Manfaat Musik Upbeat Untuk Olahraga


Mendengarkan musik bagi saya kini sudah menjadi bagian dari kebutuhan, sebab kini hampir di sepanjang hari saya selalu saja mendengarkan musik, karena bagi saya pribadi musik benar-benar bisa menghadirkan hiburan yang menyenangkan hati saya. 

Namun bukan hanya itu, mendengarkan musik juga bisa membangkit semangat. Maka setiap kali saya merasa kurang semangat, terutama saat bangun pagi, maka dengan memutar musik yang up-beat maka saya seolah mendapatkan suntikan semangat yang luar biasa. 

Dan mendengarkan musik yang upbeat ini bukan hanya menjadi sahabat untuk menemani saya bangun pagi saja, namun kerap juga saya putar untuk menemani saya membersihkan rumah, mencuci baju, hingga melakukan berbagai kegiatan lain. 

Dan entah kenapa, bekerja sembari mendengarkan musik upbeat seperti ini benar-benar sangat mengasyikan, hati bawaannya bahagia, sehingga sebanyak apapun pekerjaan yang saya lakoni tetap saja saya bisa menikmatinya dengan santai. 

Begitu saat saya berolahraga, seperti jogging atau jenis olehraga high intensity interval training (HIIT) termasuk senam. Saya pun kerap memutar musik yang up-beat ini, karena musik yang up-beat benar-benar mampu memberikan saya semangat dalam berolahraga. 

Dan hal ini ternyata senada dengan yang diungkapkan oleh penelitian yang diterbitkan di jurnal ilmiah Psycology of Sport and Exircise. Dimana dalam penelitian ini disebutkan bahwa musik upbeat itu dapat membuat kegiatan olahraga terasa lebih mudah. 

Namun selain tempo dan beat musik yang menghentak, penelitian ini juga percaya bahwa lirik dalam musik yang memotivasi pun bisa ikut berperan dalam meningkatkan semangat dan membuat orang semakin giat untuk melanjutkan latihan olahraga tersebut. 

Ya, musik mempunyai efek mengelabui sesorang dari rasa sakit atau tidak nyaman yang dirasakan saat sedang berolahraga. Maka dengan adanya musik yang membangun semangat, seseorang akan merasa bahwa ia tidak sedang melakukan aktivitas yang berat. 

“Musik jenis upbeat dapat membuat seseorang lebih bersemangat, sehingga meningkatkan kecepatan dalam berolahraga, sebab tubuh akan lebih mudah untuk diajak bergerak dibandingkan apabila tidak mendengarkan musik.” 

Makanya, buat teman-teman yang ingin olahraga tapi masih ada rasa malas-malasannya, maka tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan pilihan musik upbeat ini untuk memancing semangat teman-teman supaya mau berolahraga. 

Meski tidak bisa dipungkiri, semangat olahraga itu memang harus ada kemauan dari dalam hati kita sendiri terlebih dahulu, lalu kemudian dibantu dengan musik yang upbeat, maka dipercaya bisa memotivasi orang yang awalnya malas berberak untuk mulai bergerak, termasuk dalam berolahraga ini.   

Ya, tentu saja hal ini sudah saya buktikan sendiri, bahwa kini saya merasa jadi benar-benar semangat berolahraga apabila ditemani oleh musik yang upbeat, sehingga menekuni jogging sekitar 30 menit hingga 60 menit itu saya tetap terasa enjoy. 

Dan untuk menemukan musik yang upbeat ini kini tidak sulit, karena bisa kita cari di youtube ada tersedia begitu banyak, tinggal kita pilih mau musik jenis apa dan berbahasa apa yang ingin kita dengar untuk menemani kita berolahraga. 

Jadi, buat teman-teman yang saat ini ada niatan berolahraga tapi masih malas-malasan, maka coba dorong semangat berolahraganya dengan bantuan musik yang upbeat, seemoga dengan begitu maka keinginan berolahraganya bisa terwujud menjadi nyata. 

Ya, sekarang kita begitu banyak aktivitas di rumah saja karena pandemi, maka jangan lupa untuk sempatkan diri berolahraga meski di rumah saja, supaya tubuh tetap sehat dan bugar. Semangat ya guys!


No comments:

Post a Comment