Etika Naik Kendaraan Umum


Teman-teman sering menggunakan kendaraan umum nggak untuk beraktivitas di luar rumah? Kalo saya pribadi sih "iya", selalu menggunakan kendaraan umum untuk mendukung segala aktivitas saya di luar rumah, termasuk untuk pergi bekerja. 

Dan salah satu kendaraan umum yang biasa saya gunakan adalah Mass Rapid Transit (MRT), karena bagi saya menggunakan MRT ini terasa semakin aman dan nyaman, juga bisa semakin cepat mencapai tujuan yang diinginkan, lebih hemat waktu jadinya.

Nah, ngomong-ngomong tentang naik kendaraan umum, apalagi di masa pandemi seperti ini, penting sekali bagi kita untuk mengikuti segala budaya baru yang ada demi keselamatan kita bersama. Nah, ada pun beberapa etika yang harus kita perhatikan saat menaiki kendaraan umum adalah sebagai berikut:
  1. Selalu menerapkan protokol kesehatan dengan tidak lupa dengan 3M (Menggunakan masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan) di setiap saat.
  2. Mengantri dengan tertib di belakang antrian yang sudah ada, dan jangan menyela antrian, apalagi membuat antrian sendiri tanpa adanya instruksi.
  3. Berikan jalan bagi penumpang yang akan turun terlebih dahulu, supaya tidak terjadi  penumpukan dan kepadatan penumpang di pintu keluar masuk kendaraan umum.
  4. Segera masuk dan pilih bangku yang kosong jika masih ada, jangan berdiri di area pintu kendaran agar memudahkan penumpang lain yang hendak naik dan turun.
  5. Tetap jaga jarak saat dalam kendaran umum, jangan duduk di bangku yang telah diberi tanda silang di kendaraan umum.
  6. Jangan berbicara secara langsung atau melalui telephone selama dalam kendaraan umum.
  7. Berilah tempat duduk pada penumpang tertentu yang membutuhkan (Orang yg lebih tua, ibu hamil, ibu yg membawa anak kecil, dan penyandang disabilitas).
Dan untuk menerapkan etika-etika di atas bukan hanya berlaku saat kita menaiki kendaraan umum MRT saja, namun bisa juga diterapkan saat kita menaiki kendaraan umum lainnya, seperti kereta api, transjakarta dan lain sebaigainya.

Jadi, yook teman-teman, kita sama-sama budayakan hal-hal baik di atas, demi keselamatan bersama ya. Selamat beraktivitas teman-teman, have a nice day ya! ❤



No comments:

Post a Comment