Pintaria: Solusi Cerdas Kuliah Sambil Kerja di Era Digital



Tidak bisa kita pungkiri, bahwa kuliah bukan hanya membuat kita menjadi semakin pintar dan memiliki banyak wawasan, namun menurut saya, kuliah juga bisa membuka peluang kita untuk meraih pekerjaan impian kita menjadi semakin terbuka lebar, sebab lowongan pekerjaan saat ini semakin banyak yang menuntut kita untuk memiliki jenjang pendidikan tinggi, bukan sebatas lulusan sekolah menengah atas lagi.

Bahkan menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2017 bahwa Indonesia kekurangan tenaga kerja yang berpendidikan tinggi dan memiliki keahlian yang dibutuhkan industri. Ternyata dari 115 juta pekerja di Indonesia, hanya 8% saja yang memiliki gelar sarjana. Duh ternyata sedikit bangat ya persentasenya.

Hal ini senada dengan hasil studi yang dilakukan oleh McKinsey Global Institute, (Skill automation and the Future of the Workforce, McKinsey Global Institute, Mei 2018), bahwa kebutuhan higher cognitive skill akan meningkat 8% dan technological skills akan meningkat sebesar 55% pada tahun 2030 dibandingkan tahun 2016 yang lalu.

Selain itu, permintaan terhadap tenaga kerja yang kompeten dan memiliki keahlian di Indonesia akan meningkat pesat hingga 113 juta orang pada tahun 2030 sehingga menyebabkan kekurangan tenaga kerja ahli sebesar 9 juta (The archipelago economy: Unleashing Indonesia’s potential, McKinsey Global Institute, 2012).

Maka dengan melihat data di atas, tentu saja hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi kita di Indonesia, maka mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus terus mengasah kemampuan dan skill kita dengan terus menempuh pendidikan hingga bangku kuliah, supaya kita tidak tergilas oleh tuntutan zaman dan dunia kerja yang terus memburu pekerja yang memang punya kualitas.

Akan tetapi masih banyak juga kok di antara kita, termasuk saya pribadi yang masih sangat ingin kuliah lagi, menambah ilmu lagi, supaya bisa meningkatkan peluang untuk mendapatkan ilmu dan wawasan serta jenjang karir yang lebih baik lagi.

Namun permasalahannya adalah bukan karena tidak ingin kuliah lagi, melainkan membagi waktu di tengah rutinitas pekerjaan kantor yang padat dan waktu untuk kuliah lagi itu yang menjadi permasalahannya. Jadi bisa dibilang, keinginan ada, namun waktu yang tak memungkinkan. Hiks!

Sibuk kerja tapi tetap ingin kuliah? Pintaria saja!

Bila teman-teman yang juga mengalami nasib seperti saya, ingin kuliah lagi tetapi selama ini tidak punya waktu yang luang untuk berbegas ke kampus, maka tidak usah sedih, sebab beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan informasi menarik, bahwa kini kita tetap bisa kuliah di sela aktititas kita yang lainnya.

Jadi, kini HarukaEDU yang merupakan perusahaan teknologi edukasi dengan fokus pada online learning di Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 2013 secara resmi meluncurkan Pintaria untuk membantu masyarakat Indonesia yang ingin meningkatkan pendidikan dan keahliannya demi percepatan karir dan taraf hidup yang lebih baik.
HarukaEDU hadirkan Pintaria sebagai solusi cerdas kuliah di era digital - Kemal (Kiri) Bpk. Novistiar Rustandi (Kanan)

Bertempat di Ocha & Bella, Morrisey – Jakarta, Bapak Novistiar Rustandi selaku CEO sekaligus Co-founder dari HarukaEDU secara resmi meluncurkan Pintaria untuk mendukung tranformasi pendidikan di Indonesia dengan mengadakan kuliah blanded learning sebagai solusi cerdas kuliah di era digital ini.

Kehadiran Pintaria ini sebenarnya dipicu oleh masih banyaknya orang-orang yang masih berkeinginan untuk meningkatkan pendidikan dan keahliannya namun terkendala oleh waktu dan jarak. Hal ini pun tergambar dari hasil riset yang dilakukan oleh HarukaEDU mengenai pendidikan tinggi yang diselenggarakan pada bulan April 2018 yang lalu.

Dimana dalam riset ini, terhadap 1.521 reponden yang terlibat dengan rentang usia 18-35 tahun. Dari total responden yang ada, terdapat 69% yang merupakan responden lulusan SMA/SMK yang ingin melanjutkan pendidikan untuk mendapatkan gelar sarjana, dan 41% tertarik pada pembelajaran online.  
Ternyata masih banyak para pekerja yang ingin kerja sambil kuliah, terutama untuk para lulusan D3 ke bawah - Doc. Pintaria.com
Berdasarkan hasil survey dari HarukaEDU ini menunjukan bahwa alasan masyarakat yang ingin meraih gelar sarjana adalah untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Namun hambatan terbesar yang memberatkan untuk melanjutkan ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi adalah biaya yang mahal dan kesulitan untuk mengikuti program kuliah regular karena terbentur dengan jadwal kerja yang tidak memungkinkan untuk pergi ke kampus setiap hari atau malam.

Menjawab tantangan ini, maka Bapak Novistiar mengatakan bahwa “Sudah saatnya dunia pendidikan beradaptasi dengan teknologi informasi, dimana masyarakat bisa menempuh pendidikan tinggi dan meningkatkan keahlian secara fleksibel, terjangkau, namun tetap berkualitas.”

Dan semua itu bisa kita dapatkan melalui Pintaria, sebab HarukaEDU menghadirkan Pintaria untuk menjawab semua tantangan tersebut agar masyarakat Indonesia semakin banyak yang bisa melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi tanpa harus meninggalkan aktiftas yang lain.

Jujur saya pribadi mendengar  kehadiran Pintaria ini sangat senang, karena selama ini yang juga menjadi kendala saya untuk melanjutkan kuliah lagi adalah susahnya membagi waktu harus ke kampus setiap hari sedangkan saya juga harus tetap bekerja.

Dan kehadiran Pintaria ini, maka menurut saya akan sangat memudahkan bagi saya ataupun masyarakat lain untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi karena menawarkan konsep blanded learning yang benar-benar menjadi sosusi cerdas di tengah keterbatasan waktu yang dimiliki.

Karena dengan kehadiran Pinataria ini maka lokasi bukan lagi halangan untuk belajar bahkan menempuh pendidikan tinggi. Sebab kini dengan kecanggihan  teknologi, sekarang kita bisa kuliah di manapun dan kapanpun secara online.

Apa sih Keunggulan Pintaria?

Pintaria ini merupakan online platform untuk pendidikan dan pelatihan, dimana penggunanya dapat mempelajari berbagai macam profesi yang sedang dibutuhkan oleh industri, lengkap dengan deskripsi pekerjaan dan standar gaji, pendidikan dan keahlian yang diperlukan, lowongan pekerjaan yang tersedia, dan berbagai program kuliah serta pelatihan yang dapat memberikan pendidikan dan keahlian yang relevan.
Pintaria tawarkan banyak kemudahan sebagai tempat kuliah sambil kerja di Era digital
Nah, salah satu yang menarik dari Pintaria ini adalah tersedianya program kuliah blended learning. Dimana Blended learning ini adalah istilah yang merujuk pada proses pembelajaran campuran yang menggabungkan kelas tatap muka langsung dengan pembelajaran secara online. Dimana menurut peraturan Dikti, bahwa metode belajar blended learning harus mencakup unsur online sebanyak maksimal 50% dan sisanya minimal 50% harus tetap melibatkan tatap muka langsung.

Jadi, program kuliah blended learning ini menawarkan jadwal kuliah yang lebih fleksibel sehingga mahasiswa bisa tetap meraih gelar sarjana di sela-sela kesibukan kerjanya. Selain itu, program ini menawarkan kelebihan dibandingkan kuliah online karena masih memberikan kesempatan kepada mahasiswa dan dosen untuk berinteraksi secara langsung pada saat kuliah tatap muka.
Pintaria hadir memberikan kemudahan belajar yang tidak dibatasi oleh waktu dan jarak dengan biaya pendidikan lebih rendah dari kelas reguler.
Pintaria juga menawarkan berbagai macam program kuliah blended learning yang diselenggarakan oleh 10 perguruan tinggi swasta ternama di Jakarta dan Bandung dengan akreditasi program studi A dan B. Dan hal ini menjadikan Pintaria yang didirikan oleh HarukaEDU, sebagai penyedia layanan kuliah online satu-satunya di Indonesia telah bekerjasama dengan berbagai universitas swasta dalam menyelenggarakan kelas blended learning ini.

Adapaun perguruan tinggi swasta yang menjadi mitra dari Pintaria yang telah menyelenggrakan program kuliah blended learning adalah Institute Teknologii Harapan Bangsa (ITHB), PPM Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIE), Sekolah Tinggi Manajemen (STM) Labora, Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI), Universitas Krisnadwipayana (UNKRIS), Universitas Kristen Krida Wacana (UKRIDA), Universitas MH Thamrin (UMHT), Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Universitas Pembangunan Jaya (UPJ), dan Universitas Sahid (USAHID). Dan tak menutup kemungkinan di masa yang akan datang, jumlah perguruan tinggi yang ikut program ini bertambah lagi.

Dan banyak dari perguruan tinggi tersebut di atas yang memberikan kemudahan pembayaran biaya kuliah dengan cara dicicil mulai dari Rp. 700 ribuan per bulan dengan total biaya yang 30%-50% lebih rendah daripada kelas reguler.  Hal ini pun tentu saja menjadi kabar yang bagus bagi kita, karena hal ini semakin mempermudahkan kita untuk kuliah dengan biaya yang terjangkau.
Ini loh keunggulan belajar dengan metode blended learning bersama Pintaria
Nah metode kuliah blended learning ini bisa menjadi solusi bagi kita yang ingin tetap meraih gelar sarjana S1 maupun S2 di sela-sela kesibukan kita bekerja. Dan Pintaria ini hadir dengan berbagai pilihan program studi, diantaranya Akuntansi, Manajemen, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Komunikasi dan Hukum.

Jadi, dengan metode ini, maka kita sebagai mahasiswa dapat belajar dari materi berupa presentasi dosen, kuis, video, dan berinteraksi secara online melalui Learning Management System (LMS) yang bisa di akses dan didownload melalui komputer, tablet hingga smartphone sehingga bisa dipelajari di mana saja dan kapan saja

Lalu di hari-hari yang telah ditentukan, biasanya di akhir minggu, kita sebagai mahasiswa tetap harus hadir di kelas untuk membahas materi secara offline atau tatap muka langsung bersama dosen dan mahasiswa lainnya.

Lantas bagaimana dengan ijazah atau proses wisudanya nanti? Untuk ijazah dan proses wisudanya nanti akan tetap mengikuti perguruan tinggi sesuai dengan yang kita pilih saat mendaftar. Jadi jangan khawatir tidak akan mendapatkan ijazah ya teman-teman, kita tetap akan diwisuda dan mendapatkan ijazah juga kok sama dengan kuliah pada umumnya.

Jadi jalas ya teman-teman, bahwa kemudahan dari Pintaria dengan program blended learning ini bukan hanya menjadi solusi cerdas untuk memberikan kemudahan dari sisi biaya saja, namun juga menawarkan kemudahan dari sisi waktu dan juga jarak.   

Pintaria menjawab kebutuhan untuk
melanjutkan pendidikan tinggi,
mengembangkan diri
dan meningkatkan karier.
So, Upgrade Dirimu Sekarang!



Informasi lebih lanjut:
  • Website: www.pintaria.com
  • Instagram: @pintariaid
  • Twitter: @pintariaid
  • Facebook: @pintaria

20 comments:

  1. oh blended learning itu maksudnya bisa belajar online juga ya, solutif banget ini buat teman2 yg udah pada bekerja dan masih haus ilmu tapi gak punya waktu buat datang mengikuti kuliah khusus karyawan yg biasanya malam hari

    itu listnya banyak univ top kayak ppm manajemen dan usahid

    ReplyDelete
  2. Zaman modern ini, teknologi yang dengan pesatnya maju ini dimanfaatkan dengan sangat baik ya termasuk untuk masalah belajar anak, belajar online lebih asyik nih kayaknya, metode belajar zaman now

    ReplyDelete
  3. Pintaria hadir membawa solusi buat yang pengen banget kuliah tapi sibuk kerja. Dengan metode masakini yaitu blended learning, pintaria mampu menjadi solusi terbaik.

    Jadi kapan nih kuliah lagi?

    ReplyDelete
  4. Ini kayak semacam Universitas Terbuka ya berarti? Sayang, nggak ada kerja sama dengan perguruan tinggi di Surabaya. Enak kayak ginian mah, jadi yang namanya menuntut ilmu lebih fleksibel.

    ReplyDelete
  5. wah ini metode kuliahnya belajar online ya? bener2 ya jaman skarang canggih banget ide2nya.. kreatif! rasanya jadi pengen kuliah lagi nih hehehe

    ReplyDelete
  6. Wah ini baru teknologi yang keren dan bermanfaat, kuliah tidak harus masuk k ruang kelas

    ReplyDelete
  7. inovatif banget idenya, bener2 solusi yang brilian untuk yang ingin kuliah tapi terbentur waktu kerja.

    ReplyDelete
  8. Kuliahnya sudah era keren,canggih yam inget dulu kuliah malam karena nyambi kerja, capek..kadang kadang sampai merembes air mata

    ReplyDelete
  9. Wuih keren. Jawaban orang-orang yang sibuk kerja tapi pengen kuliah. Kudu banyak yang tahu Pintaria ini. Semoga semakin banyak Perguruan tinggi yang bergabung di Pintaria. Dan semoga banyak yang ikutan.

    ReplyDelete
  10. Akupun mau ini kuliah lagi.. apalgi sdh ada aplikasi pintaria, belajar online cocok buat ibu yg sibuk kyk aku ini sepertinya

    ReplyDelete
  11. Wah jd tertarik nih nengok2 Pintaria aku pengen belajar lagi, kuliah bahasa gtu, kira2 ada kelasnya gak ya?
    Penasaran jg pergurua tinggi yg udah kerjasama yg mana aja, maksih infonya ya mas :D

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah semakin banyak program yang memfasilitasi Masyarakat untuk tetap mengutamakan pendidikan, Walaupun sibuk kerja tapi bisa kuliah juga secara online.. dan ada program cicilannya juga.. itu yang paling penting ya ka

    ReplyDelete
  13. Mantaps nih bs jadi solusi bagi yg terkendala jarak dan waktu ya..

    ReplyDelete
  14. Walah, aku baru tau soal statistik pekerja di Indonesia hanya 8% yang sarjana. Memprihatinkan ya Mas kalau seperti ini. :(

    ReplyDelete
  15. Sekarang pendidikan memang harus di nomer satukan kan..
    Kuliah zaman sekarang bisa lewat online dan bisa dicicil
    Keren

    ReplyDelete
  16. Duhh duh jadi pengen kuliah deh,, dulu aku diterima di salah satu universitas tapi ga jadi kuliah soale lebih milih nikah hmm.

    ReplyDelete
  17. bagus banget ada pintaria ini, jadi orang2 sekarang bisa kerja cerdas bukan kerja keras aja ,. karena pendidikan dan pengetahuan itu lebih penting dibanding penghasilan juga

    ReplyDelete
  18. Wahh enak banget kalo bisa kuliah sambil kerja..
    Ilmi dapet penghasilan juga dapet..

    Pengennya sih seperti itu saya..

    ReplyDelete
  19. Ini keren banget. Bisa jadi solusi buat YG kerja tapi tetap mau kuliah

    ReplyDelete