SiDU Mengajak Ribuan Murid SD Tulis Surat Untuk Dukung Atlet Indonesia



Tak terasa, tinggal hitungan hari perhelatan akbar Asian Games akan digelar, dan jujur saya pribadi pun sudah tidak sabar menantinya. Tentu saja melalui ajang ini, kita sangat berharap agar para atlet kita nantinya bisa memberikan prestasi terbaiknya untuk mengharumkan nama Indonesia.

Untuk itu, para atlet tentu saja membutuhkan dukungan dari kita semua, mulai dari pemerintah hingga seluruh lapiran masyarakat tanpa terkecuali, sebab tidak bisa kita pungkiri, dukungan berupa motivasi dan semangat akan memberikan rasa percaya diri bagi atlet kita untuk berusaha melakukan yang terbaik di pesta empat tahunan tersebut.

Dan salah satu bukti nyata dukungan untuk para atlet sudah digaungkan oleh Sinar Dunia (SiDU) dengan menggandeng 20.000 anak-anak yang datang siswa-siswi dari 100 sekolah dasar se-Jabodetabek untuk ikut dalam program “Ayo Menulis Bersama SiDU!” yaitu mereka diajak menuliskan surat untuk memotivasi para atlet Indonesia yang akan bertanding di Asian Games 2018 mendatang.

Dan ternyata antusiasme anak-anak begitu luar biasa saat mengikuti “Ayo Menulis Bersama SiDU!” ini, program ini ternyata bisa menghasilkan ribuan surat dukungan dari anak-anak dengan isi yang sangat beragam, mulai dari yang mengingatkan untuk fokus berlatih, jangan lupa istirahat yang cukup, jangan lupa berdoa, bahkan ada juga yang berpesan agar para atlet jangan banyak-banyak makan gorengan.

Ribuan surat dukungan untuk para atlet yang ditulis oleh anak-anak ini kemudian dikumpulkan oleh SiDU lalu diserahkan kepada INASGOC selaku panitia penyelenggara Asian Games 2018 dan Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) Indonesia untuk menyalurkan surat-surat dukungan tersebut kepada para atlet yang akan berlaga di Asian Games ini.

Menpora Bangga Membaca Surat Dukungan Untuk Atlet Asian Games

Program “Ayo Menulis Bersama SiDU!” yang sudah berhasil mengajak ribuan anak-anak sekolah dasar dari seluruh Jabodetabek untuk menulis surat dukungan kepada para atlet Indonesia ini mendapat sambutan hangat dari INASGOC (Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee) selaku penyelenggara Asian Games 2018 dan dari Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) Indonesia. 

Karena tidak bisa dipungkiri, program “Ayo Menulis Bersama SiDU!” ini sudah menumbuhkan semangat Asian Games kepada anak-anak. Dan seklaigus, momentum Asian Games ini diharapkan bisa mengajarkan kepada anak-anak untuk belajar sportivitas, fair play, kejujuran, serta memanamkan nilai nasionalisme yang akan mendukung anak-anak ini menggapai cita-cita di masa depannya.

Maka dari itu, pada Kamis (26/7) yang bertempat di Auditorium Wisma Menpora, SiDU menggelar acara yang bertajuk "Sejuta Dukungan Untuk Indonesia" yang bertujuan untuk mendorong partisipasi aktif seluruh lapisan masyarakat termasuk dari anak-anak untuk terus mendukung atlet-atlet Indonesia yang akan bertanding di ajang Asian Games mendatang.
Bapak Imam Nahrawi (Menpora) menyampaikan rasa bangganya kepada para siswa dan siswi yang telah menulis surat dukungannya untuk para atlet Indonesia
Dalam acara ini, turut hadir Bapak Imam Nahrawi (Menpora) yang mengakui bangga kepada anak-anak yang sudah menuliskan surat untuk mendukung para atlet. “Saya sangat bangga melihat anak-anak kita yang masih duduk di bangku sekolah dasar sudah tergerak menuliskan ribuan surat untuk mendukung para atlet Indonesia yang akan bertanding di Asian Games 2018.”

Diakui oleh Bapak Imam bahwa dukungan yang diberikan oleh anak-anak melalui surat ini merupakan salah satu suntikan penyemangat yang bagus bagi para atlet Indonesia. Sebab para atlet yang telah menempuh ratusan hari dan ribuan jam latihan untuk bisa sampai di Asian Games ini tentu saja saat ini mereka membutuhkan dukungan dari semua kalangan agar bisa melewati batas kemampuannya. 

Untuk itu, Bapak Imam menilai bahwa surat dukungan dari ribuan anak-anak ini dapat memberikan dampak emosional yang kuat dalam membangun mentalitas bertanding para atlet-atlet Indonesia yang nanti akan berlaga di Asian Games ini.
SiDU menggelar acara Seribu Dukungan Untuk Indonesia yang diharapkan bisa memotivasi atlet Indonesia saat nanti berlaga di Asian Games
Bahkan pada sambutannya itu, Bapak Imam Nahrawi pun meminta anak-anak untuk menuliskan surat juga untuk dirinya, sebab Beliau sempat membaca beberapa surat yang ditulis oleh anak-anak untuk para atlet itu begitu mengagumkan. 

Untuk itu, Bapak Imam Nahrawi berpesan kepada 100 orang anak-anak yang datang dalam acara ini agar mereka terus menulis, tulis apa saja, pendapat, pesan dan masukan mereka untuk para atlet, ataupun untuk dirinya atau bahkan untuk Pak Jokowi.

Dan anak-anak pun kembali antusias menulis surat dua surat lagi seperti yang diminta oleh Bapak Imam Nahrawi, dimana surat yang mereka tuliskan ini akan ditujukan satu untuk Bapak Imam Nahrawi dan satu surat lagi untuk Bapak Presiden Jokowi. 

Apa ya yang anak-anak tuliskan dalam suratnya untuk Bapak Imam Nahrawi dan Bapak Presiden Jokowi? Jujur saya juga penasaran, jangan-jangan ada yang minta sepeda kepada Bapak Jokowi kali ya? hehehe

Sejuta dukungan untuk Indonesia

Usai mendengar sambutan dari Menpora, maka acara selanjutnya dilanjutkan dengan talk show yang membahas  “Sejuta dukungan untuk Indonesia” yang menghadirkan para narasumber yang terdiri dari, Mr. Sovan K. Ganguly selaku Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas Consumer Business Unit Head, Bapak Saleh Husin selaku Managing Director Sinar Mas, Bapak Cahyadi Wanda selaku Vice Director of Revenue INASGOC, Bapak Jonni Mardizal selaku Staf Ahli Menpora Bidang Ekonomi Kreatif dan Mas Vincent Kosasih perwakilan dari Atlet Basket Indonesia.
Talkshow Sejuta Dukungan Untuk Indonesia (Kiri ke Kanan): Mas Vincent - Mr. Sovan K. Gangguli - Bpk. Jonni Mardizal - Bpk. Cahyadi Wanda - Bpk. Saleh Husin - Moderator
Dalam kesempatan ini, Bapak Joni Mardizal menuturkan bahwa ajang Asian Games ini menjadi kebanggaan kita bersama, terlebih karena kita kembali terpilih menjadi tuan rumah untuk perhelatan ajang olahraga bergengsi di kawasan Asia setelah kurun waktu sekitar 56 yang lalu, dan akan butuh waktu 200 tahun lagi kemungkinan Indonesia bisa kembali menjadi tuan rumah Asian Games.

Dan tidak bisa kita pungkiri, pada perhelatan Asian games 2018 ini pun tentu saja akan menjadi kebanggaan bagi kita karena kita akan kedatangan banyak tamu dari negara-negara di Asia nantinya, akan ada sebanyak 45 negara dengan melibatkan sekurangnya 17 ribu atlet yang akan berlaga di ajang ini.

Bapak Joni pun berharap semoga kita bisa sukses menjadi tuan rumah dalam perhelatan Asian Games ini dan untuk para atletnya pun bisa meraih sukses dalam berbagai kejuaran di ajang ini, sehinga harapan Bapak Presiden Jokowi bahwa Indonesia bisa masuk 10 besar bisa tercapai nantinya.

Selanjutnya, Bapak Cahyadi Wanda selaku Vice Director of Revenue INASGOC menuturkan betapa pentingnya dukungan dari berbagai lapisan masyarakat dalam menyukseskan Asian Games 2018 ini. Dukungan semua pihak diharapkan akan menjadikan penyemangat bagi para atlet Indonesia untuk memberikan penampilan yang terbaik, sekaligus agar perhelatan Asean games ini berjalan lancar dan sukses nantinya.

Bapak Cahyadi yang mewakili INASGOC sebagai panitia penyelenggara Asian Games 2018 ini, sangat mengapresiasi inisiatif APP Sinar Mas melalui SiDU yang telah menggalang dukungan masyarakat hingga ke tingkat siswa-siswi sekolah dasar ini. 

Beliau berharap semoga momentum Asian Games 2018 dapat memperkuat semangat nasionalisme bangsa ini, khususnya generasi muda untuk senantiasa mengharumkan nama Indonesia melalui berbagai prestasi yang membanggakan.

Dalam kesempatan yang sama, Mr. Sovan K. Ganguly pun menuturkan bahwa sangat bangga bisa ikut mengajak anak-anak sekolah untuk meraimaikan ajang Asian Games ini dengan menulis surat, “Kami merasa terhormat dapat berkontribusi menumbuhkan nasionalisme generasi muda Indonesia di momentum Asian Games 2018 ini, salah satunya lewat gerakan nasional yang kami rintis untuk memperkuat budaya menulis pada anak.”

Beliau berharap, semoga lewat momentum ini, APP Sinar Mas bisa menggalang dukungan bagi para pahlawan atlet nasional yang akan berlaga di Asian Games 2018 ini, sembari menyiapkan anak-anak Indonesia untuk menjadi generasi pahlawan berikutnya. Salah satunya, dengan membangun kebiasaan menulis untuk meningkatkan kompetensi bagi anak-anak.

Makanya meskipun dengan hadirnya gadget yang kini begitu banyak, namun menulis dengan tangan di atas kertas mempunyai banyak manfaat, seperti: bisa meningkatkan keterampilan kognitif, meningkatkan kreatifitas, mempertajam memori, bahkan bisa memberikan efek menenangkan.

Dukungan APP Sinar Mas untuk Asian Games 2018 bukan hanya melalui gerakan "Ayo Menulis Bersama SiDU!" saja, tetapi APP Sinar Mas melalui SiDU juga turut menggalang perhatian dan dukungan masyarakat untuk Asian Games lewat peluncuran produk kertas multifungsi dengan kemasan edisi khusus Asian Games 2018.
Penyerahan plakat kepada para narasumber dalam talk show S\"Seribu Dukungan Untuk Indonesia" oleh APP Sinar Mas
Selain itu, APP Sinar Mas juga nantinya akan menyediakan 20.000 rim produk PPC SiDU untuk mendukung kegiatan operasional ajang olahraga terbesar se-Asia ini. Sehingga kebutuhan akan kertas selama perhelatan Asian Games akan selalu tersedia.

Senada dengan itu, Bapak Saleh Husin pun menjelaskan, bahwa APP Sinar Mas sebagai perusahaan nasional merasa terpanggil untuk membantu pemerintah dan juga INASGOC untuk menyukseskan Asian Games ini. Untuk itu, APP Sinar Mas memberikan 4 juta USD untuk mendukung perhelatan Asian Games ini.

Selain itu, keterlibatan APP Sinar Mas di ajang Asian games ini bukan hanya sebagai sponsor, tapi juga sebagai pendukung fasilitas dengan membangun Bowling Center Jakabaring sebasar 27 miliar (di luar 4 juta USD) di Palembang bahkan konon katanya ini menjadi Bowling Center terbaik di dunia yang ada saat ini. 

Bahkan Sinar Mas juga menginvestasikan 3,8 juta USD untuk sukses peralatan pencegahan kebakaran selama di Asian Games, jadi untuk mencegah terjadi kebakaran atau hal-hal lain yang tidak diinginkan sebelum dan sesudah penyelenggaraan Asian Games ini.

Dan Tak lupa, Mas Vincent Kosasih yang merupakan atlet nasional Indonesia cabang bola basket juga menyampaikan rasa terima kasih yang sekaligus mewakili para atlet yang berlaga di Asian Games 2018. 

Mas Vincent menceritakan bahwa saat membaca surat-surat dari anak-anak tersebut membuat hatinya senang karena mendapat dukungan dan motivasi dari anak-anak sekolah yang luar biasa,  surat yang mereka buat dengan kepolosan dan ketulusan ini memberikan semangat tersendiri untuk terus berusaha memberikan yang terbaik bagi Indonesia di ajang Asian Games ini.

"Surat-surat mereka menginspirasi dan menambah semangat saya untuk bisa mengharumkan nama bangsa. Ini menjadi motivasi utama saya untuk berjuang sebaik-baiknya!” Ujar Mas Vincent.

10 Pemenang Menulis Surat Untuk Atlet Indonesia

Acara diakhiri dengan pengumuman pemenang “Ayo Menulis Bersama SiDU!” dalam rangka lomba menulis surat untuk atlet Indonesia yang diikuti oleh ribuan anak-anak sekolah dasar se-Jabodetabek.  Namun dari banyaknya surat yang masuk, panitia akhirnya memilih 10 surat dukungan terbaik untuk atlet Indonesia.
inilah dia 10 pemenang menulis surat dukungan untuk atlet Indonesia bersama SiDU
Waah selamat ya, adik-adik buat kalian yang terlipih sebagai 10 penulis surat terbaik buat atlet Indonesia. Pesan saya, teruslah menulis untuk mengasah bakat kalian ya Dek, namun buat adik-adik yang belum menang jangan bersedih ya, teruslah menulis supaya kelak kalian juga bisa menghasilkan tulisan terbaik. Semangat!

Dan Miracle Aulia (siswi SD Alam Pertiwi, Bekasi) yang merupakan salah satu dari 10 siswa yang berhasil terpilih sebagai pemenang menulis surat dukungan terbaik untuk atlet Indonesia diminta untuk membacakan suratnya di atas panggung.
Miracle sedang membacakan suratnya untuk para Atlet Indonesia
Tampak Miracle begitu tenang dan percaya diri saat membacakan surat yang ia buat di depan teman-teman yang lainnya, para orang tua, guru serta awak media yang hadir meliput acara ini. Beginilah kira-kira isi surat yang Miracle tulis untuk atlet Indonesia.
Sebuah kebanggan bisa mewakilkan Indonesia dalam Asian Games 2018. Para atlet yang bertanding adalah atlet-atlet pilihan di setiap cabangnya. Semangatlah kalian idolaku. Giatlah berlatih agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Pandai-pandailah menjaga kesehatan dan istirahat yang teratur. Agar saat bertanding kalian dalam keadaan prima. Dan jangan lupa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena Dialah yang berkuasa atas segalanya.

Semangatlah dalam bertanding dan jaga kekompakkan kalian. Lakukan yang terbaik untuk mengharumkan negerimu. Aku yakin semua rakyat Indonesia bersama untukmu. Dan kami selalu berdoa untuk kalian agar bisa menang. dan saat kemenangan itu tiba untuk kalian, tetaplah rendah hati, walaupun semua orang memujimu. Andaikan kekalahan itu yang terjadi, berlapang dada dan tetaplah semangat.
Sungguh surat dukungan yang sangat bagus menurut saya pribadi, anak usia 10 tahun menuliskan kata-kata motivasi yang sungguh luar biasa. Saya pribadi merinding saat mendengar Miracle membacakan surat ini di atas panggung.

Semoga surat-surat motivasi yang dibuat oleh adik-adik ini, benar-benar bisa menjadi pemacu semangat bagi para atlet Indonesia sehingga mereka bisa terus memberikan penampilan terbaiknya di ajang Asian Games 2018 ini.  

Jadi, Mari seluruh warga masyarakat Indonesia, kita dukung dan doakan agar para atlet Indonesia dapat membawa harum nama bangsa di Asian Games 2018 ya. Wahai Para Atletku, Tunjukan Bahwa kalian BISA!


30 comments:

  1. Hot banget ya semua bahas Asian Games, aaakkkk, aku gemeeesss, seneng banget seluruh lapisan masyarakat dukung atlet Indonesia.

    ReplyDelete
  2. Bapak Menpora asyik ya orangnya :)
    Btw anak-anak pasti seneng, surat mereka dibaca sama para atlet ya, Wan :)

    ReplyDelete
  3. Bagus bang SIDU ada lomba bikin surat buat atlet , semoga surat yang di bikin sama adik" itu memberi motivasi yang besar untuk para atlet yang akan berjuang untuk mengaharumkan bangsa Indonesia

    ReplyDelete
  4. Bagus, menginspirasi terlebih buat mereka yg masih anak anak

    ReplyDelete
  5. Wahhh, terharu aku! ! Sebuah motivasi yang keren dan bwrharga bgt! Pasti membakar semangat para atlet deh!!! Semangatttt

    ReplyDelete
  6. Bagus sekali surat anak yang menang, sangat menyentuh dan membangun semangat para atlet untuk terus berjuang untuk bangsa Indonesia

    ReplyDelete
  7. Demi prestasi atlet Indonesia, seluruh elemen masyarakat musti menyemangati termasuk adik adik

    ReplyDelete
  8. SiDu keren banget ya ngedukung Asian Games juga, surat dukungan dari anak-nak juga memotivasi lara atlet berjuang nanti,, dduhh terharu deh.

    ReplyDelete
  9. Yuhuuuu.... Sudah gak sabar pengen ikut memeriahkan Asian Games

    ReplyDelete
  10. Melibatkan anak2 dalam asian games saya oikir jenius ini mas. Jadi ajang pengenalan olahraga asian games 2018 kepada bibit generasi emss indonesia. Lanjutkan!

    ReplyDelete
  11. jelas banget nih tujuannya mengajak anak-anak ikut beepartisipasi dukung asian games

    ReplyDelete
  12. sungguh sangat menginspirasi dan memotivasi.. semoga surat2 dari adik2 tadi semakin memotivasi atlet2 Indonesia yg bertanding di asian games

    ReplyDelete
  13. Keren ini programnya SiDu jadi membiasakan untuk menulis selain di sekolah. Semoga kebiasaan menulis jadi yg positif buat anak2 sampai mereka dewada

    ReplyDelete
  14. Keren banget yah program SIDU ini, memunculkan semangat anak muda untuk menulis surat di jaman yang sudah digital ini.

    ReplyDelete
  15. Mulai dari usaha minuman, es krim, bank, buku, masyarakat, ehh keknya semuanya dehh pada dukung Para Atlit Indonesia yang siap dalam perhelatan Asian Game. Bagus nih. Coba saja setiap waktu kompaknya gini, indahnyaaaa

    ReplyDelete
  16. Semoga atlet2 kita menjadi penguasa dirumah kita sendiri

    ReplyDelete
  17. Wah ribuan surat dari anak-anak SD untuk dukung atlet indonesia, keren juga ya nih program dari SiDU

    ReplyDelete
  18. Kepikiran aja yah SIDU ini untuk ngajak anak SD nulis surat sebagai dukungan ke atlet AsianGames, Smoga ajakan ini terus dijadikan hobi oleh anak2 tsb, hobi menulis

    ReplyDelete
  19. Anak-anak secara psikologis mudah meniru apa yang ditampilkan orang dewasa di sekitarnya. Dengan adanya program dari SIDU ini, anak-anak akan meniru kegiatan positif yang akan membantu perkembangan stimulasi otaknya dengan cara menulis sehingga mempengaruhi kecerdasan berpikirnya di masa mendatang.

    ReplyDelete
  20. Mantaps nih SiDU cara dukung atlet Indonesia di Asian Games kreatif bangat ya bikin surat yang libatin ribuan anak SD.

    ReplyDelete
  21. isi suratnya Miracle bagus juga ya itu, semoga para atlet semakin termotivasi dengan surat-surat sebagus itu

    ReplyDelete
  22. Pasti tulisan dari anak2 SD ini jujur dan menjadi penyemangat tersendiri buat para Atlet yaa Mas..

    ReplyDelete
  23. kasih dukungan dengan surat, kreatif!

    ReplyDelete
  24. Mantap nih mulai dari anak-anak SD sudah dukung atlet, semoga Indonesia bisa menang nanti.

    ReplyDelete
  25. Sidu nih aku dulu pas masih SD pakai terus buku tulisnya. Oooh keren ya acara Ayo Menulis Bersama Sidu ini...semoga atlet2 kita meraih kesuksesan dan jadi juara aamiin.

    ReplyDelete
  26. SIDU keren juga nih ajak anak-anak menulis surat dukungan untuk atlet Indonesia

    ReplyDelete
  27. Oh SIDU sponsor Asian Games juga ya, bagus nih makin banyak yang dukung semoga Indonesia bisa jadi tuan rumah yang terbaik.

    ReplyDelete
  28. SIDU keren banget ya! seneng banget deh lihat seluruh masyarakat dukung atlet Indonesia di Asian Games :)

    ReplyDelete
  29. Yeay. Ikut bangga ya. Ngga cuma ke atlet yang akan berlaga di ajang pesta olahraga terbesar se Asia saja tapi juga sama anak2 Indonesia yg kreatif dan berhasil memenangkan Lomba surat untuk Atlet Asean Games. Jadi bangga deh sama siDu/ Sinar Dunia

    ReplyDelete
  30. Ikutan bangga, programnya keren banget...

    ReplyDelete