuk mengubah konten tersebut menjadi cuan tak lepas dari adanya peran internet. Makanya, sangat penting bagi kita untuk memilih menggunakan internet provider yang cepat dan stabil supaya konten kita tersebut bisa dipasarkan di ranah online dengan semakin mudah.

Dan salah satu internet provider yang bisa jadi pilihan adalah IndiHome dari Telkom Indonesia, karena internet provider yang satu ini memiliki jaringan internet yang cepat sehingga bisa membantu kita jadi lebih mudah dalam melakukan berbagai hal, termasuk untuk menjual dan mendistribusikan konten hasil kita traveling tersebut ke dunia maya.

Keberadaan IndiHome sudah sangat terpercaya, karena selain berada di bawah payung Telkom Indonesia, internet provider IndiHome ini juga memiliki kualitas internet yang cepat dan stabil dengan jangkauan jaringan yang luas hingga ke seluruh pelosok Indonesia.

Dan menggunakan jaringan internet dari IndiHome ini pastinya cepat dan juga andal, karena telah menggunakan teknologi fiber optik yang mampu memberikan pilihan kecepatan internet unlimited hingga 300 Mbps, sehingga memungkinkan kita bisa menikmati kualitas internet yang lebih cepat, stabil dan juga tahan terhadap segala cuaca, terutama saat hujan dan petir.

Tak hanya itu, layanan internet provider dari Telkom Indonesia ini juga terus melakukan berbagai inovasi untuk memenuhi kebutuhan internet terbaik bagi masyarakat, termasuk dengan menawarkan berbagai paket internet dengan harga yang bisa disesuaikan dengan keinginan dan kemampuan kita penggunanya, serta tak jarang memberikan berbagai promo menarik bagi pelanggan setianya.

Makanya, kini IndiHome telah menjadi pilihan internet provider yang banyak digunakan masyarakat Indonesia, karena selain memiliki koneksi internet yang andal, IndiHome juga menyediakan layanan telpon dan televisi berlangganan yang dapat diakses melalui satu kabel, sehingga memungkinkan kita juga untuk bisa menikmati berbagai saluran televisi dan menikmati layanan telepon yang berkualitas.


Referensi:

5 comments:

  1. Banyak cara memikat nih buat para traveler menghasilkan cuan lewat konten terbaiknya. Apalagi konten traveling gitu banyak dicari ya kak

    ReplyDelete
  2. Wow keren...
    Saya selalu menyesal lahir terlalu cepat hehehe
    Karena berkat internet cepat dari IndiHome, mata saya melek dan ternyata trvaling begitu mudahnya ya?

    ReplyDelete
  3. Banyak cara buat mendatangkan cuan ya Kak, termasuk dengan memanfaatkan konten traveling. Bisa jadi travel blogger dan foto-foto yang estetik pun bisa dijual ke situs gambar yang terkemuka. Konten traveling banyak diminati soalnya

    ReplyDelete
  4. Hai Mawan, menyenangkan sekali ya travelling dan bisa menghasilkan cuan. Apalagi kalau foto-fotonya bagus bisa dijual fotonya.

    ReplyDelete
  5. hobby traveling ini bila dimanfaatkan dengan baik malah bisa mendatangkan pundi-pundi yang gak sedikit yaa. Sungguh hobby yang sangat menghasilkan

    ReplyDelete