Rabu, 31 Agustus 2016

Tips Dasar Memotret Dengan Kamera Ponsel



Kini setiap orang sudah memiliki hanphone yang berkamera, namun banyak diantara kita yang mempunyai handphone berkamera bagus tapi tidak bisa memaksimalkan kamera handphone tersebut dengan baik, termasuk saya pribadi.

Iya saya termasuk orang yang senang bangat foto-foto dengan kamera handphone, namun selama ini kamera handphone saya hanya saya gunakan untuk foto-foto selfie atau buat seru-seruan aja, saya pengen tahu bagaimana sebenarnya cara memaksimalkan kamera handphone untuk bisa menghasilkan foto yang bagus dan berkualitas keren.

Untuk itu, ketika OPPO menggelar acara yang mengupas bagaimana cara memaksimalkan kamera handphone, maka saya dengan sangat antusias mendaftarkan diri supaya bisa hadir pada minggu 28 Agustus 2016 di acara yang keren itu.

Acara yang bertema “OPPO Community F1s Experience with Kofipon” ini diselenggarakan di Restaurant Bumbu Desa, Jl. Cikini Raya No. 27 Jakarta Pusat. Dimana acara ini dihadiri oleh para Blogger, teman-teman O-Fans (OPPO Community), dan juga teman-teman dari Kofipn (Komunitas Fotografi Ponsel).  

Sekilas tentang Kofipon
Komunitas Fotografi Ponsel
Kopifon adalah sebuah komunitas fotografi ponsel yang terdiri dari sekumpulan orang-orang yang mencintai fotografi dengan menggunakan ponsel sebagai medianya, komunitas ini didirikan di Yogyakarta oleh Mas Beni S. Toni pada tanggal 17 Maret 2009. Dan sekarang komunitas ini sudah menjalar keberbagai kota di Indonesia, dan jika tertarik ingin gabung, bisa temui komunitas ini di facebook (http://www.facebook.com/groups/kofipon) atau di Twitter @KoFiPon dan Instagram @kofipon.

Oh iya, untuk bisa join di group facebook Kofipon tidak begitu mudah, Karena group ini bersifat private dan harus diapprove terlebih dahulu oleh adminnya baru bisa join. Dan konon, dikomunitas ini kita bisa saling belajar dan berbagi hasil karya kita, sehingga disini kita bisa melihat karya-karya yang bagus dan bagaimana kita belajar dari kritik dan saran dari teman-teman yang lain.

Tapi jujur nyali saya kok mendadak ciut yah ingin join di komunitas ini, tapi karena saya ingin belajar dari para ahlinya, maka saya beranikan diri untuk meminta join di group facebook kofipon, supaya nanti saya bisa belajar pelan-pelan dari mereka yang sudah pada jago foto dengan ponsel di group tersebut.


Memaksimalkan Kamera OPPO F1s
Mengupas Kamera OPPO F1s
Dan Sesuai dengan tujuan acara ini, yaitu memaksimalkan kamera ponsel untuk mendapatkan hasil foto yang bagus, maka tampak hadir Mas Titus dari Kofipon yang akan membagikan tips tentang bagaimana cara memaksimalkan kamera phone dari OPPO F1s. Dan kebetulan saya juga pengguna handphone OPPO F1s, namun saya pribadi belum bisa memaksimalkan kamera sebagus itu dalam keseharian saya.
Mas Titus lagi mengupas kamera OPPO F1s
Sudah tahu kan jika OPPO F1s itu merupakan sebuah handphone yang mempunyai kamera depan 16MP? Sungguh kamera yang besar untuk ukuran kamera depan. Dan yang paling menyenangkan lagi, kamera depan OPPO F1s ini sudah dilengkapi dengan lensa aperture F2.0 dan sersor terbaru berukuran 1/3.1 sehingga bisa menghasilkan foto yang memukau pada berbagai kondisi cahaya apapun.  Dan OPPO F1s juga mempunyai kamera belakang 13 MP dengan sensor 1/3.1 inch sensor dan Led Flash sehingga foto yang dihasilkan tetap bagus dan manarik.

Ada banyak fitur menarik dari kamera OPPO F1s yang bisa menghasilkan foto yang memukau, misalnya saja, ada ada Fitur Beautify 4.0 yang terdiri dari tujuh standar beauty yang merupakan fitur yang dapat menghasilkan foto menjadi lebih akurat dalam face detection dan warna kulit terlihat lebih natural. Selain itu ada Fitur Panorama yang memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto secara rame-rame (group wefie) dengan sudut lebar 120 derajat, sehingga dapat menjangkau lebih banyak orang.

Masih banyak fitur lain dan keunggulan lain yang ditawarkan oleh OPPO F1s, dan jika penasaran tentang apa lagi keistimewaan OPPO F1s bisa dibaca pada tulisaan saya yang disini atau disini tentang cerita seputar OPPO F1s.

Dan sekarang saya akan menuliskan ulang apa saja tips dasar yang harus kita pahami ketika nanti akan melakukan foto dengan sebuah handphone. Adapaun beberapa Tips dasar ketika akan mengambil sebuah foto dengan ponsel adalah sebagai berikut:

  1. Aktifkan grid atau garis posisi pada kamera handphone, supaya kita bisa menentukan komposisi objek dalam sebuah foto. Hal ini menjadi syarat utama yang harus diperhatikan supaya kita bisa menghasilkan foto yang memiliki komposisi yang menarik untuk dilihat. 
  2. Perhatikan cahaya, karena cahaya mempunyai peranan penting untuk mendapatkan foto yang bagus, untuk itu, biasanya cahaya yang bagus untuk foto itu adalah sebelum jam 10 pagi, karena saat itu cahaya sangat pas untuk menangkap objek foto. 
  3. Namun untuk foto makro atau hewan kecil (seperti, serangga, semut, dll) sebaiknya dilakukan sebelum jam 9 pagi  dan dalam kondisi belum mandi, karena serangga bisa mencium wewangian (sabun atau parfum) yang membuatnya bisa menyadari kehadiran kita disekitarnya, dan pastinya kita harus pelan-pelan saat mendekati objek foto supaya tidak menyadari kehadiran kita.
  4. Untuk foto selfie, perhatikan posisi wajah kita, ambilah dengan angle yang tepat, supaya wajah terlihat proporsional, misalnya, jika wajah kita bulat maka coba ambil foto dari sisi samping supaya terlihat tirus.
  5. Beri efek filter yang pas dan sepantasanya saja, jangan berlebihan saat mengedit foto karena akan mengurangi nilai kecantikan sebuah foto.
  6. Pegang handphone dengan stabil, usahakan tangan kita tenang dan tidak bergerak saat mengambil foto, karena jika tangan bergerak, sudah pasti hasil foto kita akan buram dan tidak bagus.
  7. Jangan ambil foto hanya satu angle, tapi cobalah mengambil foto dengan angle yang berbeda-beda, karena setiap angle bisa menghasilkan foto yang unik dan berbeda pula.

Dan tak bisa dipungkiri, ketekunan berlatih dan terus belajarlah yang akan membuat siapapun bisa melakukan seni fotografi dengan baik, dan selain itu banyak melihat referensi karya dari para fotografer profesional, belajar dari karya-karya orang hebat, supaya kita bisa terus berkembang.

Setelah mendengarkan pemaparan Mas Tutus tentang cara memanfaatkan kamera ponsel, maka kami semua yang hadir ditantang untuk melakukan foto objek apapun yang kami temui di lokasi acara dan diberikan waktu sekitar 60 menit, termasuk untuk makan dan juga shalat.

Maka sembari menikmati santap siang, maka saya mencoba mencari berbagai objek yang bisa saya foto, dan tentu saja pengennya berbeda dengan teman-teman yang lain supaya bisa mencuri hati jurinya, karena konon akan dipilih beberapa orang dengan karya foto terbaik nantinya. Maka inilah beberapa foto yang berhasil saya abadikan dan yang saya ikutkan dalam lomba foto instagram di acara tersebut.
Hasil Foto saya dengan kamera OPPO F1s (edit: instagram)
Yes! Alhamdulillah ternyata ada salah satu foto saya yang mencuri perhatian jurinya, yaitu foto susunan potongan kayu, walau sejujurnya saya malah menjagokan foto-foto saya yang lain. Namun dari sini saya belajar satu hal, bahwa apa yang menurut kita biasa-biasa saja, bisa jadi dimata orang lain itu menarik.
Asyik Asyik menang juga :)
Acarapun belum berakhir dengan penyerahan hadiah lomba foto tersebut, namun acara masih berlanjut dengan pembagian doorprize dan juga menyanyi bersama dan tiup lilin untuk merayakan ulang tahun kofipon. Dan seperti sudah menjadi hukum wajib, bahwa selalu ada foto bersama, mengabadikan momen indah, untuk menjadi cerita dimasa yang akan datang.
Mengabadikan keseruan :) (Doc. @OppoCommunity)
Sampai jumpa di event seru yang akan datang :)

9 komentar:

  1. Pingin tongsisnya *teteup ajah, semoga tergantikan dengan rezeki yang lebih baik. aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha sama Mba Evrina pengen punya tongsis Oppo smg next kita bisa dapatkannya. Aamiin :)

      Hapus
  2. wawww...kalo menurutku , selain isi artikelnya yang bagus, saya lebih suka liat kemasan kontennya keren banget gan, patut ditiru..thanks infonya min

    BalasHapus
  3. suka iri sama foto ponsel yang keren-keren ituh, koq bisaan bgt ya. Pengen belajar deh sama suhu2nya soalnya saya mah jepret asal jepret sekenanya :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba join saja di kofipon Mba Khalida, siapa tahu nanti jago juga hehehe

      Hapus
  4. Garuk2x kepala pusing mas jika liat foto ponsel temen2 kece badai😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Putri, bagus-bagus bangat loh foto-foto mereka itu, saya juga mupeng ingin belajar di komunitas foto ponsel ini, kali aja bisa seperti mereka heheheh

      Ayo coba join juga Mba Putri heheheh

      Hapus
  5. Wuah serunyaaa! Hasil jepretan Awan menurutku sudah baguuus. Kalo aku masih asal-asalan, asal jepret, pake hp juga. Pengin sih bisa menghasilkan foto yang bagus tapi nggak ngerti teknik2 fotografi semisal pencahayaan, setting hp nya dll itu.

    BalasHapus