Keseruan Acara Goll Aborasi Bisnis Online 2022 di Jember



Kehadiran pandemi yang berkepanjang membuat banyak sektor mengalami berbagai masalah yang serius, tak terkecuali bagi para pelaku UMKM. Bahkan derasnya badai pandemi yang hadir mampu membuat sebagian para pelaku UMKM mengalami kerugian bahkan hingga bangkrut.

Melihat kondisi ini tentu saja membuat kita semua marasa prihatin, sebab kita semua tahu, bahwa keberadaan UMKM di Indonesia merupakan salah satu sektor yang memiliki peranan penting dalam membantu pertumbuhan ekonomi bangsa ini.

Bahkan sejatinya, keberadaan UMKM diakui sebagai salah satu sektor yang mampu menyerap banyak lapangan pekerjaan, sehingga bisa mengurangi jumlah pengangguran yang ada. Maka dari itu, sudah selayaknya kita semua harus mendukung agar UMKM di Indonesia agar bisa terus berkembang dengan baik.

Dan salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mendukung UMKM yang ada di Indonesia yaitu kita harus bangga membeli dan menggunakan berbagai produk UMKM yang ada, agar mereka pun semakin semangat membangun usahanya. Ya, jika bukan kita yang mendukung lantas siapa lagi, iya nggak?



UMKM Harus Memanfaatkan Kecanggihan Teknologi Digital

Akan tetapi, bagi para pelaku UMKM sendiri tentunya haruslah banyak belajar dan terus melakukan berbagai inovasi, baik dalam mengembangkan produk maupun dalam hal pemasaran agar jaringan penjualan produknya bisa menjangkau pasar yang semakin luas.

Terutama di era digital ini, para pelaku UMKM harus belajar tentang bagaimana memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada, seperti memaksimalkan adanya sosial media sebagai media promosi produk ataupun menggunakan e-commerce yang ada untuk bisa memasarkan produk secara online.


Sebab, di masa pandemi kemarin kita bisa melihat, bahwa masyarakat akhirnya banyak yang beralih ke belanja online segala kebutuhannya, dan pasca pandemi ini pun kebiasaan belanja online tersebut sudah menjadi kebiasaan masyarakat modern saat ini.

Tingginya minat pada sektor belanja online ini bukan hanya terjadi di kota-kota besar saja, bahkan di kampung-kampung pun sudah banyak masyarakat yang melakukan belanja online, karena dinilai jauh lebih praktis dan sangat memudahkan, apalagi barangnya bisa langsung di antar di depan rumah.

Maka dari itu, para pelaku UMKM jika ingin berkembang maju dan sukses, tentu saja harus terus mengupgrade diri dan ilmunya agar bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi digital yang ada saat ini, supaya bisa mendapatkan banyak pelanggan dari berbagai tempat.

Selain itu, di era sekarang ini, yang juga sangat penting untuk dilakukan adalah menjalin kerjasama atau kolaborasi yang baik dengan berbagai pihak, agar UMKM bisa cepat bangkit setelah dilanda pandemi yang berkepanjangan belakangan ini. Dan salah satu bentuk kolaborasi yang seru dapat terlihat juga dalam acara Goll...Aborasi Bisnis Online 2022 antara JNE dan UMKM di Jember.



JNE Gelar Goll...Aborasi Bisnis Online 2022 di Jember

Ingin melihat UMKM di Indonesia bisa terus berkembang, maka PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman logistik merasa terpanggil untuk turut membantu UMKM dengan menggelar kegiatan Goll...Aborasi Bisnis Online 2022 di berbagai kota di Indonesia.

Dan salah satu kota yang dituju JNE untuk menggelar acara Goll...Aborasi Bisnis Online 2022 adalah kota Jember – Jawa Timur dengan mengusung tema “Transformasi Digital Bisnis UMKM di Era New Normal” dan dihadiri oleh beberapa narasumber, yaitu ada Agung Fathur R selaku Head of Sales and Marketing JNE, dan dua palaku UMKM kota Jember yaitu Nesi Septiani selaku Owner Khadijjah Collection dan Fathurrohman selaku Owner Musae Chips.


Terselenggaranya acara Goll...Aborasi Bisnis Online 2022 Kota Jember ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada pelaku-pelaku UMKM di Jember agar mereka bisa memperkuat branding bagi usaha mereka, sehingga usahanya bisa semakin berkembang pasca pandemi ini.

Sebab tidak bisa dipungkiri, kehadiran pandemi turut menuntut pelaku UMKM agar bisa semakin kreatif dan inovatif supaya bisa tetap bersaing di era yang serba digital ini, sehingga penjulan mereka pun bisa mendapatkan hasil yang maksimal nantinya.

Maka dari itu, JNE melalui acara Goll...Aborasi Bisnis Online 2022 ini hadir untuk mendorong pelaku UMKM khususnya di kota Jember untuk adaptif dan inovatif pasca pandemi sehingga cepat bangkit, dan sekaligus agar bisa berkontribusi dalam percepatan pemulihan ekonomi, baik tingkat daerah maupun ekonomi nasional.

Dan gelaran acara webinar ini bukanlah program pertama yang dilakukan oleh JNE dalam mendukung kemajuan UMKM. Hal ini juga yang disampaikan oleh Agung Fathur R selaku Head of Sales and Marketing JNE bahwa “Kalo untuk kolaborasi kita sudah bergabung dengan komunitas UMKM Jember. Setiap ada komunitas UMKM, saya kunjungi dan ajak sharing apa nih yang dibutuhkan UMKM. Kita juga bersinergi dengan pemerintah dan dinas.”

Selain itu, JNE juga memiliki program dengan para UMKM yaitu memberdayakan UMKM Jember sebagai partner untuk konsultasi bisnis UMKM dan layanan bisnis terpadu. Bahkan, JNE juga berkolaborasi dengan BNI untuk memberikan bantuan permodalan bagi para pelaku UMKM yang membutuhkan dana dalam menjalankan usahanya.

Dari sini dapat kita lihat, bahwa JNE mencoba melakukan berbagai upaya kolaborasi dengan berbagai pihak untuk membantu para pelaku UMKM di Jember, sehingga dengan begini UMKM juga akan merasa mendapat dukungan langsung dari JNE, terlebih dalam kemudahan pengiriman barang.

Untuk itu Agung Fathur menegaskan bahwa “Kita perusahaan yang dimiliki oleh putra bangsa. Jujur, bertanggung jawab dan visioner, termasuk dalam tagline kita “Connecting Happines” yang dimana tak hanya mengantarkan barang, tapi juga kebahagiaan.”

Tak berhenti di situ saja, JNE pun memiliki berbagai kegiatan sosial dan CSR yang rutin dilakukan secara langsung dalam membantu masyarakat, seperti menyalurkan bantuan pada saat bencana alam pada erupsi semeru dan membangun yayasan yatim untuk anak-anak.

Dan di zaman sekarang, kolaborasi menjadi sebuah langkah yang memang harus diupayakan agar bisa sama-sama terus berkembang, semoga dengan upaya kolaborasi yang terus dilakukan oleh JNE bersama UMKM di berbagai daerah, termasuk Jember ini, maka para pelaku UMKM semakin semangat untuk terus berinovasi menghasilkan karya-karya terbaiknya.



Kiat-kiat Membangun Usaha Sendiri

Nah, ngomongin tentang berkarya membangun usaha, maka para pelaku UMKM yang menjadi narasumber dalam acara Goll...Aborasi Bisnis Online 2022 ini juga punya cerita menarik yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagi kita semua, tentang bagaimana perjuangan mereka untuk bisa memiliki usaha sendiri seperti sekarang ini.

Dalam webinar ini, Nesi Septiani selaku Owner Khadijjah Collection membagikan beberapa kiat menarik tantang bagaimana ia merintis usahanya, dan untuk bisa punya usaha sendiri ternyata tidak mudah, diakuinya “Dulu itu saya berawal jadi reseller, dari situ saya dapat keuntungan dan tertarik untuk melakukan bisnis, kunci dari membuka bisnis adalah harus konsisten.”

Selain itu, lebih lanjut Nesi menilai, bahwa dalam berbisnis, kita juga harus memiliki keunikan dari produk yang kita buat, yaitu harus ada sesuatu yang membedakan produk kita dengan produk yang lainnya, supaya bisa cepat diterima oleh masyarakat.

Kemudian, barang yang dijual juga haruslah yang berkualitas baik, supaya pembeli merasa puas. Hal ini pun diakui oleh Nesi dalam usahanya menjual baju daster dan dress. “Saya bertahan dengan produk yang kualitas, kalau kita jual yang berkualitas seperti jahitannya rapi pasti customer akan balik lagi. Kualitas menjadi hal yang utama untuk teman-teman yang ingin membuka bisnis.”


Senada dengan itu, Fathurrohman selaku Owner Musae Chips pun membeberkan beberapa kiat lain yang pernah dilakukannya dalam memulai usahanya pada tahun 2018 silam. Dimana untuk memulai usaha sangat penting untuk melakukan research terlebih dahulu untuk melihat peluang hingga kompetitor.

“Kita mulai usaha itu dari tahun 2018, namun baru mulai jualan di tahun 2019. Dari develop sebuah brand sampai launching brand, kita melakukan research terkait kompetitor, kategori segmen mana yang mau kita ambil. Saya lebih memilih dengan demografi anak millenial karena mudah viral, mereka kaum yang sangat menggunakan media sosial.” Ujar Fathurrohman.

Menentukan target market yang tepat untuk produk yang kita jual adalah salah satu kiat yang wajib dipahami bila kita ingin membangun sebuah usaha, karena dengan target market yang tepat maka usaha yang kita buat akan mempunyai peluang untuk meraih sukses.

Dan tentunya, kualitas produk yang terbaik tentulah menjadi faktor penting, begitu juga untuk usaha di bidang kuliner, maka produk yang dihasilkan haruslah memiliki citarasa yang enak, supaya pembeli bisa kembali lagi dan lagi.

Namun yang juga penting adalah memberikan pelayanan terbaik, seperti ramah dalam melayani konsumen, cepat merespon chat atau pertanyaan pembali, melakukan pengemasan produk dengan baik, hingga memberikan jasa pengirman produk yang aman dan cepat bagi konsumen.

Nah, dengan beberapa kiat yang dibagikan oleh para pelaku UMKM di atas, diharapkan bagi teman-teman yang ingin membangun atau sedang menjalankan usahanya agar bisa semakin termotivasi juga, sehingga usahanya kelak bisa berjalan lancar dan juga mencapai hasil yang sukses. SEMANGAT!



No comments:

Post a Comment