Pentingnya Kenali Tubuh Sendiri Sebelum Diet



Memiliki tubuh yang ideal pasti impian banyak orang, yaitu memiliki berat badan yang seimbang, proporsi tubuh yang proporsional, serta kondisi fisik yang sehat dan bugar. Selain membuat kita bisa tampil semakin percaya diri, tubuh yang ideal juga memberi pengaruh yang besar pada kualitas hidup kita yang semakin sehat.

Menyadari betapa pentingnya memiliki tubuh yang ideal ini, maka tidak heran begitu banyak orang yang melakukan berbagai cara agar bisa mendapatkan tubuh yang ideal tersebut, mulai dari melakukan olahraga secara rutin hingga melakukan diet dengan berbagai metode yang bermacam-macam.

Dan berbicara tentang diet sendiri, sangat penting bagi kita untuk melakukan diet dengan cara yang sehat, yaitu dengan tetap mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung berbagai nutrisi penting seperti karbohidrat, protein, lemak sehat, serta vitamin dan mineral dengan kadar yang seimbang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Hal ini dilakukan untuk membantu tubuh agar tetap mendapatkan energi yang cukup, memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta menjaga kesehatan jangka panjang.

Namun ternyata, cara dan metode diet setiap orang tidak sama, jika pun sama belum tentu hasilnya sama, makanya sangat penting bagi kita untuk mengenali diri kita sendiri terlebih dahulu sebelum melakukan diet, karena hal ini memiliki dampak yang serius dalam keberhasilan diet kita. 


Apa yang Harus Dilakukan Agar Diet Bisa Sukses?

Diet merupakan salah satu cara yang banyak kita lakukan untuk mendapatkan tubuh yang ideal dan juga sebagai cara untuk meraih hidup yang sehat. Namun pada kenyataannya, masih banyak orang yang salah melakukan diet, sehingga hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Dan berbicara tentang diet ini, saya pun jadi teringat dengan acara YClinic Blogger Gathering dan Bedah Buku Conscious Diet dengan narasumber dr. Yovi selaku Praktisi Nutrisi, Wellness & Anti Aging yang terselenggara atas kerjasama antara Female Digest dan YClinic pada hari Minggu (09/Jun/2024) yang lalu di kantor YClinic – Pondok Aren, Tangerang Selatan.

dr. Yovi menjelaskan buku yang ditulisnya yang berjudul Conscious Diet

Dari acara ini saya mendapatkan banyak hal menarik terkait diet, dan semakin tercerahkan setelah mendengarkan pemaparan dr. Yovi yang menjelaskan tentang buku yang ditulisnya yang berjudul Conscious Diet yang mengingatkan kita bahwa sangat penting bagi kita untuk mengenali tubuh kita sebelum melakukan diet.

Namun terkait apa saja yang dipaparkan oleh dr.Yovi tentang bukunya ini tidak akan saya tulis secara detai di artikel ini, nanti akan saya tulis tersendiri pada artikel lain, karena isi dari buku Conscious Diet ini sangat menarik untuk dibahas tersendiri ya.

Tapi pada dasarnya, kita jangan pernah melakukan diet hanya karena ikut-ikutan tren, atau asal-asalan diet saja karena melihat banyak orang yang berhasil dengan cara diet tersebut. Sebab, tidak semua metode diet itu cocok untuk dilakukan oleh semua orang. Dan tidak semua orang memiliki efek yang sama meskipun menjalani diet yang sama.

Sebagai contoh, mungkin kita sudah mengurangi makan dan rajin olahraga dengan rutin, namun berat badan kita tetap sama saja dan tidak ada kurangnya sedikit pun. Maka itu artinya, metode pola makan dan olahraga yang kita lakukan mungkin tidak cocok dengan tubuh kita.

Sebab pada dasarnya kita semua ini memiliki keunikan masing-masing yang ditentukan oleh banyak faktor. Seperti pengaruh hormon, pola makan, tipe tubuh, hingga gaya hidup yang kita jalani. Makanya, kita harus menemukan cara yang tepat untuk menjaga berat badan kita tetap ideal, yang diawali dengan mengenal tubuh kita sendiri dengan jelas, agar kita bisa menemukan metode diet yang tepat.

Selain metode diet yang tepat, keberhasilan kita menurunkan berat badan juga bisa dipengaruhi oleh gaya hidup kita, yaitu terkait segala hal yang rutin kita lakukan setiap harinya, seperti kebiasaan makan, tidur, bangun tidur, jenis makanan, kebiasaan memasak atau membeli makanan, jumlah air putih yang diminum, serta segala hal yang terkait dengan aktivitas fisik atau olahraga, stress dan asupan nutrisi yang kita konsumsi.

Ibu Silvia menjelaskan tentang probiotik

Selain itu, dijelaskan juga oleh Apt. Silvia Kartika Anggraini, S.Farm bahwa dalam membantu upaya diet yang kita lakukan, maka kita juga memerlukan probiotik yang dapat berperan menyeimbangkan jumlah bakteri baik dan bakteri jahat yang hidup di sistem pencernaan kita.

Dan menariknya, probiotik ini memiliki kaitan yang erat dengan serat. Makanya bisa dibilang bahwa probiotik ini adalah mikroorganisme baik yang bisa menghasilkan antibiotik untuk tubuh, memperbaiki metabolisme dan meningkatkan imunitas tubuh melalui hasil fermentasinya.

Bahkan ada penelitian yang dirilis pada tahun 2013 yang lalu menyebutkan bahwa mereka yang mengkonsumsi probiotik harian dapat lebih mudah menurunkan berat badannya dibandingkan dengan mereka yang hanya mengkonsumsi plasebo (obat palsu).

Nah, ada beberapa jenis makanan yang mengandung probiotik ini sebenarnya mudah kita temui dalam keseharian kita, yaitu seperti tempe, kefir, susu kedelai, kombucha, kimchi, dan yogurt tanpa rasa. Namun jika kita sibuk dan susah untuk menemukan makanan yang mengandung probiotik ini maka kita bisa mengkonsumsi suplemen yang mengandung probiotik.

Dan suplemen yang mengandung probiotik ini juga dijual di YClinic ini seperti Kyo-Dophilus Enzyme+ yang mengandung 2 miliar sel hidup probiotik dan 3 jenis enzim dan Kyo-Dophilus Multi 9 yang mengandung 9 strain probiotik dan 6 billion CFU yang keduanya merupakan produk alami tanpa menggunakan rekayasa genetika, sehingga probiotik pada produk ini terjamin kemanjuran, kualitas, dan ketahanan hidup sel bakteri baik yang lebih lama, tanpa perlu disimpan pada kulkas dengan suhu rendah.

BDB Slender punya berbagai manfaat yang bagus bagi kesehatan kita

Selain itu, ada juga BDB Slender yang merupakan suplemen kesehatan dengan kandungan dari bahan-bahan alami seperti jeti belanda, bangle, kemuning dan kunyit yang bisa membantu berbagai permasalah tubuh, seperti bisa membantu kita diet tanpa menyiksa, dapat mendetox tubuh, mengandung antioksidan, mengnurangi inflamasi, dapat mengontrol kadar gula dalam darah, serta dapat melancarkan pencernaan kita. 


Mengenal Lebih Dekat YClinic “AESTHETIC & WELLNESS”

Selain mendapatkan penjelasan terkait pola hidup sehat dan apa yang harus dilakukan ketika ingin memulai diet, dalam acara ini kami juga diajak untuk tour melihat YClinic dari dekat untuk melihat berbagai fasilitas dan layanan yang dihadirkan oleh YClinic ini.

YClinic hadir memberikan beragam pelayanan untuk meningkatkan wellness lifestyle

YClinic ini bisa dibilang merupakan medical center yang akan menjadi pusat kesehatan yang mendukung konsep “Wellness” yaitu mencapai kondisi yang sehat dan terintegrasi secara menyeluruh dari fisik, mental dan emosi yang melibatkan kesadaran diri individunya dengan berbasis “SELF LOVE”.

Klinik yang didirikan pada tahun 2022 ini bisa menjadi tempat penyembuhan yang ditujukan untuk menjadi pusat seseorang menemukan caranya mencapai “wellness” sehingga bisa menumbuhkan atau meningkatkan rasa cinta kepada dirinya sendiri.

Sebab tidak dipungkiri, bahwa terkadang kita kerap kali mementingkan orang lain dari pada diri kita sendiri, bahkan rela menderita demi membahagiakan orang lain. Padahal yang benar adalah, kita harus memperhatikan diri dan kebahagian diri kita sendiri dulu baru orang lain.

Untuk itu, kehadiran YClinic ini bertujuan untuk menyediakan informasi dan tempat terapi berbasis klinik medis untuk membantu seseorang agar bisa lebih mengetahui dirinya lebih dalam, mengetahui kondisi Kesehatannya, baik mental atau fisik dan juga untuk membuat program pribadi yang didesain sesuai dengan kebutuhan, karakter dan tujuan kesehatan dari orang tersebut.

YClinic memiliki beragam faslitas dan layanan untuk meningkatkan welness lifestyle kita

Nah, untuk mewujudkan hal tersebut, maka YClinic ini mengadaptasi konsep medical FUNCTIONAL MEDICINE, ANTI AGING MEDICINE dan LIFESTYLE MEDICINE. Dengan menerapkan konsep tersebut, maka klinik ini mampu menyajikan sistem pelayanan kesehatan yang akan membantu mencari sumber penyebab dari penyakit atau keluhan seseorang dan memperbaikinya.

Dalam hal ini, pelayanan yang diberikan mencakup tentang bagaimana mengevaluasi gejala dan juga diagnosis klinis dengan melihat kondisi pasien dari sisi genetic, biometric personal, gaya hidup, lingkungan, kondisi mental, dan lain sebagainya untuk menciptakan suatu metoda terapi yang individual dan menargetkan untuk menyembuhkan dari setiap keluhan yang ada.

Sebab, dalam menerapkan gaya hidup yang sehat, kita tidak hanya berbicara mengenai olahraga dan pola makan yang teratur saja. Namun kita juga harus memberikan waktu untuk merefleksikan hidup serta mendapatkan relaksasi terhadap jiwa kita sendiri sehingga kita mampu untuk mengatur stress yang mungkin saja kita hadapi setiap harinya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, maka YClinic ini memiliki beberapa pelayanan yang dapat kita gunakan untuk meningkatkan wellness lifestyle kita, yaitu sebagai berikut:
  • Personal life design
  • Test Biometric (Test kondisi fisik, emosi dan mental)
  • Test Food Sensitivity
  • Test Laboratorium
  • Life Coaching
  • Planning Diet, Nutrisi dan Supplement
  • Inject Vitamin dan Mineral
  • Inject Cell Therapy
  • Ozone Therapy
  • Slimming Treatment
  • Aesthetic Treatment (Botox, Filler, Threadlift, dan Facial)
  • Acupuncture (Medis, Aesthetic dan Pain management)
  • Stress Management
Semua layanan yang dihadirkan oleh YClinic ini merupakan pengembangan sumber daya berbasis holistic, medis, neuroscience, dan biometric yang dapat memberikan solusi untuk meningkatkan wellness lifestyle kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Potret keseruan kami di acara Blogger Gathering YClinic

Dimana wellness ini sudah selayaknya untuk dijadikan sebagai tujuan dari gaya hidup yang kita jalani, sebab wellness ini merupakan sebuah status yang mampu menunjukan seberapa sehat diri kita, dan seberapa baik dan bahagia kita dalam menjalani kehidupan ini.

Makanya, buat teman-teman yang ingin hidupnya lebih berkualitas, maka selain melakukan olahraga dan menerapkan pola makan sehat dengan teratur, tentunya sangat penting juga untuk melakukan relaksasi dan memanjakan diri sendiri dengan perawatan yang tepat di YClinic ini agar hidup kita jadi lebih terasa bahagia. 😊


1 comment:

  1. Pandemi kemarin sebenernya ada sisi positif nya, krn setidaknya aku jadi rutin workout dan jaga pola makan mas. Jadi aware ama kondisi tubuh sendiri. Jadi diet dan workout yg dilakukan skr juga udah sesuai dengan badan.

    Probiotik juga penting. aku sejak pandemi jd rutin konsumsi kombucha, dan cuka apel. Yoghurt juga suka, tapi agak susah nemuin yoghurt yg plain dan harga terjangkau. Makanya lbh suka pakai cuka apel atau kombucha.

    Sayang banget yclinic ini jauuuh dr rumahku di rawamangun. Seandainya deket pengen juga sesekali manjain diri ama perawatannya 😍👍

    ReplyDelete