Baca Doa Ini Saat Keluar Rumah, ada 5 Hikmahnya!


Sebuah berita mengejutkan saya hari ini, sebuah group whatsapp tiba-tiba begitu gaduh, ternyata ada kabar duka yang menimpa salah satu teman sekolah di masa SMA dulu, bahwa dia telah meninggal dunia, setelah mengalami kecelakaan saat tadi hendak berangkat kerja.

Saya hanya diam tergugup membaca berita itu, antara percaya dan tidak percaya, sebab sehari sebelumnya, kita semua masih bercanda gurau dengan begitu serunya. Namun di hari berikutnya, kabar duka datang dan meruntuhkan air mata tanpa sanggup dibendung lagi. 

Begitulah hidup, benar-benar sungguh sebuah misteri, dan hanya Allah semata saja yang tahu apa yang telah digariskan pada hidup seseorang. Ya, seperti yang sering kita dengar, bahwa ada tiga hal yaitu “rezeki, jodoh dan maut” adalah rahasia yang hanya Allah saja yang tahu. 

Dan kita sebagai manusia biasa, tentu tak pernah tahu apa dan bagaimana ketiga hal itu akan terjadi dalam hidup kita ini. Dan itu menunjukan betapa manusia itu lemah, tidak punya daya upaya apapun tanpa adanya izin dari Allah. 

Maka sudah semestinya kita harus membiasakan diri untuk selalu memasrahkan diri kita kepada Allah agar segala urusan kita di dunia ini diberikan kemudahan. Salah satunya dengan tak henti untuk menguntai doa kepada Allah kapan pun dan di mana pun. Sebab, hanya Allah yang punya kuasa untuk mengabulkan segala doa, harapan dan impian kita. 

Ya, katanya doa bisa mengubah takdir. Maka saya jadi teringat salah satu doa yang selalu diingatkan oleh mama saya sejak saya kecil, yaitu untuk selalu membiasakan diri membaca doa ketika hendak ke luar rumah, agar Allah selalu menjaga kita selama di luar rumah. 

Dan doa itu berbunyi sebagai berikut: “Bismillahi, tawakkaltu ‘alallah laa haula wa laa quwwata illaa billah” 

Doa ini terbilang sangat singkat dan juga sangat mudah untuk dihafalkan, namun memiliki arti yang begitu luar biasa, yaitu "Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah." 

Ya, doa ini menjunjukan betapa kita memasrahkan diri kepada Allah saja. Maka dengan selalu membaca doa ini ketika keluar rumah, selain membuat hati kita menjadi semakin tenang, ternyata doa ini pun memiliki lima hikmah yang luar biasa, yaitu:
  1. Allah akan senantiasa mempermudahkan segala urusan kita.
  2. Allah akan hadir untuk memberikan petunjuk dalam setiap kesulitan dan kesusahan yang kita hadapai. 
  3. Allah akan memberikan perlindungi dari bala bencana dan kecelakaan di mana pun kita berada.
  4. Allah akan memberikan kita kecukupan baik secara lahir maupun batin. 
  5. Allah akan menjauhkan kita dari syaitan yang menjadi sumber kejahatan dan kerusakan hidup kita.
Maka dari itu, mari kita semua selalu membiasakan diri membaca doa ini ketika akan keluar rumah, semoga dengan terus mengamalkan doa ini dengan sungguh-sungguh, maka kita bisa terhindar dari berbagai bencana dan kesusahan hidup, serta segala urusan kita diberikan kemudahan oleh Allah. Aamiin... 

Namun selain melantunkan doa ini, tentu saja saat bepergian kita pun tetap harus selalu hati-hati, dan juga tidak lupa untuk menggunakan segala perlengkapan keselamatan di jalan bagi teman-teman yang menggunakan kendaraan motor atau mobil, tidak ngebut atau melajukan kendaraan dengan kecepatan terlalu tinggi, patuhi aturan lalu lintas, serta selalu cek perlengkapan atribut kendaraan dan surat-suratnya ya. 

Selamat beraktivitas teman-teman semua, semoga aktivitasnya berjalan lancar dan selamat, mendapatkan rezeki yang barokah, dan bahagia selalu. Aamiin.... 

No comments:

Post a Comment