Cara Menemukan Jurusan & Karir yang Sejalan dengan Perkembangan Teknologi AI



Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, kita pun kini sudah semakin akrab dan tak asing lagi dengan istilah Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Bahkan AI ini telah menjelma menjadi bagian penting dalam kehidupan kita sehari-hari.

AI diciptakan dengan kemampuan untuk melakukan tugas-tugas yang biasanya memerlukan kecerdasan manusia, sehingga kini AI telah memberikan dampak positif dalam berbagai bidang, termasuk teknologi, bisnis, kesehatan, pendidikan, dan masih banyak lagi.

Selain hadir dengan banyak manfaatnya, keberadaan AI juga bisa menjadi ancaman bagi kita manusia, karena kini tak sedikit pekerjaan manusia yang mulai digantikan oleh AI, karena AI dinilai lebih mampu membantu meningkatkan produktivitas dalam berbagai industri.

Melihat kenyataan ini, tentu ke depannya banyak pekerjaan manusia yang akan hilang karena digantikan oleh AI ini. Maka untuk menghadapi situasi ini, sebaiknya kita harus mempersiapkan diri kita, terutama anak-anak kita untuk menemukan jurusan dan karir yang tepat dalam menghadapi AI yang terus berkembang ini.


Cara Mempersiapkan Anak untuk Menemukan Jurusan & Karir yang Tepat di Era AI

Perkembangan AI kini sudah semakin luas, semua lini kehidupan kita telah banyak menggunakan teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI) ini, sehingga hal ini membuat banyak pekerjaan manusia hilang karena digantikan oleh AI tersebut.

Tentu hal ini tak ingin kita terjadi pada anak-anak kita, makanya sangat penting bagi kita untuk mempersiapkan anak-anak kita untuk menghadapi perkembangan AI yang semakin canggih saat ini dengan cara yang tepat dan bijaksana agar kelak bisa menjadi sukses di masa depan.

Dan untuk menghadapi perkembangan AI ini, maka kemarin hari Sabtu (08 Juni 2024), Sinotif menggelar webinar edukasi dengan tema “Siap hadapi AI, Bantu anak temukan jurusan dan karir yang tahan banting di era digital” dengan narasumber Bapak Albert Egmont yang merupakan CEO Life Talk Asia dan juga Career Coach & Life Mentor yang dipandu oleh Mas Mas Hafidz Noor selaku moderator.

Sinotif menggelar webinar edukasi dengan tema yang sangat menarik

Saat ini, sadar atau tidak sadar, bahwa penerapan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan sudah kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Hal itu juga yang diungkapkan oleh Bapak Albert, bahwa saat ini  teknologi pintar sudah berkembang pesat, seperti kini sudah banyak smartphone, rumah, mobil, lampu, dan banyak lagi hal lain yang menggunakan teknologi AI.

Dimana kehadiran AI ini merupakan salah satu teknologi yang semakin populer dan banyak digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari. AI merupakan sistem komputer yang mampu melakukan tugas-tugas yang biasanya memerlukan kecerdasan manusia, seperti pemecahan masalah, pengambilan keputusan, dan analisis data.

Makanya, dengan adanya AI ini sudah ada pekerjaan manusia yang perlahan digantikan oleh teknologi AI ini. Contohnya, di sektor manufaktur, robot dan mesin otomatis telah menggantikan peran pekerja manusia dalam proses produksi. Di sektor jasa, chatbot dan layanan pelanggan otomatis telah menggantikan peran operator call center. Bahkan di sektor kesehatan, AI telah digunakan untuk mendiagnosis penyakit dan memberikan rekomendasi pengobatan.

Dan ke depannya, bukan hal yang mustahil bahwa akan semakin banyak lagi pekerjaan manusia saat ini yang akan diambil alih oleh AI. Dimana banyak perusahaan lebih memilih menggunakan AI dari pada manusia karena berbagai alasan, antara lain:
  • AI dapat memproses data dengan cepat dan akurat tanpa kelelahan, sehingga dapat membantu perusahaan meningkatkan efisiensi dan produktivitas.
  • AI memiliki kemampuan untuk melakukan analisis data yang kompleks dan menemukan pola atau tren yang sulit dideteksi oleh manusia.
  • AI tidak terbatas oleh waktu dan ruang seperti manusia. AI dapat bekerja secara terus menerus tanpa perlu istirahat, tidur, atau makan.
  • Dengan menggunakan AI untuk menggantikan pekerjaan manusia, perusahaan dapat menghemat biaya yang diperlukan untuk gaji, tunjangan, dan asuransi kesehatan bagi karyawan.
  • Dengan memanfaatkan kemampuan AI, perusahaan dapat menghasilkan produk atau layanan yang lebih unggul dan memenangkan persaingan dengan pesaing mereka.
  • AI dapat membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan berdasarkan data yang akurat dan relevan, sehingga perusahaan dapat memprediksi tren pasar, mengidentifikasi potensi risiko, dan mengevaluasi kinerja bisnis secara lebih cermat.
Dengan melihat hal ini, maka ke depannya, peluang kita untuk mendapatkan pekerjaan semakin berat karena harus bersaing juga dengan perkembangan AI ini. Dimana pekerjaan yang diambil oleh AI ini biasanya pekerjaan yang sifatnya berulang, yaitu rutin dan repetitif, seperti pekerjaan dalam bidang manufaktur, pelayanan pelanggan, dan administrasi.

Namun tidak menutup kemingkinan, jenis pekerjaan lain pun kelak akan dirambah oleh AI seiring meningkatnya teknologi digital yang semakin canggih dari waktu ke waktu. 

Makanya, sangat penting bagi kita untuk mempersiapkan diri, terutama bagi anak-anak sekolah untuk memilih jurusan atau karir yang tepat supaya kelak bisa tahan banting dan tidak kalah saing dalam menghadapi kemajuan teknologi AI di era digital yang semakin canggih.

Diungkapkan oleh Bapak Albert bahwa ada 4 bidang yang kelak bisa tetap sejalan dengan perkembangan teknologi AI ini, yaitu Science, Technology, Engineering dan Mathematics (STEM) karena keempat bidang ini berpotensi besar untuk menguasai AI di masa yang akan datang.

4 Bidang pekerjaan yang diperkirakan akan sejalan dengan perkembangan teknologi AI 

Maka jika anak-anak kita ingin masuk dalam keempat bidang STEM ini, maka mulai sekarang kita sudah harus mengarahkan anak-anak kita untuk mengambil jurusan yang sejalan dengan Science, Technology, Engineering and Mathematics ini agar kelak bisa tetap bersaing di era digital yang semakin canggih nantinya.

Namun untuk mengetahui apakah anak-anak kita cocok dengan keempat bidang tersebut tentunya kita harus melakukan berbagai cara untuk melihat potensi yang mereka miliki. Nah, ada 6P yang harus kita ketahui sebagai orang tua untuk mengarahkan anak kita pada jurusan atau karir yang tepat, yaitu: dengan mengenali Potensi, Personaliti, Passion dan Perfect to value (nilai-nilai hidup) yang ada dalam diri seorang anak.

Jika kita sudah mengetahui keempat hal tersebut, maka nantinya anak akan mudah menggali Problem & Opportunity apa yang harus dilakukan dan dicapai di masa depan. Kemudian, dengan memahami kelima rangkaian tersebut, maka anak-anak akan bisa menentukan Profit atau bagaimana cara menghasilkan uang di masa depan.

Untuk mengetahui hal-hal ini, maka sejak dini kita harus membiarkan anak-anak kita belajar mengeksplor kemampuannya, untuk menstimulasi bakat dan minatnya. Seperti ikut dalam lomba atau kegiatan yang sesuai dengan keinginan anak, sehingga nantinya sangat mudah untuk mengarahkan anak pada jurusan dan karir yang tepat sesuai dengan keinginan dan kemampuan anak.

Selain itu, untuk mengasah kemampuan anak semakin berkembang, kita juga sebaiknya mengikutkan anak pada kursus ataupun bimbingan belajar (bimbel) yang tepat agar kecerdasan anak semakin maksimal, sehingga kelak mereka bisa masuk pada jurusan atau pekerjaan sesuai kemampuannya namun juga sejalan dengan perkembangan teknologi digital yang ada. 


Gali Potensi Anak bersama Sinotif untuk Menemukan Jurusan & Karir yang Tepat di Era Digital

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa ada empat bidang yang kelak bisa tetap bisa jalan beriringan dengan perkembangan teknologi digital maupun AI di masa depan, yaitu Science, Technology, Engineering dan Mathematics.

Maka dari itu, para orang tua sangat penting untuk mengarahkan potensi anaknya pada keempat bidang tersebut. Dan salah satu persiapan yang bisa kita lakukan adalah dengan mengikutkan anak untuk ikut bimbingan belajar (bimbel) supaya potensi dan kecerdasan yang ada pada anak bisa digali secara maksimal agar kelak bisa masuk pada jurusan yang tepat dan mendapatkan peluang karir yang cemerlang di masa depan.

Nah, untuk anak-anak yang ingin mengikuti bimbel, terutama untuk bimbel matematika, fisika dan kimia kini bisa semakin mudah, karena bisa mengikuti bimbel Sinotif yang telah terbukti menghantarkan banyak siswa untuk menemukan jurusan dan karir yang sesuai dengan kemampuannya.

Sinotif hadir memberikan bimbel matematika, fisika dan kimia

Sinotif ini merupakan sebuah lembaga bimbingan belajar (bimbel) yang memberikan layanan belajar secara virtual, live, dan interaktif, sehingga memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah antara guru dan siswa dalam melakukan proses belajar mengajar yang semakin efisien.

Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun, Sinotif sudah menerapkan Sinotif Learning Method yang merupakan formula khusus yang telah teruji dan terbukti dalam membantu siswa-siswi dari seluruh Indonesia, mulai dari tingkat SD hingga SMA, kurikulum Nasional, Nasional+, maupun Internasional untuk semakin mudah dalam memahami pelajaran eksakta.

Sinotif Learning Method ini hadir dengan mengusung 4 pilar utama yang menjadi acuan bimbel virtual Sinotif sehingga mampu memberikan metode belajar yang sistematis dan fokus pada kebutuhan siswa, tuntutan sekolahnya dan target belajar yang ingin dicapai siswa, yaitu sebagai berikut:
  • LIMITLESS yaitu memberikan layanan 24 jam nonstop, sehingga kita bisa mengakses website e-learning untuk belajar mandiri melalui seratusinstitute.com dan tanya soal secara instan dengan aplikasi Tanya Jawab Soal kapanpun dan dimanapun dengan mudah.
  • SPECIALIZED yaitu para siswa akan diajarkan oleh guru-guru yang ahli di bidangnya. Siswa akan dibimbing oleh tiga guru spesialis matematika, fisika dan kimia yang ahli dan tersertifikasi khusus.
  • PERSONALIZED yaitu metode pembelajaran yang fokus pada kebutuhan. Siswa akan mendapatkan layanan personal sesuai kebutuhan dan target belajar yang diinginkan. Nanti ada catatan dan laporan belajar yang dikirimkan setiap selesai sesi belajar.
  • SYSTEMIZED yaitu menghadirkan metode belajar menjadi lebih mudah dan efektif. Dimana siswa mendapatkan modul soal yang sistematis dengan kombinasi gaya belajar linear dan global untuk memudahkan pemahaman konsep.
Dengan menerapkan keempat metode belajar ini, maka bimbel virtual Sinotif mampu menghadirkan rasa dan kualitas pengajaran sama dengan belajar offline, sehingga siswa bisa menjadi lebih mudah untuk memahami dan menguasai mata pelajaran eksakta yang selama ini terasa sulit oleh banyak siswa.

Sinotif memiliki metode belajar yang tepat untuk mendukung anak menggali potensinya, khususnya di bidang eksakta

Menariknya lagi, untuk memudahkan para siswa belajar, kini Sinotif menghadirkan 4 pilihan kelas Sinotif Premier yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan kita masing-masing, yaitu sebagai berikut:
  • Kelas Premier Diamond memberikan layanan belajar secara privat dan juga eksklusif dengan hanya 1 siswa saja, sehingga sangat personal dan memiliki garansi uang kembali.
  • Kelas Premier Platinum menghadirkan kelas live interaktif dengan konsep semi privat (3-5 siswa) dengan pendekatan personal, fokus membantu pemahaman materi yang belum dimengerti, pengerjaan PR/tugas yang sulit, persiapan ulangan harian, mid semester, ulangan umum dan kenaikan kelas.
  • Kelas Premier Gold menawarkan kelas live interaktif dengan 10-20 siswa bersama guru spesialis dengan modul lengkap dan sistematis dengan program belajar untuk siswa sekolah Nasional, fokus membantu pemahaman materi yang belum dimengerti, latihan soal, persiapan ulangan harian, mid semester, ulangan umum dan kenaikan kelas.
  • Kelas Premier Silver merupakan layanan belajar mandiri dengan bimbingan guru dan bebas tanya PR kapan pun secara online 24 jam nonstop.
Nah itu dia 4 kelas Sinotif Premier yang ada saat ini, dan kini orangtua bisa menentukan sendiri mana kelas yang cocok untuk membantu anaknya belajar supaya bisa semakin menggali potensi dan kecerdasan yang mereka miliki agar semakin maksimal lagi.

Kita berharap, dengan kita mempersiapkan anak-anak kita dalam menentukan jurusan yang tepat dari sekarang, maka anak-anak kita kelak bisa sekolah atau kuliah pada jurusan yang sejalan dengan perkembangan zaman dan teknologi, agar ketika lulus bisa langsung mendapatkan pekerjaan yang tepat, bahkan bisa menciptakan peluang kerja baru yang sejalan dengan AI.

Untuk itu, bagi para siswa dan orang tua yang ingin mengetahui lebih detail tentang bimbel Sinotif yang fokus pada pelajaran eksakta seperti bimbel matematika, fisika dan kimia ini, maka bisa langsung mengunjungi websitenya www.sinotif.com atau bisa juga langsung follow Instagram Sinotif yaitu @sinotif.official untuk mengetahui update terbaru seputar program, promo dan kegiatan yang ada di Sinotif ini.

Mumpung masih ada waktu, mari kita siapkan anak-anak kita dari sekarang untuk menemukan jurusan dan karir yang tepat, agar bisa bersaing dan tahan banting dalam menghadapi era teknologi digital dan AI yang terus berkembang pesat di masa kini, terlebih di masa mendatang.



2 comments:

  1. Sulit2 gampang ya, kadang anak sendiri suka pusing memilih yang dia pengen. Ortu hanya bisa memberi saran. Tapi teknologi digital yang bakal laku ke depannya

    ReplyDelete
  2. Terkadang ada rasa ngeri2 juga melihat perkembangan teknologi yg semakin pesat yaaa. Krn jadi ancaman buat manusia yg ingin mencari kerja. Mau ga mau, kita semua dipaksa utk improve diri, upgrade skill, supaya ga kalah dengan AI.

    Tau ada bagusnya, biasa manusia di saat terdesak malah bisa mengeluarkan seluruh kemampuan utk bersaing 😄

    Ga ada salahnya memang membimbing anak dr skr utk mampu bersaing melalui kursus dan bimbel seperti sinotif dan lainnya

    ReplyDelete